custome menggabungkan tabel dengan query???

Maneki Neko

to milis Belajar-Excel
Assalamualaikkum master, saya mempunyai kendala dalam penggabungkan beberapa tabel menggunakan power query, saya ingin menggabungkan beberapa tabel, tapi dengan hasil tidak biasa hehehe, untuk lebih jelas saya lapirkan filenya,
mohon bantuan master
Book12.xlsx

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel, Maneki Neko
Wa'alaikumussalam wr wb

Urutan prosesnya :
1. ambil seluruh tabel yang akan digabungkan dan masukkan ke Power Query
    * yang ini tampaknya sudah dilakukan
2. gabungkan semua query pengambil data tadi, misal dengan fitur Append di dalam Power Query
    > klik salah satu query data -> menu Home -> grup menu Combine -> Append (segitiga kecil) -> pilih Append as new (supaya dibuatkan query baru hasil penggabungan) -> atur -> OK
    * Cara append ataupun cara selain append (yang lebih mudah ketika ada penambahan tabel baru dibanding cara append) bisa dilihat disini
      (tunda langkah menampilkan ke worksheet yang ada di link tersebut, karena dibutuhkan proses untuk menggabungkan teks)
3. melakukan proses terhadap hasil penggabungan tabel sesuai kebutuhan (bila perlu)
    * disini akan dilakukan penggabungan teks berdasar grup tertentu. Hal ini bisa dilihat disini.
4. menampilkan hasil query nomor 3 sesuai kebutuhan (ke worksheet dalam bentuk excel table, excel pivot table, atau membuat data warehouse mini dengan pivot table, dan sebagainya)

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Mon, Mar 15, 2021 at 11:50 PM Maneki Neko <acon...@gmail.com> wrote:
[...]

Maneki Neko

to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
Makasi Mr saya uda bisa menggabungkan textnya seperti ini
Capture.PNG

Cuman kendala saya sekarang pas mau buat kolom Frequency, saya menggunakan group hasilnya malah jadi kaya gni
Capture2.PNG

sementara yang saya ingikan hasilnya seperti ini, apakah harus menggunakan cara lain? jika iya kira2 cara seperti apa ya
Capture2.PNG

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Produk sebagai kriteria group nya tidak disertakan

Maneki Neko

to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
Maaf mr. saya tidak paham apa yang mr maksud, saya buat malah jadi begini 😢
Capture7.PNG

Book12.xlsx

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Proses group by nya cukup 1 kali saja...
berdasar Produk sebagai penyusun grup, dengan nilai-nilai hasil aggregate adalah kolom GabunganTeks (dengan Sum) dan kolom Frequency (dengan Count Rows)
setelah itu baru edit formula untuk kolom GabunganTeks, dari List.Sum menjadi Text.Combine

pq_groupBy.gif

Maneki Neko

to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
Terima kasih banyak Mr buat bantuannya, dan maafkan saya aga lemot hehe

Hormat sya,
Ari