JPivot

MonDay

to Pentaho User Group Indonesia
saya sedang dalam tugas akhir
berupa tampilan grafik dan database pada web
dosen saya menyarankan menggunakan JPivot
ini pertama kali saya mendengar hal itu
boleh minta referensi materi untuk beginner?
terima kasih

Yanuar Maulana

to penta...@googlegroups.com
Dear Monday,

Untuk pengenalan jpivot bagi beginner mungkin bisa coba untuk mengunjungi blog ini :

Untuk permulaan saya bisa memberikan sedikit penjelasan mengenai jpivot. jadi jpivot adalah web interface yang digunakan oleh Mondrian (Pentaho Analysis engine). Setelah Mondrian melakukan penterjemahan pengolahan data dengan menggunakan mdx query (yang bisa kita rancang dengan schema workbench) untuk membuat file schema xml, maka hasil dari query mdx terhadap cube yang didefinisikan pada file xml tersebut dapat di lihat melalui browser via JPivot, mungkin penjelasan ini sedikit membantu,

Maklum saya juga beginner. hihihihi. ateng bawa kayu thank qyu.

best regards;

Y@nu@R

2010/7/13 MonDay <mandes...@gmail.com>
330.gif

Muhamad Ikhsan

to penta...@googlegroups.com
ehmmm apakah mas monday sudah menginstall pentaho di komputer mas ..??
biar mas bisa ada bayangan untuk jpivot nya langsung , karena default
ppentaho memberikan contoh jpivot pada menu steel whells, untuk
pentaho bisa mas download disini
http://sourceforge.net/projects/pentaho/files/Business%20Intelligence%20Server/3.6.0-stable/biserver-ce-3.6.0-stable.zip/download
,

dan untuk langkah2 instalasi mungkin bisa jadi referensi disini
http://pentaho.phi-integration.com/kettle/instalasi-di-windows ,
selamat mencoba :D

--
best regard, Muhamad Ikhsan

http://santenkelapa.blogdetik.com
(021) 96488124

Mande Suarsana

to penta...@googlegroups.com
jadi hal pertama yang dilakukan adalah menginstal pentaho
sy kira pentaho itu organisasi, jd sejenis aplikasi jg ya
trims atas jawabannya :)

--
:)

Muhamad Ikhsan

to penta...@googlegroups.com
yup mas , ini aplikasi juga ,, aplikasi ini opensource dan bisa
berjalan di semua sistem Operasi , :D dan pentaho sangat menyenangkan
, apakah anda tertantang ..???? :D

Mande Suarsana

to penta...@googlegroups.com
sy sdh cb tutorial yg ada di blog
yg menggunakan db foodmart
tp pd saat membuka jpivot keluar error

JPivot had an error ...

org.apache.jasper.JasperException: An exception occurred processing
JSP page /testpage.jsp at line 44 41:
42: 43: <%-- include query and title, so this jsp may be used with
different queries --%> 44: 45: 46: 47: Stacktrace:

[...]

at org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.handleJspException(JspServletWrapper.java:505)
at org.apache.jasper.servlet.JspServletWrapper.service(JspServletWrapper.java:398)
at org.apache.jasper.servlet.JspServlet.serviceJspFile(JspServlet.java:342)

sy menggunakan xampp server include tomcat sdh berjalan baik
kira-kira apa penyebabnya ya, trims atas bantuannya :)

--
:)