Mohon bantuanya, Bagaimana memunculkan informasi di listbox lebih dari sepuluh kolom

Gobang Gocir

to belaja...@yahoogroups.com, Milis Belajar-Excel
Dear Para Suhu Milis belajar Excel,

Mohon bantuanya untuk kasus saya, saya sudah mencoba "menyontek" code2 vba dari internet termasuk dari milis excel,
saya mempunyai data dengan banyak kolom, dan saya ingin memunculkanya di form untuk sebagian informasi yang dianggap penting,
permasalahanya ketika saya mau tampilkan 12 dari kolom yang ada di listbox ke textbox itu terjadi error,
di listbox ke textbox yang ada hanya bisa menampilkan 10 item.

Kemudian saya juga mencoba untuk membuat textbox berubah warna apa bila di textbox tersebut kosong

Trimakasih sebelum nya dan mohon Bantuanya, file terlampir

Best Regards
Bambang

Assessment Database - Copy.xlsm

Mr. Kid

to BeExcel, Milis Belajar-Excel
ini mesti listbox yang unbound, yang ngisi listbox nya pakai additem trus isi kolom berikutnya pakai properti List. Kalau pakai ini, maksimal hanya 10 kolom.
mbok ya pakai listbox yang bound, ngisi listboxnya pakai ngeset area range worksheet di properti ListFillRange (kalau listbox di worksheet) atau RowSource (kalau listbox di userform).
Kalau pakai bound listbox seperti ini, kalau mau nampilin header, set properti ColumnHeads bernilai true. Ingat, area range yang di-set hanya record data. baris header tidak ikut disebut tapi harus tepat hanya di 1 baris sebelum baris pertama data.
Kalau mau hide kolom, set di columnwidths, supaya lebar kolom itu adalah 0.
Kalau mau sort listbox, cukup sort sumber datanya, lalu set ulang listfillrange atau rowsource

Contoh :
regional setting : EN-us
sheet bernama 'datanya kid'
header di A1:Z1  (26 kolom)
data di A2:Z37 (36 baris)
header ditampilkan
kolom B (kolom ke-2) dan kolom E (kolom ke-5) di-hide, selainnya ditampilkan

set di listbox (pakai script atau sejak design)
1. ColumnCount : diset bernilai 26
2. ColumnHeads : diset true
3. ListFillRange (kalau listbox di worksheet) atau RowSource (kalau di userform) : diset berisi string berbunyi   'datanya kid'!A2:Z37
4. ColumnWidths : diset 50;0;50;50;0     -> angka 50 adalah contoh untuk kolom yang di-set dengan lebar 50 pt
jika ada opsi sort isi listbox :
- lakukan sort di A1:Z37
- kemudian set nomor 3 dengan vbnullstring   -> di clear
- lalu set lagi nomor 3 dengan  'datanya kid'!A2:Z37  -> reset
mau clear listbox ? set nomor 3 dengan vbnullstring

properrti fillcolor untuk control namanya BackColor
kondisi 'jika kosong' berarti panjang karakter isinya adalah 0
if len(textboxnya.text)=0 then textboxnya.backcolor=vbwhite else textboxtnya.backcolor=vbyellow

__._,_.___

Posted by: Gobang Gocir <goban...@yahoo.com>

.

__,_._,___

Gobang Gocir

to BeExcel, Milis Belajar-Excel
Dear Mr. Kid dan Milis Belajar Excel,

Trimakasih atas masukan dan pembelajaranya, setelah mencari apa yang di ajari oleh Mr. Kid saya mendapatkan coding untuk Listbox yang sesuai dengan keinginan saya, yang saya mau tanyakan bagaimana membuat hasil pencarian lebih flexibel, karana coding sebelumnya hasil pencarian sangat flexibel,
kemudian kenapa ya textbox yang tampilan dari hasil listbox berupa tanggal, berubah formatnya

berikut codingnya, mohon bantuan untuk modifikasi coding di bawah ini, file terlampir

Private Sub LbCariData_Click()

Dim Ws As Worksheet
Set Ws = Sheets("DB")
Dim wsrekap As Worksheet
Set wsrekap = Sheets("CARI")
Dim R As Range
Set R = Ws.Range("ListDBA")
Dim RFilter As Range
Set RFilter = Ws.Range("CG1:CG2")
Dim RCari As Range
Set RCari = Ws.Range("CG2")
Dim C As Variant

If Ws.FilterMode Then Ws.ShowAllData

If UserForm1.TxtCariData.Text = "" Then
    MsgBox "Maaf...!! Anda Belum Memasukkan Data ..!!", 16, "Aplikasi Data"
    Exit Sub

End If
        UserForm1.TxtCariData.Text = RCari
        R.AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
        CriteriaRange:=RFilter, CopyToRange:=wsrekap.Range("B3:BQ3"), Unique:=False
        ListBox1.RowSource = "REKAPCARI"

End Sub

Trimakasih

Pada Senin, 16 Maret 2020 22.04.35 GMT+7, 'Mr. Kid' mr.n...@gmail.com [belajar-excel] <belaja...@yahoogroups.com> menulis:

[...]

Posted by: "Mr. Kid" <mr.n...@gmail.com>

.

__,_._,___
Assessment Database - UPDATE - Copy.xlsm

Mr. Kid

to BeExcel, Milis Belajar-Excel
tentang :
  mendapatkan coding untuk Listbox yang sesuai dengan keinginan saya
> ada banyak cara untuk meng-extract records yang dibutuhkan, salah satunya dengan fitur advanced filter yang Anda gunakan. Cara lainnya memanfaatkan pivot tables dan sebagainya.

tentang :
> [...]
> jika pakai pivot tables, filter saja setiap field di pivot tables sesuai kebutuhan, lalu definisikan range area pivot table yang terfilter, ganti listbox dengan area range tersebut.
> jika pakai pivot tables dan slicer, set slicer sesuai kriteria yang diisi user, definisikan area pivot tables, ganti listbox dengan area range tersebut.
> kalau hobinya pakai loop baca satu per satu di setiap kolom yang dibutuhkan, ya buat saja loopnya.

tentang :
  coding sebelumnya hasil pencarian sangat flexibel
> saya gak paham maksudnya ini apa ? beneran fleksibel ?
> bukankah sebelumnya menggunakan proses loop untuk add item untuk mengisi listbox ?
   berarti filternya pun akan loop per kolom kriteria yang dibutuhkan. Lalu fleksibelnya dimana ? kan sama saja harus mencari per kolom kriteria sesuai kebutuhan.
> Andai kriterianya berdasar kolom Nama yang dicari adalah nama diawali su, seperti sukarman bin bla atau sulistiyani a. tapi hasilnya ada gatot subroto dan semacamnya yang tidak diawali su
   Hal seperti ini paling fleksibel dengan advanced filter atau pivot tables (slicer kurang fleksibel untuk pencarian sebagian seperti ini)
> Jadi yang dimaksud coding sebelumnya yang lebih fleksibel itu dimana ? Apalagi data berupa array yang sudah ada dalam listbox hasil loop add item, sudah lebih gak mungkin untuk fleksibel.
   Biasanya, kalau cara yang dianggap fleksibel padahal data sudah berupa array, harus dilakukan search per kolom array pakai loop juga.
   Pengguna VBA pemula biasanya akan tergiur dengan fungsi Filter milik VBA, lalu dipakai disemua array data. Padahal harusnya tetap digunakan per elemen kolom array.
> Saya curiga deh... Anda menganggap fleksibel itu jangan-jangan Anda pakai fungsi Filter dengan area pencarian langsung seluruh isi listbox yang disimpan sebagai array data.
   Kalau kecurigaan tersebut benar, berarti Anda sudah tersesat. Sebaiknya segera ambil jalan balik kembali ke jalan yang wajar saja.
   Pakai contoh seperti mencari yang su tadi saja. Mencari dikolom nama, kalau pakai Filter nya VBA ke seluruh isi listbox, akan ketemu gatot subroto juga.
   Malah kalau pakai filter nya VBA ke seluruh isi listbox bisa lebih parah lagi hasilnya,
   misal ada kolom alamat juga, yang isinya jalan menteri supeno atau supermall bekasi atau su lainnya di kolom lainnya akan ikut keluar menjadi hasil, walau di kolom nama gak ada bunyi su

hmmm.... jadi bingung...
kok bisa si kid nyaranin sesuatu yang gak efisien gak bisa fleksibel atau gak se-universal mungkin ya ?
si kid lagi error kali ya..
:(

tentang :
  textbox yang tampilan dari hasil listbox berupa tanggal, berubah formatnya
> disisi internal listbox itu sendiri :
    a. listbox yang diisi dengan add item akan menampilkan apa yang disimpannya
    b. listbox yang diisi dengan merujuk ke object lain (lewat properti listfillrange atau rowsource), akan menampilkan apa yang ditampilkan sumber data dan tidak menyimpan nilai sumber data)
> jadi, ketika mengambil nilai dari listbox (misal si textbox mengambil nilai dari listbox, artinya si textbox sebagai peminta) :
   a. listbox yang diisi dengan add item akan menyerahkan nilai yang disimpan oleh si listbox kepada pihak yang meminta
   b. listbox yang diisi dengan listfillrange atau rowsource akan mengambilkan nilai dari sumbernya, lalu menyerahkan nilai yang diambil itu kepada pihak yang meminta
> Pada listbox yang diisi dengan rujukan ke object lain (listfillrange atau rowsource) akan didapat nilai asli dari sumbernya.
> Data tanggal bertipe datetime memiliki nilai asli berupa serial date dari 0 sampai sekian.
> Kalau ambil dari listbox yang pakai listfillrange atau rowsource, dan sumber data bertipe datetime,
   lakukan format sebelum ditampilkan dalam textbox (fungsi Format di VBA, seperti fungsi Text di Excel dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing)

Posted by: Gobang Gocir <goban...@yahoo.com>

.

__,_._,___

Gobang Gocir

to BeExcel, Milis Belajar-Excel
Daer Mr Kids dan Para Suhu,

Sebelumnya trimakasih atas pencerahannya, maaf kalau ternyata peenyataanya membingungkan

Mungkin kata Flexibel sangat luas, saya hanya ingin Pencarian lebih sama dengan program yang pertama saya dapate dengan menggunakan Unbound,

Contoh program pertama: Ketika kita mencari BUDI yang keluar dari Nama BUDI SETIAWAN, dan Bambang Budi keluar

Contoh Program kedua dengan Bound : Ketika kita mencari Nama BUDI, yang keluar hanya BUDI setiawan saja, Bambang Budi tidak muncul

Mohon maaf kalau ternyata pertanyaan salah,

Tapi saya sudah dapat jawabanya dari Milis sebelah, dengan menggunakan Asterik (*) sebelum dan sesudah kata cari nya

Private Sub TxtCariData_Change()
Sheets("DB").Range("CG2").Value = "*" & UserForm1.TxtCariData.Text & "*"
End Sub
dan Untuk Text nya benar di buat format tanggalnya dulu

TextBox1.Value = Format(ListBox1.List(ListBox1.ListIndex, 6), "dd-mmm-yy")

Trimakasih Mr. Kids atas pembelajaranya

Bambang

On Wednesday, March 25, 2020, 03:42:31 PM GMT+7, 'Mr. Kid' mr.n...@gmail.com [belajar-excel] <belaja...@yahoogroups.com> wrote:

tentang :
> [...]

   Pengguna VBA pemula biasanya akan tergiur dengan fungsi Filter milik VBA, lalu dipakai disemua array data.. Padahal harusnya tetap digunakan per elemen kolom array.

Mr. Kid

to Iman Darusman, BeExcel, Milis Belajar-Excel
Semua milis di yahoogroups sudah dikosongkan oleh yahoo
Sekarang milis berinteraksi via email.

Sent from my smart enough phone

On Apr 15, 2020, at 18:01, Iman Darusman <idz....@yahoo.com> wrote:

Assalammualaiku..

apa kabar semua, semoga sehat2 dan selalu dalam Lindungan Allah azza wa jalla...

saya mau taya kenapa saya gak bisa buka Milis Group Belajar excel lagi ya?

hehe

saya mau tanya adakah rumus sederhana untuk file terlampir?

Barakallahu fiikum

salam
Iman

<Jumlah Account tiap per tanggal.xlsx>

Iman Darusman

to BeExcel, Mr. Kid, Milis Belajar-Excel

Pada Rabu, 25 Maret 2020 15.42.33 WIB, Mr. Kid <mr.n...@gmail.com> menulis:

--
Jumlah Account tiap per tanggal.xlsx

idz.iman

to belaja...@yahoogroups.com, Milis Belajar-Excel
Apakah ada rencana bikin group telegram.?

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.

idz.iman