Pertimbangan pemilihan paket

stwn

to Kuliax Project
Para pemerhati dan pendukung Kuliax,

Mau minta masukan nih dari kawan-kawan tentang pemilihan paket program
yang akan disertakan di Kuliax

Kita sebenarnya ingin memasukkan semua yang ada di http://kuliax.org/roadmap/7.0/apps
ke CD #1, sayangnya ruang disk tidak cukup, apalagi sudah ada
installer dan paket-paket udeb-nya

Sementara ini saya pilih paket berdasarkan keumuman penggunaannya,
subjektif :-)

Paket program dalam distribusi bisa dibagi menjadi dua:
- untuk penggunaan umum, misal aplikasi perkantoran, IM
- untuk penggunaan khusus (Kuliax), misal simulator, IDE

Dalam bayangan saya, paket program khusus akan lebih banyak mendapat
perhatian dibanding yang umum, tetapi minimal kebutuhan umum yang
_standar_ digunakan harus sudah ada sebelum paket program khusus
dimasukkan

Nah ada ide soal program umum yang _standar_ digunakan? kalo ideal
mestinya dilakukan survei dulu setelah itu baru diputuskan berdasarkan
hasil :D

--
stwn

Akhmad Fathonih

to kul...@googlegroups.com
Kalau standar ya office suite. Beberapa bulan ini aktivitas saya didominasi dengan e-mail, browsing, doc, spreadsheet dan ppt. Browsing file, edit gambar sedikit. Lebih minimal lebih baik supaya kita bisa benar-benar tahu mana yang nantinya masih kurang (sewaktu ada yang protes atau mencari-cari) :D

2010/1/1 stwn <este...@gmail.com>

--
Kuliax Project
Web: http://kuliax.org
IRC: #kuliax at irc.freenode.net
Development: kuliax...@googlegroups.com

--
http://launchpad.navinot.com - Dukung Startup Lokal!
http://navinot.com - Slashing Web & Online Strategy

stwn

to Kuliax Project
On Jan 1, 11:03 am, Akhmad Fathonih <akhm...@gmail.com> wrote:
> [...]
> mana yang nantinya masih kurang (sewaktu ada yang protes atau mencari-cari)

Nah perlu dirinci nih Ton, aplikasi perkantorannya apa? klien mail
pake aplikasi atau via web? dst.

Dugaan sementara, yang umum digunakan:
- OpenOffice.org untuk aplikasi perkantoran
- Firefox/Iceweasel untuk peramban web/jejaring
- Konqueror/Dolphin untuk pengatur berkas

Penyunting gambar pake apa? Gimp terlalu canggih kayaknya ya, saya
pake sih cuma buat fungsi yang remeh kayak motong, ubah ukuran, dst.
Kalau misal Gwenview bisa ngelakuin fungsi-fungsi ini ya berarti pake
aplikasi ini aja, Gimp nggak perlu dimasukkan ke CD #1. /me belum
eksplor lagi sih

--
stwn

Akhmad Fathonih

to kul...@googlegroups.com
Kalau aku sih lebih cenderung pakai ayng versi web supaya bisa diakses dari mana-mana juga untuk mempermudah sharing. Kecuali untuk dokumen yang memang niatnya tidak untuk dibagi.

Untuk aplikasi image manipulation, aku masalh akrab sama Gimp :D Aku malah gak tahu gwenview bisa dipakai seperti itu :D
Tambahan, aplikasi untuk ambil screenshot. Tapi mungkin sudah included dengan dekstopnya sendiri.

Aku kira, basic app yang cuma 3 poin di atas sudah bisa jadi generic distro :D Seperti versi default Ubuntu itu.

--
Kuliax Project: http://kuliax.org
IRC: #kuliax at irc.freenode.net

FoO Iskandar

to Kuliax Project
Ya saya setuju sama mas Akhmad Fathonih hmmm sebelumnya lam's kenal
mas :D

[edit]

Dugaan sementara, yang umum digunakan:

- OpenOffice.org untuk aplikasi perkantoran (boleh)
- Firefox
- Konqueror/Dolphin hmmm sama2 bagus sih punyeng milihnya :D

Thx

Yuda Nugrahadi

to kul...@googlegroups.com
Pada 1 Januari 2010 18:32, stwn <este...@gmail.com> menulis:

> [...]
> Kalau misal Gwenview bisa ngelakuin fungsi-fungsi ini ya berarti pake
> aplikasi ini aja, Gimp nggak perlu dimasukkan ke CD #1. /me belum

tetap gimp saja, masih banyak orang yang berpendapat : "image editor
di linux ya gimp" :)

stwn

to Kuliax Project
On Jan 1, 11:47 am, FoO Iskandar <fooiskan...@gmail.com> wrote:
> Ya saya setuju sama mas Akhmad Fathonih hmmm sebelumnya lam's kenal
> mas :D

Salam kenal foo *GR*

> [...]
> - Firefox
> - Konqueror/Dolphin hmmm sama2 bagus sih punyeng milihnya :D

Makasih. Btw, di Debian Firefox itu bernama Iceweasel hehe

stwn

to Kuliax Project
On Jan 1, 11:39 am, Akhmad Fathonih <akhm...@gmail.com> wrote:
> Kalau aku sih lebih cenderung pakai ayng versi web supaya bisa diakses dari
> mana-mana juga untuk mempermudah sharing. Kecuali untuk dokumen yang memang
> niatnya tidak untuk dibagi.

Malah jadi kepikir untuk masukin bookmarks/penanda buku(?) aplikasi
web/jejaring di Iceweasel misal google docs, gmail, dll. Semua
aplikasi standar yang jalan di peramban jejaring

> [...]
> gak tahu gwenview bisa dipakai seperti itu :D
> Tambahan, aplikasi untuk ambil screenshot. Tapi mungkin sudah included

Gwenview ada fungsi penyunting di bagian Plugins, tapi perlu "backend"
seperti imagemagick dan mungkin orang nggak biasa pakenya. Perlu ada
konteks menu di klik kanan saat pengguna meng-klik gambar, jadi orang
tidak harus meng-klik menu Plugins ;-)

Penangkap layar pake KSnapshot

> Aku kira, basic app yang cuma 3 poin di atas sudah bisa jadi generic distro
> :D Seperti versi default Ubuntu itu.

Ok, makasih. Berarti yang standar:
- aplikasi perkantoran: OpenOffice.org, tambahan Kivio (KOffice) dan
Freemind
- Internet: Iceweasel +penandabuku, Pidgin, KMail
- multimedia: Audacious, MPlayer, Gimp, Gwenview, KSnapshot

Sebenarnya untuk multimedia secara pribadi saya lebih memilih Amarok,
tapi sepertinya orang lebih paham langsung bagaimana menggunakan
aplikasinya kalau lihat Audacious yang "WinAmp banget"

Untuk Yuda, sementara ini Gimp masih dimasukkan ke CD #1. Inkscape
dimasukkan ke CD #2.

FoO Iskandar

to Kuliax Project
Eh iya Google Chrome Browser Bisa di tambahkan :D udah banyak yang
pake :D

FoO Iskandar

to Kuliax Project
Kalo Google Chrome Browser bisa masuk ga mas Iwan ?

Hmmm iya sih kalo di Debian Firefox itu Icewealsel :D maaf masalah nya
saya lebih suka Firefox "namanya" ....

stwn

to Kuliax Project
On Jan 2, 5:49 am, FoO Iskandar <fooiskan...@gmail.com> wrote:
> Kalo Google Chrome Browser bisa masuk ga mas Iwan ?

Udah ada Iceweasel untuk aplikasi dengan fungsi peramban Internet di
CD #1

Seperti pesan di awal ulir milis ini, permasalahan yang dihadapi
adalah pertimbangan aplikasi yang disertakan vs ruang yang terbatas.
Kalo seandainya Iceweasel dan Chrome dimasukkan di CD #1 jadi
redundant aplikasi untuk fungsi peramban. Perlu pilih salah satu

Saya belum coba Chrome, apa sudah stabil? gimana jika dibandingkan
dengan Firefox/Iceweasel? Toni sepertinya sering mengeluh tentang
Chrome hehe

FoO Iskandar

to Kuliax Project
Jujur saja memang google chrome browser untuk linux masih blum stabil
tp saya pernah coba memakai google chrome browser di PCLinuxOS dan
browser chrome sangat-sangat stabil untuk di pakai personal maksud
saya aplikasi browser chrome ini lebih ringan dari pada firefox/
icewelsel :D "itu menurut saya"

Ya kalo tidak bisa di masukan dalam paket juga tidak apa2 tp mungkin
anda bisa menyediakannya pada bagian download applikasi atau
repository Kuliax :D "sekedar saran"

stwn

to Kuliax Project

Memang ada CD #2 yang isinya repositori paket tambahan, bisa
dimasukkan di situ, tapi masih perlu lihat dan ujicoba paketnya dulu
mas. Makasih