munculin popup / autocorrect, or apalah namanya?

Ari Rafael

to milis Belajar-Excel
hallo teman2, tadi sya liat di youtube, ada yg lagi buat function di power query,
dan ketika diketikan coding nya muncul popup / autocorect atau apalah namanya, seperti gambar di bawah ini. gimana ya cara agar bisa seperti ini, soalnya klo di excel query sya gk sprti itu,

Mr. Kid

to Ari Rafael, milis Belajar-Excel
hmmm... gambarnya tidak tampak...

btw,
setting yang biasa saya gunakan :
1. Excel Options -> Proofing -> klik AutoCorrect Options -> tab Format as you type -> centang semua -> bila perlu, lihat tab Actions : uncheck semua atau yang tidak penting -> OK
pqopt01_xloptproofautocorrectastype.gif

2. Query Options
    > lihat di menu [ribbon] Data -> grup menu Get & Transform Data -> Get Data -> Query Options
    > di xl2013 dan xl2010 -> menu [ribbon] Power Query -> klik Query Options atau Options
    > kemudian atur seperti gambar (check, uncheck, pilih items, dan sebagainya), disesuaikan dengan opsi-opsi yang ada di power query setempat
       * Perbedaan versi secara umum hanya berbeda detil pilihan. Jika ada item yang tidak ada kesetaraannya, maka lewati saja

A. Data Load
     Poin utama : Type detection tidak perlu, Default data load tidak kemana-mana (only connection) supaya luwes memilih sesuai kebutuhan setiap query, Fast Data Load dicentang
pqopt02_gdtpqogdtl.gif

B. Power Query Editor (berkaitan dengan tampilan di dalam window Power Query supaya mudah menemukan bagian-bagian query)
pqopt03_gdtpqogpqe.gif

C. Security (terutama untuk koneksi data ke database engine dan web)
pqopt04_gdtpqogsec.gif

D. Privacy (berkaitan dengan penggunaan queries yang ada agar luwes digunakan oleh setiap step query yang dibuat)
pqopt05_gdtpqogprv.gif

E. Diagnostic (berkaitan dengan meng-off-kan proses pencatatan setiap proses query yang ada dan untuk mengetahui versi Power Query)
     > Jika query yang dibuat berpotensi untuk digunakan oleh user lain, bahkan di versi office lain, maka perhatikan function yang digunakan dalam setiap step query
     > versi yang lebih baru memiliki function yang lebih banyak dibanding versi lama
     > untuk mendaftar functions yang bisa digunakan, bisa dengan query baru yang blank dan diisi formula =#shared
pqopt06_gdtpqogdiag.gif

A. Data Load
pqopt07_gdtpqocdtl.gif

B. Regional Settings (ini regional settings dilingkungan Power Query, jadi bisa berbeda dengan Regional Settings komputer maupun setting locale di Office)
pqopt08_gdtpqocregion.gif

C. Privacy (khususnya untuk files berisi query yang dibuat oleh user lain atau dibuat di komputer lain atau dibuat di versi Office yang lain)
pqopt09_gdtpqocprv.gif

Setidaknya, settings di atas tidak menimbulkan masalah ketika digunakan siapa saja, kecuali di bagian Global Privacy dan Current Workbook Privacy terkait Privacy Levels yang perlu diset 'Ignore...'

Regards,
Kid

Ari Rafael

to milis Belajar-Excel
waah ini kalo diibaratin, minta 1 buah apel, dikasi 1 keranjang jeruk, hehehe
terima kasih mr.kid setidaknya sya jadi tau fungsi2 Query Option, dan ternyata Query bisa clear cache jg , oh iya untuk gambarnya kemarin sya pake Paste dari ss, sya kira bakal muncul hehe, tapi saya coba sertakan lagi potonya, mudah2n skrg muncul
queryss.PNG

Terima kasih
Salam : ari

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel
Oh ini namanya intellisense
Power Query intellisense hanya ada di Power BI dan Office 365

Sent from my smart enough phone

On Nov 4, 2020, at 16:53, Ari Rafael <acon...@gmail.com> wrote:

[...]

Maneki Neko

to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
ooh hanya ada di power BI atau office 365 saja, hehehe
oke klo bgtu mr.
sekali lagi terima kasi
🙏