JBoss Community Project :: Errai

已查看 92 次
跳至第一个未读帖子

Yosi Pramajaya

未读,
2012年10月11日 04:25:492012/10/11
收件人 jboss-ug-...@googlegroups.com
Apa itu Errai? Errai dalah framework untuk pemrograman aplikasi Java berbasis web yang dikembangkan oleh JBoss. Kegunaannya yaitu mempermudah kita sebagai programmer untuk membuat aplikasi web berskala besar (Large Web Applications).

Fitur-fiturnya termasuk:

- Kemudahan dalam Context Dependency Injection (CDI)
- RESTful Services (Errai JAX-RS)
- Berbasis Google Web Toolkit (GWT) untuk pemrograman User Interface (UI)

Misalnya, Errai akan membantu kita membuat aplikasi dengan bermacam-macam klien (Rich Client Application). Dengan adanya implementasi JAX-RS untuk Errai, kita mampu membuat RESTful WS secara mudah. Sehingga, kita bisa membuat aplikasi klien di Android, JavaFX, NetBeans Platform, Eclipse RCP, SWING, dan bahkan melalui command line.

Termasuk juga dengan adanya implementasi GWT, memudahkan kita dalam pembuatan UI. Semua tampilan bisa diprogram dengan kode Java. Dan kita tidak perlu pusing lagi dengan JavaScript yang secara otomatis sudah diganti dengan GWT.

Errai adalah framework berbasis Maven. Untuk mendapatkan archetype nya, silakan gunakan command berikut:

mvn archetype:generate -DarchetypeGroupId=org.jboss.errai.archetypes -DarchetypeArtifactId=bus-quickstart -DarchetypeVersion=2.1.0.Final

Saat ini, aplikasi dengan framework Errai bisa dijalankan di beberapa server tertentu: JBoss AS 7, Jetty, dan Tomcat. Dan sekarang, saya sedang eksperimen untuk membuat aplikasi Errai di cloud. Dengan OpenShift Cloud dari RedHat. Ditunggu saja.

Untuk homepage: www.jboss.org/errai/
Silakan kunjungi situsnya untuk keterangan dan documentation lebih lanjut.

Dian Aditya

未读,
2012年10月11日 12:18:142012/10/11
收件人 jboss-ug-...@googlegroups.com
Wah baru tahu, sejenis sama vaadin atau ZK nih, ini errai CDI kira-kira apa
bedanya sama weld ya, masih menanti integrasi sama spring :P

Eh Min, gak bisa posting lewat email nih....

Technical details of permanent failure:
The group jboss-ug-indonesia@googlegroups.com does not allow posting through email.

Yosi Pramajaya

未读,
2012年10月11日 12:27:302012/10/11
收件人
Kalau soal CDI mungkin mirip sama Weld dari Seam ya. Tapi kalau saya lihat sih, Errai lebih powerful karena dia ga cuma CDI aja. Justru malah Errai bisa di integrasi sama Weld. Ini linknya: http://errai-blog.blogspot.com/2009/12/integrating-errai-with-weld-cdi-part-1.html

Oh ya, maaf ya. Saya akan perbaiki biar bisa posting lewat email.

Edited: 10/11/2012 11:27 PM

Sudah saya perbaiki, posting sekarang boleh lewat email.
回复全部
回复作者
转发
0 个新帖子