WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Andrew Wihono

Hi rekan-rekan milis,

karena saya tidak dapat mendapatkan jawaban yang jelas ketika browsing di internet maka saya mencoba mencari kejelasan di forum ini.

Kasus nya adalah ada expatriate di kantor saya yang hendak datang ke Indonesia.
Apabila dia membawa handphone iphone dia dari luar negeri,
apakah handphone tersebut akan bisa di pakai di Indonesia?
karena handphone nya akan kita isi dengan nomor provider indonesia utk pemakaian komunikasi dia sehari-hari besok.

untuk skenario apabila handphone nya ini baru gress, apa dia harus melapor dan membayar pajak dahulu?
untuk skenario apabila handphone nya ini bekas, apa dia bisa tetap menggunakan handphone tersebut?

terima kasih.

Setiadi

IMHO.

Sependek pengetahuan saya. expat atau turis tetap mendaftar IMEI lewat bea cukai di bandara. Agar bisa digunaka.
Lalu jika, bawa ponsel senilai berapa gitu, tetap bayar pajak/cukai.

CMIIW.

Didit FA

to Milis ID-Android
ijin ikut menyimak.

(kok aneh ya.. masa harus bayar "pajak" utk barang yg sudah sehari2 dia pakai selama ini -sebelum ke Indonesia-)

.

uam

Hi, kebetulan akhir tahun lalu saya ada case serupa, mungkin bisa jadi referensi.

Client saya datang dari luar untuk bekerja selama 3 bulan di Jakarta, saat di bandara kita langsung lapor dengan membawa copy kontrak kerja dan izin tinggal sementara. IMEI nya didaftarkan dan dicatat oleh petugas dibandara dan hanya boleh max 2 unit per orang (1 unit iPhone dan 1 unit iPad, jadi kalau punya device lebih tidak diperkenankan), tapi tidak membayar cukai dan biaya apapun, dan ada form konfirmasi yang kita terima dari proses daftar ini.

Kedua device bisa digunakan normal, roaming dengan Telkomsel. Tapi kendalanya, setelah 3 hari baik iPhone dan iPad nya tidak bisa menerima sinyal lagi. Kebetulan kita coba aktifkan kartu Simpati untuk digunakan sementara. Lalu test balik dengan SIM asli, tetap tidak bisa roaming, asumsi belum didaftar di database.

Sudah beberapa kali menghubungi pihak Telkomsel tapi belum ada jawaban dan solusi yang diterima. Agak malu sih ke si client dengan kondisi ini, tapi emang sama sekali ga terselesaikan sampai sekarang. Sementara kita kasih solusi beli Mifi untuk koneksi sementara.

Kacaw banget deh program/aturan IMEI ini.

salam,

-uam-

Arianto C Nugroho

Jadi roaming pakai nomor asli si client juga gak bisa? Setelah 3 hari device nya gak bisa digunakan sama sekali? Kalau coba pilih operator lain untuk koneksi bagaimana?

Alamat runyam nih mudik ntar :(

Teguh Aditya

Bagi pengalamanan di kantor saya...

Daripada ribet urus ke operator, kemeninfo, kemenperin, cukai, di ping pong sana sini habis waktu, paling simple memang beli device baru lagi sini.

Teguh

uam

Dicoba masukin SIM aslinya, masuk pilihan roaming, lalu pilih Telkomsel setelahnya No Signal
Cobain kartu lain Halo, XL, Indosat semuanya juga No Signal —

Yang paling bikin kesel adalah, udah coba hubungi sana-sini termasuk Operator, Dirjen BC, ga ada yang tampung permasalah dan ga ada solusi sama sekali.

--
salam,

-uam-

Prayudi Aji Murtolo

to Id Android
Karena database IMEI nya bukan di mereka om

Gambaran umumnya begini, Pak:

1. Ekspat tersebut akan di Indonesia berapa lama? Jika tidak lebih dari
30 hari, saat mendarat di Indonesia dia bisa mendaftar di bandara. Jadi,
ponsel yang dibawanya dapat dipakai dengan kartu lokal Indonesia. Tak
perlu bayar bea masuk atau pajak.

2. Detail langkah-langkahnya (harus bawa bukti apa saja, menemui siapa,
dll) terus terang belum saya ketahui.

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid
>
> ----------------------
> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

> Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community" dari Google Grup.

Didit FA

to Milis ID-Android
kalau misalnya yg bersangkutan.. ingin roaming saja, tanpa ganti ke kartu lokal, apakah bisa om HSW?
operator lokal.. tetap bisa memberikan akses 4G ke kartu luar & hp nya?
dan apakah tetap harus mendaftar di bandara juga..?

kalau misalnya terlewat utk melakukan pendaftaran di bandara, ada cara lain yg memang resmi sesuai prosedur..?
diharapkan sih.. pendaftaran secara online aja.

.

Arianto C Nugroho

yg menjadi pertanyaan juga, di bandara informasi seperti ini jelas gak ?

kenapa batasannya 30 hari ? apakah memang batas tinggal turis dalam 1 waktu cuman 30 hari ? bukannya 90 hari ?

Best Regards
Arianto C Nugroho

Ronny Fredila

to Id android Id android
Jangankan expatriat, yang jelas jelas resmi saja banyak yang tidak dapat sinyal.

Pengalaman seminggu ini, salah satu tenant saya (Eraf*ne) beberapa kali gagal jual barang gara gara saat dimasukkan kartu sim selain telkomsel, Sama sekali tidak dapat sinyal. Pas dimasukkan sim telkomsel milik staf, bisa dapat sinyal, tapi xl tri axis dll punya customer, blank. Ini terutama berlaku untuk type type gadget terbaru seperti Samsung A21s keatas.
Akhirnya customer diarahkan untuk beli type yang lebih tua seperti A50s dll. Eh ternyata bisa mendapatkan semua sinyal operator.

Inti nya, hati hati beli gadget type terbaru dalam beberapa waktu ini karena dikhawatirkan imei nya belum terdaftar karena kapasitas ceir yang penuh. Yang resmi saja bisa bermasalah, apalagi yang dibawa dari luar negeri.

Didit FA

to Milis ID-Android
jadi kalau beli hp baru.., langsung unboxing di toko.
cek masukkan kartu yg existing..?
kalau gak dapat sinyal.., gak jadi beli?

heheee...

.

Ronny Fredila

to Id android Id android
Betul sekali. Ini ada 2 biji Galaxy A21s yang ditukar ditempat dengan A50s, karena memang bisa ditukar dengan syarat masih dalam waktu 24 jam.

A21s nya langsung di retur ke Samsung nya

Arianto C Nugroho

Padahal dulu kalau udah di unboxing gak boleh batal ya..

Andrew Wihono

Hi rekan rekan semua,
Iya kebetulan expat nya ini akan di Indonesia lama.
Kontrak kerja 2 tahun.
Menggantikan posisi seorang expat lain yg memang tidak bisa kembali ke Indonesia karena dia ada diabetes dan resiko covid 19 tinggi.
Sehingga pihak afiliasi kita menolak melepaskan orang lama ini kembali ke indonesia.

Nah ini berarti alamat si HP expat baru blank sinyal ya haha
Bakal butuh dana utk beliin dia hape donk?

Yang bikin konyol lagi, ada expat lain mau nitip hape iphone 12 ketika si expat ini transit di Singapura minggu ini.
Saya sudah warning ke dia, tidak bisa.
Tapi entahlah kalau nekad.
Siapa tau nanti minggu minggu depan saya post WTS iphone 12 tanpa sinyal😆

wah udah mendekati hape sejuta umat dulu nih baru blokirnya dibuka lagi hehehe
whitelist IMEInya berdasarkan block IMEI dari produsen. padahal IMEInya belum tentu diproduksi

runyam karena sebenarnya semua sedang hitung mundur. 2 tahun lagi, waktunya pada ganti hape baru, pasti akan ada masalah serupa dan nampaknya lebih masif.

Irfan Kusnanto

Dikarenakan betapa ribetnya dan unreliable-nya sistem CEIR kita, solusi paling simpel dengan mendaftar google voice dari negara asal expat sebelum tiba di indonesia mungkin ya?

Arianto C Nugroho

google voice belum ada di banyak negara .. terus jadinya cuman bisa dihubungi kalau ada koneksi wifi ?

Made Swasthika

dibudgetkan saja pak untuk expat ganti hp pak. tempat saya akhirnya pilih langkah ini.

--
Made Swasthika

Arianto C Nugroho

Kalau baca pengalaman dari rekan rekan yg lain, ganti hp juga sepertinya tidak menjamin bisa nyala kan? Kecuali mau dibeliin hp rada jadul..

Hendry Aripin

sama aja resikonya.. kali aja imeinya dipake buat suntik...

Melihat karut marutnya implementasi di lapangan, lebih baik dianggap
tidak bisa, Pak.

Menyiapkan ponsel bergaransi resmi untuk ekspatriat sepertinya solusi
lebih bijak. Minimal kalau sampai nggak dapat sinyal, tinggal komplain
ke prinsipal.

Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> wrote:

> yg menjadi pertanyaan juga, di bandara informasi seperti ini jelas gak ?

Sejak pandemi saya belum ke bandara lagi nih.

> kenapa batasannya 30 hari ? apakah memang batas tinggal turis dalam 1 waktu
> cuman 30 hari ? bukannya 90 hari ?

Mungkin disamakan dengan durasi bebas visa masuk ke Indonesia, Pak. Itu
kan 30 hari.

Biasanya baru boleh unboxing setelah lunas, Pak.

Jadi, mungkin bikin perjanjian di depan: setelah bayar, jika saat
unboxing tak dapat sinyal, maka transaksi dibatalkan.

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid
>
> ----------------------
> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Tukar tambah atau tukar guling, Pak? SOL.

Arianto C Nugroho

Komplain ke prinsipal kayanya juga gak akan solve, wong mereka gak bisa melakukan apa2..

Toni Stiawan

Sedikit share.

Kemarin ada bocah tiba dari
JP dgn membawa ip11 dr JP.
Itu ip11 dimasukin semua kartu
operator ID bablas tanpa di block.

sdgkan android dari JP lgsg keblock setelah keluar bandara.
kebetulan bocah2 ini ngikutin
pejabat yg whitelist di bandara.

bagaimana cara membuka blokir
setelah melewati beacukai ?

silahkan register perangkat ke situ.
isikan manivest terbang dgn benar.
tunggu validasi 2 jam. jika dianggap valid maka perangkat akan
di whitelist.

semoga bermanfaat.

On Tue, Jan 12, 2021, 1:18 PM Andrew Wihono <andrew...@gmail.com> wrote:
[...]

Arif Rachman

to ID Android
Lha... Padahal baru mau titip gadget dari Australia

Arianto C Nugroho

Barusan iseng cek IMEI hp saya yg dual sim (terakhir ke Indonesia pakai hp ini).. Yg slot 1di isi nomor Belanda, yg slot 2 di isi nomor tsel..

Yg imei1 dibilang tidak terdaftar, yg imei2 dibilang tidak valid..

Alamat runyam pas mudik nanti..

Ronny Fredila

Bambang

to Android Milis
Masih menyambung soal blokir IMEI.

Jadi kalau saya dapat HP dari luar (yang memang tidak ada di Indonesia, misal LG),
bagaimana prosedur nya?

Ngeri ngeri sedap juga kalau sudah ikut prosedur, sudah bayar kewajiban nya...
eeee...tetap tidak bisa dipakai.

Bambang

On Tue, Jan 12, 2021, 13:18 Andrew Wihono <andrew...@gmail.com> wrote:
[...]

Setidaknya masih bisa berharap prinsipal memberikan solusi, Pak.

Ada kenalan saya yang baru menerima Redmi Note 8 Pro dari pusat
perbaikan resmi. Ponsel itu usai ganti mesin. Ternyata, nggak bisa dapat
sinyal gara-gara nomor IMEI-nya dianggap tak terdaftar.

Ketika komplain ke Xiaomi, diberikan solusi tuntas: ganti unit ke Redmi
Note 9 Pro baru dan bergaransi resmi.

> Ayo Subscribe >> Channel YouTube
> https://www.youtube.com/user/komunitasandroid
>
> ----------------------
> Kontak Admin:
> IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Andrew Wihono

Kenapa masalah imei ini jadi semakin rumit ya.
Saya kira akan aman dengan hape tipe lama, dan atau dengan hape bekas.
Ternyata kasusnya tidak semudah itu dan semakin kacau.
Kalau saya punya redmi note 8 pro dan di tukarkan redmi note 9 pro sepertinya akan sangat kecewa.
Redmi note 9 pro terlalu besar hapenya, dan menurut pemakaian notmal saya performa beda sedikit saja.
Yang bikin ga betah di redmi note 9 pro, bikin tangan pegal dan telapak tangan saya kram.

Ngomong-ngomong kembali ke expat, kedatangan nya besok nih, saya sudah sediakan 1 mifi, kok sepertinya menurut firasat saya hape dia tidak akan dapat sinyal kecuali dia pakai kartu simcard asli negara dia.

Arianto C Nugroho

Update pengalaman expat nya ya pak..

Abdul Hadi G

to Android Forum
Sebenarnya nggak solusi jg kan om, karena walau bisa internet pakai wi-fi tapi tetap nggak bisa telp.
Menurut saya solusi gampangnya sediakan aja hape yg sudah terpasang kartu sim operator indonesia utk dipinjamkan selama mereka di sini. Jadi mereka tetap pakai hape nya untuk internet, tapi gampang dihubungi jg memakai hape kantor. Hapenya tidak harus canggih2, feature phone yg bisa jadi hotspot dan bentuknya nggak malu2in utk dipinjamkan jg nggak apa2.

Oh ok. Terima kasih atas informasinya, Pak Ronny. SOL.

On Sat, 16 Jan 2021 15:19:46 +0700
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAK9LM2niG9gmaFsKrwWfOLPaRC%2BUNxYKbKrviQ6Vz2OgRTxyBg%40mail.gmail.com.

Fajar Edisya Putera

mungkin alasannya klasik, karena banyak data di hp. misalkan dia menggunakan iphone terus ke android.. sangat repot kalau pindah data apalagi kalau misalnya kayak wa, yang 1 simpan ke mana, 1 lagi beda. hotspot untuk akses jadi solusi, sementara telepon ya cuma bisa via wa call. sebenarnya kalau mau nakal, sebenarnya bisa saja tinggalin nomor hp disono, terus bikin system kayak voip menghubungkan jaringan gsm ke voip. cuma saya pernah coba ini, ya baterai hp jadi boros banget..

--
from iphone

Prayudi Aji Murtolo

to Id Android
Om Fajar

Bikin sistem kayak Voip seperti itu apakah rumit?

Eh
Sebentar sebentar
Salah kita apa sih kok jadi rumit?

Fajar Edisya Putera

rumit itu worth dengan kepentingannya. berhubung saya suka ngoprek, saya rela coba ini itu agar bisa mendapatkan akses voip dan sms ke hp saya sewaktu saya di luar negeri. saya kan nggak mau kehilangan notifikasi sms perbankan ataupun telepon dari bank karena penyalahgunaan kartu kredit selama saya diluar negeri. cuma biaya rumit itu worth dibandingkan harus roaming-roaming.

--
from iphone

Hendry Aripin

kalau pengalaman saya masukin hp sendiri, yg penting di commercial invoice tercantum imei selengkap2nya... dan nnt pada saat posisi brg sdh masuk ke indonesia, lsg cek ke kurir dan minta informasi persamaan imei antara yg kita punya dgn yg di dokumen kiriman

saya sendiri sdh impor 5 gadget so far aman2 aja.

untuk kurir sendiri saya pakai dhl dan fedex.

Bambang

to Android Milis
Om Hendry.

Saya bukan pedagang.
Beli HP dari luar juga tergantung apakah ada yang bawa atau ndak.
Jadi tidak pernah impor.

Terakhir dapat LG V40 di 2019 dan aman sampai sekarang.

Masih kepingin dapat LG V50...
Cuma ngeri kena IMEI nya lalu tidak bisa diputihkan (walau bayar pajak dll sesuai prosedur).

Terima kasih.

Bambang

Hendry Aripin

o yah kmrn sempet ngobrol ama tmn kk yg kerja di bea cukai kata dia cb aja bawa ke bandara, yv penting ada invoicenya nnt ditagih dr situ..

Bambang

to Android Milis
Om Hendry

Terima kasih untuk informasinya.

Bambang

Andrew Wihono

Update nih, expatriate saya gagal terbang ke Indonesia .
Karena katanya ada larangan masuk bagi WNA ke Indonesia.
Jadi di undur lagi

Tino Frappucino

temen saya baru aja masuk indo dari australia, iphone dia didaftarin
imeinya aja, trus aktifin kartu indo, eh nyala, kata petugasnya udah
aja pak kalo nyala sih..

Best regards,

Christinno Su - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhotoId
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAAhyg%2Bw1CX6F3-Y9gOxtC6go%3DmoBtE6%3De_HWZBxM4J6hf%3Db8qQ%40mail.gmail.com.

yosep mys

Andrew Wihono

Program nya kan mendatangkan keuntungan negara dan pihak lokal menjual handphone ya
Cmiiw.

Negara dapat banyak pemasukan dari pajak dan cukai.

Bisnis lokal jadi meningkat, karena mau ga mau harus beli handphone lokal ya

produsen lokal tinggal tunggu waktu karena sisa slot IMEInya makin lama menipis
apalagi kalo produsennya pada submit IMEI berdasarkan alokasi yang dia dapat, bukan berdasarkan produksi

Abdul Hadi G

to Android Forum
Yg sy nggak ngerti, bukannya langkah harus daftar IMEI ini malah menghambat turis yg berkunjung ke Indonesia...? Sampai di bandara, harus registrasi IMEI lagi dll dll.

Salam.
Hadi G.

Fajar Edisya Putera

sekarang kan belum dipikirkan serius nanti kalau turis asing gimana, karena covid-19. nanti kalau sudah 16 juta turis asing seperti 2019, baru kelihatan dampak imei blokir nya

--
from iphone

Nova Andriana

Hi rekan semuanya.

Nah bagaimana kalau seperti saya yah, sekarang saya udah di stay di malay selama 5 taun, kerja dan Istria orang sini. Kadang suka pulang ke Bandung, selama pandemi ini sudah 1 taun saya tidak pulang ke indonesia. Saya menggunakan HH yang di beli disni, apakah saya akan bisa memakai hh saya di Indonesia dengan menggunakan nomer XL saya??. Kalau saya coba yang hh pertama pakai oneplus dulu sering pulang ke indonesia dan tidak ada masalah dan skrg saya menggunakan samsung saya coba masukan kartu XL saya dan ada sinyal tp roaming. Apakah hh saya masih  bisa di Gunakan kalau saya pulang ke Indonesia??

Terima kasih

Salam

Berikut saya lampirkan ss dr kartu xl saya di sim 2.
Screenshot_20210207-121607_Call settings.jpg

Baru bisa terjawab ketika Pak Nova datang lagi ke Indonesia.

Kondisi nomor XL masih bisa dapat sinyal, tapi roaming, tak bisa
dijadika patokan. Sebab, saat di Malaysia, nomor XL itu kan terhubung ke
jaringan mitra roaming XL. Bukan ke jaringan XL.

On Sat, 6 Feb 2021 20:26:21 -0800 (PST)
Nova Andriana <nova...@gmail.com> wrote:

> [...]
>
> Salam
>
> Berikut saya lampirkan ss dr kartu xl saya di sim 2.
> [image: Screenshot_20210207-121607_Call settings.jpg]

Andrew Wihono

Hi rekan-rekan semua,
Berbagi informasi saja
Expat saya akhir february 2021 mendarat di jakarta dan karantina 5 hari.
Lalu lanjut ke kota tujuan dia bekerja, singkat cerita hp nya dia Galaxy M21 tidak ada sinyal beneran.
Lalu kita ke kantor bea cukai, di minta bayar sekitar 850rb an, id-billing pajak gt, 1 hari sinyal nyala setelah nya.

FYI, kalau waktu mendarat di indonesia, langsung lapor di beacukai di bandara, utk hp di bawah us$500 bisa free tidak kena pajak.
Di expat saya kasusnya dia tidak lapor waktu mendarat di Indonesia, dan lapor ke beacukai hampir 2 minggu setelah nya jadi tidak bisa dpt free nya ini.
Padahal secara logika , ketika mendarat di bandara Soekarno hatta dia langsung di bawa ke tempat karantina dan PCR test.
Jadi ini sangat tidak jelas aturan nya bea cukai dengan aturan protokol kesehatan yg ada.
Saling tumpang tindih.

Arianto C Nugroho

tidak ada sinyal sekalipun pakai kartu asli dia ? atau hanya ketika pakai kartu operator lokal ?

Best Regards
Arianto C Nugroho

Nova Andriana

Nah ini, aturan ID pajak nya dari mana yah? Saya suka heran dengan permainan orang Bea cukai yg suka mematok pajakya.

Anda menerima pesan ini karena berlangganan topik dalam grup "[id-android] Indonesian Android Community" di Google Grup.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAAhyg%2BxMk4tX9ymcrJ9WSMY_ySAiQ3NCA8gQb3LxDPFry2fjFQ%40mail.gmail.com.

Andrew Wihono

Tidak ada semua,
Kartu asli nya ga roaming pak, jadi ga ada sinyal juga

Arianto C Nugroho

maksudnya kartu aslinya memang tidak set untuk bisa roaming ?

atau hanya di Indonesia saja tidak bisa roaming ?

Andrew Wihono

Sepertinya emang tidak di set roaming pak

Arianto C Nugroho

dapat dari timeline facebook ... gak tau cuman bisa buat wni atau turis juga ..

Imei_1.jpg
Imei_2.jpg
Imei_3.jpg