WTA: Transaksi NFC dan QR code

Danny Mamesah

to id-an...@googlegroups.com
Selamat pagi,
Mau tanya untuk kondisi sekarang, hp yg ada NFC selain untuk cek saldo dan isi ulang, transaksi apa yg masih bisa lewat NFC? Sejauh pengamatan saya sekarang lebih banyak yg memakai QR code bukan lagi NFC, contohnya Linkaja(dulu tcash), sdh jarang atau tdk ada outlet yg meminta sticker NFC linkaja kebanyakan pake QR, apakah memang NFC utk transaksi sdh mulai ditinggalkan? Untuk transaksi transportasi(krl, transjakarta, mrt) setau saya masih harus pakai kartu fisik bukan NFC dari HP.

djody

to id-an...@googlegroups.com
Mau info aja
kedepan semua memakai standard QRis
--
===========
Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL

----------------------
Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

Noviadi "adhie" Sudarta

to id-an...@googlegroups.com
Apatu om QRis....?

djody

to id-an...@googlegroups.com
Implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, guna memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). ... Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.Aug 21, 2019

Arianto C Nugroho

to id-an...@googlegroups.com
kedepannya memang QR code akan lebih banyak digunakan ... karena buat end-user low investment bgt ..

Indonesia sendiri udah punya standard pembayaran QR : QRIS,

On Sat, Oct 26, 2019 at 4:07 AM Danny Mamesah <nyo2dro...@gmail.com> wrote:
[...]

Best Regards
Arianto C Nugroho
skype-id : nugroho.arianto

Eko Prasetiyo

to id-android
Lantas pembayaran dgn kartu tap gmn? Seperti KRL & busway?

Danny Mamesah

to id-an...@googlegroups.com
Kalau ngga salah pernah baca artikel nantinya ada QR juga untuk transportasi(krl, busway dsb) dan sdh diuji coba menteri bumn waktu itu.
Cmiiw

Eko Prasetiyo

to id-android
Jd qr nya di kartu atau di ponsel?

Danny Mamesah

to id-an...@googlegroups.com
Setau saya QR kan bukan  di kartu atau ponsel tapi di gatenya(kalau di krl, busway dsb),  kalau di merchant  ada  QR di dekat kasir ponsel tinggal scan dengan kamera  seperti yg umum ada di merchant2 yg menerima pembayaran dg e-wallet(linkaja, ovo, gopay), tapi yg memvedakan nantinya 1 QR bisa untuk semua e-wallet.
Cmiiw.

Eko Prasetiyo

to id-android
DANA qr nya di aplikasi & scanner di merchant.
Maksud saya, kalau pakai kartu nfc kan kartu di tap.
Kalau pakai qr apakah kartunya di cetak dgn kode qr lalu kartu ini di scan di gate krl/transjakarta.

Arianto C Nugroho

to id-an...@googlegroups.com

adioranye

to id-an...@googlegroups.com
Mungkin besok juga ada teknologi pembayaran dengan menggunakan bluetooth layaknya yang dipakai cashbac. Tapi saya sendiri sangat setuju dengan penyetaraan penggunaan QR code, agar kita bisa nyaman dengan pembayaran yang bisa kita sering gunakan.

Arianto C Nugroho

to id-an...@googlegroups.com
pakai bluetooth malah kemunduran om .. karena untuk bluetooth perlu pairing dulu sebelum bisa tukeran data ..

kenapa pakai QR, karena untuk pakai QR hanya butuh kamera dan barcode scanner ..

Eko Prasetiyo

to id-android
Setau saya bluetooth di aplikasi cashbac cuma dipakai utk penentuan lokasi  bayar ttp pke qr di cashbac

Taufan Siswadi

to id-an...@googlegroups.com
Commuterline udah bisa tap pake LinkAja

SOL

bagus™

to ID-Android
sudah ada gate buat test di stasiun krl

image.png

--
for greater good...

adioranye

to id-an...@googlegroups.com
Wah mantab sekali kalau begitu

Danny Mamesah

to id-an...@googlegroups.com
Sekedar menambahkan, tadi karena penasaran tanya lewat twitter commuter line dan infonya sdh bisa di seluruh stasiun tapi dalam tahap uji coba.

IMG_20191028_180436.jpg

imam maulidin

to [id-android] Indonesian Android Community
Trus tap kartu bakal dihilangkan ga? Soalnya kalau pake QR code kan bisa aja pas mau bayar batre abis atau sinyal jelek. Kalau pake kartu kan ga ada potensi kedua hal itu.

Apalagi kalau buat tol ini rawan banget kalau opsi pembayaran cuma QR code.. Kalau ada yg gagal bayar bakal macet parah.. Bakalan pada ga mau pinjemin hape buat bayarin mobil depannya..Keluar mobil? Males beut.. Kalau QR opsi tambahan selain kartu sih ga masalah ya

Secara kecepatan transaksi juga kartu jauh lebih cepat dr QR code.. Print out QR code harus diganti secara berkala biar ga gagal baca.. Ga kebayang lamanya antrian mau masuk busway padahal busnya dah keliatan mo nyampe.. Ngantri bayar di resto pake QR aja dah mayan berasa ;(

Eko Prasetiyo

to id-android
Kode qr akan dicetak di kartu jd yg di scan kartu yg ada kode qr nya. Pembayaran jumlah kecil akan dilakukan tanpa pin. Jd kurang lebih akan mirip seperti tap kartu nfc yg ga pake pin.

Metode ini mirip aplikasi DANA

Aplikasi DANA kan kode qr di hape yg discan ke mesin, bukan qr mcm gojek/cashbac yg aplikasi hrs scan kode dari edc.

--
===========
Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL

----------------------
Kontak Admin, Twitter  @agushamonangan
FB Groups     :  https://www.facebook.com/groups/android.or.id

Aturan Umum  ID-ANDROID >> goo.gl/mL1mBT

adioranye

to id-an...@googlegroups.com
Nah ini menurut saya masuk akal, namun harus juga diperhatikan jika QR code seperti ini harus dengan enkripsi tertentu, tidak seperti aplikasi ovo saat dulu, yang QR code nya jika dipindai hanya menunjukkan no hp ybs. Nah ini ada kelemahannya, karena bisa jadi orang request untuk dibayari transaksinya tanpa sadar dengan menggunakan pola social engineering.

Arif Budiman

to id-android
Iya ya. Kalau QRnya isinya cuma nomor fisik/HP....gampang sekali duplikasi pakai QR code maker.