Schema Workbench

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
Dear All PUG-ers

Mau tanya dikit, sebenernya schema workbench pentaho sudah stabil belum ya?
ko saya coba connect ke database dan bikin cube ga berhasil2 ya.
apa saya nya yang kurang bisa pake itu tools :D?

trims

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Reki,

Sudah stabil kok, cuma beberapa tag schema workbench tidak disupport dengan baik. Saya masih lebih suka edit manual.

Wah, masih hutang tutorial neh... liburan kemarin ga sempat buat. Sibuk banget dengan si kecil :p

Regards,

Feris

2009/9/29 reki ardiansyah <rekiard...@gmail.com>

--
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-30119353
Fax      : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.phi-integration.com

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
iya nih, misal saya klik Tools -> Connection
selalu muncul error :
23:01:37,406 ERROR [I18n] Can't find the translation for key = preferences.selectSchemasButton.title: using default (Select Schemas)
java.util.MissingResourceException: Can't find resource for bundle java.util.PropertyResourceBundle, key preferences.selectSchemasButton.title
di console

saya coba pakai versi : psw-ce-3.1.1.12687 dan psw-ce-3.0.4.stable
kok sama pdhal library buat db nya dah ditambahkan ke dalam folder drivers.
manual saya sudah pernah coba, tp alangkah bagusnya kalau bisa menggunakan versi gui.
kalau ada referensi/video nya boleh pa' :D.

terima kasih atas bantuannya.

Feris Thia

Feris Thia

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Pak Reki,

Saya sudah cek ke JIRA Pentaho, dan benar perkiraan saya. Ini loading resourcenya ga benar. Workbench.bat nya dijalankan via shortcut ya Pak ? Working directory diset dimana ? Harusnya tetap dijalankan dari folder hasil extract.

Coba lihat case di Jira ini :

Semoga membantu ya Pak.

[...]

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
oo gitu pa'.
regional setting & bahasa saya ubah indonesia semua. ada yang perlu ditambahkan?
daftar file yang ada di [PWS]/src/mondrian/gui/resources berisi file image, tiga file properties (gui,text,workbenchInfo),dan satu file  schemaBuilder.doc
saya kirim juga file workbench.jar & workbench.bat
terakhir Workbench.bat nya memang dijalankan via shortcut & saya jalankan langsung setelah diekstrak dr D:\

trims

2009/9/29 Feris Thia <fe...@phi-integration.com>
workbench.rar

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
halo Pa Feris. kalau boleh tahu, pa Feris pakai schema-workbench nya versi berapa ya?

trims

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Reki,

Versi yang saya gunakan saat ini 3.0.4. Harusnya tidak terkait versionnya Pak. Saya coba lihat batch scriptnya dan coba saya ubah supaya bisa digunakan dengan baik Pak ;)

2009/9/30 reki ardiansyah <rekiard...@gmail.com>

halo Pa Feris. kalau boleh tahu, pa Feris pakai schema-workbench nya versi berapa ya?

trims

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Pak Reki,

Coba hapus semua file di [HOME USER]/.schemaWorkbench dan coba jalankan workbench.bat nya langsung dari folder ekstraksi.

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
ok saya coba pa'

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
maaf, bisa diulangi point [HOME USER]/.schemaWorkbench
masih agak bingung

Andreas

to Pentaho User Group Indonesia
Maksudnya Pak Feris seperti ini.

Kalau saya menggunakan OS Windows, by default [HOME USER] nya berada
di:
C:\Documents and Settings\Andreas --> Nah ini home user saya

Kalau saya menggunakan OS Linux, by default [HOME USER] nya berada di:
/home/Andreas

Best Regards,
Andreas

On Sep 30, 1:47 pm, reki ardiansyah <rekiardians...@gmail.com> wrote:
> maaf, bisa diulangi point [HOME USER]/.schemaWorkbench
> masih agak bingung

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
ok thanks pa Andreas

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
masih terdapat error :
14:31:25,500 ERROR [JDBCMetaData] setColumns
java.sql.SQLException: ORA-01424: missing or illegal character following the escape character

at oracle.jdbc.dbaccess.DBError.throwSqlException(DBError.java:180)
at oracle.jdbc.ttc7.TTIoer.processError(TTIoer.java:208)
at oracle.jdbc.ttc7.Oall7.receive(Oall7.java:543)
... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ...

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Pak Reki,

Yang ini sudah error dari driver database. JDBC yang digunakan apa ya ? Terlampir adalah jdbc Oracle yang saya ambil dari distribusi Kettle. Coba ganti dengan driver ini. Driver sebelumnya yang ada di folder JDBC dari workbench dipindahkan dulu.

Terus setting koneksinya seperti apa ya Pak ? Bisa dirinci disini ?

[...]

orai18n.jar

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
saya pakai database oracle-xe & driver nya : ojdbc14 dr oracle-xe itu sendiri
setting koneksi nya spt ini :

driver=oracle.jdbc.driver.OracleDriver
userName=user
password=pass
url=jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:XE

Feris Thia

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Pak Reki,

Apakah masalah Pentaho Workbench ini sudah dipecahkan ?

2009/10/2 Feris Thia <fe...@phi-integration.com>

[...]

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
halo pa Feris , sori baru gabung lagi.
belum ada pemecahannya pa'... sudah ada solusinya pa?

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Reki,

Dari error terakhir kelihatan memang terjadi masalah di koneksinya. Dan saya tidak berpengalaman dengan Oracle XE jadi tidak bisa memberikan saran troubleshooting lebih jauh.

Yang mungkin bisa saya usulkan agar Pak Reki bisa familiar dengan Pentaho Schema Workbench, jangan stuck di database Oracle XE dulu. Gunakan saja MySQL - karena koneksi MySQL biasanya sangat jarang bermasalah - dan load contoh data PHI-Minimart OLAP dari kita (http://code.google.com/p/phi-olap-samples/) . Gunakan Pentaho Schema Workbench untuk menangani tabel2 dari PHI-Minimart OLAP.

Jika ada error dari MySQL saya lebih yakin bisa membantu pemecahannya.

Regards,

Feris