Re: [balita-anda] urgent tanya dsa di harapan kita

Lif Rahayu

to balit...@balita-anda.com
Temen sekantor saya punya pengalaman dengan dr Budi...di Harapan Kita SLipi,
lupa nama panjangnya, dsa ahli pencernaan, bagus banget, sudah dua yang
sembuh berkat beliau, padahal sebelumnya dah mentok. Yang lainnya gak
tahu...

On 3/19/08, dhani resya <resya...@yahoo.com> wrote:

> [...]
> ato paling ga ada yang punya pengalaman sama dsa2
> berikut :
>
> - dr. Agnes Pratiwi, Sp.A
> - dr. Endang Lestari, Sp.A
> - dr. Sri Kusumo Amdani, Sp.A
> - dr. TB. Rudy Firmansyah, Sp.A
> - dr. Sumarwoto, Sp.A
>
> soalnya tadi liat jadwal praktek dokternya harkit
> untuk sore ini yang praktek ya blio2 itu.. mau donk
> disharing pengalamannya.. urgent banget nih.. please..
>
> thx,
> -resya-

> Never miss a thing. Make Yahoo your home page.

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
mba lif.. yang ada nama budi-nya itu ada 2 yg satu
budining wirastari satunya lagi budi purnomo.. cuma
sayangnya mereka ga praktek hari ini.. adanya
besok,secara besok tanggal merah aku ga yakin besok
mereka ada..

rara udah 16 kali pup cair dari jam 9 malam tadi..
sampe tadi pagi anaknya masih mau minum banyak.. tadi
tlp lagi ke rumah jam 11-an rara udah ga mau makan,
minum pun sedikit banget.. aku khawatir dia
dehidrasi.. mau pulang cepet eh ujan gede.. untungnya
suami baru berangkat ke kantor jam 1/2 1, jadi gantian
sama mertuaku.. karena besok libur 2 hari, jadinya aku
mau bawa rara ke rumkit nanti sore, buat jaga2
sekalian konsul.. mudah2an sih ga perlu obat2an yang
aneh..

btw thx ya u/ infonya..

i...@sakafarma.com

to balit...@balita-anda.com
mang rara kenapa, cha ?
sorry ga bisa bantu :)

ika
~ Ambil yang baik, buang yang buruk dan ciptakan yang baru.

dhani resya <resya...@yahoo.com>
03/19/2008 01:00 PM
Please respond to
balit...@balita-anda.com

balit...@balita-anda.com
cc

Subject
[balita-anda] urgent tanya dsa di harapan kita

Ida Rifai

to balit...@balita-anda.com
AKu pernah sama dr.endang lestari.
Gak enak orangnyaaa...

Ada sih yang lumayan tapi gak ada di list dibawah. Dr. Ferdy Harahap

-ida-
http://ardanicollections.multiply.com

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
diare mba ika, udah sekitar 16 kali-an sejak jam 9
malam tadi.. pupnya cair..

--- i...@sakafarma.com wrote:

Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
ga enaknya kenapa mba? ga RUD ato ga enak diajak
konsultasi?

thx,
-resya-

Lif Rahayu

to balit...@balita-anda.com
Budi Purnomo, mbak Echa, itu yang direkomendasikan oleh temen kantor saya,
dua anak karyawan di kantorku sembuh oleh beliau. dr Budi kebetulan jg
praktek di Merak, hari sabtu saja....lainnya di RS Harkit.

Miko Nasution

to balit...@balita-anda.com

mba kalo mo ke dokter toto aja. di apotik kimia farma slipi ... dia buka koq
sore hari mulai praktek jam 4.. dia dokter di RSIA harapan juga...telp.
021-713-86315... baik koq dia mba...

Miko Nasution

> [...]

accept no liability for any loss or damage arising
from the use of this E-Mail or attachments.

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
ok deh.. ntar aku coba tanya, siapa tau yang di
web-nya itu blm di update..

thx a bunch ya..

Ida Rifai

to balit...@balita-anda.com
Mba Eca..

Diare sebenernya cukup jaga asupan cairannya aja. Obatnya cuma oralit
(bisa dibeli di apotik). Pengalaman anak teman kemarin yang anaknya
diare.. sembuh kok tanpa perlu ke dokter. Oralit ga bisa digantikan
dengan air biasa. Oralit unutk mengembalikan elektrolit tubuh yang
hilang. Kecuali di tinjanya ada darah.. nah itu perlu dicek lab.

Prinsipnya sih.. diare itu artinya tubuh lagi ngeluarin racun..

Ini ada artikel diare diambil dari filenya milis sehat

DIARRHEA - VOMITING

Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang
Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh
untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare &
muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg
tidak beres dalam tubuh kita.
Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.
Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk “mampet”kan
diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan
diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.
Perbaikan tersebut bersifat “semu”. Ibarat bom waktu. Kita terkecoh
seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung.
Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.

PENYEBAB:

 >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga
dengan ROTAVIRUS.
 Food poisoning
 Alergi makanan,
 Pemakaian antibiotik.

TATALAKSANA – CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

 ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti
pedialit atau oralit.
 Perbanyak minum.
 Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak
dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai
dehidrasi teratasi

Kapan menghubungi dokter?
 Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam
 Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir
kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika
tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen
(sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.
 Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
 Luar biasa lemas, layu

PRINSIP:

 Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja
berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan
memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada
tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida
 Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan,
motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.
 Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.

- INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!

Ida
http://ardanicollections.multiply.com

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
mba miko.. thx ya buat alternatifnya.. btw dr toto itu
praktek di kimia farma setiap hari ato ga? trus itu
tlp-nya cdma dia ato tlp kimia farmanya?

thx,
-resya-

Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ

Miko Nasution

to balit...@balita-anda.com

dokter toto itu yang pasti hari ini ada.. hari sabtu pagi.. hari senin,
rabu, jumat sore... telp ke dia itu kayaknya seh cdma deh...

Lif Rahayu

to balit...@balita-anda.com
betul, yg penting djaga asupan cairan. nayma bbrp kali diare sembuh
sendiri dan masih mau makan minum, tapi yg trakhir bulan lalu, smp 8x
bab cair, makan gak masuk, minum susah, muntah2 terus, hari ke3 gak
ada prbaikn, bawa ke rumkit, takut dehidrasi.

keysha safina arifianto

to balit...@balita-anda.com
Ibu-Ibu,

Kalo ahli pencernaan saya biasa sama dokter Eva
Sulaiman, orgnya komunikatif & sabar.. Kalo
rekomendasi temen kantor saya malah dokter Endang
(ahli ginjal), orgnya juga baik bgt & komunikatif trus
kalo ngasih obat juga ga berat2 alias bukan anti
biotik tp tergantung sakitnya juga kali yah...
Semoga Rara cepet sembuh ya mba...

Mama Keisha

--- dhani resya <resya...@yahoo.com> wrote:

> ok deh.. ntar aku coba tanya, siapa tau yang di
> web-nya itu blm di update..
>
> thx a bunch ya..

> dr

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
iya mba ida.. kalo yang itu udah apal kali he..he.. :)
but teuteup aja kalo yang kena anak sendiri mah aku
suka panik.. :( ditambah lagi anakku sejak tadi pagi
udah mulai menurun nafsu makan n minumnya... :((

karena takut dehidrasi makanya aku cari dokter yang
RUD buat nanti sore, sekalian konsul soal pupnya apa
perlu dites lab ato ga soalnya sempat terlihat aga
berlendir di beberapa kali pupnya, sampai jam 1/2 3
ini total pupnya udah 20x-an..

rara ngeluh anusnya sakit (aku tkt ambeien aja, anak2
bisa kena juga ga sih kalo keseringan pup gitu?),
pusing n keliatan lemas banget (info mertuaku).
badannya sempat panas naik turun sampai 39 derajat.
udah dikasih tempra sama lacto b sekali (pagi), minum
larutan gula garam udah abis sekitar 4 gelas (s/d jam
11 tadi).. cuma makin siang makin ga bergairah buat
minum lagi.. sekarang dia lagi tidur..

mana baca imelnya uda novie jadi tambah keingetan anak
gw lagi pucet.. halah.. halah...

btw thx ya buat supportnya.. sedang diusahakan untuk
tidak panik :)

doain ya rara makin membaik.. amiin..

--- Ida Rifai <ida....@gmail.com> wrote:

=== message truncated ===

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search. http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
ok.. thx a lot ya.. :)

=== message truncated ===

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search. http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

i...@sakafarma.com

to balit...@balita-anda.com
ikut prihatin ya, cha.
semoga rara cepat sembuh :)

ika
~ Ambil yang baik, buang yang buruk dan ciptakan yang baru.

dhani resya <resya...@yahoo.com>
03/19/2008 02:01 PM
Please respond to
balit...@balita-anda.com

balit...@balita-anda.com
cc

Subject
Re: [balita-anda] urgent tanya dsa di harapan kita

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
thx ya mba.. thx buat supportnya..

-resya-

--- keysha safina arifianto <keysha...@yahoo.com>

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
thx ya mba ika

-sol-

Noni

to balit...@balita-anda.com
semoga cepet sembuh ya Cha

to balit...@balita-anda.com
thx ya mba non..

hmh.. kalo banyak yang support gini jadi rada
berkurang deh paniknya.. thx a lot lho..

Niken Ariati

to balit...@balita-anda.com
rara terakhir pipis jam berapa mbak icha?
kalo aku ngecek dehidrasi apa nggaknya indikatornya itu.
Sebelum ke dokter untuk sementara dikasih pocari sweat aja, disendokin.
Semoga rara cepet sembuh ya...

2Fa

to balit...@balita-anda.com
cha..yg perlu diwaspadai ciri dehidrasi adlh matanya ada lingkaran hitam
(spt orng kurang tdr), dan ubun2 agak cekung. Trus klo kulitnya ditekan,
agak lama baliknya lg.
Kalo sdh begini mah memang kudu diopname. Kejadian sama fasha dulu, dirawat
di rumkit 2 malam krn cairan gak ada yg bs msk, hrs diinfus.
Tapi selama anaknya msh bisa dan mau minum, lbh baik dirawat di rmh aja. Tpi
utk jaga2 long wiken bsk, gpp jg dibawa ke dokter. krn klo long wiken paling
banter hnya ada dokter jaga doang.

Smoga rara cepet sembuh ya...

dhani resya

to balit...@balita-anda.com
rara sampe sekarang masih pake diapers, jadi ga
ketawan pipis terakhir jam berapa mba.. cuma biasanya
dia ganti tuh tiap 4-5 jam (diapers-nya udah penuh)
nah sekarang behubung sering pup, jadi biar blm penuh
pun udah ganti.. tapi abis pup gitu suka pipis sedikit
(u/ pup yg tadi malam krn masih aku yg handle, kalo
pagi sampe sekarang ini aku ga tau, soalnya tadi tanya
mertuaku blio juga ternyata ga terlalu perhatiin
pipisnya)

barusan tlp lagi.. katanya sih sejak siang tadi biar
pupnya sering tapi udah mulai sedikit (kaya cepirit
gitu - maaf pisan ya kalo bikin jjy) ga kaya tadi
malam yang lumayan banyak..

kalo prediksi aku sih kayanya dia salah
makan/keracunan makanan gitu, cuma makan apa entah
juga..
menu rara kemarin :
- pagi : roti tawar n telur
- siang : nasi plus sop buntut (eyangnya bikin
sendiri)
- sore : nasi plus chicken snitzel (ini makanan beku)
- minum susu 4 kali

semua orang dirumah makan makanan yang sama (kecuali
susu-nya beda), cuma rara aja yang diare yg lain ga
ada gejala.. bisa jadi karena tangannya towal towel
apa aja trus lupa ga cuci tangan ato apa.. maklum anak
umur segitu lagi seneng nyoel macem2..

dhani resya

to balit...@balita-anda.com

--

alhamdulillah rara ga sampe begitu, cuma lemas aja n
ngeluh anusnya (maaf) n perutnya sakit.

Tpi
> utk jaga2 long wiken bsk, gpp jg dibawa ke dokter.
> krn klo long wiken paling
> banter hnya ada dokter jaga doang.

--
nah maksud gw juga begitu..

ini kadang antara pikiran sama perasaan suka ga
singkron.. otak nyetelnya untuk tenang n ngikutin tata
laksana penanganan diare, tapi perasaan ini bawaannya
cemas n panik mulu.. :(

--- 2Fa <elael...@gmail.com> wrote:

=== message truncated ===

boedoet

to balit...@balita-anda.com
mbak
untuk cek pub gak perlu konsul ke dokter... makan waktu makan biaya...
lgsg aja.. bawa pub rara lgsg ke lab ya... jangan lebih dari 1 jam...
cek feses rutin saja dulu... dalam 2-3 jam hasil sudah keluar...

liat apakah ada amuba atau bakteri yg positif....

kalau amuiba positif berarti disentri (katanya ada lendirnya ya? pub
berlendir itu gejala utama dari disentri)
kalau bakteri positif, segera ambil pub rara lagi, dan bawa ke lab untuk cek
feses kultur... sekitar 5 hari hasilnya keluar...

ok, segera ya di cek...

*pengalaman anakku disentri*

--
Intan Dima
http://muslimahjelita.multiply.com (jilbab dan busana cantik)

Atau silahkan japri untuk melihat katalog terbaru (saat ini hanya ada
katalog jilbab dan busana).

Hairiah

to balit...@balita-anda.com
Aku pernah mbak ke dr. Endang lestari... komunikatif bgt. Untuk dokter pencernaannya, anakku pernah konsul ke dr. Budi purnomo karena susah pub. Alhamdulillah 2 kali cek sembuh. Gitu aja mbak, sori ya kalo ga' bantu banyak.

Hairiah
Marketing Services
PT. Trasformasi Televisi Indonesia
Phone. (021) 7917 7000 ext. 5170
Fax . (021) 7918 4537
Email. hai...@transtv.co.id

to balit...@balita-anda.com
Waktu itu egi emang susah bgt makan sayur n buah, tp stlah dia mengalami
susahnya pengen pup, akhirnya mo mkn sayur n buah walau sedikit2.
Itupun ga' langsung lancar pupnya, tapi harus terapi sendiri dirumah
(atas petunjuk dokter). Karena sempet trauma, setiap mo pup pasti dia
ga' mau jongkok or duduk di toilet, yang ada dia berdiri sambil pahanya
dijepit. Akhirnya dokternya menyarankan setiap 10 menit selesai makan,
egi diajak jongkok min 5 menit (sambil main2), ini gunanya untuk
melemaskan otot2 di bokongnya. Alhamdulillah besoknya pupnya keluar
dengan lancarnya. Jadi sekarang biarpun di kloset duduk, dia masih aku
minta jongkok aja khawatir terulang lagi.

From: boedoet [mailto:boe...@gmail.com]

To: balit...@balita-anda.com

mbak

Rizqiyah, Ummi-Lailatul

From: boedoet [mailto:boe...@gmail.com]

To: balit...@balita-anda.com

mbak

*pengalaman anakku disentri*

> tidak panik :)

Rizqiyah, Ummi-Lailatul

to balit...@balita-anda.com
O gitu. Entar aku coba dech.
Kemaren terulang lagi tuch. Hafiz hampir 2 jam nahan pup sambil
kesakitan dan nangis2. kalo dah gitu aku bilangin nanti makan pepaya de
el el dia ngangguk. Tapi giliran sembuh nolak... Kasian banget
ngeliatnya, akhirnya aku kasih juga dulcolax for children. Habisnya dah
nggak tega banget ngeliatnya,

Semoga nanti berhasil dech.
Thank's banget ya mbak ...