koneksi MySQL ke PQ

Bagus Sri Widodo

to milis-bel...@googlegroups.com
Salam,
Pencerahan Mr. Kid saat webinar 29 oktober 2020 tentang koneksi MySQL ke PQ saya mencoba untuk mecari "konektor" yang menghubungkan database MySQL ke PQ dan alhamdulillah di laptop berhasil (seperti terlampir), tetapi saya mencoba di komputer kenapa tidak bisa masuk dengan info belum ada/kurang "konektor" blabla padahal saya instal konektor yg sama..., bagaimana mencari kenapa gagal? harus di cek di sisi mana, untuk windows dan office sama serinya... mohon pencerahannya untuk cek di komputer di sisi mana perbedaan dengan di komputer.
image.png

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Hai den Bagus,

Konektor MySQL yang sesuai arsitektur mesin setempat (office 32bit atau 64bit) juga perlu di-install di komputer (disetiap mesin) yang akan berinteraksi dengan MySQL database engine.
Hal ini sudah umum dalam koneksi ke database.

Regards,
Kid

Mr. Kid

to Bagus Sri Widodo, milis Belajar-Excel
Coba setting pq options nya dibuat sama (terutama dalam hal security). samakan juga setting security OS nya. Bagian ini cukup banyak ya, seperti firewall dan sebagainya jika di dalam jaringan kantor.
Kemudian,
jika OS 64 bit dengan office 64 bit, yang dibutuhkan connector 64 bit saja
jika OS 32 bit dengan office 32 bit, yang dibutuhkan connector 32 bit saja
jika OS 64 bit dengan office 32 bit, biasanya hanya membutuhkan connector 32 bit saja, tetapi ada baiknya di-install connector 64 bit dan juga connector 32 bit.

Untuk update data seperti kasus tersebut :
1. jika diharapkan akan berlaku seperti kalau pakai VBA yang bisa copy range ke range lain atau baca nilai dari suatu cells dan menulis di cells lain, maka hal ini tidak bisa dilakukan PowerQuery.
2. jika tidak mengharapkan yang seperti nomor 1, maka PowerQuery mampu melakukannya ketika data mulai disimpan di sebuah text file (idealnya di database engine), sehingga sheet Excel yang menampilkan seluruh data (termasuk hasil input seperti kasus tersebut) adalah sejatinya menampilkan data yang tersimpan dilokasi lain (di text file tadi [yang idealnya di database engine])

Cara 2 ini, cukup ruwet tetapi bisa digunakan untuk banyak hal (pintu pertama untuk berinteraksi dengan dunia diluar Excel). Bisa jadi untuk kasus yang seperti diatas, cara ini tidak efisien karena data di-entry dan dikonsumsi untuk workbook tersebut saja.

Secara umum gambaran prosesnya begini :
(kalau pakai lokasi penyimpanan datanya pakai text file, maka tidak bisa multi user. Tapi jika lokasi penyimpanannya adalah database engine, maka bisa multi user)
image.png

(dengan xl2016 ke atas, sila disesuaikan bagi pengguna xl2013 dan xl2010)
> Cara membuat text file data penyimpan untuk awalan :
copy data dari area tampilan seluruh data (termasuk header) -> buka notepad (misal notepad++, notepad, dsb) -> paste (muncul sebagai tab delimited text) -> save as di lokasi tertentu dengan ekstensi .txt misalnya (boleh jadi ekstensi lain, seperti .kid misalnya... hmmm...)

> Cara membuat query baca text file :
di worksheet -> menu Data -> grup Get & Transform -> New Query -> From File -> From Text -> browse file yang akan diambil -> Transform atau Edit -> muncul di PowerQuery editor
-> lakukan proses lain bila perlu -> menu Home -> klik Close & Load -> pilih Close & Load To (jika aktif) -> muncul dialog -> pilih Only connection

> Cara Load To sebuah query ke Excel Worksheet agar ditampilkan isinya sebagai Excel Table (disebut Excel Query Table karena hasil dari query) :
di worksheet -> menu Data -> show queries -> klik kanan query yang akan ditampilkan ke worksheet -> pilih Load To -> pilih Table -> pilih lokasi (misal New worksheet) -> tekan OK

> Cara membawa Excel Table yang ada di worksheet ke PowerQuery (disebut membuat query dari Excel Table yang ada dalam workbook) :
di worksheet -> klik sebuah cells dalam Excel Table -> menu Data -> grup Get & transform -> klik From Table -> muncul di PowerQuery Editor -> lakukan proses lain bila perlu

> Cara menggabungkan (union atau combine atau append) dari 2 queries atau lebih menjadi query baru hasil penggabungan :
ke PowerQuery editor (misal dari worksheet -> menu Data -> grup Get & transform -> new query -> pilih Launch power query editor atau Combine queries pilih Launch Power query editor)
-> klik query pertama yang akan digabung -> menu Home -> grup Combine -> klik Append -> pilih Append as new queries -> muncul dialog -> pilih query yang akan digabung -> tekan OK
-> lakukan proses lain bila perlu

> Cara export ke text file secara umum berisi 4 proses utama, yaitu :
1. menyusun nama file tujuan dalam penulisan di javascript, misal D:\folder\sub folder\file.ekstensi menjadi D:/folder/sub folder/file.ekstensi
2. menyiapkan tabel yang akan di-export (termasuk memastikan tidak ada data duplicate dan sebagainya)
3. mengubah tabel yang akan di-export menjadi berformat JSON (sila cari di internet cara mengubah tabel menjadi JSON di PowerQuery)
4. memanfaatkan web page untuk membuat binary file (sila cari di internet cara mengekspor data ke text file di PowerQuery) :: hasil proses ini adalah tabel struktur webpage.
*** Catatan : biasanya, hasil query ini akan di-Load To ke sebuah worksheet yang tersembunyi agar bisa di-refresh all

Jadi, user setelah meng-entry, cukup melakukan Refresh All (di Worksheet : menu Data -> Refresh All). User tidak perlu masuk ke PowerQuery.

Regards,
Kid

On Fri, Dec 4, 2020 at 7:35 AM Bagus Sri Widodo <bagus...@gmail.com> wrote:
Untuk seri konektor sudah saya sematkan di masing" komputer, tetapi tetap saja komputer yg satu berhasil yg satu belum bisa.. mungkin ada cara cek komponen apa yg harus disesuaikan masa?
Sekalian tanya periha pq, mumpung ada teman" yg paham, bagaimana insert row di pq. Jadi  ada data dicell A2= 1 Desember, Cell B2 = "belanja tunai",  cell c2= 1000 dan Cell D2= 5%, jika Cell D2 tidak null maka akan insert di baris berikutnya/dibaris 3 sbb A3= 1 Desember (sesuai A2), B3= "diskon" (karena Cell D2 isi), C3=50(dr c2 * D2  = 1000*5%) dan D3 kosong..
Mohon belajar dari teman teman untuk kasus ini... terimakasih, salam sehat buat semua

Mr. Kid

to Bagus Sri Widodo, milis Belajar-Excel
oh iya, jika lokasi penyimpanan data sudah di database engine : (di gambar tersebut, text file diganti dengan database engine)
maka query export diganti dengan query untuk mengeksekusi query insert into (menjalankan query insert into)

Untuk koneksi data dengan ODBC, di powerquery bisa memanfaatkan fungsi Odbc.Query
Untuk koneksi ke SQL Server atau db engine lain yang sudah disediakan oleh PowerQuery, bisa memanfaatkan fungsi yang disediakan khusus untuk db engine tersebut.
Misal ke SQL Server, bisa dengan fungsi Sql.Database

Regards,
Kid

dhen.baguse

to Bagus Sri Widodo, milis Belajar-Excel, Mr. Kid

Alhamdulillah lancar dan sukses rekan rekan untuk menghubungkan antara powerquery dengan db mysql.. tinggal mencoba narik datanya.. terimkaish buat teman teman millis belajar excel...

zainul ulum

to milis Belajar-Excel
Mas Kid,
saya coba install odbc 32bit di os 64bit dengan excel 32 bit masih belum berhasil. Akhirnya aku pakai database postgre sbg engine databasenya. apakah ada odbc alternatif yang bisa access excel atau access 32bit?

Saya tertarik dengan metode insert into / update database melalui PQ. Apakah ada contohnya?

terimakasih,
-zainul

Thanks

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Ini ngomongin db <-> xl ya...

1. Mau konek ke sesuatu membutuhkan driver data connector milik si yang mau dikonek
    > Excel may konek ke MySQL, maka Excel butuh ODBC atau OLEDB milik MySQL, maka cari di webnya MySQL
    > MySQL mau konek ke Excel, maka MySQL butuh ODBC atau OLEDB milik Excel, maka cari di webnya MSO (misal pakai MDAC miliknya MS Access)

2. Konek beda bit (bit OS tidak terlibat secara langsung)
    > Excel 32bit mau konek ke MySQL 64bit, maka Excel butuh ODBC atau OLEDB milik MySQL yang pas buat Excel 32bit, yaitu pilih connector ODBC nya MySQL yang 32 bit.
    > MySQL 64bit mau konek langsung ke Excel 32bit, maka MySQL butuh ODBC atau OLEDB milik Excel yang pas buat MySQL 64bit, yaitu dipilih MDAC 64bit.

3. cek juga issues dari ODBC atau OLEDB yang dibutuhkan aplikasi yang mau konek.

Regards,
Kid