wti: pengiriman barang dari luar makin parah sejak berlaku pajak >$3

mave

to id-an...@googlegroups.com
mau sharing aja, sejak berlaku nya pajak minimum $3 pembelian sy dari aliexpress tiba di saya jadi semakin lama. kendala nya terjadi pada pihak lokal di indonesia, entah di bea cukai atau di pos indonesia.

saya cek paket sudah tiba di jakarta sejak hampir sebulan yg lalu, saat sy tanya ke pos indonesia melalui twitter nya mrk blg paket nya kena pajak skg jd hrs nunggu bayar pajak nya dulu. kemudian saya tny gimana bayar nya? di jawab, saat pengiriman barang ke alamat tujuan.

lucu bgt ini..mrk nunggu saya bayar pajak nya saat pengiriman ke alamat tujuan, gimana saya bayar kalau paket nya aja gak di kirim2 krn blg saya belum bayar pajak 🤦‍♂️

setelah beberapa hari kemudian sy coba follow up lg paket nya dgn jawaban yg sama dari CS yg berbeda namun saya di berikan nomor wa staff admin yg handle pajak paket.

dari jawabannya dy blg bhw mrk juga kerepotan krn dgn nilai paket minimal $3 jd lebih banyak volume nya, resource nya tidak memadai utk handle input paket2 sebanyak itu.

cmiiw

Ahmad Pathoni

to id-an...@googlegroups.com
Saya beli obat over the counter dari US udah 3 bulan belum sampe juga.
Ditracking status udah sampai Jakarta, tapi di kantor pos DKI di Pasar
Baru nggak ada.
> --
> ===========
> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid
>
> ----------------------
> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

mave

to id-an...@googlegroups.com
coba tanya ke pos indonesia yg handle paket2 dr luar di 081319721456 (whatsapp) ane dpt dr twitter nya kemarin

Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community" dari Google Grup.

Arief Setiawan

to id-an...@googlegroups.com
Aturan yang dipaksakan kah ?

Taufan Siswadi

to Milis id-android
Saya beli smart lamp, di aliexpress juga, harga $4.75 tgl 16 Jan, baru nyampe minggu lalu, kena pajak Rp 8000, ada surat nya sih di kasih pak pos nya....

Ahmad Pathoni

to id-an...@googlegroups.com
OK nanti dikontak deh. Makasih om.

--
Sent from Gmail Mobile

andy rianton

to id-an...@googlegroups.com
Bayar pajaknya apakah langsung ke pak pos nya om ? atau hanya surat pengantar untuk bayar pajak di kantor pos ?
kalau dulu, kalau kena pajak, barangnya barus disamperin ke kantor pos nya  buat bayar pajak nya dl baru bisa diambil

mave

to id-an...@googlegroups.com
waduuuh kacau klo gini..makin ribet..masa kita bayar kurir atau si penjual bayar kurir tapi kita ambil2 juga
kalau demikian cara nya buka jasa kurir aja lah barang sampe ke kantor kurir suruh pembeli ambil sendiri.

leo 5354

to id-an...@googlegroups.com
Ya begitulah Pos Indonesia. Beda kalau pakai 3rd party courier macam DHL atau FedEx bayarnya pas brg diantar ke buyer karena sudah ditalangin oleh mereka dulu pas custom clearance. Cuma ya ongkos kirimnya juga jauh beda biasanya.

Noviadi "adhie" Sudarta

to id-an...@googlegroups.com
Saya pernah dulu belanja pake kurir Pos, untuk pajak ketika kurir antar langsung bayar kekurirnya Om..

din....@gmail.com

to id-an...@googlegroups.com

Minggu lalu saya terima barang kiriman dari Aliexpress (gantungan kunci) dan langsung bayar ke petugasnya, sebesar 5000 rupiah..

Tidak ada kuintansi, tapi sudah tertulis di resi pengiriman.

Salam,

Dindin

Sent from Mail for Windows 10

to id-android@googlegroups com
Sharing cerita aja.
Saya beli barang dari amerika pake usps awal januari. Dari tracking, masuk ke kantor pos tgl 30 januari. Beritanya dari 17track: JAKARTA MPC IDJKTC, Arrival at inward OE
Dari tgl 30, saya tunggu 1 minggu, ngga ada update. Akhirnya saya datengin kantor pos pasar baru, ke bagian pengiriman barang luar negeri di lantai bawah.
Ketemu petugas, diminta tulis nomer resinya, dan diminta nunggu. Setelah lumayan nunggu (sekitar 40 menitan) dipanggil, dibilang ada yg harus dibayar, ada lembaran kertasnya, cuma saya ngga baca isinya apa, cuma konsen di nilai yg harus dibayar. Saya bayar di loket sebelahnya dan harus tunai. Setelah bayar, barang bisa diambil.
Padahal dulu tahun 2019, kalo barang declarenya dibawah $75, kalo udah status JAKARTA MPC IDJKTC, Arrival at inward OE kaya gini, ngga sampe seminggu lagi barang pasti dianter ke rumah tanpa nambah biaya apapun.
Jadi emang dengan peraturan baru ini, semua barang kayanya di hold dan di cek satu2, ngga kaya dulu dibawah $75 pasti langsung lewat. Dan kebayang dalam 1 hari ada ribuan kiriman dan kapasitas petugas yg ngecek ngga akan ke handle itu semua paket, padahal besoknya pasti akan masuk lagi ribuan paket, ya kebayang aja bakal ketahan lama banget. Mau ga mau merepotkan diri dateng ke kantor pos besar kalo mau cepet keluar barangnya.
Lagian kalo nunggu di rumah cuma dateng surat bayar pajak, akhirnya juga harus dateng kesana.
Eniwei terakhir bayar pajak barang kiriman yg emang diatas $75, lewat 17track cukup informatif. Ada pemberitahuan untuk buka link bea cukai, pas dibuka masukin no tracking, keluar informasi saya harus submit foto bukti bayar barang, foto link tokonya trus kirim ke email bea cukai pasar baru. 2 hari kemudian, keluar status harus bayar berapa. Terus di google cara bayar, saya bayar lewat transfer bank mandiri. Abis bayar, tetep dateng ke kantor pos pasar baru, ke lantai 3 bagian bea cukai, nunjukin bukti bayar, nanti dia print lembaran apa gitu yg tinggal dibawa ke bawah buat ngambil barangnya. Jadi bisa bayar lewat transfer dan cukup 1 kali dateng ke kantor pos buat ambil barang. Kalo ujug2 dateng kesana, belum keluar biaya pajaknya, bisa seharian abis waktu disana cuma buat ngurus bea cukai. Belum lagi kalo ngga bawa dokumen pendukung tadi. Bisa bolak balik abis waktu kesana.

Alfred Alfred

to id-an...@googlegroups.com
Kalo saya dulu pernah via pos, dikirimkan kertas note ke rumah (kayaknya via tukang pos juga), kita ke kantor pos utk bayar, ntar ditanya ada npwp atau tidak(kayaknya beda rate), setelah bayar langsung dikasih barangnya di kantor pos tsb....

leo 5354

to id-an...@googlegroups.com
Kalau cuma 5rb sih kayanya bukan bea masuk tapi repackage fee. Coba aja dicek keterangannya apa di resinya.
Pengalaman saya kalau bea masuk dapat surat pemberitahuan buat ngambil barang karena harus bayar supaya brg bisa keluar.

ardiyan

to id-android
Untung gk ditanya API.. :D.

Tp memang skrg jadi lama, mungkin krn overload harusnya sie alur nya sama aja. Lg harap2 cemas juga nunggu kiriman part mobil dari Amerika

andy rianton

to id-an...@googlegroups.com
Ini ada rincian bea cukai nya om? Atau hanya suruh bayar nilai tertentu. Soalnya sebelum2 nya jg kadang bayar walau gak kena cukai, kena biaya repacking. Antara 3000-7000 sy pengalaman.

Reza I | www.LogayPektay.com

to Indonesian Android Community [id-android]
Kalau di bandung, paket langsung diantar ke rumah, pajaknya di bayar (dititipkan) ke kurir pos yang antar. Dapet kertas yang berisi rincian pajak yang harus di bayar.

Sebelum peraturannya diberlakukan, beberapa kali ambil paket di bea cukai langsung, sekalian nanya, bagaimana kelanjutan pengambilan paket kalau kena pajak setelah pemberlakuan peraturan baru. Pada saat itu petugas juga masih belum memastikan tata cara pastinya, apakah seperti dulu, atau dibayar langsung ke kurir pos utk efisiensi waktu.

Ternyata di bulan februari, setiap ada paket, langsung diantar kerumah, dan pajaknya bayar ke kurir posnya.

Kecuali utk paket2 yg dicurigai ada manipulasi harga, akan di kirim surat dulu untuk kelengkapan dokumen pembayaran aslinya.

Biaya packing ulang dari pos juga turun untuk wilayah bandung, biasanya kalo paket kena pajak, kena biaya packing pos 20rb, sekarang jadi 10rb.

Noviadi "adhie" Sudarta

to id-an...@googlegroups.com
Nggak ada sih cuma waktu itu katanya kena pajak ya bukan biaya repacking.. Cuma nggak ada rinciannya....

Romy Perdana Putra

to id-an...@googlegroups.com

Untuk proses clearance di bea cukai coba cek di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman atau lewat aplikasi Mobile BeaCukai (android).

Kalo sudah masuk ke system BC akan muncuk keputusan mengenai billing dan diteruskan ke kurir (pos Indonesia).

Kemudian Pos Indonesia akan mengirimkan surat pemberitahuan mengenai billing ini. Si penerima datang ke kantor pos yg dimaksud untuk melakukan pembayaran kemudian ambil barang.

Kalo blm ditemukan di situs BC berarti kurir blm melaporkan.

Salam

Rizki Pratama

to id-an...@googlegroups.com
Pernah pesan barang dengan harga groupbuy lumayan diskon sampai 40% eh kena pajak dengan harga full listing non diskon dan langsung masuk sistem billing BC jadi nggak bisa komplain, kalau mau komplain harus melunasi dulu katanya dan harus isi form yang didownload di kementrian keuangan. Dulu enak bisa komplain dan tinggal kirim invoice dan bukti pendukung lainnya dan pajak bisa disesuaikan. Ampun deh.

mave

to id-an...@googlegroups.com
hebat ya 👍 di bayar dan terima bayaran kurir tp paket ambil sendiri lebih hebat nya konsumen bs di paksa seenak nya si kurir

cmiiw

Wicak®

to id-an...@googlegroups.com
  "......Si penerima datang ke kantor pos yg dimaksud untuk melakukan pembayaran kemudian ambil barang."

Ini berarti barang harus diambil sendiri di kantor pos ya om ?

The winner takes it all, The loser's standing small & has to fall

andy rianton

to id-an...@googlegroups.com
Kalau dulu ia om kalau kena cukai, jd hanya dikasih semacam berkas pemberitahuan kalau barang kena pajak dan bayar serta ambil ke kantor pos. Makanya sekarang pengen tau, setelah berlaku aturan $3 jg harus bayar dan ambil sendiri ke kantor pos, ya jd ribet. Barang gak seberapa, tp harus ambil ke kantor pos nya.
Semoga saja bisa bayar langsung saat diantar.

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

mave

to id-an...@googlegroups.com
gak perlu kantor pos lagi..langsung kantor bea cukai aja kalau kaya gitu mah..bubarin aja

Romy Perdana Putra

to id-an...@googlegroups.com

Saya ada barang masuk ke sistem BC tgl 31 Jan 2020, hari pertama diberlakukan peraturan baru. Sempat mengajukan pembetulan krn BC hitung dgn harga non diskon walaupun harga yg di-declare pengirim sudah benar. Saya telp BC pasar baru, krn posisi di bogor jadi surat pengajuan pembetulan beserta dokumen pendukung cukup via email (bcpas...@customs.go.id), kemudian nota pembetulan dikirim ke rumah via surat; bisa jg dicek di beacukai.go.id/barang kiriman. Kemudian datang ke kantor pos bogor, bayar lsg ke kasir kemudian ambil barang di situ jg.

Yang saya alami prosesnya masih sama dgn sblmnya. Dgn batas atas yg hanya US$3 saya yakin BC dan kurir bakal sangat kerepotan.

Untuk barang2 yg mahal/penting saran saya gunakan EMS. Pengecekan dan billing dilakukan BC bandara soetta jadi lebih cepat.

to id-an...@googlegroups.com
Mungkin semacam ini biaya yg ditagih oleh petugas pos ketika mengantar kiriman ke rumah.
Aneh juga kalau baca keterangan bahwa barang kena bea lalu pabean dan jasa kiriman padahal nilainya ga sampai $3.
Paket ini baru sampai tgl 8 kemarin padahal pengiriman sejak awal Januari.

IMG_20200309_065839-picsay.jpg
IMG_20200309_070343-picsay.jpg
IMG_20200309_070008-picsay.jpg

Akbar Mia

to Milis Android Indonesia
Iya bener om...
Biaya repackaging itu....
Pekan lalu sy jug baru terima barang yg dikirim dr pertengahan Desember....
Kena biaya total 7K, batang lgsg ke pengantarnya

regards

ruhbanullail

» sent from Amazing Red hTc U11 «

andy rianton

to id-an...@googlegroups.com
Ini berarti diambil ke kantor pos nya ya om?

Wicak®

to id-an...@googlegroups.com
Terakhir saya order dari Aliexpress, setelah berlaku pajak, barang tetep dikirim ke rumah om. Nanti pak pos bawa invoice berapa yang harus di bayar. Kemarin dari invoice selain pajak ada biaya lain, saya lupa apa.

The winner takes it all, The loser's standing small & has to fall

Akbar Mia

to Milis Android Indonesia
Yep, betul om

regards

ruhbanullail

» sent from Amazing Red hTc U11 «

Eddy Surandy

to Milis Android
Kena pajak atau tidak bisa di trace di http://www.beacukai.go.id/barangkiriman
Kalau kena pajak akan muncul billing code
Bisa bayar pajaknya di Tokopedia
Jika sudah dibayar, status berubah menjadi

"SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN"
Setelah itu baru "BARANG KELUAR DARI GUDANG"
Jika sudah keluar gudang, bisa trace di https://ems.posindonesia.co.id/ atau https://www.posindonesia.co.id/id
Status saya terakhir "Cetak Invoice / Arrival at Collection Point For Pick-up"
Status EMS Pos ini sepertinya terhubung dengan Tracking di Aliexpress juga.

Memang prosesnya lama, saya order tanggal 10 Februari 2020 sampai sekarang belum terima barang.
Tapi tracking cukup jelas, tinggal tunggu barang sampe aja.

CMIIW

________________
 EDDY SURANDY

Deska Affif

to id-an...@googlegroups.com
Apakah ada yang sudah coba pake DHL/UPS/FedEx ?
Sepertinya bisa lebih cepat sampai, namun yang saya dengar perhitungan pajak nya bisa lebih mahal, benar kah demikian?

Kalau tarif kirimnya tentu lebih mahal dibandingkan Pos Indonesia.

---------------------------------
Regards,

Deska Affif

rizky bramanto

to id-an...@googlegroups.com
Thanks om, oke juga kalo jelas begini. Berarti terus monitor di

resi dari aliexpress nya ya?

Eddy Surandy

to Milis Android
Iya.. Resi dari AliExpress.
Kalo Standard Shipping biasanya kode LPxxxx
Untuk EMS POS bisa tanya2 juga ke 161

________________
 EDDY SURANDY

Eddy Surandy

to Milis Android
Mungkin karena ongkos kirim juga diperhitungkan sebagai komponen pajak.

CMIIW

________________
 EDDY SURANDY

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Arianto C Nugroho

to id-an...@googlegroups.com
iya .. biasanya kalau DHL/Fedex/UPS, mereka udah bisa memperkirakan biaya pajak-nya berapa dan langsung  di-include .. plus mereka udah punya perwakilan dia beacukai, jadi langsung keluar ..

tapi ya itu, biasanya lebih mahal .. karena mereka kan pasti gak mau rugi harus nanggung kalau kurang ..

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

--
--
Best Regards
Arianto C Nugroho

Agus Setiawan

to id-an...@googlegroups.com
Saya ada juga barang kiriman dari bulan januari, sampai sekarang belum sampai sampai juga.

Repotnya waktu itu keburu pilih pengiriman yg no tracking, jadi pusing nunggu nya gak ada kabar, gak bisa ditrack juga dah sampai mana T_T

Tino Frappucino

to id-an...@googlegroups.com
Kiriman saya dah sampe, baru order tgl 3 kmrn lohh

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

Ronny Fredila

to Id android Id android
Kayak nya online shop lokal yang berafiliasi dengan olshop luar seperti shop** dan laza** punya jalur khusus.
Saya order lewat Al*express, sejak pertengahan januari, masih belum tiba sampai sekarang. Tapi lewat shop**, cuma butuh waktu gak sampai 2 minggu, sudah datang. Order pertengahan feb, awal maret sudah nyampe.

Gak tau kenapa bisa begitu

Rf

black mag

to id-an...@googlegroups.com

emang Negara ini makin enak ya dpt duitnya, kits kerja ,usaha setengah mampus  di potong pajak, belanja Dr luar negeri harga discount, pajak harga full, org biasa sudah males komplen sana sini habisin waktu, tenaga.
Keluarin aturan seenak jidat, GA liat departemen pos kita ini memadai ato  kaga, Dr dolo  sampe skrg pos kita INI terutama jkt plg ancur, BRG ude mendarat 1 minggu lalu gak di anter ,taon lalu ya , setelah 1 minggu lebih si kampret br dtg yg hanya bw secarik kertas yg isinya suru ambil di kntr pos pusat , karena kena pajak, gila pas harga BRG 100$ kena pajak aja kaya gitu ancur gak , beberapa kali pengiriman loewat pos pasti ancur2x kasusnya, ada pernah BRG saya GA bs di ambil ,Napa ????, karena di simpen oleh salah satu petugas yg Katanya dia  yg bertugas. Wtf bgt buset dah, pengelolahan badan usaha macam APA INI pos kita ini.ya tetep customer Cmn bs gigit jari ,sabar ikutin maonya mereka.
Pelayanan public Negara koq gitu.

Yg ude pernah pake 3rd party punya jasa pengiriman dah bs tau lah nyesekna gmn tuh layanan pos kite wkwkwk

mave

to id-an...@googlegroups.com
tunggu giliran kena audit sama erick tohir, byk masalah ini pos indonesia,tp urusan pajak barang sm bea cukai sih badan perpajakan kita nih yg monetized, gk bs liat rakyat nya menikmati hasil keringat nya, padahal dari pendapatan sudah dikenakan pajak, dari belanjaan, dari makanan sudah kena pajak, gak lama lagi dr online store.

utk online store dr luar kan sudah bayar tarif juga entah dr pihak pengirim atau si pembeli entah itu dalam per sekali kirim atau kontrak, dari itu pun juga nilai kontrak nya pasti ada kena pajak juga..jd pajak kita berlapis2 dong ya?

cmiiw

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Jim

to [id-android] Indonesian Android Community
struktur pemasukan negara emang maunya gitu, dobel tarif.
makanya sampe ada perang dagang, dumping dkk tergantung kebutuhan masing2 negara

pos indonesia ini udah negatif cashflow sebenarnya. beban operasional lebih tinggi dari pemasukan.
mustinya bisa kompetitif di logistik, tapi butuh upgrade infrastruktur dan staff training lagi.

On Tue, Mar 10, 2020 at 8:43 PM black mag <lord.h...@gmail.com> wrote:

[...]

Fajar Edisya Putera

to id-an...@googlegroups.com
kalau saya ngelihatnya malah disisi pos indonesia. dengan sedikit-sedikit bayar, mungkin kisah klasik pak pos gaji telat seharusnya mulai menghilang. saya sih nggak mengerti mekanisme kalau kita kirim barang dari luar negeri apa pos indonesia dapat bagian dari biaya pengiriman itu? kalau dapat bagian saya bingung mekanismenya gimana antara kantor pos itu.

nggak kayak kalau kita kirim pakai dhl.. kita kirim bayar, nanti terima ada embel-embel bayar ini itu juga. nah kalau selama ini? untuk paket pos kecil dari luar negeri, pak pos nggak nagih apa-apa?

Sent from my iPhone

On 10 Mar 2020, at 20.43, black mag <lord.he...@gmail.com> wrote:

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

hanafi f

to id-an...@googlegroups.com
kirim barang/surat yg standar, spertinya sender keep all :)
mirip sms.

pos negera tujuan punya kewajiban nerusin sampe ditujuan.
entah kalo pake layanan Express atau yg gak pake2 prangko.
makanya kiriman dr china bisa free ongkir 🙈

nggak tau ya, apa skarang udah berubah...
udah ga kerja disitu 🙈

On Wed, 11 Mar 2020 at 14.10 Fajar Edisya Putera <faj...@gmail.com> wrote:
[...]

hanafi™

/*
ig/twit : @h4nafi | sent from iphone;
*/

mave

to id-an...@googlegroups.com
dapet surat cinta dari kantor pos, cek di attachment.
hebat nih negara kita 👏 kita bayar jasa kurir tp kita yg ambil..bravo indonesia
pait nya kita konsumen malah di buat gk berdaya gk pny power utk perjuangkan hak konsumen nya, dapet ancaman dan di beri tenggat waktu.

cmiiw

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

2020-03-11-0001.jpg

hanafi f

Eddy Surandy

to Milis Android
Beberapa kali belanja dari Marketplace luar untungnya selama ini lancar-lancar saja.
Terakhir Feb 2020 kemarin beli Spion DVR harga > $100 dan prosesnya masih lancar.
Pajak bisa dibayar online dan barang dikirim sampai alamat tujuan oleh pak Pos.
Memang saat itu di Tagihan Pos termasuk bea masuk yang sudah saya bayar sebelumnya.
Hanya saja mereka langsung potong asal bisa menunjukkan bukti bayar.

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/2aab78c2-cd0c-409a-8c5c-d411363727e4%40googlegroups.com.

Ronny Fredila

to Id android Id android
Barusan datang barang dari cina tsb yang dibeli di aliexpress. Buseet dah, dua bulan, nyangkutnya lama banget di pt pos Indonesia.
Yang saya beli via marketplace lokal kemarin gak sampai 2 minggu sudah tiba dan tidak dimintai tambahan apa-apa meskipun sama-sama dari cina.
Dan yang ini ternyata dimintain duit rp 7.000 sama pak pos, kakak saya yang terima main bayar aja gak nanya itu duit buat apa. Barang cuma seharga 20 ribu, nunggu 2 bulan, malah kena palak 7 ribu.
Kapok lah beli barang lagi dari luar negeri via marketplace luar, kecuali kalau jelas2 kita tahu harganya jauuuh dibawah yang lokal, atau sama sekali tidak ada yang jual didalam negeri. Gak worthit waktu dan biaya nya.

leo 5354

to id-an...@googlegroups.com
7rb biaya inspeksi barang. Bayar aja lah, hitung2 ngasih uang kopi buat yg meriksa barang kiriman kita. Kasihan kerjaan makin banyak gegara limit kiriman jadi $3 maksimal

Fajar Edisya Putera

to id-an...@googlegroups.com
saya malah beberapa kali dapat kiriman dari luar negeri dulu, selalu diterima sama pak satpam kantor.., jadi nggak pernah berhasil kasih tip ke pak pos. kalau di kantor sebelumnya itu mbak-mbak front office suka nelepon untuk saya ambil, saya sering kasih tip ke pak pos. dia nggak nagih apa-apa, sudah kulit menghitam, kelihatan lusuh, ya lumayan buat beli air minum. mangkanya dari dulu saya selalu mikir kalau kirim dari luar negeri, pos indonesia dapat bagian nggak ya?

siapa tau sekarang karena pos indonesia makin sibuk, jadi proses barang makin cepat, kan dapat duit dari inspeksi barang donk ya?

hanya pendapat pribadi, karena udah sering banget dapat kirim dari aliexpress :)

leo 5354

to id-an...@googlegroups.com
Wkwkwkwkwkwkwkwk, komen saya itu sebetulnya sarkastic kok
Coba aja scroll keatas, saya ada kasih bukti lampiran biaya 8rb kiriman saya terima itu apaan
IMO, yg kebagian itu bukan kurir Pos Indonya langsung

Ronny Fredila

to Id android Id android
Kalau 7 ribu nya benar-benar dikasih buat uang kopi yang ngecek sih gak apa-apa, hehe

hanafi f

to id-an...@googlegroups.com
ada bea dan struk aslinya biasanya.
kalo dulu bea bungkus ulang, 3ribu.

sama pak pos nya kalo ga ada kembalian 2ribu, kadang dia bilang : gak usah, mas.

dan emang duit itu ga masuk ke kantong pribadi pegawai pos kok.
Jadi gak pas juga kalo dibilang 7rb itu uang kopi.

Label bea ulang biasanya ada dalam bentuk kertas tipis.
Kalau gak yakin, diminta saja.

meskipun packaging nya utuh, seolah2 gak pernah dibongkar dan dipacking ulang, jumlah yg lewat pintu bea cukai dan pos pasti kecatet.

Eddy Surandy

to Milis Android
Saya pribadi sih barang sampe aja udah senang banget.
Kebayang kalo sampe keselip atau hilang.
Apalagi nilai barangnya lumayan gede.
Makanya kasih 10rb sih ga masalah banget.

rizky bramanto

to id-an...@googlegroups.com
Om eddy,

No ebilling saya sudah muncul dan saya sudah bayar lewat tokopedia. Tinggal tunggu barang dikirim ke alamat ya om berarti? Atau kita perlu action tambahan?

Thank you.

Eddy Surandy

to Milis Android

Saya kemarin sih tinggal tunggu aja om
Barang diantar petugas pos ke alamat tujuan
Hanya memang di Invoicenya POS masih ada tagihan Tax
Tinggal dipotong dan bayar selisihnya
Siapkan saja print out bukti setor ke kas negara

rizky bramanto

to id-an...@googlegroups.com
Siap om. Soalnya statusnya sekarang seperti ini:

SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN

Jadi ngga usah konfirmasi apa2 lagi ya om?

Eddy Surandy

to Milis Android

Iya, tinggal tunggu barang datang saja.
nanti setelah barang keluar gudang akan ada update lagi.

Monitoring selanjutnya di https://ems.posindonesia.co.id/

image.png

Saya kemarin Barang keluar gudang BC tanggal 5 Maret.
Terima barang sampai alamat tujuan tanggal 9 Maret.
Kalau tidak terpotong Sabtu/Minggu mungkin lebih cepat.

Rudy Ariyanto

to Android
Saya tagihan, 7USD dari Singapore, pengiriman 3 bulan terhitung dari transaksi di web. Tagihan pajak 29rb, diantar sama petugas posnya langsung dikasih "surat cinta" dengan rincian item yg harus dibayar. Untungnya petugasnya langsung bawa barangnya bukan cuma surat tagihannya.