WTA : Berapa lama sih Smart TV bisa bertahan?

Muhammad Hanief

to Androiders Indonesia
Dear RR.

Kebetulan nih mau beli TV baru. Saat ini msh pakai TV LED biasa tanpa OS (bukan smart TV) Hibahan ortu sih. Kalo gak salah waktu tahun 2006 atau 2007.

Saya sebenrnya jarang banget nonton TV. Kecuali hanya nonton MotoGP dan Masterchef saja. Bisa kebayang kan dalam 1 tahun hanya brp jam TV nyala...
Dan pakai set top box dari layanan IPTV dari MNCplay (gabung paket internet).
Anak2 juga sbeenrnya hampir jarang banget nonton tv. Memang tidak di biasakan nonton tv sih. Biasanya nonton bareng di komputer yg di pasang di samping TV...
Istri juga nonton di laptop dan kadang bareng di ruang tengah (di komputer itu).

Berhubung 2022 ini akhir dari siaran tv analog. Mungkin saat nya ganti tv juga kali ya... Belom pernah beli tv seumur hidup saya... Hehehehe...

Lebih banyak nonton di komputer/ streaming/ download dan atau rekaman siaran tv 7 hari kebelakang.

Dan lagi galau banyak sekali promo TV smart akhir2 ini.
Lihat2 spek TV nya rata2 android TV untuk smart tv jaman skr.
Tau sendiri masa pakai Android (HP/tablet) maks 2.5 tahun dan harus ganti (masalah sekurity dan update). Lepas itu biasanya ada trouble di android.

Yg saya lihat di Market Place rata2 android 9 (1GB ram/8GB storage), ada android 11 (2/16).

Yang di tanyakan,
Sebaiknya ganti ke TV non smart saja atau ke smart TV?
Berapa lama sih penggunaan Smart TV sampai harus ganti baru?
Kalian sendiri pakai smart tv? Sudah brpaa lama pakai? Kendala nya apa saja? Bisa cerita deh d bawah, berpaa kali ganti tv dalam rentang waktu brp lama? Kenapa ganti dalam rentang waktu sekian?

Kalau kelebihan smart tv sih ya sudah bisa terbaca sih... Dari a to z nya terbaca dan d jelaskan reviewer/techi antusias.

Note: Kebetulan juga punya tv stick juga sih... 2 buah dari 2 merk.

Fredy Sugianto

to ID-Android Milis
Kalau untuk digital channel, saya pake ini

Posisi taruh indoor, deket tv, dapat semua channel jernih om.

Saya juga sama pake smart tv model Samsung QLED QA65Q60AAKXXD cuma tetap aja jarang nyala, kebanyakan yg pake anak, dr sisi kualitas gambar mmg mantap sekali untuk nonton netflix dll cuma tetap aja lebih nyaman di hp entah kenapa hehehe.

Yoyong Pakaya

Ini antena aja kan om... Tetep harus pake DVB T2

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Budget brp dl om.
Biar ga salah kasih masukan 😁😁

------
Riko. A
ZalogiTV

Muhammad Hanief

Budget sih belum tahu..
Tapi size aja sih. 32" aja sih.. bufet/rak tv nya mentok segitu. Kalo didinding pasang nya, kyk nya gak deh...

Didit FA

to Milis ID-Android
tv stick maksudnya apa.. apakah stick android tv?
kalo saya sih pilihnya lebih ke ukuran layar.. jenis layar.. disesuaikan dengan kebutuhan dan budget aja.
dengan teknologi yg terbaru, dan garansi yang oke.
smart atau non-smart.. gak terlalu pengaruh, toh bisa diakali dengan peripheral tambahan, yg relatif lebih murah.
OS dari smart tv juga gak terlalu panjang umurnya.. biasanya kalah cepat update-nya dari peripheral yg lebih sederhana.

.

Fredy Sugianto

to ID-Android Milis
saya langsung colok ke belakang TV sih om kaga ada pake apa apalagi, dia dah include kaya kotak kecil pas sambungan untuk ke tv nya.

Kalau TV Plasma dan LED saya sudah 7 tahun masih bagus soal jarang nyala hehehe.

Rudy Tjandra

klo dumb tvnya masih bagus bisa aja kok nangkep tv digital tinggal pake dekoder. saat ini tv dengan teknologi display terbaru dan inch besar kayak qled, miniled 50 inch ke atas rata2 udah smart tv.

Eko Prasetiyo

to id-android
iya betul ni. klo dumb tv nya msh bagus ya beli aj STB ato TV box. biar lebih enak pastikan STB DVB-T2 nya mendukung HDMI-CEC, jd kita bisa kontrol itu STB dari remote TV.
pengalaman saya pke TV samsung lama 32" yg pke HDMI CEC dikoneksi ke STB Polytron 610-T. jd remote STB cm dipake buat nyalain STB doang ganti2 channel STB bisa pke remote tv nya.

klo TV box android kan biasanya pke remote bluetooth ya jd ga begitu ngaruh HDMI-CEC buat kontrol

--
(^-^)v

[ihsan]

to id-android
terima kasih informasinya Om..

baca postingan nya lgsg beli.. pemasangan gampang dan dapat 30an channel digital.. jernih
skrg lg dipuasin ntn piala presiden :)

salam,

Rudy Tjandra

Baru ngeh ini persis tipe yg saya beli. Ini adiknya https://www.tokopedia.com/px/antena-tv-indoor-dinding-digital-analog-dvbt2-booster-px-uda-3100a bedanya di kabel power aja klo yg 3000 power dari listrik lgs klo 3100 dari usb type a yg di tv (ato colok ke kepala charger lain)

[ihsan]

to id-android
Wah.. Ini seri terbaru ya Om.. Lumayan hemat 1 colokan nh, tggal tancepin d slot usb
Tp gpp udh terlanjur beli kakak nya :)

saya beli smart tv TCL karena waktu itu termurah dan RAM terbesar (2GB) di promo 12.12 tahun 2019
prinsipnya android kan selalu lebih baik RAM lebih gede

masuk 2021 panelnya ada item2nya, stuck pixel tapi areanya agak gede, gak pixel2 tertentu entah karena sering diketok2 sama anak saya atau apa. mestinya sih masih tercover garansi panel 3 tahun panel, tapi rada males juga klaim.
prinsip saya sih dulu cari TV LCD dengan garansi terpanjang, karena kuatir panelnya cepet pensiun.

kalo android tv mungkin diusahakan ventilasi yang baik karena back panelnya bakalan panas

kalo tv box cari RAM gede agak susah karena rata2 cuma RAM 1GB
sayang mi box udah gak rilis resmi di sini. yang banyak rekomen malah tv box huawei bawaan indihome tapi versi lawas yang lebih gampang diroot

Riko Ariananda

Pdhl paling enak garansi TCL.
Cukup WhatsApp dan kirim  bukti pembelian (saya, beli di Lazadut)
4 hari kemudian datang teknisi bawa panel baru.

Klo ini kejadiannya tiba2 aja bergaris vertikal.

Image

Tp klo diketok2 ya bukan masuk T&C garansi. Rusak krn kelalaian pemilik.

Get Outlook for Android

belum coba WA sih
saya pikir masih sama prosedurnya harus bawa ke tempat serpis

di rumah ada lagi satu TV non smart Panasonic. tapi pabriknya udah satu alamat sama Coocaa. kayaknya Panasonic cuma rebranding aja. rekanan outsourcenya juga tergantung model katanya, tidak hanya satu pabrik.

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Jaman urdu dan jahiliyah sih om klo masih model gt. Bawa2 TV layar lebar ke SC. Kebayang ga klo layar nya >70". 😅 Saya, unboxing aja ngos2an. 🤣

Sepertinya TCL mengikuti gaya aftersales TV Sony. Ganti panel di tempat.

------
Riko. A
ZalogiTV

Tino Frappucino

Android box 905x3 kan 4/32? Banyak kok di toko online

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

Ashar Fathony

nah ini sebenarnya saya juga cari yang 32 inch Full HD untuk menggantikan TV Samsung yg sudah rusak, karena ruang tengahnya kecil, kalau TVnya terlalu besar malah keliatan pecah gambarnya, sayangnya sekarang sudah ga ada yang jual sepertinya, 32 inch yang ada hanya HD

Rizki Pratama

Kalau mau 32" dan 4K ambil monitor komputer saja Pak tapi harga lumayan. Sol

Nah... tampaknya begitu. Ada teman yang belum lama ini beli smart
monitor 32 inci UHD kena hampir Rp6 juta.