Poll: Prefer Head Unit Android vs Head Unit Branded

Riko. A

to Gadget2, Indonesian Android Community [id-android]
Selamat pagi rekans..

Mohon bantuannya. Ceritanya lagi bingung mau ambil yg mana untuk menggantikan audio mobil yg sudah uzur (termasuk mobil nya) 😅 minimal biar kelihatan sedikit modern.

Bisa bantu klik polling juga disini sebagai bahan pertimbangan saya.

Informasi Plus minus yg saya dapat sementara ini (secara garis besar)

1. Suara : Branded
2. Fitur : android
3. User experience : android

Sekalian pilihan paket speakernya, bisa bantu vote disini.

https://pollbagel.com/polls/9123?t=35798663UIW

Jujur saja, saya, Seumur2 tidak pernah mengganti audio mobil.

Diskusi disini juga dipersilahkan..

------
Riko. A
ZalogiTV

Heru Sulistiadhi

to gadt...@googlegroups.com, Indonesian Android Community [id-android]
Kalau pengalaman saya di mobil sebelumnya pakai HU Android, trus di mobil skrg pakai HU bawaan yg bisa android auto/apple carplay :

1. Lebih simple yg HU pakai android auto/apple carplay dibandingin HU Android karena gak perlu repot nyalain tethering dan update aplikasi di HU.  Tinggal colok kabel beres.
2. Lebih reponsif kalau search maps dan spotify di android auto dibandingin HU android
3. Kelemahan HU android auto gak bisa langsung nonton youtube/netflix dll. Kayaknya harus install aplikasi lain.  Sementara kalau HU android bisa nonton youtube/netflix dll.
4. Suara, jelas lebih bagus kalau pakai HU branded (Kenwood/Pioneer/Sony) dg Android auto dibandingin HU Android.

Mungkin ada yg mau nambahin.

Best

--
Hi All, karena Yahoogroups sudah berganti pemilik dan aturannya berubah, kita coba pindah ke Googlegroups ya. Please Beritahu juga rekan lain.
---

mave

to id-an...@googlegroups.com, gadt...@googlegroups.com
beli yg sesuai penggunaan itu udah pasti sesuai..gak repot..segala fungsi lebih mudah langkah2 nya

tambah lagi durability..penggunaan kan di dalam mobil kondisi mobil parkir kena panas efek oven dalam mobil dan parkir adem jg kelembaban pengaruh..beda ketahanan nya android yg di jadiin hu dan hu yg android

klo hu android update firmware dan android ver nya pasti slow bgt bahkan ketinggalan krn yg di cari ada lah stabilitas biasanya klo ud di lepas ke pasar aplikasi2 nya udah stabil jd gk perlu update jg

gimana pun sy lebih rekomen hu android sih

cmiiw

Fajar Edisya Putera

saya setuju, saya beli android head unit, dengan harapan perlu cuma tethering, kenyataannya head unitnya lemot, padahal ram 2GB, quad core, lemot. akhirnya tetap pakai android auto/carplay, nggak kepakai fungsi android head unit nya

from iphone

Elvin Gunawan

Saya beli android HU 12.6inch  khusus buat bmw 520 dgn spek mem 8gb ram 128gb quad core. Masih terasa lemot krn biasa pake z fold 12gb SD8+. Tapi udah lumayan dipakai spt tab beaar. Bisa cek email, cek kerjaan dll.
Malah tdk mboseni spt android auto Interface nya.

Riko. A

to Gadget2, Indonesian Android Community [id-android]
Nampaknya untuk audio di mobil, saya tahu diri aja deh ya. Tidak mengharapkan yg Gmn2. Hahaha.. Yg penting bisa menikmati musik di jalan. Kmrn Bandung - Bogor berasa garing mengandalkan radio dan repot nya pakai Bluetooth audio dari Ponsel ke HU bawaan mobil.

Paling utk Head Unit saya batasi maksimal 4-5jt. Speaker Set nya juga around 5jt.

Gambaran yg ada saat ini:
HEAD UNIT
Android
1. Nakamichi Elite Pro 6/128
2. Orca ADR-9988 Pro+ G2 4/64

Branded:
1. Pioneer DMH-A4450BT

Speaker Set
1. Pioneer (https://bit.ly/3rycemD

------
Riko. A
ZalogiTV

andy rianton

Dan 2gb kecil om. Saya pakai 6gb saja, belum selancar hp yg harga nya kurang lebih sama. Sama msih nyaman dipake, karena emang cuma dipake buat navigasi sama spotify aja, sama music offline di flashdisk. Karena Android, jd bisa instal music player yg sy sudah biasa uapp.

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Siyaap om.
Sementara ini sih saya masih berat ke HU Android. Paling PR nya ganti colsole tengah agar muat HU 10". Sudah ada sih produk aftermarket. Tinggal plug n play saja.

------
Riko. A
ZalogiTV

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Om Andy, saya tonton video youtube ini, ada post dgn 30 reply

Apakah om mengalami kendala yg sama?
1. Restart HU menyebabkan setingan DSP kereset
2. Dipakai perjalanan jauh (10-12jam) HU panas, restart terus. Tp saya pribadi sih paling lama nyetir 3 jam non stop 😅 3-4jam sih aman itu HU.
3. Sinyal GPS kurang baik. Antena GPS harus ditaruh agak tinggi, di pilar mobil misal.
4. Ga bisa pakai sim card. Ini sudah clear dgn kartu 3 ya. Tanpa perlu daftar IMEI ke BC. Ada yg lewat jasa toped. Ini ngakalin IMEI utk turis ya?

------
Riko. A
ZalogiTV

andy rianton

Restart/mati nyalakan hu gak reset dsp om. Kalau cabut aki rata2 hu reset emang. Klo jalan jauh sampai 10 jam gak prnah om. Sejauh ini masih aman dan prnah restart2. Gps dalam kota jg aman, posisi masih ditaruh dideket laci dashboard. Liat komen disitu kok ada yg bilang itu hu yg versi legend.

Riko. A

oh i see..

klo gt, minus versi om Andy apa ya..hehehe..

namanya barang buatan manusia, pasti tak luput dari minus. atau minimal yg dirasa kurang versi si om..

--

-----
Riko Ariananda

Anwar Thamrin

Cari aja HU android yang dah ada dsp built in. Dah banyak kok sekarang misal tomiko. Saya pribadi dah ga ngikutin lg perkembangan car audio secara dah males gonta ganti HU + speaker mobil oem secara bawaannya dah bagus. Kalo brasa kurang paling saya tambahin dsp aja buat naekin kualitas suara.

Kelebihan pake HU android ya banyak menawarkan fitur2 dibandingkan dengan HU non android. Kalo mau ngejer kualitas suara smp kapanpun akan upgrade trus. Kuping ga usah terlalu dimanjain berlebihan yang penting muterin spotify, yt music dah cukupan. Asal treble n bass serta vocal separasinya dah cukup oke imo dah hepi pisan.

--
Sent from my iPhone

andy rianton

Buat sy, audio nya. Sama dx7016 jadul aja suaranya masih bagus itu kenwood. Walau sisi prosesor sudah lengkap banget, dsp 8 channel dengan TA untuk 3 way plus sub. Karena dsp lg rusak, speaker 3 way tetep bisa dipake sementara. Rencananya mau coba pakai dongle dac, ntah apa HU nya bisa pakai dac external gak.
Responsive nya jg kurang. Ini kalau dibanding dengan HP ya, ntah android HU lainnya, belum pernah coba. Emang unit nya rada hangat kalau dipakai, walau sudah ada kipas (bisa di on off atau auto kipas nya di setting nya).
Baca SSD (enclosure asus rog arion, 1tb adata), rada lama baca nya.
terus voice command nya jg gak enak, lebih sering gak ngerti voice command nya, dengerin lagu, tau2 voice command nya active. Jadi akhirnya dimatikan sekalian.

andy rianton

Nakamichi sudah build in dsp 8 channel.

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Nah itu dia om.
Seperti yg sudah saya info di post sebelumnya. Klo mobil kekinian sih sudah ga perlu gonta ganti. Berhubung ini kendaraan lawas dgn HU lawas, minimal audionya saja yg diupgrade 😅

jd menghibur diri sambil dpt dana ganti/ nambah mobil. 🤭

------
Riko. A
ZalogiTV

Anwar Thamrin

Susye siy ya kalo kita orang awam masih bingung. Apa ga lebih bae om Riko coba maen2 ke toko audio mobil sambil konsul2 nyari preferensi. Kadang lom tentu HU yang jelek. Speaker sember, rangenya kurang dsb juga pengaruh. Pake HU bagus tp ga didukung speaker mumpuni jadi basi HU nya. Vice versa applied.

Kl saya pribadi siy mending mampir toko audio rekanan sambil kongkow2 ma mereka n minta pencerahan. Tentunya disertain bujet. Kadang kalo lg nyante malah bisa didemoin dulu kok.

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Siyap oom Anwar.
Rencana sih memang mau mampir ni.
Biae dpt pencerahan.
Tp dgn diskusi disini, minimal saya sudah dapat gambaran nnti mau obrolin apa. 😁
Ga blank2 amat..

------
Riko. A
ZalogiTV

Anwar Thamrin

Siap. Semoga nemu yang dimauin n masuk bujet.

Ke tempat gitu2an kudu kuat iman ya om 🫢🫣

untuk head unit non android:
HU 2din touch screen abal2 juga suka pilah pilih bluetooth (redmi note 8 gak bisa konek, suaranya putus)
bluetooth juga suka reset, kadang belum 1 jam nyala. kalo udah reset kadang gak bisa konek lagi, meskipun udah unpair-pair

gak tau apakah head unit bermerek ada kendala juga kayak gitu. kalo gak ada ya sukur.
lama2 malah pengen bawa sound bar aja ke mobil hahaha daripada ribet ama head unit. praktis cuma kepake buat camera mundur

Andrew Wihono

Head unit saya sih prefer yang ada brand, utk after sales.
Utk head unit yg android saya kurang sreg dengan spek nya dan suara output nya ga bagus.

Headunit branded mgkn fitur lebih minimum,  tp hasil suara nya lebih maximal.

Apalagi kalau udah modif tambah ini itu.
Cmiiw

Ian Anindya

Saya pakai Teyes CC3 penuh fitur, ada dedicated DAC dan connect dengan custom audio di XTrail mantab.
Sudah dari 2019 pasang CC2 trus upgrade ke CC3 gada masalah.
Upgrade firmware terus di support.
Kalau saya kunci nya sih punya rekanan yg faham install HU (cable, etc).
Dari pada branded, HU Android ini kasih kita freedom to oprek hehehehe.

Oni Budipramono

Mau tanya om, di mana yg jual Teyes CC3?

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Om Andy..
Nakamichi ada produk baru ya.
Seri Ultimate 8/256.
Ini kan sudah built in DSP
Jd sudah tidak perlu beli prosesor terpisah ya

------
Riko. A
ZalogiTV

andy rianton

Yg sama pakai sekarang elite pro jg sudah 8ch dsp om. Tapi tetep kualitas nya seadanya. Ditambah dsp yg bagus lumayan naik jauh suaranya. Mungkin yg ultimate cuma beda di ram/storage nya. Waktu awal beli, sempat beberapa minggu pakai internal dsp nya karena dsp external sy rusak, jd nunggu diperbaiki. Setelah selesai diperbaiki, saya pasang lg, jadi bisa bandingin saat pakai dsp bawaan dan dsp external. Tp klo memang mau irit sie cukup pakai dsp bawaan.

Riko. A

to Indonesian Android Community [id-android]
Sudah dpt masukan dari om Azhar, pakai DSP Brudo Public 4.6. Atau pakai Nakamichi saja ya.

------
Riko. A
ZalogiTV

andy rianton

Saran saya, coba dulu kalau memang mau pakai nakamichi, pakai internal dsp nya. Kalau sudah merasa cukup, ya sudah gak perlu nambah dsp lg om. Kalau masih kerasa kurang, baru nambah dsp lagi.