Aplikasi MultiUser & data Realtime

Rian Sutarsa

to milis Belajar-Excel

Dear Milis,

Mohon izin solusi/pencerahannya dari semua member terkhusus Mr. Kid dan bapak/ibu guru di sini.

Sudah lama sebenarnya saya ingin mengutarakan permasalahan yang sedang saya hadapi ini hanya saja terkendala oleh rasa malu karena saya newbie namun dari hasil Webinar kemarin saya mendapatkan kekuatan untuk mengutarakan permasalahan ini karena ternyata guru-guru milis sangat welcome dalam menyikapi permasalahan member-member milis ini.

Biar gak kepanjangan prolog nya.. hehe, jadi saya sedang membangun sebuah aplikasi database kependudukan tingkat desa yang isinya adalah untuk pelayanan umum mengenai surat menyurat. Sampai saat ini sudah hampir 65% aplikasi ini dapat di fungsikan (by VBA & Formula).

Lalu permasalahan yang menjadi hambatan bagi saya saat ini adalah aplikasi tersebut belum bisa digunakan multiuser dan belum dapat di akses dari mana dan kapan saja oleh setiap user berbekal username dan password secara bersamaan dan realtime data berubah sesuai perubahan yang dilakukan oleh user per user.

Oleh karena itu mohon kiranya para guru di sini dapat memberikan pencerahan dan solusi bagi saya untuk memecahkan permasalahan saya tersebut diatas.

Setiap jenis bantuan akan sangat saya hargai.

Terimakasih

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Muhammad Iqbal

to Rian Sutarsa, milis Belajar-Excel

Dear Mas Rian

Mungkin bisa di specific kan untuk permasalahan nya. Klo seperti ini sama dengan sampean request di buatkan.

Missal untuk specific nya adalah :

  1. Dari pembuatan multiuser form yg sampean design ada kendala di mana? Karena prinsip nya kita coba untuk share basic nya sehingga implementasi bisa di lakukan oleh yang lain yang kebetulan mengarah ke hal yang sama
  2. Jika kesulitan di pembuatan user form, pada perintah apa yang sampean ada kebingungan. Mungkin dari sini teman teman lain bisa membantu
  3. Jika kesulitan pada database nya, pada bagian apa yang harapannya bisa di bantu
  4. Jika keslitan nya pada formula, pada formulasi untuk apa dan bagaimana harapan yang di inginkan.

So lets start to rock.

Thanks

BR
Muhammad Iqbal

NangAgus

to milis Belajar-Excel
Mungkin dapat dicoba begini:
1. Buat file excel khusus data yang diketakkan di server yang dapat diakses oleh semua orang (tentunya aksesnya menggunakan VBA.
2. Buat file excel lainnya pada komputer masing-masing client yang digunakan untuk CRUD pada file di server.
3. File di server cukup dibuka sebentar dibaca ditutup dulu agar bisa dibuka orang lain, jika mau ditulis juga dibuka sebntar ditulis dan di tutup lagi,

tetapi yang lebih mudah adalah mengikuti contoh mas Kid kemarin:
1. data disimpan di server menggunakan software database.
2. semua komputer client CRUD menggunakan power Query.
Regard
NangAgus

Rian Sutarsa

to milis Belajar-Excel
Pak Iqbal jawaban dari Pak Agus sudah hampir mendekati dari apa yang saya harapkan.
mungkin saya harus coba pelajari lagi video webinar kemarin contoh soal yang dibahas oleh Mas Kid

Agus

to milis-bel...@googlegroups.com
Saya sendiri tidak menggunakan keduanya, tetapi lebih rumit.
1. Saya menggunakan MariaDB untuk menyimpan data di server.
2. Data saya ambil dari server menggunakan php.
3. Data yang diambil berbentuk file excel.
4. Data diolah di excel
5. Data kembali dikirim ke server menggunakan php

silahkan dicoba dahulu mana yang dipakai, jika ada kesulitan silahkan dikirim ke milis.
Best regard
Nang