Menentukan nomor dokumen TR No saat ada Penjualan (FIFO)

halak hita

to milis Belajar-Excel
Salam

Selamat Malam para Master Excel.
Mohon petunjuk atau saran dari para Master Excel.

Disini ada data barang IN dan OUT, kemudian
pertanyaannya adalah
1. bagaimana agar mendapatkan informasi stok berdasarkan nama barang/item yang tersisa atas TR No (setelah dikurangi dengan penjualan)
2. bagaimana agar ketika ada pengeluaran maka otomatis akan muncul TR No yang akan dijadikan sebagai referensi penjualan.

Contoh ;
Item 1.
1 Feb 2021 ada barang masuk sebanyak 10 dengan TR No. 1
7 Feb 2021 ada barang masuk sebanyak 24 dengan TR No. 2
10 Feb 2021 ada barang masuk sebanyak 6 dengan TR No. 3

12 Feb 2021 ada barang keluar sebanyak 11, maka nomor yang akan dijadikan sebagai rujukan adalah TR No. 1 sebanyak 10 pcs, dan 1 pcs diambil dari TR No. 2 sebanyak 1 pcs.

Berarti stok yang tersisa adalah sebanyak 29 pcs (TR No. 2 = 23 pcs; TR No. 3 = 6 pcs)

Terima Kasih sebelumnya master

HH

Book1.xlsx

odong nando

to milis Belajar-Excel
hai HH,

sebelum ad master yg jawab, saya coba jawab ya, sama2 belajar...
klo langsung merujuk ke 1 transaksi, in, saya tidak bisa, tapi bila di ketik item tertentu pada transaksi, out, maka no transaksi in mana saja yg masih bersaldo, itu qt bisa kerjakan

klo mau di coba, bisa di buatkan dulu masing2 transaksi ke model tabel excel biar mudah di pelajari, coba di buat di file yg terdahulu ya, karena biar gampang pahamnya, ada sheet in sheet out dan sheet stok.

1. pada sheet in di tambahkan header bantu1, yg formulanya
    =sumproduct((range_tgl_sheet_in<=@tgl_sheet_in)*(range_item no.=@item no.)*range_qty) ....

klo blm paham coba dulu insert excel table pada masing2 sheet, klo sudah posting hasilnya

On Wed, Feb 24, 2021 at 8:50 AM halak hita <halakh...@gmail.com> wrote:
Halo pak Odong Nando (ON)

Selamat Pagi dan Salam sehat selalu ya pak.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas responnya dan saran/masukan baiknya ya Pak,,

Pak Nando,
Saya telah buat kedalam bentuk Excel sekiranya pak Nando dapat membantu nya.

Poin sebenarnya adalah agar ketika ada OUT, maka akan muncul otomatis no.dokumen seperti yang ada dalam lampiran berikut.
Demikian pak Nando, Terima kasih atas waktu dan kesempatannya pak

Salam
HH

On Sat, Feb 20, 2021 at 10:13 PM odong nando <odong...@gmail.com> wrote:
hai HH,

saya bukan master ya, tp sebelum ad master excel yg jawab mungkin bacaan berikut bisa jadi proses belajar...

di sheet stok buat kolom utk mengumpulkan Item dalam hal ini Item 1, Item 2, Item 3 & Item 4, beri header Item, di samping header Item buat header Stok yang akan diberi formula sumif pada sheet IN (-) dikurang sumif pada sheet OUT, akan muncul stok ter update sesuai dengan inputan,

di coba dulu setelah itu mungkin bisa ke kasus selanjutnya...

hanya masukan saja, diharapkan jgn nanya borongan, rekan2 milis kebanyakan akan males bacanya & kasus jadi mangkrak, dan saya rasa agak kurang elok jika cuma mau tau jadi, ga sejalan sama nama milis ini...