WTA: blokir IMEI (iseng)

219 просмотров
Перейти к первому непрочитанному сообщению

Bambang

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 04:52:4617.06.2020
– Android Milis
Rekan-rekan id-Android

Dengan mulai diberlakukan nya blokir terhadap HP yang tidak secara resmi diedarkan oleh distributor resmi maka seharusnya hp yang masuk tanpa bayar pajak...otomatis akan tidak bisa digunakan.

Tapi saya lihat, di ol-shop masih banyak tawaran hp seperti lg g8, V40, Google Pixel, one Plus dll.

Yang saya maksud yang baru ya (brand new) bukan yang sudah  "diaktifkan" sebelum aturan diberlakukan.

Mohon sharing nya.

Bambang

Arianto C Nugroho

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 06:30:0517.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Memang sejak awal meragukan bisa ditegakkan kok aturannya..

Fajar Edisya Putera

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 06:46:3117.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
beberapa hari lalu pernah ada artikel di salah satu portal berita, pihak kominfo nggak bisa jawab soal itu, semuanya diserahkan ke operator kenapa nggak ke blok nya, katanya sih akan di cek ke operator. cuma kita kan nggak ngerti apa benar operator nggak eksekusi peraturan blacklist ini?

from iphone

Bambang

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 08:27:0217.06.2020
– Android Milis

karena menimbulkan keraguan untuk beli HP
yang secara resmi TIDAK beredar di Indonesia
padahal harga dan fitur nya menarik.

mending kalau JELAS aturan nya...
didaftarkan pasti AMAN
dengan bayar pajak x%
tinggal timbang-timbang sendiri untung-rugi nya

yang repot kan...
sudah diikuti...ternyata aturan nya TIDAK dilanjutkan

lebih dongkol lagi
sudah diikuti...masih kena blokir juga dan tidak ada solusi

:(

#sekalian curhat
minta ganti email billing ke provider saja
dari november 2019 masih belum berhasil
untung email lama nya masih valid

Bambang

Herry SW

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 09:38:4117.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Yang begini ini biasanya Indosat. :) SOL.

Hendry Aripin

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 19:39:1417.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
menurut saya sih gampang aja... ponsel bm silakan masuk yg beli bayar pajak dulu gak bayar imei lock aja... tp emg butuh sinkronisasi dr operator sih

nih saya make op8 pro batam so far lancar aja

abdul majid

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 19:48:5917.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
kalau operator nge block,untuk income mereka akan pasti berkurang,dari pemerintah belum jelas regulasi yg diberikan untuk operator apa dan harus bagaimana, terlintas begini piikiran saya pagi2, ehehhe

Noviadi "adhie" Sudarta

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 19:55:2317.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Sama nih pemikiran nya dg saya, kalo dari sisi operator tentu mereka memikirkan keuntungan...

heru subiyantoro

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 20:21:2117.06.2020
– Id-android
Memang pemerintah terlanjur banyak meloloskan hp BM secara akumulatif. Sehingga populasi nya sudah cukup banyak dan menghidupi operator.

Soal "menghidupi" ini yang menjadi masalah ops mungkin ya...tapi 'kesalahan' membiarkan sampai populasi banyak ini yang mungkin menjadi blunder ketidak adilan jika sekonyong konyong pemerintah langsung memutus rantai pendapatan ops.

Ya mungkin blunder itu yg masalah...

leo 5354

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 20:45:2717.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Aturan yang ga bakal bisa terlaksana kalau ga ada 1 lembaga khusus yg punya kewenangan total terkait hal ini. Lebih aneh lagi implementasinya bukan dipegang oleh negara tapi via operator.
Jelas operator akan setengah hati melaksanakannya karena ada potensi kehilangan pendapatan.
Bikin kebijakan tapi ga didukung kesiapan aparat dan sarana buat pelaksanaan, jadilah kaya gini.

Fajar Edisya Putera

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 20:46:0417.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
mungkin bisa juga alasan teknis, menghindari komplain, misalnya nyalain HP habis mati butuh waktu 5 menit untuk dapat sinyal karena mesin buat verifikasi agak pelan :). intinya hanya operator yang tau kenapa nggak ke di blok imei nggak terdaftar

Noviadi "adhie" Sudarta

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 20:50:1217.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Setuju dg om Leo.. Seharus kalo memang ingin menertibkan hp BM ini segala sesuatunya harus disiapkan secara matang agar pas berjalan tidak mentok sana mentok sini...

Bambang

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 23:18:1117.06.2020
– Android Milis

"terlanjur" nya diberi tanda kutip ya pak  :)

menurut saya, ide registrasi KTP bila dijalankan dengan baik
AKAN sangat bermanfaat.

bahwa single ID mau punya seratus nomor ... itu risiko pemilik ID

pada kenyataan nya
sim yang digunakan di keluarga saya
semua nya terdaftar atas nama saya
entah mengapa ada kebijakan (di salah satu operator)
satu ID hanya maksimal 5 nomor

Buat saya aneh...
saya bersedia tanggung jawab atas nomor yang saya daftarkan
eh....malah....terpaksa cari solusi alternatif

:)

Bambang

Arya Mada

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 23:35:4617.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Koq bisa beranggapan Indosat ya Om HSW, padahal kemarin liat berita kalo isat dapat penghargaan untuk Galeri dan Contact Centernya loh

Ayo Subscribe >>  Channel YouTube

IG   https://www.instagram.com/agushamonangan

-----------------------
FB Groups     :  https://www.facebook.com/groups/android.or.id

Aturan Umum  ID-ANDROID >> goo.gl/mL1mBT

image_01612dec-8d94-47e1-aa8f-b20f8e100a8220200618_103436.jpg

Bambang

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 23:42:3917.06.2020
– Android Milis

dugaan nya memang benar
mungkin saya termasuk satu dari sekian juta pelanggan yang kurang beruntung

walaupun sudah tiga kali ke counter

Bambang

Bambang

не прочитано,
17 июн. 2020 г., 23:47:4417.06.2020
– Android Milis
yang lebih menggemaskan buat saya adalah

saya bertanya di twitter : "apakah untuk ganti email harus ke counter ?"
dijawab :  "silakan DM"

saya jawab : "dijawab di sini saja (twitter) ...supaya semua orang paham prosedur yang benar"
dijawab :  "silakan DM"

saya tidak keberatan DM asalkan informasi dan prosedur nya jelas.
lha wong sudah tanda tangan tiga kali saja
hasil nya mubazir

layanan CS di provider warna "merah", menurut saya lebih baik
walau tarif nya lebih mahal
artinya semua keluhan saya mendapatkan solusi
antrian nya aja yang panjang
(jaman sebelum pandemi)

Bambang

On Thu, Jun 18, 2020 at 10:35 AM Arya Mada <arya...@gmail.com> wrote:

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 00:15:4718.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Kebetulan saya pernah mengalami masalah serupa, Pak. :)

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 00:19:3918.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
CS Indosat sepertinya satu perguruan dengan CS Indihome. :)

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid
>
> ----------------------
> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw

Ronny Fredila

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 01:05:3318.06.2020
– Id android Id android
Yang aneh lagi, saya punya tiga hape yang bisa dibilang bm tapi sudah dibeli sejak setahun lalu, ada yang lebih. Sudah dapat sms dari operator (telkomsel, indosat dan tri) yang isinya kira-kira "jangan kuatir, nomer anda sudah terdaftar, tetap dirumah saja". Tapi saat saya cek di kemenperin, tidak satupun yang sudah terdaftar. Ini gimana, bisa nggak sinkron begini. Tapi sampai saat ini istri dan anak yang pake hapenya, tidak ada masalah.

Ada kenalan saya yang suka jual beli hape bekas, dia bilang juga sudah pada terima sms begitu tapi tetap belum terdaftar di imei.kemenperin. Akhirnya dia jual barang hanya dengan jaminan kata2 saja. "dijamin aman, imei memang tidak terdaftar di kemenperin tapi terdaftar di Imei.info".
Jadi bingung tuh customer, hehe

Bambang

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 01:47:1718.06.2020
– Android Milis

nah...ini jadi ngeri-ngeri-sedap ya pak

:)

Bambang

Arianto C Nugroho

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 02:56:4618.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Pendapatan apa yang akan berkurang dari operator?

HP bm yg sudah aktif sebelum peraturan kan gak akan mati..

Apakah karena gak bisa beli hp bm lalu pengguna nya berkurang? Atau jadi lebih sedikit nelpon / sms / fb-an/wa-an / streaming data?

Arianto C Nugroho

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 02:58:4218.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Saya lebih condong ke masalah teknis.. IMEI blok kebanyakan dipakai untuk blokir hp curian, jadi ukuran tabel nya kecil.. Kalau ini kan kebalikannya.. Setiap kali konek, harus cek ke tabel yg ukurannya jutaan entry.

Fajar Edisya Putera

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 03:20:2218.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
ya, saya setuju, nggak ada pengaruh saya rasa pendapatan operator dengan tidak beroperasi perangkat black market yang baru. orang gonta-ganti hp tapi tetap keep nomor lama biasanya

--
from iphone

Arya Mada

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 03:55:5818.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
ngaruhnya ke cost pembuatan "filter" imei ini sih... gak ada keuntungan dan kerugian dari sisi revenue tapi cost nambah hehehe

Arianto C Nugroho

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 06:38:1318.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
kekeke ... makanya .. saya sejak awal sebenarnya meragukan apakah ini solusi yg feasible ..

Best Regards
Arianto C Nugroho

Hendry Aripin

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 08:10:3318.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
feasible gak feasible yah ttp harus diterapkan... sampe kapanpun kalau gak sekarang yah ke depan juga gak abis itu

Emily Sufi

не прочитано,
18 июн. 2020 г., 08:53:3818.06.2020
– Android
Yang penting sy lagi pake hp " beem" baru 5 hari dtg brngnya blackshark 3 Pro...dan
skrng simcard SF aman sentosa data berjalan.
Mau diblokir pun gak mslh.
Krn ada WiFi/tethering hp terdftr.
Jadi WhatsApp call lancar jaya sdh cukup.

Lg nunggu di blokir/ sinyal SF matot nih🤭🤭

Salam

Arianto C Nugroho

не прочитано,
19 июн. 2020 г., 04:09:0919.06.2020
– id-an...@googlegroups.com

Jim

не прочитано,
19 июн. 2020 г., 23:22:1719.06.2020
– [id-android] Indonesian Android Community
karena ada faktor biaya, makanya ekskusi dilempar ke operator
dari sisi pemerintah blokir hape BM ini untuk mengurangi defisit neraca impor yang trennya selalu meningkat dan besar, karena memang pasarnya besar. sejak jaman SBY impor barang bukan modal (alias barang konsumtif) ini porsinya gede. yang bisa ditembak adalah ponsel yang kemudian muncul kebijakan TKDN.
from iphone

from iphone

Eko Prasetiyo

не прочитано,
20 июн. 2020 г., 03:04:2120.06.2020
– id-android
Dana operasional CEIR apa udh CAIR?

Krn saya baca katanya EIR operator udh jln tp msh nunggu CEIR dari pusat.

Arya Mada

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 00:25:5525.06.2020
– id-an...@googlegroups.com

Bambang

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 00:36:2125.06.2020
– Android Milis

Yang menjadi pertanyaan buat saya adalah...
Apabila aturan nya ditegakkan adalah
- apa hp "illegal" per April kemarin bakalan di blok?
atau...sejak sistem mulai dipasang?

- apa mekanisme bayar pajak untuk menjadi legal sudah tersedia?

:)

sms blast dan sms penipuan yang sudah banyak makan korban...
belum ditangani dengan baik.
Padahal sampai saat ini, kita tetap diminta untuk registrasi bila menggunakan nomor baru.
:(

Bambang

Arianto C Nugroho

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 01:10:5025.06.2020
– id-an...@googlegroups.com

leo 5354

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 01:14:3425.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Ntar jadi ke laut #eaaaaaa

Herry SW

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 04:47:1325.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Seharusnya per April 2020. Namun, entahlah realitanya gimana. Bagi saya
yang antibarang BM, ibarat kena prank deh ini.

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> [...]

25 июн. 2020 г., 05:40:3425.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
semoga beneran jalan, saya benaran pingin tau seberapa bagus sistem nya. berapa lama dapat sinyal kalau misalnya lagi sinyal hilang.

--
from iphone

Ronny Fredila

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 07:31:3725.06.2020
– Id android Id android
Akhirnya sekarang penjual barang bm jadi makin menggila, jual barang sangat murah. Masa iphone X seken inter yang 3 bulan lalu masih dijual hampir 9 juta, sekarang cuma 6 jutaan? Sangat menggoda, kalau nggak ngeri suatu saat nanti mendadak imei nya di blokir.

heru subiyantoro

не прочитано,
25 июн. 2020 г., 07:37:5325.06.2020
– Id-android
Bener om.  Sempat kaget dan terpana pengin beli. Tapi keingat kalau tiba tiba pemerintah pengin matiin tu imei jadi lemah syahwat deh.....😀

Ronny Fredila

не прочитано,
28 июн. 2020 г., 03:20:2328.06.2020
– Id android Id android
Nah, ada satu lagi yang masih belum jelas nih. Kalau suatu saat nanti mendadak ada hape yang terblokir imei nya krn dianggap tidak bayar pajak, apakah bisa bayar pajak susulan supaya blokir nya terbuka lagi? Kalau bisa, gimana caranya?

Bambang

не прочитано,
28 июн. 2020 г., 03:40:4528.06.2020
– Android Milis
he he he...
Itu masalah nya.
Lebih ruwet lagi kalau sudah selesai bayar...
akhirnya cuma bisa dipakai di satu provider.

#semogaTidakDemikian

Bambang

Andy H.

не прочитано,
29 июн. 2020 г., 09:02:2729.06.2020
– id-an...@googlegroups.com
Sy ada 'pertanyaan' nih, misalnya kita beli iphone resmi ibox, imei aman kan. Terus ada kerusakan dan ditukar unit dr apple singapore. Trus kita jadi malah harus bayar pajak biar imeinya ga diblokir ?

Regards