WTA : Rekomendasi STB

Otong Tjahjono Witjaksono

to id-android
As subject, bantu review STB yg oke punya tuk TV analog agar bisa menerima siaran digitao

Matursuwun
Otong Tjahjono

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
saya pake skybox H1 sejak 2019
sekarang malah STB DVB T2 ada yang udah ada youtube player dan bisa konek wifi (dengan tambahan dongle)

mave

to id-an...@googlegroups.com
matrix apple

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Otong Tjahjono Witjaksono

to id-android
Makasih masukannya

Matursuwun
Otong Tjahjono

Arif Budiman

to id-android
Saya ikut nanya di sini ya.
Apakah semua STB TV digital bisa membaca USB HDD atau flash disk?
Bisa dipakai untuk memutar video hasil download youtube? Apakah mendukung subtitle terpisah (srt)?

Saya sudah punya STB KII android + DVB, usianya sudah lumayan lama mungkin 4 tahunan, androidnya masih ver 6 atau 7.
Anehnya tidak bisa menangkap siaran MNC group. Transcorp kadang ada kadang hilang.
Sementara di TV digital LG dan Samsung semua ada.
Apakah STB yang ada sekarang ada yang mengalami hal serupa?

yanu yanu

to id-an...@googlegroups.com
Saya dirumah ada stb Taffware 2 model berbeda.
Keduanya bisa play file video dari flashdisk dengan srt terpisah maupun include di mkv.
kalau hdd usb belum coba om

Salam,
Yanu

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
btw stb DVBT2 belum tentu android

kalo codecnya gak aneh2 sih support kok hasil download youtube pake tubemate.net
cuma kalo subtitle terpisah, kalo kurang sync, gak bisa diconfig supaya delay atau lebih cepat

kalo USB HDD belum pernah coba colok ke STB langsung, kecuali casing HDDnya support extra DC power ya
kalo TV digital sih HDD 2.5" inch non SSD masih bisa

untuk sinyal MNC dan Trans, lokasi di mana dan sekarang antena menghadap ke mana? Awalnya saya juga seperti itu, padahal posisi antena sudah di loteng lantai 3 dan relatif bebas halangan. akhirnya terpaksa nangkring di loteng untuk geser antena. hasilnya MNC lebih mulus kalo antenanya lurus ke utara. sebelumnya agak ke barat daya.

btw juga satu antena apakah dipakai di beberapa tv/stb?

Arif Budiman

to id-android
Wah STB tv digital nggak ada menu subtitle adjustment di video playernya? Ok noted. Niatnya sih buat nonton koleksi klip bocah macam upin ipin atau lagu2 download tube mate...nggak terlalu perlu srt juga.

Lokasi di Cileungsi. Antena saya ada di teras lt2.
1 antena displit untuk 3 TV.
2 TV sudah digital bisa terima MNC dll.
1 TV tabung pakai STB KII pro, ada app DTVnya. Nah ini yg sering nggak nangkap MNC. Apa karena barang impor belum SNI kali ya...soalnya nggak ada region Indonesia di pencarian channel.
Saya harap sih STB DTV yang ada sekarang sudah dijamin support semua channel TV Indonesia, jadi nggak takut salah beli.

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
split 3 tv dari satu antena pake apa?
pengalaman saya sbb:

* antena di loteng
* tv lantai 2 dengan STB
* tv digital lantai 1

saya buat 4 sambungan dengan konektor coaxial biar lebih rapat (tanpa booster). hasilnya:
* tv lantai 2 lancar
* tv lantai 1 tidak bisa semua stasiun. semua tv nyala bersamaan, stasiun yang muncul pun tersendat

karena itu saya buat modifikasi sbb:
* lantai 2: dari antena masuk STB. antena loop dari STB masuk dulu booster dengan power, baru keluar ke jalur kabel lantai 1
* lantai 1 tidak ada perubahan

saya sudah coba 2 booster, satu tanpa power dan yang terakhir dengan power sbb

https://www.tokopedia.com/kuk/splitter-booster-tv-4-way-led-lcd

kalo tanpa power gak ada pengaruhnya dengan kondisi tanpa booster. ketika pasang booster dengan power baru ada bedanya, sinyal di lantai 1 jadi lebih stabil.

tapi dengan booser ini pun MNC masih ilang muncul. karenanya saya coba puter antena di loteng lebih lurus utara, sampai tv lantai 1 sudah menangkap sinyal MNC dengan bagus dan lancar. cuma efeknya sinyal untuk stasiun Berita Satu jadi agak drop, padahal dia termasuk yang rilis siaran digital HD pertama 1080i.

bagusnya tv digital adalah kualitas siaran lebih bagus minimal 576i, maximal 1080i dan support dolby.
jeleknya kalo sinyal drop, siaran ilang. kalo analog kan masih keliatan tapi bersemut atau berbayang heheheh

karena saya mengukur sinyal di kabel coaxial ini idealnya berapa, jadi saya juga masih penasaran apa persyaratan minimal supaya siaran tv digital bisa dinikmati dengan nyaman.

sekedar perbandingan, jaman langganan firstmedia paket 10mbps, siaran Berita Satu HD saja masih batuk2 padahal tidak ada yang sedang memakai internet. apalagi bersamaan sedang pakai internet. jadi asumsi awam saya, siaran digital DVBT2 ini benwitnya di atas 10mbps untuk tiap pemancar.

Eko Prasetiyo

to id-an...@googlegroups.com
pake kabel antena apa om?
bisa jd kualitas kabel pengaruhi sinyal dari antena ke TV/STB

--
(^-^)v

Arif Budiman

to id-android
CATV splitter 3 way yang biasa dijual di toko elektronik, yg portnya berulir.
Dari antena atas tarik kabel ke ruang tengah, di situ split ke LED TV ruang tengah, LED TV kamar utama, dan TV Tabung kamar anak. Jarak dari splitter rata2 sama sekitar 5 meteran.
Sudah coba tukar2 posisi STB di 3 kamar tsb tetep aja nggak bisa scan MNC.
Yang lebih aneh lagi kalau dipasang di LED TV, STB kondisi nyala (home screen, belum buka aplikasi) channel MNC di TV jadi No signal seakan kena blokir.

Bambang

to id-an...@googlegroups.com

apakah bisa pakai 2 antena luar ?
dengan menghadap arah yang berbeda

Bambang

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
mereknya gak tau, tapi sudah dibelikan yang bagusan, banyak serat dan kabel tengahnya kaku
split antena ini pengalaman dtv kedua

pengalaman pertama dengan hanya satu tv di lantai 1 dan antena di atas genteng sudah sempat ganti kabel yang lebih bagus.
dari pengalaman ini menyimpulkan:
* kabel harus bagus
* sambungan kabel agar tidak banyak loss menggunakan konektor coaxial. karena kabel antena bawaan biasanya kurang bagus dan agak repot menyambung kabel baru ke box antena, jadi saya coba disambung dengan konektor
* antena lama masih bisa menangkap sinyal dtv dengan bagus. sudah beli antena omni https://www.indonesiaimages.net/antena-omni-ds1-solusi-tv-hd-asli-indonesia/, tapi sinyal masih kurang kuat. mungkin karena faktor pinggiran Jakarta. mungkin hasilnya beda kalo dipasang di tengah kota.

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
tuner DVB T2 memang agak tricky sih
tivi digital sama tv android dengan kabel sama aja kadang sinyalnya beda

tivi digital umumnya lebih handal menangkap sinyal dtv

Jim

On Friday, October 14, 2022 at 2:04:03 PM UTC+7 Bambang wrote:

apakah bisa pakai 2 antena luar ?
dengan menghadap arah yang berbeda

kalo arah berbeda, sinyal yang ditangkap berbeda pula. jumlah channel bisa berbeda
apakah maksudnya daya tangkap sinyal ini dikombinasi dari 2 antena?

Bambang

to Android Milis
Saya pernah pakai yang omni.
Built quality nya kurang kokoh.
Lebih kokoh PF antena.

Walau kata nya omni lebih "kuat" tangkapan signal nya...
tapi saya tidak bisa bedakan.

Akhirnya panggil tukang antena...
pasang kabel baru...
pasang antena baru PF seharga 150 rb.
Total termasuk ongkos kerja sekitar 300 rb...
Saya dapat 43 channel.
5 channel kadang hilang termasuk Metro TV.

Mau coba pakai booster...
Semoga lebih baik hasil nya.

Jaman TV analog...
Saya pasang 2 antena dengan arah yang berbeda.
Lalu dimasukkan ke splitter yang bisa 2 input dan 2 output.
Hasil nya lebih baik.
Salah satu antena nya yang katanya buatan Jepang dengan panjang sekitar 1.5 meter.
Antena tsb memang baik tangkapan sinyal nya.

(Bambang)

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
benar pak bambang
untuk daya tangkap tv UHF ini yang paling utama kabel. soal antena nampaknya tidak ada yang unggul signifikan