Mencari Nilai Terbesar dari Kriteria Berulang

febry...@gmail.com

to milis-bel...@googlegroups.com

Dear para Suhu milis belajar excel,

Mohon bantuannya untuk kesulitan yang sedang saya alami, Saya sudah mencoba untuk mencari tau dan mencoba cara termudah untuk menyelesaikan, namun hasilnya masih belum memuaskan.

Saya mencoba untuk mendapatkan nilai tertinggi (beberapa nilai berbeda) dari 1 kriteria kolom yang nilainya berulang. Namun dengan menggunakan cara yang saya gunakan, ternyata tidak seefektif yang saya harapkan.

Akan lebih mudah untuk dijelaskan menggunaan attachment yang telah saya lampirkan.

Mohon bantuan dari para Suhu sekalian.

Best Regards,

Ferian

Contoh Soal.xlsx

Bagus

to milis-bel...@googlegroups.com
Dear Febrian;

Coba pakai =Maxif(max_range,criteria_range,criteria)

Wassalam
   Bagus

Bagus

to milis-bel...@googlegroups.com
Dear Febrian;

Maaf.. maksudnya pakai =maxifs(max_range,criteria_range,criteria)

Wassalam
   Bagus

Mr. Kid

to milis Belajar-Excel, BeExcel
Untuk satu varian output hasil group by, sebaiknya menggunakan PowerQuery
Jika ada banyak varian output hasil group by, misal menampilkan max berdasar product saja, juga menampilkan max berdasar kolom x dan y, sekalian max berdasar kolom lainnya lagi, dan seterusnya, sebaiknya memanfaatkan PowerPivot.

Untuk xl2016 ke atas, jika data tidak banyak, bisa menggunakan fungsi MaxIFs, tetapi pada satu keadaan, penggunaan fungsi ini juga akan menurunkan performa kalkulasi Excel.

Jika sumber data dari file lain, maka direkomendasikan menggunakan power query untuk mengambil data, kemudian output akan dibentuk langsung dengan PowerQuery atau disusun di PowerPivot sesuai kondisi banyaknya varian output hasil group by.

File terlampir.

Regards,
Kid

--