Mencari kategori berdasarkan 2 kriteria

Cari Kebenaran

to milis-bel...@googlegroups.com

Kepada segenap anggota milis. Tolong dibantu

Range (B2:H12) (berwarna kuning) adalah nilai /patokan.

Saya ingin mengisi cell L2 scr otomatis berdasarkan DURASI dan NILAI. Selama ini rumus yang ada hanya bekerja apabila NILAI yang diperoleh mencocoki/sama dengan yang tercantum dalam tabel.

Contoh 1:

Durasi = 0

Nilai = 2,5

Kategori = KATEGORI 2

Contoh 2:

Durasi = 8

Nilai = 7,7

Kategori = KATEGORI 3

Nah, yang jadi problem adalah apabila pada durasi tertentu muncul nilai yang lebih kecil atau lebih besar dari nilai/patokan yang ada di tabel. Kalau Sebagai contoh:

Durasi = 0

Nilai = 2,4

Kategori (yang diinginkan) = KATEGORI 1

Contoh lagi

Durasi = 8

Nilai = 9,7

Kategori (yang diinginkan) = KATEGORI 5

Rumus yang ada jelas tidak bisa digunakan.

Bagaimana rumus di cell L2 untuk mengatasinya..? Terima kasih

Selengkapnya silakan dilihat pada lampiran

Tanya Rumus Kategori.xlsx

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Coba di L2 :
=LOOKUP(K2+1/1000000,INDEX($B$2:$H$12,MATCH(J2,$A$2:$A$12,0),0),$B$1:$H$1)

Regards,
Kid

odong nando

to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
hai rekan2 sekalian...

mohon pencerahan atas formula yang Mr. Kid berikan terkait kasus ini atas formula yang berbunyi " ...K2+1/1000000... ", maksudnya itu apa ya...?
soalnya saya coba utk hilangkan 1/1000000 nya hasilnya sama saja kok...

iqba...@gmail.com

to odong nando, Mr. Kid, milis Belajar-Excel

Kang Nando,

Itu untuk sebuah ketelitian angka,

Missal jika nilainya 2.4999, maka jika decimal nya 1 digit akan di bulatkan menjadi 2.5, otomatis kategori nya adalah category 2.

Sedangkan jika di tambahkan 1/1000000, maka sampai dengan 6 digit ke belakang untuk nilai yg di bulatkan masih di anggap sebagai nilai 2.4

odong nando

to iqba...@gmail.com, Mr. Kid, milis Belajar-Excel
Ok terimakasih om ikbal,,,