WTA : penipuan sms modus baru

Yudi Eko

to Id Android, gadt...@googlegroups.com
Permisi om tante

Baru kali dapat sms penipuan aneh

Ini modusny gimana ya?

Saya screenshoot kan sms nya

Fajar Edisya Putera

mungkin itu fasilitas telkomsel untuk memberikan pulsa ke nomor yang dituju secara otomatis?

from iphone

Abdul Hadi G

to Android Forum
TP itu apa ya om? SOL

adioranye

TP itu artinya Transfer Pulsa

Andrew Wihono

Itu tp transferpulsa

Itu sms yg di perintah kan agar kita transferpulsa ke nomor tersebut

Didit FA

to Milis ID-Android
lalu.. nominal pulsa yang ditransfer.. berapa?
11 ..?

.

Yudi Eko

Kalo di saya baru ini dpt sms gni

Tnyata modus lama ya?

Oke maturnuwun

Fajar Edisya Putera

istri juga baru dapat broadcast semacam ini kemarin, kayaknya kondisi susah makin menambah minat penipuan dengan social engineering. apa itu hasil pendaftaran dan pembatasan NIK di operator? btw nomor yang broadcast sama nomor yang nampung beda dengan sms yang istri dapat

--
from iphone

putu eka darmadi

11 itu nominal 11 ribu om. Jadi kode sms itu sebenarnya kita transfer pulsa/bagi pulsa sebesar 11 ribu ke nomor yang tertera

Didit FA

to Milis ID-Android
oo.. oke..
kalau di indosat, nominalnya lengkap .. 11000 begitu.
dan pakai perintah 'transferpulsa' juga..
biar gak kepleset.. salah kirim..
hehee...

.

adioranye

Kelipatan 1k om alias jika 11 berarti 11rb

Arief WA

iya
11rb angka aman buat transfer.

rata rata mungkin pulsa orang di atas 10rb.

kalo langsung 50 atau 100
bisa jadi gagal.
karena kena pulsa minimum
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+unsubscribe@googlegroups.com.

Sent from Gmail Mobile

Andrew Wihono

Betul sekali sol

Sent from Gmail Mobile

Abdul Hadi G

to Android Forum
Cuma kalaupun ini modus penipuan, rada aneh juga si penipu hanya meminta 11rb per bln, apa topup itu bisa dilakukan berkali2 dari berbagai no.ke satu no.tujuan? ...dan setau saya isi pulsa dibawah 20rb (walau berulang2 sampai totalnya ratusan ribu) nggak akan menambah waktu masa aktif kartu. Cmiiw

andy rianton

11rb per bulan itu gertakan si penipu om, supaya target nya panik, lalu mengikuti langkah2 yg ada di sms itu, yg akhir nya malah jd transfer pulsa beneran. Gak ada fitur transfer pulsa rutin setahu saya saat ini.

Emily Sufi

to Android
Mgkn ada baiknya mengenal dan menganalisa modus penipuan yg makin aneh2.

Begitu jg saya,
tiap hari ada saja beberapa sms masuk baik modus nya macam2 dan dr operator sendiri.
Dan saya gak mau ambil pusing alias saya tidak baca sekalipun.

Makanya sy tidak pernah isi pulsanya dinomor tsbt krn kebutuhan saya hanya whatsapp, transfer bank dan email dgn wifi.
Kalau mau pake baru isi pulsa dahulu, sebesar nominal 5-25rb.
Lewat uangonline/merchant online.

Itu pun pulsa bisa habis sendiri krn kesedot internet yg gak jelas sy tdk daftarkan.
Walaupun sy sdh matikan mobile data, dan hanya wifi saja pun msh hilang pulsanya kena biaya internet wap.😣

Entah dr operatornya sendiri pun gak ada niat pencegahan berbuat mengatasinya.
Makanya sy jg curiga salah satu akal2an operator jg utk bertahan hidup.

Makasih mendengar keluh kesah saya.

NB : oh iya apa masih ada yg ingat utk laporin modus yg aneh2 ini secara via capture laporannya yg express,
dan apakah ada yg tahu hasilnya di tindak lanjutin ?

Yudhi Aksara

apakah jaringan masih di-set ke 4G, Sis Emily?
jika di 4G, walaupun data off tetap pakai data dia untuk koneksi dari hp ke bts (cmiiw)
baiknya kalau tidak ada paket data, di-set ke 2G/3G saja jaringannya.. dan off kan mobile data

                 Tulus Dalam Penerimaan
       Murah Hati Dalam Memberi Penghargaan
<==================================>
       ................-==Kang Yud==-...............

Yora Friano

kalo mengenai akal-akalan operator, saya pernah dipotong pulsanya karena mengaktifkan paket internet yang padahal saya ga butuhin karena di simcard lainnya udah aktif paket internetnya. Ngadu ke CS katanya akses free facebook. Semua CS kasih jawaban sama, jadi sepertinya di system memang baca akses free facebook. Seinget saya pernah ubek2 aplikasi operator untuk cek pulsa dan program apa yang ada, sekarang mah jadi parno pake aplikasinya.

adioranye

Sekedar nebak, operator yang dipakai Indosat ya? Saya menggunakan True Caller untuk menyaring spam, karena prinsipnya Truecaller akan mendapatkan database nya dari pengguna True Caller yang lain, sehingga jika ada spam seperti itu sudah ada notifikasinya. Silahkan dicoba

Mulyadi.C

Berhubung lagi gabut, jadi pengen iseng balas ke penipunya, pakai bom sms atau apa ya? Kirim virus lewat sms bisa?

Emily Sufi

to Android
terimakasih responnya, akan sy cek tips pak yudha.
makasih

satrio

Klo yang masih kepotong pulsa karena internet, cara yang aman ya non aktifkan  internet dan delete APN.

Untuk penipuan transfer pulsa, modusnya menginfokan utk berhenti auto transfer pulsa tapi kasih cara dengan kode utk transfer pulsa,
Abaikan saja SMS seperti ini