tanya - bikin dashboard pakai apa?

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Permisi, kalau mau bikin dashboard di pentaho pakai apa ya?

Saya sudah melakukan integtrasi data menggunakan Kettle, membuat report via report-designer. Nah, tinggal dashboardnya nih..

Terima kasih..

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
coba gunakan biserver-ce-2.0.0.stable.zip sbg BI Server nya , dan cdf-3.0-lisbon-installer.jar sbg dashboards framework nya, di dalamnya terdapat contoh dashboards. dr contoh yang ada, dpt diubah/utak-atik sesuai keinginan dgn menggunakan database apapun.

dan coba buka ini
http://wiki.pentaho.com/display/COM/Installation+Overview

yang saya lakukan disana bener2 manual (coding),
tp menurut info disini : http://pedroalves-bi.blogspot.com/2009/08/pentaho-dashboard-in-8-steps.html
akan ada dashboards designer yg akan memudahkan pembuatan dashboards itu sendiri, tp krg tau jg kapan release nya.

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
coba buka ini juga untuk info dashboards framework nya :
http://wiki.pentaho.com/display/COM/A+Dashboard+Framework+for+the+Pentaho+BI+Platform

achmad...@gmail.com

to penta...@googlegroups.com
Terima kasih banyak. Saya coba2 dulu..

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: reki ardiansyah <rekiard...@gmail.com>
Date: Mon, 7 Sep 2009 10:56:44 +0700
Subject: [pentaho-id] Re: tanya - bikin dashboard pakai apa?

Yuni

to Pentaho User Group Indonesia
Halo pak Reki selamat malam... salam kenal pak. Saya newbie di dunia
pentaho... :)

Mau menanyakan pak, bisa tidak kalau untuk membuat dashboardnya
menggunakan biserver-ce-3.0.0.stable.zip sebagai Bi severnya? Trus
dimana saya bisa mendapatkan file cdf-3.0-lisbon-installer.jar? Saya
sudah googling tetapi tidak menemukannya. Apakah framework tersebut
berlisensi? Coz saya sedang membutuhkannya yang opensource untuk
membuat interactive dashboard...

terima kasih pak sebelumnya..
mohon bantuannya..

On Sep 7, 10:52 am, reki ardiansyah <rekiardians...@gmail.com> wrote:
> [...]
> akan ada dashboards designer yg akan memudahkan pembuatan dashboards itu
> sendiri, tp krg tau jg kapan release nya.

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
kebetulan sewaktu saya bikin dashboards dulu masih yg versi biserver-ce-2.0.0.stable.zip, seharusnya bisa donk menggunakan versi yg lebih tinggi. untuk cdf-3.0-lisbon-installer.jar bisa coba kesini :
http://forums.pentaho.org/showthread.php?t=67550
silahkan dibaca2 thread tsb. kebetulan yg menjawab pertanyaan2 disana si pedro alves langsung si CDF Architect nya.

atau kesini : http://wiki.pentaho.com/display/COM/Download
disitu dijelaskan ternyata Pentaho platform 3.0.0.stable or 3.5.0.stable menggunakan CDF 3.2
coba download langsung di : http://code.google.com/p/pentaho-cdf/downloads/list

kalo gitu mesti nyobain juga nih versi terbaru.

Yuni

to Pentaho User Group Indonesia
Terima kasih banyak ya pak infonya..
saya langsung coba..

On Sep 10, 8:51 pm, reki ardiansyah <rekiardians...@gmail.com> wrote:
> [...]
> coba download langsung di :http://code.google.com/p/pentaho-cdf/downloads/list
>
> kalo gitu mesti nyobain juga nih versi terbaru.

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Mohon maaf, sejujurnya saya masih bingung. Apakah ada aplikasi utk
bikin dashboard pentaho yg tinggal pakai, semudah seperti pentaho data
integration (kettle), report designer, tanpa utak-atik konfigurasi
server..
--
Sent from my mobile device

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
saya juga dapet info mengenai dashboards designer dari pa Feris.
atau kalau mau lihat2 wacana dashboards designer tsb ada disini :
http://pedroalves-bi.blogspot.com/2009/08/pentaho-dashboard-in-8-steps.html
kurang tahu juga sudah dilaunching atau belum.

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Terima kasih pak reki atas supportnya.

Kalo pentaho design studio untuk apa ya? Saya dapat info dari teman
kalo dia menggunakan itu untuk bikin dashboard..

On 9/30/09, reki ardiansyah <rekiard...@gmail.com> wrote:
> saya juga dapet info mengenai *dashboards designer* dari pa Feris.

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
wah kebetulan saya belum coba pds(design studio), mmm..boleh dicoba nih kalo memang bener bisa buat bikin dashboards.

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Saya udah coba ngikutin langkah yg ada di link berikut (dari pak Reki sebelumnya) :

Selah saya eksekusi file jar tersebut, tidak ada notifikasi apa2 yg meminta solution directory. Yang muncul hanya ini saja :

# java -jar cdf-3.0-lisbon-installer.jar
Java Accessibility Bridge for GNOME loaded.

java.awt.HeadlessException:
No X11 DISPLAY variable was set, but this program performed an operation which requires it.
        at java.awt.GraphicsEnvironment.checkHeadless(GraphicsEnvironment.java:159)
        at java.awt.Window.<init>(Window.java:318)
        at java.awt.Frame.<init>(Frame.java:419)
        at java.awt.Frame.<init>(Frame.java:384)
        at javax.swing.JFrame.<init>(JFrame.java:150)
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller.loadLangPack(Unknown Source)
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller.access$000(Unknown Source)
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller$1.run(Unknown Source)
        at java.awt.event.InvocationEvent.dispatch(InvocationEvent.java:199)
        at java.awt.EventQueue.dispatchEvent(EventQueue.java:461)
        at java.awt.EventDispatchThread.pumpOneEventForHierarchy(EventDispatchThread.java:242)
        at java.awt.EventDispatchThread.pumpEventsForHierarchy(EventDispatchThread.java:163)
        at java.awt.EventDispatchThread.pumpEvents(EventDispatchThread.java:157)
        at java.awt.EventDispatchThread.pumpEvents(EventDispatchThread.java:149)
        at java.awt.EventDispatchThread.run(EventDispatchThread.java:110)
java.lang.NullPointerException
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller.loadGUI(Unknown Source)
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller.access$100(Unknown Source)
        at com.izforge.izpack.installer.GUIInstaller$2.run(Unknown Source)
        at java.awt.event.InvocationEvent.dispatch(InvocationEvent.java:209)
[...]
#

Setelah saya start lagi pentaho-nya tidak ada muncul CDF di user console..

Adakah yang salah dari apa yg telah saya lakukan?

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Achmad,

Pentaho Design Studio bukan untuk buat dashboard Pak, tapi adalah utilitas untuk membuat workflow di BI Platform atau file berekstensi .xaction. Memang namanya agak rancu :)

Untuk dashboard designer sepertinya Pentaho Corp sendiri tidak mengembangkan designer dashboard, tapi banyak inisiatif dari komunitas seperti dari Pedro Alves untuk CDF (Community Development Framework). Mudah-mudahan dirilis sebagai bagian komunitas.

Semoga bisa menjawab Pak.

Regards,

Feris

[...]

Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-30119353
Fax      : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.phi-integration.com

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
coba ikuti langkah berikut (windows base)
  1. Klik start -> run -> cmd
  2. ketikkan perintah C:\>java -jar cdf-3.0-lisbon-installer.jar jika letak filenya di C
  3. maka akan dibawa ke proses wizard instalasi, klik next -> next :
  4. proses yg penting terdapat pd image yg terlampir
          - asumsi nya biserver nya di ekstrak ke C:\
          - Arahkan settingan tomcat dan solutions spt image terlampir tsb
          - next -> finish
coba start bi-server nya , login dan akan kelihatan sample dr cdf yang sudah terinstall

2009/9/30 Achmad Farizky <achmad...@gmail.com>
cdf.JPG

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
yup bener pa Feris, pentaho design studio setahu saya juga bukan untuk design dashboards. wah perlu ditanya tuh ke temennya
bener ga pernah bikin dashboards pake pds ? :D

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Di sistem yg saya kelola, ada sampel dashboard yg telah tepasang oleh mitra saya, dan bisa dipakai. Berikut saya lampirkan previewnya, pada barchart bisa kita klik untuk drill-down sampai level terkecil.

Kata yg bikin, dia pake pds untuk buat xaction files dan file2 lain di solution directory (saya lampirkan juga), serta text editor untuk buat jsp files.

2009/9/30 Feris Thia <fe...@phi-integration.com>
dashboard.zip
preview_dashboardPentaho.PNG

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Saya menggunakan SUn Solaris pak, apakah sama?

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Achmad,

Itu file jsp yang nanti mengkonsumsi data dan chart via xaction. Benar bisa pake PDS untuk XActionnya.

[...]

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Punya referensi ngak pak Feris untuk create seperti itu dgn menggunakan PDS..?

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Kebetulan belum ada Pak Achmad. Saat ini baru saya jelaskan di training Pentaho Analysis, untuk membuat wikinya agak panjang stepnya tapi akan saya coba usahakan.

Sementara ini referensi terbaik ada di http://wiki.pentaho.com :)

2009/9/30 Achmad Farizky <achmad...@gmail.com>

Punya referensi ngak pak Feris untuk create seperti itu dgn menggunakan PDS..?

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Saya ingin mempelajari flow dashboard yang telah exist dengan membongkar file2 di solution directory (sala lampirkan kembali), kira2 bisa dipelajari ngak ya? dari file mana saya memulai? Apakah mirip2 dengan kalo kita bongkar2 html/php?

2009/9/30 Feris Thia <fe...@phi-integration.com>
dashboard.zip

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Iya Pak Ahmad,

Agak mirip tapi ga terlalu sama juga. Harus mengerti administrasi Apache Tomcat dulu Pak.

File yang menjadi utama adalah file berekstensi URL yang merupakan shortcut ke halaman web. Dan mapping halaman web ini biasanya berupa JSP/Servlet dan tercatat di [BISERVER]/tomcat/webapss/pentaho/WEB-INF/web.xml. Setelah ketemu mappingnya buka file JSP bersangkutan. Contoh dari Pentaho adalah SWDashboard.jsp.

Dari file SWDashboard.jsp ini coba dilihat ada beberapa pemanggilan file widget / chart (ada di solutions folder). File widget ini mengambil data dari xaction.

Memang agak ribet Pak, tapi setelah tahu nanti akan mudah memahami CDF dan cara kerja BI Server.

Regards,

Feris

[...]

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Mantap sekali. Info ini yg saya butuhkan.

Thanks berat buat pak feris, pak reki, dan yang lainnya.. Saya mau
coba2. Berhubung udah sore, ditunda dulu deh.. Siap2 pulang.

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
saya tambahkan sekilas pembuatan dashboards secara manual yg pernah sy lakukan

1.      Tambahkan/copy my-dashboards yang telah dibikin ke dalam folder

      C:\ biserver-ce\pentaho-solutions
      catatan : di dalam my-dashboards tsb terdapat file2 yg membentuk dashboards
      seperti : template, .properties, .xaction, .xml

2.      Tambahkan/copy my-template-dashboard.html ke dalam folder

      C:\ biserver-ce\pentaho-solutions\system\custom
      template ini berisi pemakaian css berupa header,content,footer

3.      Tambahkan/copy my-template.css ke dalam folder

      C:\ biserver-ce\tomcat\webapps\pentaho-style
      ini merupakan css yang dipakai oleh dashboards yg akan dibuat

4.      Tambahkan image2 (jika ada) yang sudah dibuat ke dalam folder

      C:\ biserver-ce\tomcat\webapps\pentaho-style\images

5.      Tambahkan/copikan juga file-file yang berhubungan dengan cdf spt berikut

-         folder cdf di C:\biserver-ce\tomcat\webapps\pentaho

-         web.xml.patch di C:\biserver-ce\tomcat\webapps\pentaho\WEB-INF

-         modifikasi web.xml, tambahkan baris berikut :

<servlet>

          <servlet-name>Dashboards</servlet-name>

                   <jsp-file>/cdf/jsp/Dashboards.jsp</jsp-file>

</servlet>

<servlet>

          <servlet-name>JSONSolution</servlet-name>

          <jsp-file>/cdf/jsp/JSONSolution.jsp</jsp-file>

</servlet>

<servlet>

          <servlet-name>GetCDFResource</servlet-name>

          <servlet-class>pt.webdetails.cdf.GetCDFResource</servlet-class>

</servlet>

<servlet-mapping>

          <servlet-name>Dashboards</servlet-name>

          <url-pattern>/Dashboards</url-pattern>

</servlet-mapping>

<servlet-mapping>

          <servlet-name>JSONSolution</servlet-name>

          <url-pattern>/JSONSolution</url-pattern>

</servlet-mapping>

<servlet-mapping>

          <servlet-name>GetCDFResource</servlet-name>

          <url-pattern>/GetCDFResource</url-pattern>

</servlet-mapping>

itu sekilas cara pembuatan dashboards secara manual.

Achmad Farizky

to penta...@googlegroups.com
Mantap..!

Terima kasih pak reki, saya pelajari dulu..

yuni arti

to penta...@googlegroups.com
Sore pak reki...
Begini pak, saya sudah coba membuat dashboard menggunakan cdf, saya mengedit dari sample dashboard cdf yang home dashboard (interaktif dashboard). Setelah me-refresh admin console, iya file dashboardnya ada pada list, tetapi dashboard (piechart dan barchart)  yang saya buat tidak tampil. Berikut saya lampirkan  pak gambarnya.
Di dalam folder dashboard saya sudah ada template.html, .xaction, .xcdf, index.xml, dan index.properties. Apakah ada file yang kurang ya pak? Salah dimana ya pak saya?

Mohon bantuannya pak..
terima kasih..

2009/9/30 reki ardiansyah <rekiard...@gmail.com>
image.zip