WTA : HH Android yg ada NFC

Husain Nurisman

Dear All,

Rencana mau ganti HH tp cari yg Ada NFC dan harga gak terlalu mahal (dibawah 5) dan keluaran baru
Mohon info dan masukannya

Terima kasih sebelumnya

Rudy Tjandra

nokia 3.1 plus. harga gak sampe separuh dari budget (gak nyampe 2 yuta malah)
kelemahannya : masih pake micro usb port dan casing belakangnya terasa
kayak karet

mo lebih premium Samsung A7 (2018). Harganya 2 kali lipet tapi ya
layar dah amoled khas samsung, designnya premium. Kelemahannya lagi2
masih micro usb port
> Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL
>
> ----------------------
> Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

an...@lc.vlsm.org

Nokia 3.1 Plus
https://www.google.com/amp/s/m.gsmarena.com/nokia_3_1_plus-ampp-9364.php

Saya cek2 Bukalapak harganya < 2 jt.
OK lah sejauh ini.

Sent from MailDroid

Husain Nurisman

Terima kasih masukannya selain nokia dan samsung A7 ada yg lain kah?

satrio

Klo mau yang bukan merk mainstram sih ada
GOME U7 BIG hanya 1.3jtaan
Polytron Prime 7S hanya 1.2jtaan
Luna V55C hanya 1.3jtaan

Rudy Tjandra

Dengan budget cuma 5 juta dan keluaran tahun 2018 setau saya ya baru
Asus Zenfone 5/5Q. Smartphone keluaran 2017 lebih banyak lagi tentu
saja tidak recommended. NB: Yang saya rekomendasikan selalu yang
garansi resmi indo. Klo mau non garansi mungkin ada. Entah apa yang
ada di pikiran petinggi2 brand smartphone. Samsung yang notabene
market leader android dan menggerojok pasar dengan banyak tipe seperti
SEri A dan SEri M yang 2019 pun semuanya nir NFC. Sudah berkali kali
saya bahas di milis ini. Mumpung ada yang nanya sekalian saya singgung
lagi. Pertanyaan paling dasar berapa harga komponen chip NFC? SEgitu
mahalanya? Kenapa smartphone midranger sebelum 2018 banyak yang berNFC
sementara mulai tahun lalu bisa diitung jari. Yang paling ngaco ada
brand ngeluarin smartphone spek plek ketiplek di LN ada NFC begitu
dirakit di satnusa gak ada NFC. (silahkan googling pasti ketemu kok
brand yang mana)

Saya jadi bingung dengan brand yang ngeles oh menurut survey kami
orang Indo tidak butuh NFC. Itu siapa yang disurvey? PEngguna
smartphone paling banyak orang kota. di Jakarta pengguna KRL, busway,
tol bahkan beberapa mall bayar parkir harus e money pasti butuh NFC
buat cek dan isi saldonya. Saya pribadi nggak ada NFC gak masalah
karena saya bukan pengguna rutin KRL/busway/tol

NB: Semoga ada petinggi brand smartphone yang baca curhat/curcol saya.
OM Agus Hamonongan mungkin bisa ulas di blognya dan disenggol itu
petinggi2. Smoga mulai 2019 ini fitur NFC mulai dimasukkan ponsel
kelas midranger.
NB2: Sekarang saya pake Mi9 klo Poco F2 ada NFC mungkin saya bisa tergoda
NB3: Klo merk2 yang disarankan om Satrio gimana ya polytron aja deh
sampe detik ini tidak ada satupun temen/keluarga /rekan kerja yang
pake merk ini. saya cuma pernah liat di outlet satu2nya polytron di
GI. Luna juga taunya dari media. apalagi GOME??????
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CANiwEByWtbOPVsnNJjpeOVppiMotEVz%2BptyY4ths6bpYhY6VKg%40mail.gmail.com.

Eko Prasetiyo

to id-android
Jgn lupa beberapa gedung sekarang parkiran hrs bayar dgn emoney. Ni barusan saya kena apes mo topup saldo emoney hrs muter2 cari atm mandiri krn yg terdekat error atmnya.

Husain Nurisman

Jd memang jarang ya yg ada nfc kecuali yg high end dan yg disebut barusan.
Jd harus naikin budget ya kalau pengen dapet nfc dan HHnya kekinian... Thx ya om om semua atas masukannya

Husain Nurisman

Nah itu om salah satu tujuannya kalau di toll pas abis lupa isi, jg gampang kalau ada nfc gak usah tahan malu pinjem emoney dimobil yg belakang. Hehehh dan kebutuham lain juga sih.

Rudy Tjandra

yg udah high end dengan camera depan motorized (bisa sembunyi) dan
layar bener2 full screen aja masih ada kok yang nir nfc dan masih
micro usb #eaaaaaa
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CALWZBzTupdei8%3DE9230CbF7JsLDoCi7fCVYqZf41Ta2gNTTcTw%40mail.gmail.com.

Andrew Igor

to milis id-android
kalo rela non resmi sih mi 9SE
dibawah 5 jt yang 6/64 per toko online
saya masih bertahan di mi 5 karena fisik yang ringkas dan harga yg jatuh
tapi performa dan kelengkapan OK

salam berburu
iGor

Adi Kuswanto

Kalo masih mau melirik merk Motorola, mungkin bisa dipertimbangkan. Kebetulan pake moto z play, masih ada yang jual baru 2,6 jutaan di toko ijo, masalahnya cuma mentok di Oreo aja. Tapi secara performa masih lumayan gesit, SD 625, baterai juga gede, endurance rating di gsmarena 100jam an.

Kalo gak moto z2 play, 3,5 jutaan, performa mirip, cuma baterai gak se powerful moto z play, katanya bisa upgrade android pie juga. Semua moto z family jugs support moto mods apa aja.

Emang teknologi NFC ini sangat2 aneh, teknologi kamera aneh2&screen finger print ada sampaj kelas mid end, giliran nfc kebanyakan cuma ada di flagship. Kayaknya udah ada kartel antara produsen handphone (Nokia gak masuk kali ya) untuk naruh nfc di flagship aja, ya kali gak pada beli mid end semua :).

Abdi Jaya

Yg terbaru, Nokia 4.2,
3/32, Rp. 2,499, ada cash back 300 rb utk 500 pertama.
Bundling XL,

NFC bukan mahal hardwarenya.
tapi infrastruktur NFC yang belum siap di sini

makanya setelah NFC ditempelkan di mid range, nyatanya tidak ada lonjakan sales berarti. mendingan motorized camera #eh
akhirnya NFC punya disisakan di flagship dan premium

baru belakangan setelah tokopedia integrasi top up e-money, NFC baru mulai dibutuhkan.
tadinya kan cuma mengandalkan e-money info atau top up mandiri e-money saja.

Flazz juga cuma bisa cek penggunaan. top up flazz masih lebih gampang di ATM

> Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL
>
> ----------------------
> Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

Alfred Alfred

Utk isi emoney(keharusan) dan flazz(optional), semua HP yg ada NFC pasti bisa? Atau ada rekomendasi khusus?

Nokia 3.1 recommended?

Thanks.

Adi Gn

Sy top-up emoney dari apps toped.
Lalu saya ke indomaret, bilang kasir nya, sambil nyodorin emoney nya, tolong update saldo ya mbak.

Gak perlu NFC karena kebetulan sebelah rumah ada indomaret.

On Friday, May 10, 2019 at 3:27:45 PM UTC+7, Alfred wrote:
Utk isi emoney(keharusan) dan flazz(optional), semua HP yg ada NFC pasti bisa? Atau ada rekomendasi khusus?

Nokia 3.1 recommended?

semua HP NFC bisa kok. asal kartunya gak rusak/patah/bengkok

nokia cuma suka lemot aja hapenya.
sudah tradisi

Alfred Alfred

Rudy Tjandra

hehehe. mantul bener comment yang sebelah indomaret.

berarti baru nokia yang sudah bertobat. Nokia 3.1 plus dan Nokia 4.2
dua tipe terakhir yang launching di Indo sudah ber NFC

klo nunggu infrastruktur siap kayak ayam ama telor mana yang duluan....

Dengan kondisi saat ini sepakat kan klo survey pengguna smartphone
terutama di kota besar kayak jakarta butuh NFC? Itung aja pengguna
jalan tol, KRL, Busway, MRT. Buanyak banget itu. Brand lain selain
nokia, apa yang kalian tunggu?

NB: Entah karena ngikutin tren dari brand ato gimana ampir semua
youtuber review gadget Indo tidak membahas saat
unboxing/handson/review kalo smartphone dg NFC itu salah satu poin
plus. klo gak ada ya poin minus kayak cuek aja. Tanya kenapa????
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CANh%3D9nyKOsj9WcV0LfkyNj-6tJKd1SVQrQeK52FMrvXO1kq1jA%40mail.gmail.com.

Abdi Jaya

Mungkin reviewer tsb melakukan review sambil endorsement juga Om.
Jadi wajar menonjolkan kelebihan tanpa membuka 'aib'.
Selain Nokia 3.1, 4.2, Nokia 8 juga ada NFC, harganya saat ini sekitar 4jtan.

adioranye

Kalau TCash dengan yang bank BUMN yang lain sudah membuat linkaja, kenapa update e-money harus masih terpisah di masing-masing bank ya?

Eko Prasetiyo

to id-android
Itu next project mungkin om

satrio

Yang card based seperti E-money, Brizzi dan Tapcash belum masuk ke linkaja om

heru subiyantoro

justru nokia pas launching androidnya, dikasi NFC semua dari seri gede sampe kecil.
tapi seri berikutnya, NFC hanya di model tertentu

NFC lebih kendala di infrastruktur gak merata dan dari satu sistem ke sistem lain banyak perbedaannya.

padahal kayak sekarang aja saya pegang NFC card
- flazz yg gabung debit card
- e-money
- commuterline multi trip
- brizzi
- Tap cash
- kartu parkir ISS
- kartu pegawai buat access door

tapi kan penggunaannya bervariasi. untuk sekedar baca saldo saja butuh berapa aplikasi. jadi kurang praktis.
masih praktisan tap e-money di stasiun/halte transJ untuk memastikan kartunya bisa ditap di gate mereka. tapi itupun karena basisnya commuterline pake kartu Felica dan bikin compability ke e-money bank lokal.

Rudy Tjandra

Sinciapo sudah jadi satu di EZ Link
Malaysia juga sudah di Touch n Go
Hongkong juga sudah di Octopus

Indo?? katanya bank bumn (Tapcash, e money dan Brizzi) akan dijadikan satu lewat LinkAja Phase 2

nantinya ya mungkin tinggal flazz dan linkaja

Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL

Kontak Admin, Twitter @agushamonangan

David Sundah

Midend sony xperia ada nfc semua.
Baru dan harga 5jt?
Mungkin Xperia Xa2, keluaran pas setahun lalu.