Rumus sesudah huruf tertentu

JAKA KAMIRIN

to Milis Belajar-Excel
Maaf mau tanya,
Misal saya punya di Cell sbb :
A1 : 50 x 700 x 6
A2 : 50 x 700 x 7,5

Bagaimana cara mengambil angka terakhir 6 & 7,5 di Cell B1 & B2?
B1 hasilnya 6
B2 hasilnya 7,5

Terima Kasih atas bantuannya

hendrik karnadi

to Milis Belajar-Excel
Hai Jaka,

Gunakan Fungis Kombinasi ini pada sel B1
=RIGHT(A1,LEN(A1)-FIND(" ",A1,10))
Untuk sel B2 tinggal dicopy.

Selamat mencoba.

Salam,
HK

JAKA KAMIRIN

to hendrik karnadi, Milis Belajar-Excel
Dear Pa Hendrik Karnadi,

Terima Kasih Pak, jawabannya sudah benar, sudah saya praktikkan, hanya saja jika di Cell A1 tsb saya ganti jadi
50 x 1000 x 6 tapi masih beda yaa?
Intinya maksud saya, cara mengambil angka di akhir Cell tsb, setelah tanda "x" yang kedua pada Cell tsb

Terima Kasih

Mr. Kid

to Milis Belajar-Excel
Coba begini :
0
1. ubah semua x dengan banyak sekali spasi (minimal sebanyak karakter yang akan diambil)
    =Substitute( teksnya , "x" , "                  " )     -> bagian "                " bisa diganti juga dengan formula berbunyi Rept( " " , 9 )
2. hasil nomor 1 sudah memisahkan setiap bagian teks dalam blok-blok terpisah spasi yang banyak, maka mulai ambil dari kanan (sesuai kebutuhan) sebanyak jumlah karakter yang dipakai
    =Right( hasil_nomor1 , 9 )    -> misal maksimal karakter yang mungkin terjadi adalah 9 karakter seperti 1234.5678 dan sebagainya
3. buang semua spasi berlebih
    =Trim( hasil_nomor2 )

Kalau digabung, bisa menjadi :
   = Trim(  Right(  Substitute( teksnya , "x"  ,   Rept(  " "   , 9  )  )  , 9 )  )

Jika karakter x terkadang pakai kapital terkadang tidak, maka bagian teksnya diganti dengan Lower( teksnya )
   = Trim(  Right(  Substitute( Lower( teksnya ) , "x"  ,   Rept(  " "   , 9  )  )  , 9 )  )      -> pastikan "x" adalah huruf kecil, karena teksnya sudah di-lower-ken

Regards,
Kid

JAKA KAMIRIN

to Mr. Kid, Milis Belajar-Excel
Dear Pa Kid,

Alhamdulillah sudah bisa sesuai apa yang saya inginkan, baik rumus dengan lower maupun tanpa lower.

Terima Kasih yaa Pak

Salam,
Jaka

Mr. Kid