function googlefinance

halim.alexander

to milis-bel...@googlegroups.com
Dear all,
Bagaimana saya dapat menggunakan function GOOGLEFINANCE (Cell, "Variable") di Worksheet Excel saya. Contoh diatas, Variable misalnya "Price" untuk mendapatkan harga saham aktual untuk emiten yang ada di Cell.

Saya menggunakan Excel 2016, Windows 10.
Mohon bantuan para suhu.

Twrimakasih sebelumnya.

Sent from my Galaxy

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Dear Pak Halim,

Bagaimana kabarnya Pak ? Semoga sehat selalu.

Untuk data ekuitas melalui Google Finance paling mudah melalui Google Sheets.
Jadi, perlu dibuat lebih dulu template GoogleSheet (misal di gdrive), yang menggunakan function GoogleFinance tersebut (akses ke API Google Finance dengan function ini)
Lalu save file google sheet. Set file untuk publish ke web ([harus publish ke web ya, agar bisa diambil oleh Excel melalui fitur PowerQuery). Copy web url hasil publish-nya.
Di Excel bisa melalui (xl2016 ke atas ya), menu Data -> grup menu Get & Transform Data -> klik From Web -> paste web url google sheet ter-publish -> OK -> transform
-> muncul PowerQuery window -> atur di PowerQuery layout tabel yang dibutuhkan -> menu Home -> Close and Load -> pilih Table -> ke new qorksheet misalnya -> muncul hasil.
Kali berikutnya bisa tinggal refresh Excel Table hasil query-nya PowerQuery tadi.
Bisa diatur untuk autorefresh minimal per 1 menit (biasanya per 5 atau 15 menit sudah cukup untuk analisa saham).
Hanya saja, data di google finance, sebenarnya data real time nya lag up to 20menit.

Untuk tujuan yang sama, bisa juga memanfaatkan YahooFinance dan bisa menggunakan query nya langsung. Real time data lag YahooFinance adalah up to 15 menit.
Ini langsung dari Excel ke YahooFinance lewat PowerQuery dan bisa langsung bulk semua Ticker (IDX ada 600 lebih ticker) atau Ticker dalam watchlist masing-masing (watchlist pada sebuah Excel Table tetentu).

Cara lainnya adalah ke idinvesting, real time data lag upto 10menit. Sama-sama dengan PowerQuery, watchlist juga bisa disusun disebuah tabel tertentu. Hanya saja, kalau ke idinvesting membutuhkan proses webscrapping dan daftar master data teks tampilan idinvesting ke kode Ticker.

Dari ketiganya di atas,
1. saya suka ke idinvesting karena 1 page berisi last price semua emiten dan max request per hari ke web nya adalah sekitar 20ribu kali. Misal saya mengkoneksi ke web nya per 5 menit (dari 9.10 sampai 15.25), masih akan bersisa banyak. PowerQuery selalu melakukan proses execute query min 2 kali dan max 4 kali per refresh.
2. Kalau ke yahoo finance, saya kurang suka karena harus mengambil per emiten, PowerQuery membutuhkan 600lebih x 4 executes, jadi kalau dibawah per 15 menit akan mengganggu.
3. Kalau ke google, saya agak malas membuat google sheet untuk semua emiten (600 lebih ticker).

Untuk mengunduh data historical (multi days, mulai dari tahun lawas sekali), karena hanya dilakukan 1 kali (misal di awal saja), saya suka pakai yahoo finance.
url ke yahoo finance juga relatif simpel

Best Regards,
Kid