Rencana Blokir Ponsel BM di Indonesia Semakin Menguat - Kompas.com

Eko Prasetiyo

to id-android

Rafe Firman

Baru sy juga mau posting ini.
Sptnya kali ini serius, cuman mekanismenya bgm yg masih belum tahu (saya)

Mungkin Rr ada yg paham boleh bagi informasi nya.

Ketar ketir krn ho saya (2), istri (2) semuanya BM. Sebetulnya nggak pengen BM tp memang unitnya ngga dijual di Indonesia terus gimana ahahaha...*alesan

Sent from V35 tQ

Fajar Edisya Putera

ditunggu saja payung hukumnya, definisi BM apa, kalau kita hand carry, masuk bayar pajak, secara undang-undang kita nggak memerlukan izin postel karena beli cuma 1 unit untuk kepentingan pribadi.. apakah itu nanti didefiniskan BM? ya kita tunggu saja

Sent from my iPhone
> Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL
>
> ----------------------
> Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

bagus™

andy rianton

3 nomer 1 nik sudah berlaku untuk pra bayar om (atau setidaknya telkomsel). Kapan hr bolak balik dapat sms harus registrasi ulang karena nomer terdaftar lebih dari 3, padahal cuma pakai 1 nomer. Ternyata terdaftar di 4 nomer, dimana 3 nomer lain nya di colong orang. Selama gak dihapus (ada 4 nomer), sms notif gak berhenti2 untuk registrasi ulang. Registrasi ulang jg gak bisa karna udah 4 nomer. Akhir nya ke grapari buat hapus 3 lain nya yg bukan punya sy.
Gak tau nik sy bocor dimana.
Waktu di grapari jg ada yg mau daftarin nomer pra bayar nya, sudah lebih dr 3 gak bisa, harus naik ke pasca buat nomer 4 dan seterusnya

[ihsan]

to id-android
wah.. ini salah satu dampak kalau nik bocor ya.. malah jadi nyusahin

andy rianton

Iya om, padahal sudah gak sembarang kasih info kk. Makanya bingung bocor nya dr mana.

Eko Prasetiyo

to id-android
Klo emg ada org lain yg pake NIK kita tanpa hak harusnya operator blokir dong. Kan tinggal bawa bukti klo kita pemilik sahnya. Kyk blokir stnk aj utk kendaraan yg udh bukan punya kita.

Kenapa malah kita yg punya NIK asli jd dibikin repot ya?

Fajar Edisya Putera

yang saya bingung, kalau nik dihapus di nomor tersebut, apa nomor tersebut tetap akan aktif? tidak ada jaminan pula nik tidak akan digunakan untuk nomor lain, selama kita nggak okupansi 3 nomor?

andy rianton

Sudah dan memang bisa. Cuman merepotkan karena harus datang ke grapari, gak bisa via phone. Sudah sy request cabut untuk nomer yg bukan punya saya.

Didit FA

to Milis ID-Android
dengan bukti apa ya..,
bisa minta hapus registrasi di nomor lain?

ngeri aja...,
kalau tiba-tiba ada orang dengan ektp aspal, dengan NIK yg sama dengan milik kita, yg asli.
lalu orang tersebut datan ke CS operator telco, minta supaya nomor-nomor lain (yg sekarang terdaftar atas nama kita) untuk dihapus atau diblokir.

ribet wak..

.

andy rianton

Ktp dan kk. KK cukup foto tanpa fotokopi/asli jg bisa.

Dhany Sus

Keknya kalo gitu ga bisa om...ops kan patokannya data dukcapil...

Didit FA

to Milis ID-Android
operator punya akses ke data dukcapil..,
untuk verifikasi..?

atau sekedar input data aja.

.

Arianto C Nugroho

tapi kok ada yg bisa registrasi kalau patokannya dukcapil ?

Best Regards
Arianto C Nugroho
skype-id : nugroho.arianto

Dhany Sus

Kalo datanya salah ada notice kalo data tidak valid om...

M Kurniawan

Kalo orang asing datang ke Indo harus daftarin IMEI kali ya haha...
Ada nggak sih negara lain yang jalanin aturan macam gini.

Yudhi Aksara

mungkin nanti akan marak persewaan hp bergaransi resmi sekaligus simcard lokal di bandara internasional Om

hehehe

                 Tulus Dalam Penerimaan
       Murah Hati Dalam Memberi Penghargaan
<==================================>
       ................-==Kang Yud==-...............

Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL

----------------------
Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

Abdul Hadi G

to Android Forum
Saya malah mikir kebalikannya... Kalau nomor2 tsb kita klaim bisa nggak ya hehehe... Asal tau nomor2 telp brp aja yg didaftar pakai nik kita, tinggal dtg ke gerai, blg simcardnya hilang dan minta simcard baru... Bukti kuat krn kan kita bawa ktp asli. Nanti selesai diklaim, terserah apa simcardnya mau dimatikan atau dipakai sendiri (krn nomornya cantik misalnya) 😁

Yosa Natawidjaja

to id-android
Kalau petugasnya malas dan kaget liat tampilan bapak bisa saja lolos

Normal nya tentu selain ktp dan kk dia menanyakan hal2 trivial seperti isipulsa kapan ,berapa. Telp ke siapa . Beli apa saja dll

Tapi biasanya yg pakai ktp orang sih bukan no cantik atau mau dipake lama
Tapi mau dipake spam dll atau cuma diambil paket internetnya

salam,

Yosa Natawidjaja

andy rianton

Selain itu kita jg harus tau nomer nya kan. Biasanya kalau kita cek nomer yg terdaftar, dia hanya muncul sebagian aja nomer nya, gak muncul full nomer nya. Jd sebagian di bintang2.

Didit FA

to Milis ID-Android
nah itu dia.., kan bisa berlaku dua arah pak.
asumsi yang di milis ini, semua jujur dan gak curang, dan tentunya gak ingin dicurangi orang lain.

yang saya khawatirkan.., kalau nomor kita yang di-klaim sama orang lain, dengan modal ktp aspal dengan NIK yg sama dengan ktp kita, bagaimana?
apakah CS operator bisa melakukan verifikasi data disdukcapil, keaslian, dan lain-lain yang diperlukan?

kalau tiba-tiba nomor kita diambil alih orang lain kan bahaya, semua saldo perbankan, online payment dll bisa dikuras habis.
na'udzubillah...

.

Fajar Edisya Putera

jadi ingat salah satu kasus di amerika belum lama ini, entah dengan cara bagaimana, seseorang bisa menguasai hampir semua akses karena sim swap di T-Mobile, kacau dah semua gambar penting yang tersinkronisasi di google menghilang, semua karena seseorang melakukan swap sim card..., tinggal tunggu di Indonesia saja kalau nik dan kk saja sebagai identitas penting di fotocopy lalu nggak diamankan dokumennya...

Arif Budiman

to id-android
Kayaknya pernah dibahas di milis ini,ada kasus nomor sim dicuri saat ybs sedang ke luar negeri...udah lama banget tahun 2015.
Semoga pengamanan operator sekarang sudah lebih kuat.

Arianto C Nugroho

ini kan udah kejadian di Indonesia bbrp tahun yg lalu .. nasabah Mandiri kalau gak salah .. uangnya habis di transfer keluar .karena 2FA-nya kirim sms ke normor tsel yg udah di SIM swap ..

Fajar Edisya Putera

jangan-jangan ini belajar dari indonesia pelakunya. dinegara yang katanya super ketat aja bisa kebobolan..

Sent from my iPhone

Saya pernah iseng bereksprimen.

Beli kartu perdana baru, diregistrasikan sesuai KTP dan KK saya (berarti
NIK sama), lalu sebulan kemudian sengaja dihapus.

Hasilnya:
1. Dapat SMS yang intinya menyatakan pengguna harus melakukan registrasi
prabayar.

2. Nomor itu masih bisa menerima telepon dan SMS. Namun, tak dapat
menelepon maupun mengirimkan SMS. Kalau dipakai menelepon, terdengar
suara yang intinya menyatakan pengguna diminta mengunjungi kantor
layanan operator.

3. Sekitar dua bulan kemudian, sinyal sepenuhnya menghilang.

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw

On Wed, Jul 3, 2019 at 3:53 AM Fajar Edisya Putera <faj...@gmail.com> wrote:
[...]

kelemahannya di prosedur SIM swap pada operator
bagaimana operator bisa mengamankan penyimpanan data pribadi pelanggan

kalo gak salah SIM swap bisa cukup dengan billing info aja.
padahal T-Mobile pernah kebobolan data billing.

Eko Prasetiyo

Arif Budiman

to id-android
Lha...jadi ga bebas ganti2 nomor hp?

Arianto C Nugroho

kekeke ... ketawa aja deh

willy

to Indonesian Android Community [id-android]
terserah deh
kalo melihat track record sih...
ya gimana ya

liat aja urusan pendaftaran nomor prabayar (urusan ini udah 2x loh) gatot juga :)

On Mon, Jul 1, 2019 at 2:48 PM Eko Prasetiyo <ekopra...@gmail.com> wrote:
===========
Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL

----------------------
Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

Yosa Natawidjaja

to id-android
Sorry saya kurang mengerti

Kalau nomer anda takut diklaim orang lain kenapa ga anda daftarkan pakai identitas sendiri?

Kalau org lain kan bisa pakai nik anda
Tapi kalau klaim no kita kayanya lebih sulit?

salam,

Yosa Natawidjaja

Yosa Natawidjaja

to id-android
Yesss

Atau dulu pasang rfid buat bensin tuh
Proyek proyek proyekkkkkkkk

salam,

Yosa Natawidjaja

Emwees Bradpitt

Eko Prasetiyo

to id-android
https://inet.detik.com/law-and-policy/d-4612026/aturan-imei-tak-rugikan-masyarakat-kecuali-yang-pakai-ponsel-bm

Ponsel BM juga punya IMEI, hanya saja tidak diberikan ke Kemenperin karena masuk secara ilegal. Hal yang sama dengan ponsel yang dibeli dari luar negeri, IMEI-nya juga tidak terdaftar di Kemenperin.

"Yang (resmi) dari Indonesia, sudah ada (IMEI) di Kemenperin bisa otomatis pairing. Yang jadi masalah kalau ponsel BM atau dari luar negeri," ujar pria yang kerap disapa Chief RA ini.

"Nah nanti tidak bisa lagi bawa ponsel dari luar negeri. Kalau dari luar tidak bisa dipakai," tambahnya.

--
(^-^)v

Fajar Edisya Putera

kemarin saya iseng cek hp beli di lokal dengan garansi distributor, nggak muncul pas di search di web kemenperin. dulu seingat saya ini hp ijin postelnya apa, hp nya apa.. mungkin ada yg pakai garansi distributor di cek juga?

Sent from my iPhone

willy

to Indonesian Android Community [id-android]

bayarnya?

ga sampe Rp60rb per device.

paling gag aturan jelas :D

di sini?