koneksi phpadmin dengan vba

marone...@yahoo.com

to Milis Belajar-Excel
Yth para master excel,

saya sudah berhasil koneksi vba ke phpadmin dengan coding sbb:

Sub koneksi3()
Dim conn As New ADODB.Connection
Dim rs As New ADODB.Recordset

conn.connectionstring = "driver={mysql odbc 8.0 ANSI driver};" _
                        & "server=127.0.0.1;" _
                        & "database=db_penjualan;" _
                        & "uid=root;password=;"
conn.Open
conn.Close
MsgBox "koneksi-sukses"
End Sub

namun ketika saya ingin meng-akses dari pc lain dengan driver (odbc 5.2 ANSI driver) tidak berhasil.
pertanyaannya :
1. bagaimana cara men-setting php nya agar dapat koneksi dengan pc lain ?
2. apakah ada pengaruhnya ketika berbeda driver odbc nya ?
3. ada yg menyarankan untuk menggunakan sql server,bagaimana cara settingan nya ?
4. jika servernya salah, bagaimana cara setting server nya ?

demikian, besar harapan saya dapat solusi nya,...sekian terima kasih
kalo bisa jawabannya diberikan linknya...biar saya pelajari

hormat saya,

Mr. Kid

to Milis Belajar-Excel
Begini :
driver={mysql odbc 8.0 ANSI driver};
Ini namanya koneksi ke database engine bernama MySQL (bukan PHP) pakai driver odbc. Versi odbc disesuaikan dengan versi MySQL nya. Biasanya odbc 3.52 relatif bisa dipakai untuk beberapa versi MySQL yang baru.

server=127.0.0.1;
ini artinya MySQL berkomunikasi dengan dunia luar pakai ip address tersebut. Standar ip address yang seperti itu artinya localhost (komputer itu sendiri)

Kalau ingin berkomunikasi dengan dunia luar, maka MySQL harus diajak ngobrol lewat ip address public.
Silakan dicari dulu berapa ip address komputer yang berisi MySQL tersebut.
Kemudian dicoba untuk connect dengan server diisi ip address public tersebut.

database=db_penjualan;
ini adalah nama database yang ada di dalam MySQL yang akan dikoneksi.

uid=root;password=;
ini adalah user id untuk login ke MySQL beserta password-nya.
Kalau pakai Excel, koneksi seperti ini tidak aman, apalagi dipakai public, dan lebih bermasalah lagi kalau hak akses ke database nya adalah admin server.
Bisa diambil orang server database beserta seluruh isinya.

Untuk yang ini :

Regards,
Kid