Selamat Idul Adha 1433H

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

Eid-Al-A_0

Ario Franata

Qatar Aluminium Limited, P.O. Box 23086, Doha, Qatar

Tel +974 44031011  Mob +974 6645 9228  Fax +974 4403 0817

www.qatalum.com

Working hours 07.00 – 15.00, weekends Friday & Saturday

QTLM_eMail_signature_Arabal_final

Emanuel agus waluyo jati jati

to ex_tjb...@googlegroups.com
Met Idul Adha Juga ya,om mau nanya boleh?
kalo buat kartu kerja luar negeri tuh gmn?buatnya dimana om?
thank ya..xiiixiii...

--
Ex_TJBPS_Team does it better

Budi.C...@shell.com

to ex_tjb...@googlegroups.com

Just help mas Agus,

KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) / Overseas Worker ID Card, bisa di buat di kantor BNP3TKI masing-masing propinsi ( Kalo propinsi  Jawa Tengah di daerah Pudak Payung/Banyumanik semarang atas).

Kalo misal banyak waktu sebelum terbang, bisa juga dibuat mendadak di bandara soekarno hatta di terminal 2 keberangkatan internasional  gate 1D dan langsung stempel verifikasi di gate 2D deket imigrasi keberangkatan.

Syaratnya:           Buat yang baru akan berangkat bawa passport asli dan kontrak kerja (surat perjanjian kerja), dan tidak dikenakan biaya apapun!

                                Buat yang sudah tinggal di luar negeri cukup tunjukin work visa atau ID card dari negara tempat tinggal.

Sebaiknya di foto copy semua dokumen tersebut, karena kalo mbuatnya di daerah masing2 biasanya ada uang foto copy sama uang folio…dan agak mbulet-mbulet dikit lah ditanya-tanya gitu deh….hehehehe.

Kalo mbuatnya di bandara, cukup liatin tiket pesawat atau boarding pass, maka pertugas langsung tancap gas untuk memproses-nya.

NB: Atau bisa kontak mas Ahmad Haerudin yang barusan membuat dengan lancar jaya..

Emanuel agus waluyo jati jati

to ex_tjb...@googlegroups.com
Dear Pak Budi,

Makasih Pak Atas semua infonya,ya .satu lagi ya pak masalah pajak gmn pak Budi ,Kita urus sekalian di Indonesia dulu ya.
Makasih sebelum dabn sesudahnya Pak Budi.Met Idul Adha ya buat keluarga di QaTAR.

Salam

Agus Waluyo

Budi.C...@shell.com

to ex_tjb...@googlegroups.com

Sama-sama Mas Agus dan terima kasih,

Untuk pajak? Apa yang di maksud adalah NPWP?

Kalo memang yang dimaksudv adalah NPWP, sepertinya tidak ada kaitannya dengan keberangkatan ke luar negeri mas, karena semenjak januari 2011 kita tidak perlu membayar FISKAL Luar Negeri. Kalo dulu memang bener jika kita ingin bebas fiscal maka kita harus memiliki kartu NPWP, dan itu diurus tersendiri di kantor perpajakan daerah masing-masing. Dan untuk informasi, bahwa kita yg bekerja di luar negeri tidak dipotong pajak pendapatan oleh pemerintah RI.

Intinya kita tidak dipotong apapun mengenai pajak pendapatan, jadi gaji kita tergantung negara tempat kita kerja, kalo di kawasan Arabia kalo gak salah kayaknya bebas pajak semua, tapi kalo untuk kawasan negara lain mungkin besaran pajaknya tergantung aturan negara masing-masing mas.

achmad haerudin

to ex_tjb...@googlegroups.com
Pak Budi, Klo laporan SPT kita tahunan nya di Indonesia gimana ya?
Bukannya kita harus buat Report itu setiap tahunnya.

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

sorri berat, baru bales…maklum baru masuk kerja lagi :-)

Mas Wal, ada beberapa tambahan dari yang sdh dijelaskan Mas Budi:

1. KTKLN utk yg pertama kali berangkat, ada beberapa persyaratan lagi yang harus dipenuhi. Maklum karena baru pertama berangkat, byk celah yg bisa dimanfaatkan oleh petugas. Semboyan mereka (BNP2TKI), mereka bekerja berdasarkan UU. misalnya yg pasti akan dimintai adalah membayar asuransi. Kalo menemui hal ini, coba saja bilang, kalo sampeyan itu TKI profesional/mandiri.

2. Mending kalo berniat bikin KTKLN, di kantor cabang saja… tidak disarankan ke Bandara. Ini sekedar menghindari rush hour saja.. yg resikonya terlambat berangkat ato malah gagal berangkat. Kalo sdh bgitu, biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak dibanding dngn bikin secara normal di kantor BNP2TKI.

3. Kalo gak ingin ribet ngurus KTKLN, coba berangkat via Singapura. Penerbangan ke Singapuranya, anggep wisata.

4. Pajak, yang paling gampang diingat, jika sudah tinggal di luar negeri lebih dari 183hari….maka BEBAS PAJAK :-D

sebelum itu, ya mesti dihitung… dan disetorkan. teknisnya, diatur dewe-dewe :-)  Tapi untuk berangkat ke LN, gak terkait pajak.

Atene nang endi Mas Wal? hayoo..ngaku! hehehe…

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

1. kirim visa post, sampe gak sampe…gak usah dipikirin hehehe…

2. gak perlu ngirim, kalo sudah lewat 183hari tinggal di LN….

3. Batalkan NPWP kita, dan bikin lagi saat sdh balik lagi ke Indonesia…jika akan tinggal lama di LN.

Pak Haerudin, selamat datang di padang pasir ya….. di mana lokasi kerjanya (kota)? Dammam ato agak ke tengah lagi?

achmad haerudin

to ex_tjb...@googlegroups.com
Thanks Pak Ario,
Lokasinya di pinggir laut merah (pantai barat). Jadi berseberangan jauh sekali dari damam (pantai timur).

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

wah..enak tuh pak… deket dengan Mekkah/Madinah, bisa naik haji/umroh…

Selamat pak! Saya kirim email yahoo.com sampeyan gak bisa..

Budi.C...@shell.com

to ex_tjb...@googlegroups.com

Mas Haerudin, soal PALAK…eh Pajak….hehehe itu dah di jawab mas Ario..soalnya saya nggak punya NPWP wkwkwkwkkk..karena waktu biaya fiscal 2,5juta utk pertama terbang kebetulan saya punya passport lama yang sudah ada stempel lapor KBRI Doha jadi petugasnya minder mau menganggap saya TKI baru..hihihihi.

Masalah NPWP nggak usah dianggep susah mas, meski teorinya setiap tahun wajib lapor tapi prakteknya saya lapor juga nelat2 seingatnya saja dan tetep tidak ada potongan pajak pendapatan karena pendapatan yg kita hasilkan bukan dari Indonesia.

Yang pasti tidak ada kasus TKI di penjara karena tidak mengisi SPT tahunan..

to ex_tjb...@googlegroups.com
Dear Pak Rio dan Pak Budi,
salam buat temen temen disana ya....
Terima kasih banyak masukannya yang sangat bermanfaat,Untuk KTKLN saya akan urus sendiri di Jateng,sedangkan untuk pajak saya pernah denger apabila selama 3 bln kita bekerja dengan menggunakan visa kerja,kita kembali di Indonesia di bandara akan dikenakan denda yg cukup besar apabila kita tidak melaporkan pajak kita? apa betul seperti ini mas Ario ato Pak budi?thank you ya sebelumnya.
untuk asuransii di KTKLN emang mas rio,saya rada di pekso buat ,katanya untuk setahun asuransinya 170 ribu,gt om rio .heee

best regards

best regards

Budi.C...@shell.com

to ex_tjb...@googlegroups.com

Maaf saya jawab dulu nih mas, kebetulan malam ini mbuka mail box jadi njawab duluan hahaha (nuwun sewu mas Ario)..

Kalo ngurus KTKLN mau di jawa tengah berarti nanti ke kantor yang di Pudak Payung itu mas, kalo gitu siapkan saja paspor dan kontrak kerja atau kesepakatan kerja atau work agreement.

Kalo gak bisa menunjukan kontrak kerja maka akan ditanya calling visa kerja-nya, karena menurut mereka itu adalah identitas ke negara mana kita berangkat. Dan yang pasti mereka akan menanyakan asuransi, seperti yang saya sampaikan ke mas Haerudin juga, cukup bilang saja bahwa asuransi sudah di cover oleh kantor (mereka akan tau melalui kontrak kerja kita ini masuk kategori formal atau non formal, karena biasanya non formal-lah yang dipaksa utk mbayar asuransi e.a pembantu,buruh kapal,dll).

Nanti akan dikasih formulir utk diisi, dan akan lebih cepat jika setelah ngisi formulir hard copy tsb selanjutnya kita langsung ngisi online form di dalam (bagian IT) dan ada mbak-mbak yang akan membukakan website-nya, setelah submit dan mereka bisa memproses kartu serta foto lebih cepat.

Kalo masalah PALAK itu lagi saya belum pernah denger kok mas, ya kalo menurut informasi dinas pajak sih memang ada aturan kalo tidak melaporkan SPT tahunan maka akan kena denda, tapi saya belum pernah di denda dan apalagi bayar dendanya di bandara?hehehe..

Mungkin mas Ario yang lebih berpengalaman soal ini..monggo mas?

achmad haerudin

to ex_tjb...@googlegroups.com
Benar apa yg dikatakan Pak Budi.
Pengalaman saya sich waktu buat KTKLN di bandara Soekarno-Hatta, tidak sepeser uangpun saya keluar duit.
Dan prosesnya cuma 5 menit langsung jadi.

Dari: "Budi.C...@SHELL.com" <Budi.C...@SHELL.com>
Kepada: ex_tjb...@googlegroups.com

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

Gak apa2 Mas Budi…monggo kerso hehehe…. kasihan tuh Mas Wal, dia sampe belum berani ngaku mau berangkat kemana… saya cuman bisa nebak, dia mau ke Kuwait (asal.com) hahaha….

Saya sendiri tidak pernah (dan gak ingin) ngalami di palak sama petugas pajak ataupun imigrasi…

KTKLN memang masih terus jadi dilema…. di satu sisi,  sampe sekarang tidak kelihatan sama sekali fungsinya bagi TKI profesional, bagi non-prof pun tidak terlalu. Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya, BNP2TKI bekerja sesuai UU yang ada… sebelum UU tsb di revisi atau dibatalkan mereka akan terus bekerja. Apa yg menjadi kekuatiran para TKI bahwa akan ada banyak penyimpangan di lapangan, memang benar terjadi… menyedihkan sekali.

Nah, kembali lagi. Untuk new joiner, jika tidak ingin ribet, ikuti saja aturan yang ada… konsekuensinya, keberangkatan insyaallah lancar. Gerbang keluar pertama adalah di Maskapai penerbangan, jika pake maskapai luar negeri (Qatar Airways, Etihad, Emirates, Kuwait Air, Gulf Air dll)..mereka suka nanyain KTKLN. bagi yang sdh punya Resident Permit negara lain, sangat mudah untuk melalui tahap ini. Tapi bagi yg pertama kali berangkat, petugas airline tsb bisa nanya macem2 yg ujung2nya penerbangan ditunda atau bahkan bayar.

Berikutnya adalah di Imigrastion check. Di sini ada bbrp faktor yg bisa dibuat alasan utk tidak memberangkatkan TKI. Contohnya: penampilan (berjas atau resmi, orangnya slengekan, kumuh, ganteng atau keren bahkan hehe..), pergi dgn keluarga, dan yg jelas status paspor tsb dgn Resident permit atau tidak. Petugas imigrasi sering sekali tanya KTKLN. Jika tidak ada, disuruhlah si TKI tsb utk bikin KTKLN. ada solusi yg sdh sering terbukti manjur, yaitu: ganti ke petugas imigrasi yg lainnya…keberhasilan 50%  :-).

Bahkan ada, teman yang baru pertama kali berangkat ke Mid-East dibilang spt ini: Paspor ini tidak untuk ke Timur Tengah!  --> konyol sekali pernyataan itu, artinya petugas tersebut memang cari duit. Dan memang, si doi harus bayar 300Ribu utk bisa lolos dari jebakan badman tsb hehehe…

Dan lagi, jika memang harus bayar asuransi, pastikan disitu tertulis TKI mandiri/profesional, jangan sampe mau ditulis dgn nama perusahaan PJTKI manapun…

Kalo ingin lebih paham, bisa baca UU Naker LN---Attachment.

Jika menemui hal2 yang tidak sesuai dgn yang diatas, cara paling jitu adalah: Foto petugas tersebut kemudian laporkan ke yang berwenang atau kalo perlu di kirimkan ke surat kabar, pasti mereka akan melunak.

Alhamdulillah, saya sampe sekarang belum pernah mengalami hal-hal yg tersebut di atas. Saya sendiri saat liburean yang lalu menyempatkan diri bikin KTKLN (di Bandara Soetta). Hanya butuh waktu 15 menit saja, selesai sudah. Saat itu saya sempat tanya ke bbrp calon TKI, mereka memang gratis utk kartu KTKLN tsb, tapi bayar asuransi dan juga bayar ke agen PJTKI---bbrp juta, artinye sami rawon dong hehehe… nothing is free! Bahkan ada TKW yang saat itu sama spt saya baru datang ke counter pembuatan KTKLN bandara Soetta, tanpa di tanya2, langsung saja menyuruh TKW tsb utk membayar asuransi di loket sebelah, dgn jelas saya bisa lihat hal itu. Tapi terhadap saya, mereka menjelaskan dgn sabar dan sopan (itu orang yang sama lho), dan saya datang dgn keadaan yg kurang lebih sama dgn TKI lainnya.

Kemarin, di kantor, ketemu TKI yang baru kerja 8 bulan di Qatar. Dia dpt KTKLN gratis katanya, tapi harus bayar potong gaji oleh PJTKInya sebanyak 1400QR (Rp. 3,6juta), so again…no free lunch gitu.

Ini ada copas dari milist di Qatar buat referensi tambahan, semoga membantu…

Alhamdulillah, saat ini bandara Adi Sucipto Yogyakarta sudah lebih baik. Sebelumnya banyak kawan2 TKI yang menyampaikan keluhan jadi korban pemerasan oleh oknum2 di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta karena TIDAK PUNYA KTKLN. Jika tidak mau bayar sekitar Rp 2 jutaan, maka kawan2 TKI PRT kontrak mandiri ditolak keberangkatannya walau sudah punya persyaratan yang lengkap untuk bekerja sesuai aturan hukum di negara penempatan.

Karena itu saya mencoba membantu sesuai aturan hukum yang berlaku agar kawan2 TKI Tanpa KTKLN dapat bekerja ke luar negeri sesuai aturan perundangan di negara penempatan demi memenuhi hak atas pekerjaan yang dijamin oleh UUD 1945.

Gebrakan pertama yang berhasil dilakukan oleh Mbak Tukinah TKI PRT Singapura yang berangkat Tanpa KTKLN melalui Bandara Adi Sucipto Yogyakarta menuju Singapura pada hari Minggu, 5 Agustus 2012. Baca "Tukinah Berhasil Pulang ke Singapore Tanpa KT-KLN" http://jogja.tribunnews.com/2012/08/05/tukinah-berhasil-pulang-ke-singapore-tanpa-kt-kln

Alhamdulillah setelah peristiwa itu kawan2 TKI tidak lagi ditanya tentang KTKLN oleh petugas maskapai penerbangan dan Imigrasi di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Dan yang jelas petugas BP3TKI Yogyakarta sudah jujur mengakui bahwa BNP2TKI TIDAK PUNYA KEWENANGAN HUKUM UNTUK MEMBATALKAN KEBERANGKATAN TKI TANPA KTKLN.

Artinya, surat saya ditulis atas nama SBMI Yogyakarta tentang penjelasan secara hukum persoalan KTKLN yang sudah saya sampaikan langsung kepada petugas BP3TKI, maskapai penerbangan Air Asia dan Imigrasi di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta SUDAH DIAKUI dan DISADARI mereka.

Nyatanya saat ini sudah banyak kawan2 TKI yang lolos walau Tanpa KTKLN di bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Juanda Surabaya, Ahmad Yani Semarang dan Adi Sumarmo Surakarta.

Namun demikian kemarin minggu 21 Oktober 2012 ternyata Garuda Indonesia Airways masih menolak keberangkatan Mbak Faridah ke Dubai untuk bekerja karena tiadak punya KTKLN. Mbak Faridah sudah mencoba membuat KTKLN, tapi tetap ditolak oleh petugas2 BNP2TKI di terminal bandara Seokarno hatta dan kantor BP3TKI Ciracas. Petugas BNP2TKI menolak menrbitkan KTKLN kepada mbak Farida karena ia TKI Perseorangan kontrak mandiri yang bergaji USD 500 perbulan sebagai nanny. Artinya, mbak Faridah diwajibkan meakai jasa komersial PJTKI dan Agensi Asing di Dubai. jika pakai jasa agen, maka mbak Faridah harus bayar pihak agen Rp 5 juta untuk mendapatkan KTKLN. Ironis !

Pada Jumat, 14 September 2012 7:08:38 UTC+7, Oki menulis:

Ini lagi di ruang boarding bandara Adi Sucipto Jogja, siap menuju Singapur dan inshaAllah connect Sri Lanka ke Doha ( irit plus uji nyali mode on...he he he )

Disini, loket validasi KTKLN diletakkan  disebelah pembayaran airport tax, hanya 2 meter dari imigrasi.

Pengamatan saya proses validasi berjalan dengan sangat mudah dan gayeng. Ibu-ibu petugas BNP2TKI (3 atau 4orang) melayani para TKI yang jumlahnya cukup banyak dengan penuh senyum dan guyon. Bahkan untuk TKI yang agak sepuh petugas menyilahkan mereka untuk tetap duduk dan mereka yang menjemput paspor dan kartu ktkln serta mengantarkannya kembali setelah selesai validasi. Para TKI-TKW juga kelihatan ceria, guyon dan gojeg diantara mereka serta kepada petugas. Tidak terlihat kesan stress dan jutek seperti yang sering terlihat di Cengkareng.

Saya pribadi memilih untuk tidak memvalidasi KTKLN yang saya bawa, sekedar ingin ngetest sistemnya. Dalam hati kalau nanti diminta validasi,ya tinggal balikbadan ke loket saja, toh semuanya sudah siap. Ternyata di imigrasi, meskipun menyebutkan bahwa Doha adalah tujuan ahir saya, sama sekali tidak ada pertanyaan soal KTKLN atau hambatan launnya. Para mbak-mas TKI TKW yang saya lihat memvalidasi KTKLN mereka pun lewat dari imigrasi dengan lancar jaya

Jadi kesimpulannya :
1. Petugas BNP2TKI dan imigrasi Di Adi Sucipto terlihat bekerja sangat professional dan manusiawi dalam menjalankan tugasnya.
2. Buat mayoritas TKI-TKW, at least yang saya lihat disini, KTKLN  adalah sekedar fact of live, mungkin sama dengan paspor atau tiket. Kalau mau bedangkat lancar ya penuhi saja. Jangan-jangan yang ribut soal ini cuma kita-kita saja.
3. Unfortunately masih ada diskriminasi soal pengecekan KTKLN. Nyatanya saya gak ditanya tuh.......

--

UU-RI-039-2004.pdf
Permennaker2006_19.pdf

Budi.C...@shell.com

to ex_tjb...@googlegroups.com

Sugeng Ndalu….Mas Ario, Mas Haerudin..(sepertinya tinggal kita-kita nih yang menanti tengah malam hehe..)

Sepertinya semakin banyak temen-temen kita yang exist kea rah timur tengah, dan harapannya 2-3 tahun kedepan semakin bertambah temen kita dari eks TJB yang masuk ke arah sini hahaha..

Ngomong2 soal KTKLN memang kadang geli sendiri, beberapa temen saya juga ada yg kena pungutan tsb, dan kebanyakan temen2 yang pernah masuk di project sini dulu juga sering bertanya tentang KTKLN ini (padahal sekitar 600 orang waktu itu masuk di project shell utk kerjaan insulation dan banyak yang eks project TJB unit 3-4) mereka hanya 3-6 bulan di sini tapi kena pungutan melebihi gaji mereka sebulan..memang ironis sekaligus miris! Tapi kita gak bisa berbuat apa-apa selain member informasi yang paling valid dan update agar temen2 yang lainnya minimal siap dengan segala kemungkinan pertanyaan sebelum terbang.

So, saya berharap mas Ario atau Mas Haerudin atau yang lainnya, utk bisa membantu member informasi tsb yang dibutuhkan temen2 kita, dan temen yang ada di milis ini juga bisa membantu jika ada teman lainnya yg akan berangkat kerja ke luar negeri, agar mereka bisa mempersiapkan dokumen atau apapun yang diperlukan sehingga tidak perlu membayar atau kalopun membayar tidak banyak-banyak amat..dan hanya yang masuk akal saja yang memang seharusnya mereka bayar.

Sepertinya hanya itu yang bisa membantu, karena gak mungkin kita melarang mereka berangkat keluar negeri kan??hehehe…

Salam,

Ario Franata

to ex_tjb...@googlegroups.com

Sugeng Ndalu juga Mas Budi.

Iya neh…sepertinya kita2 ini saja yang masih online… kalo saya sih, karena masih jaga warung hehehe…

20121030_0  20121030_0

Nih, buktinya hahaha… anak buah "bawang" malam ini ada 3 orang, tuh yang pake kaca mata asalnya deket dengan Jothi. Yg satunya lagi yang ambil gambar ini…

Kembali ke laptoppp…

Ayoo… monggo bagi yang mau ke LN, ada baiknya segera cari komunitas Indonesia di negara yg dituju tersebut…insyaallah sekarang, jaman begini modern, sdh ada milist-milist perkumpulan orang2 Indonesia-nya. Nah, dari situ, info tentang negara setempat bisa digali lebih detil lagi… untuk segala macam formalitas, saya pikir akan solve, baik itu dari perusahaan atau dari personal-nya. Dan jangan jadikan KTKLN sebagai momok… santai saja, karena ada solusinya, seperti sdh diurai sebelumnya hehehe…

Kalo ada pertanyaan, monggo saja… kita yg sudah di LN ini insyaallah akan membantu semampunya.

Sekedar sharing, kuatkan motivasi anda yang ingin keluar negeri. Tapi jika tidak punya alasan utk bekerja ke LN, sebaiknya tetep saja di Indonesia. Bagaimanapun memang kerja di negeri sendiri itu jauh lebih nyaman. Saya sudah membuktikan sendiri ucapan Pak Boy Iswandi waktu itu pada saya. Saya katakan waktu itu, saya kan belum mengalami pak … nanti saya coba buktikan. Gitu ceritanya :-)

semoga sukses kabeeeehhhhhh…… :-)