WTA: Wifi Router Sinyal Terkuat

Hendra

Halo Kawan2,
Mau bertanya, saya di rumah pake Firstmedia dengan Wifi Router bawaan yaitu Dlink DIR-612 yang di tempatkan di lantai bawah, ke lantai atas Redmi Note 8 Pro masih bisa tangkap sinyalnya walaupun timbul-hilang sinyalnya, tapi Samsung A20/A30/Tab S tidak bisa nangkap sama sekali.

Mohon sarannya/infonya:
1. Wifi router sinyal terkuat dibawah 1jt, dengan harapan bisa sampai lantai atas
2. Untuk ngukur kuatnya signal, specs apakah yang harus dilihat di wireless routernya?.
3. Mungkin ada yg pake, apakah Dlink DIR-612 bisa dijadikan extender?

Terima kasih atas masukan dan bantuannya.

Salam,
Hendra

Bima K

Pakai mesh router om, sepertinya cocok... Saya pakai Tenda MW3 yg murah meriah, udah cukup merata di rumah sederhana 2 lantai

Regards
Bima

Reinaldy

pakai router mesh tenda mw3 isi 3 pack, kayanya masih dpt di 1jt,
murah meriah, jaman sekarang pake mesh aza.

Hendra

Makasih infonya, baru tau ada teknologi ini, tadinya mau beli High Gain Router TL-WR941HP, kayaknya sinyalnya kuat karena antenanya 3 biji dan tinggi banget :), tapi belom tau bisa cover lantai bawah dan atas apa nggak, biar 1 SSID lantai bawah dan atas tanpa extender.

BTW, Nova MW3 antena di node nya kecil ya, cuma 2*3dBi, takutnya 1 saya taruh bawah dan 1 lagi di atas gak bisa connect karena antenanya kecil, kecuali kalo 3 node mungkin bisa.

Thx,

Victor

Setahu saya paket aslinya 3 node om

Bima K

MW3 ada paket murah yang isinya hanya 2 node saja om. Saya beli sekitar 735rb untuk yg 2 node. Kalau yang 3 node harganya sekitar 1,2 jt an. Di marketplace malah ada juga yang jual "eceran" 1 buah node harga 390rb an, kalau urgent cuma perlu nambah 1 node saja 😁

--
Regards,
Bima - sent from my desktop

Wieok Susanto

Koneksi wifi itu 2 arah, transmit dan receive.

Transmit kuat dan bisa di receive dgn baik oleh gadget, gadget nya juga harus bisa transmit dgn bagus juga sehingga "ngobrol" nya nyambung dgn router.

Kalo emang masalahnya di jarak dan ada penghalang, perlu ada extender sinyal.

Salam,
Wieok

Reinaldy

Taruh di deket2 tangga di lt 1 dan 2, kalau berasa kurang bisa tambah lg, 3 di lt 1dan 3 di lt 2, harusnya ke cover semua...
Saat beli mw3 yg isi 3, dulu harga nya di bawah 1jt, 900an rb.

Tino Frappucino

Lebih baik pake mesh pak, drpada 1 router high gain..kali ada yg sensitif bisa puyeng juga ke sinyal kenceng

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

On Thu, Aug 6, 2020, 6:26 PM Reinaldy <reinal...@gmail.com> wrote:
Taruh di deket2 tangga di lt 1 dan 2, kalau berasa kurang bisa tambah lg, 3 di lt 1dan 3 di lt 2, harusnya ke cover semua...
Saat beli mw3 yg isi 3, dulu harga nya di bawah 1jt, 900an rb.

Ayo Subscribe >>  Channel YouTube

IG   https://www.instagram.com/agushamonangan

-----------------------
FB Groups     :  https://www.facebook.com/groups/android.or.id

Aturan Umum  ID-ANDROID >> goo.gl/mL1mBT

Jarring B.

to Milis Android
Nah statement menarik ini: "yg sensitif bisa puyeng juga kena sinyal kenceng"

Emang sinyal wifi pengaruh ke syaraf ya?  Seriusan nanya ini, saya debat terus sama istri bahwa menurut saya sinyal wifi cukup aman.  Tp istri saya percaya bahwa sinyal wifi tidak baik utk kesehatan apabila kita terus2an terekspos ke sinyal wifi.  Makanya dia maunya kita matiin wireless rooter setiap akan tidur malam.

Reinaldy

Jarring B.

to Milis Android
Waduh 🙈 SOL

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/ccc25d88-b3d5-47fe-b6fd-8d764d1bf5eao%40googlegroups.com.

Bima K

harri

mumpung  tanya dong..
kalo rumah satu lantai 150m2..
apakah cukup mencover kamar anak2 ya?

atau harus pake 2 node juga kah?

Sent from IPhone 11 Pro Max

Ari Fahrizal Rahman

Asalkan tata letak ruang relatif terbuka, misal router di pasang di ruang keluarga atau ruang tengah yang line of sight ke kamar2 tidak terhalang tembok, kudunya cukup router biasa.

Kalau misal kamar anak begini

|-----------------------|.    |
|.          Kamar anak 2.    |.    |
|.                                      |.    |
|-----------------------|.    |
|.          Kamar anak 1.     |.    |
|-----------------------|.    |

Posisi router disini

Maka ada potensi sinyal ga sampai kamar nomer 2
Mending pakai node di lorong kanan.

Maaf gambar ga bagus karena pake ketikan manual..

Salam
Ari Fahrizal

--
salam

Ari Fahrizal

Muhammad Hanief

Kebetulan terjadi di saya.
Lantai 1 pakai router bawaan dari internet privider.
Di extend pakai AP router outdoor untuk lantai 2 dan 3. Sinyal di atas 80% pasti pusing kalau deket2 router outdoor nya.
Lupa tipe apa. Krn skr udah gak saya pakai lagi, trakir pakai taun 2014 atau 2015.
Merk nya tp-link, outdoor series.
Bentuk gede bangeet.
Sekarang pakai extender mini model yg kecolok di soket listrik dengan 2 antena tipis tiap extender nya di tiap lantai. Dan tetap di set kekuatan sinyal hanya 60%.

Gustaf Hp

Kalo buat bisa tembus ke rumah sebelah, pakai mesh tenda MW6 bisa ga ya? Jadi bisa sharing cost ISP, ambil yg paket tinggian

edi M

to Android Forum
Kalo saya berhubung isp nya tarik fo ke lantai 2, jadi saya tarik lan cable ke lantai 3 dan 1, lantai 3 dan 1 pakai wireless router nganggur tp link dan asus sbg extender, so far gak Ada kendala
Pernah pakai extender model aoket listrik, entah kenapa sering bengong, konek tapi gak nyambung jadi musti rajin restart :(

kayaknya faktor unit outdoornya punya sinyal lebih kuat
dipasang indoor sinyalnya jadi mantul2

Victor

Masih ada router tetangga om :)
Kan gak bisa kita suruh matikan hehe
Apalagi kalau di apartemen, susah deh

Saya tadinya sudah mantap mau pindah ke mesh, tapi mengingat saya selalu pakai 2 ISP (supaya ada backup) mungkin solusi nya tetap harus 2 router terpisah ya

Salam

milis harry

tenda mw3 isi 3 pack harga 1jt pas atau lebih om?
bisa minta link pembeliannya?
review pemakaian dan pemasangan bagus dan mudah kah. sorry banyak nanya di jalum. kepengen beli mesh router yang bagus dengan harga yang tidak mahal

sent from
Twilight P20 Pro

Tino Frappucino

Kalo pake 2 isp, pake mikrotik buat aturnya, dr mikrotik baru pake mesh

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

Tino Frappucino

Wifi 2.4ghz kalo kenceng ya pengaruh

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

Victor

Kalau pakai Mikrotik, 2 ISP itu load balance aktif-pasif atau bisa aktif-aktif om?

Makasih

Reinaldy

Saya beli nya udah lama om, ini salah satu link pembeliannya (ada 2 kali, beda toko, yang satu lagi produknya dah di delete)

https://www.tokopedia.com/goldencasuarina/tenda-nova-mw3-3-set-ac1200-whole-home-mesh-wifi-system-tenda-mw3

pemasangan mudah, pemakaian untuk share internet kurang dari 25 devices, baik2 saja, ok kok, murmer, kalau dibanding sama mesh2 lainnya...

pengen cobain yang mw6, atau deco m5 atau velop, tp blum ada kesempatan...

ps. kalau ada budget lebih jgn beli orbi rbk50, bukan true mesh, budget sama, mending ambil zenwifi ax
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-an...@googlegroups.com.

Fajar Edisya Putera

kalau pakai openwrt dengan aplikasi mwan3 nya bisa 2-2 nya, tapi sih mending failover aja, karena beberapa hosting download sensitif dengan perbedaan ip, giliran mau download rupanya pakai ip lain, jadi repot

--
from iphone

milis harry

Terima kasih infomasinya om .

Tino Frappucino

Bisa 22nya

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

ErickFloorZ

saya pke ni 3x9dBi wow banget lah.. loss bisa 500m apalagi lnt2 kuecill bgt..

Jarring B.

to Milis Android
Itu yang selalu saya bilang ke istri Om.. tp jawaban dia selalu: kalau kita matiin wifi di rumah kita, setidak2nya berkurang pengaruh buruk/gangguan dari sinyal wifi di dalam rumah.  Saya coba google sih nggak nemu argumen yang meyakinkan yang bilang bhw sinyal wifi itu berbahaya..🤔

djody

Yuk Bikin Sendiri Alat Penguan Sinyal HP

Menyinggung sticker penguat sinyal diatas, sebenarnya ada beberapa cara untuk memperkuat sinyal yang lemah dengan beberapa bahan. Jadi kita akan membuat penguat sinyal HP sendiri dengan bahan-bahan tersebut. Apa saja bahannya? Cek kelengkapannya di bawah ini ya

Siapkan 1 Silet bisa menggunakan merk apa saja ya atau bisa juga cari besi atau aluminium yang tipis yang berbehan sama seperti silet

Siapkan juga magnet, cari yang ukurannya sedang jangan terlalu besar

Dan Alumunium foil, ini bisa didapatkan di toko kue, atau alternatif lain bisa menggunakan sticker untuk menambal panci.

Jika semua bahan sudah lengkap, sekarang kita akan membuat alat penguat sinyal HP nya. Caranya sebagai berikut:

1.       Siapkan silet dan gosok dengan magnet secara bolak-balik ya. Lakukan sampai silet menjadi magnet, test dengan cara tempelkan dengan besi lain, jika menempel artinya silet sudah memiliki kandungan magnet.

2.       Kemudian siapkan aluminium foil, dan letakan silet diatasnya. Setelah itu bungkus silet dengan rapi sampai rapat ya.

3.       Jika sudah rapat, tempelkan silet yang sudah terbungkus di bagian belakang ponsel atau bisa disisipkan di casing tambahan ponsel agar tidak mudah terlepas

Kalau cara membuat alat penguat sinyal ini masih ribet. Cara simpelnya sih cukup menggunakan aluminium foil dengan cara diletakan dibagian belakang ponsel sama seperti cara di atas. Oh ia cara ini juga bisa untuk penguat sinyal WiFi juga lho.

djody

Yang perlu diketahui dari tipe antena WIFI.

·         Antena WIFI router adalah Omnidirectional atau membuat pancaran signal melingkar ke segala arah. Bentuknya seperti satu tiang antena saja

·         Sedangkan perubahan jarak antena ke satu arah mengunakan antena Directional Wifi (mengarah ke satu arah). Dibuat dengan reflektor untuk memantulkan signal menjadi lebih kuat.

·         Untuk memperkuat signal WIFI dapat ditingkatkan menjadi Yagi Beam / Gain antena atau antena parabola untuk memperkuat dan menerima signal lebih besar. Mengunakan kekuatan dB. Umumnya digunakan untuk koneksi 2 perangkat dengan sinyal jarak jauh.

Yang perlu diketahui dengan signal WIFI dengan antena

·         Signal WIFI mengunakan frekuensi 2,4Ghz atau 5Ghz (tipe dual band router), antena WIFI umumnya berukuran kecil dengan jarak jangkauan pendek

·         Signal WIFI dapat diarahkan ke segala arah seperti antena Omnidirectional. Ketika antena wifi dirubah dengan reflektor seperti ditaruh plat aluminium pada belakang antena, praktis bagian belakang akan menurunkan kekuatan signal WIFI. Sedangkan arah yang diarahkan oleh reflektor akan semakin besar. Jarak signal WIFI ke satu arah akan lebih jauh diterima oleh perangkat lain.

Makasih penjelasannya.

Secara teori, bila ada high gain wireless router yg katanya bisa tembus dinding, misal:
1. TP Link wr941hp, antena 3x9dbi
2. Tenda AC23, antena 7x6dbi

Secara teknis lebih kuat mana ya sinyalnya ? Atau ada faktor spec lainnya di router yg menentukan kuat/lemahnya sinyal.

Thx,HR

Fajar Edisya Putera

kalau cuma mau nembak ke satu arah pakai aja desain kayak pakai karton dan aluminium foil seperti digambar ini
https://www.iwifirouter.com/2017/11/improving-wi-fi-signals-using-aluminum-foil.html?m=1, ini sudah permah test dulu kalau 1 arah saja emang kekuatan tangkapan meningkat

--
from iphone

Iyan Anthonie

to faj...@gmail.com, id-an...@googlegroups.com
Kalo dengan cara spt di article itu, apakah sebaran signal di belakang antena pada alu foil tsb tetap ada atau hilang sama sekali karena sudah diarahkan ke 1 arah spt di article tsb ?

Sent from Telkomsel 4.5G

Tino Frappucino

Udah pake mesh paling bener dan praktis, bener kalo sensitif sinyal 2.4ghz itu lama2 puyeng..

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

Abdul Hadi G

to Android Forum
Pengalaman sy wifi yg sinyalnya cukup kuat dan koneksi stabil (dibawah 1 jt, wifi 300Mbps) asus rt-n800hp, cukup dipasang di tengah ruangan rumah (kalau dipasang di ruang bawah baiknya digantung di tembok setinggi mungkin), lumayan bisa mengcover satu rumah (± 400m2) dgn user 5-8org. Atau wifi yg murmer tapi mumpuni (dulu sy pakai sampai 5 tahun dan sampai sekarang masih dipakai di tempat kakak saya), Totoink N302R Plus yg harganya cuma dibawah 200rb-an.

Selain itu, router xiaomi redmi ac2100 jg menurut saya bagus, harganya beberapa bulan lalu di toko2 online sekitar 500rb-an (skr sy pakai ini, bandwidth nya dual, utk wifi n maks. 300Mbps dan wifi ac maks. 2100Mbps). Cuma control panel di browsernya bahasa mandarin jadi harus dibantu translate google utk setting awalnya hehehe.

Yg penting dan sebisa mungkin wifi router dipasang di ruang terbuka dan baiknya digantung setinggi2nya (tidak ditaruh di atas meja) agar jangkauannya makin luas + tembok rumah jg tidak terlalu tebal seperti tembok beton, om.

On Wed, Aug 5, 2020, 23:21 Hendra <hrli...@gmail.com> wrote:
[...]

Boger Sudana

Kalau untuk Indihome apa bisa juga?

On Wed, Aug 5, 2020 at 11:30 PM Bima K <bk4ga...@gmail.com> wrote:
Pakai mesh router om, sepertinya cocok... Saya pakai Tenda MW3 yg murah meriah, udah cukup merata di rumah sederhana 2 lantai

Regards
Bima

Wicak®

Saya pake indihome & MW3 gak masalah om.

J. Cahyadi

kalo secara sains ga tahu efeknya sih, tapi jaman pake Siemens S25 dulu berasa enyut enyut sih kalo nelpon agak lama.

pernah juga iseng asus router yg 1 watt itu type apa ya lupa, di set maximum, koq kepala berasa enyut enyut juga ya

ga tahu ini efek wifi atau cuma feeling sesaat..