WTA : Seputar smartwatch. Wear OS vs non OS. Pilih mana?

Muhammad Hanief

to Androiders Indonesia
Assalamualaikum
Dear rr semua.

Disini saya mau bertanya seputar smartwatch.

Untuk kalian, smartwatch itu berguna untuk d miliki? Atau hanya sekedar punya, bergaya, dan kadang d pakai?

Mending yg wear os atau non wear os?
Setahu saya wear os itu rata2 pemakaian 2 hari untuk sekali charge
(CMIIW ya...  🙏🙏).
Replacement baterai untuk 2 tahun kedepan gimana?
Bisa menggantikan jam tangan biasa kah untuk pemakaian jangka panjang (min 2 tahun)?

Kebetulan saya pakai smartwatch yg non wear os. Masih coba2. Ini kedua kali  ya saya beli smartwatch non wear os. Sebutin merk aja kali ya... Pakai DTX no 1 untuk sekarang. Dulu pakai mi band 2 (skr layr udah redup banget).
Ada yg aneh dengan DTX no 1 saya.
Di kala tidur, kenapa ya terdetect ada step. Rata2 di bawah 80 langkah.
Agak aneh sih. Atau mungkin saya tidur berjalan?????? 😂😂😂.
Ada yg mengalami hal yg sama? Saat tidur, terdetect ada step...
Saya selalu pakai jam tangan sih, mandi, tidur, kegiatan harian. Malah hampir gak pernah di lepas. Kecuali saat d bersihkan dan mau charge (untuk smartwatch non wear os)

Naksir ticwatch 3 pro sih sebenernya. Tapi koq ticwatch mobvoi, tidak ada service center, dan gerai resmi nya ya d Indonesia. Atau ada? CMIIW 🙏 (Belom search lbh jauh).

Moto 360 3rd gen pun menarik tapi mahal nya.... Nah ini sih udah gak ada gerai resmi motorola di Indonesia.

Fossil, wow. Out of range banget harga nya... Kecuali seken-an.

Nah, penutup.
Smartwatch yg kalian pakai saat ini wear os atau non wear os?
Misal kan memakai wear os, pernah pakai yg non wear os? Begitu juga sebalik nya.
Sudah full menggantikan jam tangan konvensional?
Malas ngecharge gak kalian?

Terimakasih atas atensi nya..
Wassalamualaikum.

djody

to Androiders Indonesia
boss hanif

kalau pakai Mi Band percharge dalam warku 15 hari sampai 20 hari
tergantung yang nyala notification nya berapa banyak.

saya pakai mi band 5
saya matikan semua notification untuk wa , sms
cuma :
* on per 30 menit detak jantung
* on buzzer alarm
* on PAI-Personal Activity Intelligence.

saya charge per 2 minggu atau 15 hari

sudah pakai mi band sejak mi band 1,
tidak mau pakai lagi jam analog atau digital.

Andri Fitriyadi

Pak Djody,

Saya sedang pakai mi band 4. Upgrade me Mi band 5 kira2 worth nggak?

djody

Boss Andri
Kalau butuh untuk PAI ya worted

rizadit

to id-android@googlegroups com
Ikut nyimak..
Pengen juga beralih ke smartwatch, karena  rechargeable.
Udah hampir 3 bulan ga pake jam gara-gara malas ganti batre jam 😅

maksi paranggi

to id-android@googlegroups com
Saya pernah pakai miband ...terus beralih ke amazfit bip. Sekarang pakai tic watch S2 ( OS Google ).  Pakai OS Google enaknya bisa diconnect ke lebih banyak aplikasi google tentunya sehingga lebih membantu. Mantap kalau aplikasi. Dan memang baterai rata-rata 2 harian. Saya pakai dari pagi sampai malam, mau tidur di cas pakai timer. Pagi full lagi. Itu aja kekurangannya. Sekarang mau coba smart band aja dan mau jual Tic Watch nya karena pergelangan tangan diberi aksesoris tambahan...😁.

Contact kalau mau beli Tic Watch S2 Second terawat...😁.

Terima kasih,

Maksi Paranggi

djody

to id-android@googlegroups com
banyak di market place jam smart yang ngak jelas ,
tetapi murah cuma 150.000,
daya tahan batery cuma 5 hari.

cuma saran lebih baik beli yang sudah ada merek dan di percaya.
dari pada kecewa dengan yang dari marketplace ngak jelasm merek nya

dear all,

selagi dibahas smartwatch, apa ada yg menggunakan amazfit t-rex, tertarik modelnya.
mohon review nya. tks.

eji.

Sent from my iPad

Abdul Aziz

Kalo saya, dulu awalnya pake smartband mi band2, lalu ganti ke amazfit cor, dan sekarang pake smartwatch amazfit bip.
Alasan saya pake smartwatch adalah karena buat save aktifitas lari saya, dimana sebelumnya kalo lari bawa hape. Karena malas bawa2 barang saat lari maka saya pilih smartwatch, dimana setelah lari tinggal sync ke aplikasi amazfit (sekarang ganti nama Zepp)

Menurut saya, sangat banyak membantu smartwatch ini, dan pada akhirnya saya sudah malas memakai jam konvensional, krn segala kegiatan (kerja, jalan2, kondangan) pake smartwatch sdh tercukupi

Hermanus Setiadi

Berguna om, saya pakai fitbit ionic buat jog atau lari dan akurat untuk hitung step dan jaraknya ada gps built in segala.
Bahkan buat denger lagu offline juga asik sambil jog atau lari pairing pake bluetooth earpiece karena bisa nyimpan lagu di jam ini internal lumayan gede 4 gb.
Koneksi bluetooth juga stabil waktu dipake denger lagu.
Battery juga lumayan irit bisa sampai semingguan.
Modelnya juga unik walau ngak semua orang suka.
Jadi buat lari ngak usah bawa hape lagi yang berat dan besar ribet.

Cuma belum bisa terima telp aja dari jam ini.

seno indarto

Selama ini saya pake garmin forrunner 225 belinya tahun 2013an.cukup berguna untuk melihat progress latihan lari dan menjaga detak jantung agar tidak melebihi batas saat lari..kalau sampai lewat ambang batas bisa colaps. Selebihnya bisa menghitung langkah tp belum bisa connect ke hp..
Nah mumpung ngomongin smartwatch dan kebetulan ingin ganti.lagi bingung,pilih garmin 245 atau finix 5 ya?kebetulan dapat hadiah voucher dari lomba lari..

Ari Fahrizal Rahman

Nah mumpung lagi pada bahas smartwatch/smartband. Dulu saya pakai pebble generasi pertama cukup puas, meskipun layar hitam putih tapi awet sampai 2 tahun lebih. Beberapa waktu ini coba pake smartband. Entah kekecilan atau gimana, pertama mi band 2, yg keduz barusan beli honor band 5. Dua2 nya gampang menghilang, dalam artian saya gampang kelupaan, apa karena sizenya kecil yak.. 😢😢😢

Sebetulnya honor band 5 memiliki fungsi cukup lengkap buat saya, ada pembaca denyut jantung, SpO2 meter, dkk. Cuman jeleknya itu dia sering random shutdown. Dan satu2 nya cara mengaktifkan kembali adalah colok charger.. belum sempet servis ke unicom sih, pagi ini menghilang lagi itu honor band 5.

Kalau smartwatch yg kisaran harga maksimal 1,2-1.5 jt apa ya kira2? Seri amazfit atau huawei watch fit yg baru keluar?

Salam
Ari Fahrizal

Asyari Dwi

Pakai pebble time dari awal 2015 (klo gk salah) sampai hari ini, dulu dipilih karena daya tahan batrenya. Awal2 pemakaian tiap hari oprek sana-sini, sekarang udah gk pernah pairing klo gk lagi butuh (gk bisa pegang HP). Hingga hari ini masih sanggup charge seminggu sekali, tapi jika pairing dalam seminggu mesti charge 2x.

Sempet pingin coba yang lain, antara sayang dananya dan bosan aja sih paling juga cuma buat liat jam hehehe. Seperti HP android sekarang, ya gitu-gitu aja menurut saya. CMIIW

Benny Nugroho

to ID-Android
saya pakai udah 8 bulan dan jarang dilepas.
satu2nya kelemahan t-rex adalah notif wa yg terbaru tidak muncul.
jadi ketika ada pesan baru muncul, yg ditampilkan adalah notif sebelumnya.
ini cukup annoying

Regards,
Benny

Sent from VOG-L29

eji yues

terima kasih oom BN, berarti selain notif wa, semuanya ok., makin mantab utk memakai t-rex.

Sent from my iPad

milis harry

Dulu pernah pake Motorola 360 sports.
Bagus sekali layar amolednya. Semua motif muncul dan full color. Kekurangan kalo full notif batre bertahan sebentar. Sehari sekali harus ngecharge dan strap tidak bs ganti2 karena versi sport rubber band. Ganti amazfit bip, full motif batre awet berhari hari sayang  tampilan monochrome. Akhirnya dijual.
Lalu coba smartwatch murah replika amazfit gts. Batre awet 5-7hari sekali charge.layar ips, Ada fitur blood pressure, heart rate  Dan oxymeter. Walaupun cuma gimmick dan tidak akurat tetapi lumayan  bs sebagai informasi awal kesehatan kita..
Pernah beliin temen smartwatch replika iwatch 6, sudah ada 3 fitur diatas ditambah fitur thermometer badan. Minus batre juga hanya tahan seharian.
Sekarang pake Huawei fit untuk check kualitas tidur, heart rate dan fitur 3d training instructor. Kalo Untuk harian pake jam gshock konvensional. Tidak mikirin kapan charge dan kuat kalo kena benturan

Ryan Artiandy Herianto

to Milis Android Indonesia
Saya dan istri dari Wear OS (Fossil) ke propietary (Huawei Watch Fit & GT2).

Minus nya Wear OS buat saya ada 2:
1. Batere boros
2. Pilihan exercise sedikit

Setelah pindah ke Watch Fit & GT2 batere jadi serasa awet banget (1 minggu+ posisi heart rate monitoring + stress monitoring always on).

Dan pilihan exercise nya banyak banget (lebih banyak jauh dari Samsung juga).

aditya haikal

saya sempat pakai Samsung...
End up nya beli Garmin Fenix...
Battery nya juga awet... bisa 1 minggu lebih (banyak nya push notif juga pengaruh).
Karena saya pakai sepedaan dan lari juga... jadi integrasi.. dan sync ke Strava lebih mudah.

Andrew Wihono

Huawei fit ini worth it ga ya
Saya jg minat ini, tp kok kyk nya user nya ga banyak

Didit FA

to Milis ID-Android
saya udah 2 tahunan pakai Amazfit Pace. karena sporty dan affordable aja.
bukan yg premium seperti yg dari Garmin, atau Samsung misalnya.
dipakai juga utk tracking lari, heart-rate, dll.

secara umum cukup menyenangkan, dibanding jam model biasa, karena bisa ganti2 watchface biar gak bosen dan buat seru-seruan.
masalah batere.. namanya pakai gadget elektronik, gak masalah utk charging, asalkan dalam 24jam gak perlu di-charge berkali-kali.

dibanding watch biasa, bisa jadi malah lebih enak.. karena gak perlu bongkar bodi utk ganti2 batere.
itu aja sih..

sekarang lagi ngincer yg dari Huawei, biar bisa barengan sama hp yg dipakai sekarang.
ehehee..

.

Ryan Artiandy Herianto

to Milis Android Indonesia
Di Jogja sih pengguna nya banyak. For the price saya bilang worth it banget.

griyalaras

Aku pake galaxy watch mulai S2 sampai S4. Gak pindah active soalnya kecil. Merasa sangat puas dan plg lengkap fitur nya. Batt tahan 2 hr. Gak masalah krn HP pun di charge tiap hari. Bisa browsing inet, denger podcast Spotify, wifi sdr, bisa jalan tanpa hp. Amazefit dll irit krn layar jelek, ama feature gak selengkap watch. Udah gak pernah pakai jam biasa.

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.

Agung Haryanto

Huawei Watch Fit enak dipakenya, Om. Layar udah Amoled, batere bisa tahan lebih dari seminggu dengan TruSleep™ enabled, heart rate monitoring enabled.

Kalo suka yang model G-Shock ada Amazfit T-Rex. Budget lebih dari Huawei Watch Fit tapi udah Millitary Standart, layar Amoled dan batere lebih dari seminggu juga. Dari ukurannya sering disangka berat, padahal pas dipake ringan.

boni soehakso

Dulu saya pake smartwatch entah merek apa harga 500 rb beli di aliexpress zaman tahun 2015.terus beralih ke miband 1 dan miband 2 kemudian beli Amazfit Bip. Belum lama beralih ke Amazfit Bip S dan beli Huawei Watch Fit.

Kalo pemakaian Amazfit Bip S charge nya bisa 10 hari sekali karena saya pake aplikasi notify berbayar utk 24 jam aktif heart rate monitor. Pale Huawei Watch Fit juga sama hanya aktif kan HRM saja dan charge nya seminggu sekali...

Dulu tertarik sama Galaxy Watch Fit cuman kok mikir nya too expensive ya? 😂

Noviandri lukman hakim

Ikut nimbrung ya..
dari dulu udah pake hampir semua jenis smartwatch/band..
terus berkesimpulan paling berguna untuk tracking olahraga dan health  itu punya garmin, dan udah kekunci pake garmin udah lama banget, karena data dan analisa disana.

Cuma liat perkembangan dari samsung health kok menarik.,. hanya ada satu nih yang agak mengganggu, di Galaxy watch saya oprek2 gak nemu fitur interval running..

ada yang pernah pakai kah?

Januar F

Sekalian ikut nimbrung boleh ya om2 sekalian, antara Huawei Watch Fit sama Amazfit GTR 47 mending mana ya? Masih galau mau ambil amazfit atau Huawei Watch Fit.

Sent from Mail for Windows 10

to Milis Android Indonesia
Saya sempet pakai GTS & GTR. For me, jelas ke Fit.

SoC nya lebih bagus, jadi jauh lebih smooth dalam pengoperasian.
Kualitas OLED nya bagus di Fit.
Fitur juga jauh banyak di Fit.

Prastyo

Mas Ryan,

Kalau di ketiga swartwaches tersebut, GTR, GTS, dan Huawei Smart Fit, apakah ada fitur Pomodoro Timer?

Terima kasih.

Ryan Artiandy Herianto

to Milis Android Indonesia
Baru denger Podomoro Timer on, seingat saya tidak ada.

Muhammad Hanief

to Androiders Indonesia
Dan.. Setelah bertapa dan cari2 info lbh banyak, sekarang lg galau antara kedua smartwatch d bawah ini :

1. Amazfit T-rex
2. Ticwatch s2.

Maklum, budget tipis untuk musim di kala pandemi gini...
Usaha agak mandek. (Bukan karyawan tetap).

Mending wear os apa non os ya???
Yg pasti wear os siap2 nge charge minimal 2 hari sekali.

Kelebihan masing2 udah saya pelajari sih.
Yg jadi perhitungan adalah :
1. Kemudahan ganti strap.
2. Banyak watchface. (Wear os disini menang banget).
3. Daya tahan baaterai (non os disini menang banget).
4. Harga tidak lebih dari 2jt rupiah ($130-140). Ngandelin sisa2 saldo di paypal (terlalu terbuka gak sih..) 😁😁.
5. Karena nyonya sudah setuju buat saya beli smartwatch.... (Ini inti nya). Hasil lobby berhari2....

Kekurangan masing2, belom ada sih kyk nya. Selain ngecharge lbh sering d wear os watches.

Ayo, para pengguna amazfit t-rex dan ticwatch s2. Mana suara nyaaaa.... kekurangan dari kedua watch d atas apa ya?

andy rianton

Alternatif lain honor magic 2 46mm. Secara spek mirip dengan huawei gt2, hanya beda model saja. Saya pakai GT2 sangat puas. Sebelumnya pakai amazfit pace setahun, lalu ganti GTR, yg ini mengecewakan, hanya menang layar amoled dan batere, fitur masih lebih ok pace, hanya pakai beberapa bulan lalu ganti GT2. Memang GT2 WF nya terbatas, gak seperti amazfit yg ada alternatif WF nya

Ryan Artiandy Herianto

to Milis Android Indonesia
Drpd Amazfit, mending ke Huawei Watch Fit. Dari smooth UI (SoC) bagus di Fit, fitur juga lebih bagus.

Husain Nurisman

saya pake garmin 225 bisa konect hp kok untuk langkah dll

Sent from my Ipad

Thommy Auguzth

pribadi demen non wear os
karena umumnya hemat battery
dulu pakai pebble, zeblaze, sekarang miband aja
nyoba galaxy watch cuma pakai 2 bulan, krena byk fitur ga kepakai,
nyari yang bisa dipakai terus2an kayak gelang, bisa dipakai mandi
dan fitur yang kepake alarm bangun

Regards
Thommy Auguzth

Abdul Hadi G

to Android Forum
Saya pribadi sampai sekarang malah hanya pakai huawei honor band 3 yg non os, om. Tujuannya cuma bisa tau langkah per hari, aktifitas berenang, bisa cek detak jantung... tapi batere harus awet (stamina batere jam ini bisa bertahan kira2 sampai 2 minggu). Sempat coba menyalakan notif2 seperti wa dll di jam ini tapi kok malah sy merasa terganggu karena puluhan msg wa grup masuk setiap hari (mungkin memang sy nggak bisa setting supaya cuma wa japri aja yg dinotif di jam ini).

Karena sy jg nggak betah pakai jam waktu tidur, jadinya ya fungsinya cuma itu aja (padahal kalau jam ini mau dipakai 24jam dan di-paring sama aplikasi huawei health di hp, kyknya bisa cek/analisa kwalitas tidur dll).

Wear os atau non os? Kalau tujuannya sama seperti yg sebutkan di atas, menurut sy pribadi non os cukup (cmiiw).

Martin Sutanto

Saya pribadi sudah memakai galaxy gear fit 1 sekitar 1,5thn dan akhirnya ganti galaxy gear S3 Classic sejak perdana launching sekitar 3 tahun lalu hingga seminggu lalu saya mulai memakai huawei smartwatch GT2 Pro.

Saya memakai Hp samsung galaxy note 8-10+ tentunya nyaman dengan gear S3 Classic, dimana utk kebutuhan olahraga/gym hingga rutinitas langkah serta kualitas tidur terpantau dengan baik.
Semua notifikasi selalu nyala dan standby 24 JAM shg setiap hari saya harus charge gear S3 Classic.
Sayangnya sejak ganti hp dari note 8, yg awalnya dapat mengukur saturasi oksigen didalam darah(SPo) menjadi note9 dan akhirnya ke note 10+ saya sudah tidak dapat mengecek satutasi oksigen melalui HP ataupun Gear S3 Classic.
Sejak muncul pandemi COVID-19 saya pribadi sangat membutuhkan utk memantau satutasi oksigen didalam darah, akhirnya launching huawei smartwatch GT2 Pro langsung saya beli krn keatahan baterai dan ada saturasi oksigen nya.

Saya harus install huawei health, tidak dapat memakai samsung health di GT2 Pro.

Jadi dari ke 3 jam tangan yg pernah saya pakai semua nya berbasis OS baik samsung dgn Tyzen nya ataupun huawei dgn OS tersendiri.
Menurut saya lebih nyaman smartwatch dgn OS yang dapat synchronisasi dgn HP.
Walaupun akhirnya umur Battery nya cepat habis spt gear S3 Classic setiap hari hrs charge dan huawei Gt2 Pro seminggu sekali hrs charge.
Mungkin bila tanpa synchronisasi dgn hp maka daya tahan Battery akan lebih awet 2x lipat.

eji yues

oom martin, apakah menggunakan huawei health di note 10+ semuanya lancar.
rencana mau ambil gt2 pro, jadi ragu2 krn tdk menggunakan hp huawei. tks.

Sent from my iPad

andy rianton

Gak ada masalah huawei health di hp non huawei om

eji yues

makasih oom Andy infonya.

pocoX3

Martin Sutanto

Ngak masalah om eji, semua berjalan lancar.
Mungkin kelemahan nya di watchface tdk sebanyak galaxy gear S3 Classic.
Walaupun kemarin sdh ada Update tambahan watchface utk GT2 Pro.

Hal yg saya suka di gear adalah always On screen display(sedikit redup dan background berubah gelap/hitam)
termasuk di huawei Gt2 Pro juga sudah tersedia, tetapi tdk redup cahaya background nya spt gear S3 Classic.

Saat ini masih coba dgn semua notifikasi aktif, GT2 Pro bisa tahan brp lama?
Karena minggu pertama saya pakai battery tinggal sekitar 19% bisa tahan 7 hari akhirnya saya charge.
Minggu ini saya akan coba pakai hingga battery habis baru charge utk melihat tahan brp hari?

eji yues

makasih oom martin, akhirnya sore ini berani ambil gt2 pro. bagus.

Sent from my iPad

Elvin Gunawan

Om GT2 Pro apa kah bisa buat Spotify dan browsing spt di Gear S3?
Sy suka Gear S3 krn aplikasi bnyk spt HP.
Thanks.

Anda menerima pesan ini karena berlangganan topik dalam grup "[id-android] Indonesian Android Community" di Google Grup.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAOMDz9gZnuNg3woBt7d1Nrvpc_JOX4F14bSevS%2BubVa1vt4RFg%40mail.gmail.com.

Yohanes Setiawan

Om Martin, huawei gt2 pro apakah bisa disetting hanya notif wa japri yang bisa masuk?
dan ketika ada notif wa call apakah keluar nama kontaknya di gt2 pro nya?

Peter J.

Idem nih. Amazfit Pace saya sudah 3 thn lebih pemakaian nya, buat casual daily, run dan ride. Batere masih bisa max 7 hari, tiap pagi gps on sport. Puas 👍

andy rianton

Pace bisa 7hr? Ini tanpa sync terus dengan hp kah? Dulu pake, kondisi sync ke hp terus, maksimal cuma 3hr dr awal beli

Peter J.

Skrg hanya synch pasca aktivitas sport aja pak Andy. Sisa nya buat jam aja.
Dulu awal nyoba full synch hp cuman 2 harian masih sisa separo lebih (lupa). Emang niat buat fungsi sport nya aja, di awal mulai serius race lari, strava nya.

andy rianton

Oh pantas bisa bertahan seminggu. Ia biasanya full sync bertahan 2-3 hari saja itu pace.

Didit FA

to Milis ID-Android
keren om.., masih bisa berhari-hari setelah 3 tahun.
awalnya dulu punya saya juga begitu, batere awet.
tapi karena dulu keseringan kena air (mandi, berenang, dll) daya tahan batere merosot drastis.
sekarang maksimal 1 hari aja. kondisi AOD, notif on, HR on.
udah gak pernah lagi diajak main air. heheee...

.

Peter J.

Ya pak Didit, mesti nya jangan dipake berenang, cukup basah splash aja.
Punya teman rusak amazfit pace nya dipake bbrp kali renang.

Didit FA

to Milis ID-Android
padahal claimnya kan 'water resistant'.
di forum luar juga banyak yg kecele...

.

mave

mungkin bisa di bedakan dulu water resistant dan waterproof

Martin Sutanto

Utk Spotify di Gt2Pro maupun S3 Classic saya blm pernah coba termasuk utk. Kebutuhan browsing om elvin.

Utk setel musik di smartwatch menurutku lebih bagus suara di GT2 Pro.

Martin Sutanto

Utk setting khusus notif wa japri tidak bisa om yohanes,
Sedangkan bila ada wa call di Gt2Pro tidak muncul nama kontak.(mungkin krn setting Gt2Pro silent).
Hanya bisa melihat di notif ada misscall

Yohanes Setiawan

o... berarti sama kaya pace saya
cuma anehnya klo saya pairing sama iphone, bisa setting yg masuk wa pri saja
sedangkan wa grup tidak keluar
terima kasih infonya om martin

Yohanes Setiawan

setau saya pace gak bisa buat berenang om
cmiiw

Elvin Gunawan

Kalo di S3, ada Spotify yg pre installed. Bisa sbg remote atau standalone. Tapi akun hrs premium. Sy cukup sering pakai utk jogging

casio dari dulu juga klaimnya cuma water resistant
mungkin benchmarknya dari sini

Pak Yohanes,

Ikut nimbrung ya. Saya tidak pernah memakai Huawei GT2 Pro. Kalau di
Huawei Watch Fit:
* Tidak bisa diatur hanya notif WA Japri yang masuk.
* Tak ada notif saat ada WA Call.

Sekarang saya memakai Realme Watch S. Di jam tangan pintar ini, kala ada
WA call masuk, jam tangan bergetar satu kali lalu memunculkan nama/nomor
penelepon. Buat saya yang sehari-hari naik motor, fitur itu sangat
bermanfaat.

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid

> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Yohanes Setiawan

Terima kasih untuk informasinya pak Herry