OOT: batt di hp lama

Arianto C Nugroho

Bongkar lemari, ketemu hp lama.. Ini padahal udah lama gak diapa-apain, cuman ngedon aja di lemari..

Bisa gelembung gitu sampe kebuka body nya

20210819_135925.jpg

Tino Frappucino

iya saya juga pernah

Best regards,
Tino Frappucino - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhoto.id

On Thu, 19 Aug 2021, 19:03 Arianto C Nugroho, <arianto...@gmail.com> wrote:
Bongkar lemari, ketemu hp lama.. Ini padahal udah lama gak diapa-apain, cuman ngedon aja di lemari..

Bisa gelembung gitu sampe kebuka body nya

Andrew Wihono

Yora Friano

to Milis Android Indonesia
Dulu pernah punya xiaomi, rusak tc, iseng bongkar sendiri, lupa ga diurus. Eh batrenya yg udah dicopot jadi bengkak mlendung, malah jadi males rusaknya nambah.

On Thu, Aug 19, 2021 at 7:04 PM Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> wrote:
Bongkar lemari, ketemu hp lama.. Ini padahal udah lama gak diapa-apain, cuman ngedon aja di lemari..

Bisa gelembung gitu sampe kebuka body nya

Arianto C Nugroho

nah .. ini juga yg saya takutin ... bingung juga mau dibuang gmn caranya yg aman ..

Best Regards
Arianto C Nugroho

mave

gadget yg jarang di pakai atau tdk terpakai lebih baik di pisahkan unit nya dgn batere nya karena batere tetep memiliki daya tersimpan dan sedikit apapun sisa daya nya bisa men-trigger percikan atau loncatan listrik mendadak yg berakibat besar

apabila batere hingga menggelembung ada pengaruh terhadap suhu ruang, di sarankan jangan simpan dalam laci atau tempat2 tertutup agar menurunkan suhu batere nya.

utk disposal nya pertama2 utk mengurangi dampak nya di anjurkan batere tidak di buang selagi terpasang pada gadget nya, kemudian bisa hubungi detail berikut:

Dinas Lingkungan Hidup
Provinsi DKI Jakarta
Jl. Mandala V No. 67
Jakarta Timur
Telp: (021) 8092744
Email:din...@jakarta.go.id

Arianto C Nugroho

nah .. informasi seperti ini nih yg kurang bgt ...

plus HP jaman sekarang kan susah dipisah batt-nya .. jadi sebaiknya gmn

mave

kalau gadget nya masih berfungsi secara berkala sebaiknya di gunakan dan di charge
kalau gadget nya tdk berfungsi bagus nya di buka body nya di lepas batere nya

apabila mengalami kesulitan atau tidak biasa membuka gadget di sarankan datang ke service center produk nya utk melepas batere nya, pada umumnya seluruh produk elektronik akan memberikan bantuan bebas biaya utk hal semacam ini

yg harus jd perhatian adalah penyimpanan batere atau pun gadget yg masih terpasang batere,
batere yg sudah terlepas dari gadget lebih aman dari kemungkinan batere meledak karena tdk ada penghantar daya nya sedangkan batere yg terpasang pada gadget memiliki penghantar daya yg tersambung dr gadget nya.

namun batere yg sudah di lepas dari gadget dan penyimpanan pada ruangan tertutup tanpa AC masih memiliki resiko gembung dan kimiawi nya yg bocor walaupun tdk meledak

sebagai tambahan:
Dinas Lingkungan Hidup
Provinsi DKI Jakarta
Jl. Mandala V No. 67
Jakarta Timur
Telp: (021) 8092744
Email:din...@jakarta.go.id

ini merupakan fasilitas dari pemda DKI jakarta utk mengatasi sampah elektronik, coverage pelayanan ini hanya utk area DKI Jakarta saja dan di jemput dgn minimal total sampah elektroniknya seberat 5kg

Yora Friano

to Milis Android Indonesia
Ndak berlaku di kasus saya, dipisah dari unitnya, tetep bengkak juga. Mungkin memang udah aus kali.

Andrew Wihono

Iya yang jadi masalah di sini sepertinya di negara kita masih kurang edukasi dan sosialisasi mengenai ini, CMIIW.

Kalau dalam skenario orang yang masih simpan gadget gadget lama nya yang berbaterai dan baterai nya gembung semua.
Dismantling process nya kemungkinan besar ya akan di buang ke tempat sampah begitu saja.
Dimana ini sangat berbahaya.

Pak Mave,

Kalau demikian, bagaimana cara ideal menyimpan baterai yang sudah
dilepaskan dari gawai? Apakah diangin-anginkan begitu saja di kamar?

Asumsinya, AC kamar hanya menyala pada malam hari.

Terima kasih.

On Thu, 19 Aug 2021 21:53:29 +0700
mave <maveric...@gmail.com> wrote:

> [...]
> dgn batere nya karena batere tetep memiliki daya tersimpan dan sedikit
> apapun sisa daya nya bisa men-trigger percikan atau loncatan listrik

Kalau gawainya menggunakan baterai tanam, bagaimana solusinya, Pak?

> apabila batere hingga menggelembung ada pengaruh terhadap suhu ruang, di
> sarankan jangan simpan dalam laci atau tempat2 tertutup agar menurunkan
> suhu batere nya.

Saya biasanya menyimpan ponsel di kardus bawaan. Apakah langkah ini
sudah tepat?

Tahun lalu saat saya akan "mencairkan" kumpulan gawai lama, mayoritas
ponsel dengan baterai tanam ternyata mengalami "kehamilan".

Arianto C Nugroho

ini kemarin akhirnya saya pisahkan dari gawai-nya .. karena sudah gembung parah, malah jadi gampang lepasinnya, bodi-nya sudah terbuka sendiri dan lem-nya juga sudah lepas semua .. tinggal saya tarik sedikit, terpisah dia ..

setelah itu, saya bungkus lagi si batterai dengan isolasi listrik di bagian kontak-nya (menghindari korseting) ..  sekarang saya simpan di coolbox dengan es batu, supaya dingin dan menghindari dia gelembung makin parah ..

hari ini mau saya bawa ke tempat recycling barang elektronik ..

Ayo Subscribe >>  Channel YouTube

IG   https://www.instagram.com/agushamonangan

-----------------------
FB Groups     :  https://www.facebook.com/groups/android.or.id

Aturan Umum  ID-ANDROID >> goo.gl/mL1mBT

mave

mave

gadget dgn batere tanam bila sudah rusak sebaik nya di bongkar saja pak
gadget dgn batere tanam bila masih berfungsi tp jarang di gunakan sebaiknya tetap di fungsi kan (contoh hp) tetap nyala standby dan di charge normal

bila kesulitan bongkar gadget nya bisa di bawa ke service center produk tsb pak, umumnya pelayanan demikian bebas biaya.

menyimpan gadget dalam kardus boleh saja pak hanya di sarankan agar tdk terlalu rapat isi kardus nya utk berikan ruang suklus udara yg baik tapi penyimpanan kardus nya pun jg harus dgn siklus udara juga pak

penggunaan silika juga di nilai baik utk memperkecil kelembaban pada batere dan gadget.

On Fri, Aug 20, 2021 at 9:37 AM Herry SW <mi...@hsw9900.com> wrote:
[...]

Fajar Edisya Putera

saya ada powerbank sudah lama nggak dipakai, itu melendung sendiri, jadi apatis sama brandnya 😊

On Thu, 19 Aug 2021 at 19.04 Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> wrote:
Bongkar lemari, ketemu hp lama.. Ini padahal udah lama gak diapa-apain, cuman ngedon aja di lemari..

Bisa gelembung gitu sampe kebuka body nya

from iphone

Tino Frappucino

bahaya itu bisa meledak, solusinya : jangan simpen barang ber baterai
kalo ga dipake, jual sajah

Best regards,

Christinno Su - Photographer
xtino.fr...@gmail.com / +62-812-2121-8809

IG : @TFPhotoId
> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CALToHKj0tpYD2DmCw5D_3%2B2NhURHKNkJX1motpy--ED9vsew5Q%40mail.gmail.com.

tadinya ada beberapa lokasi pengumpulan barang elektronik bekas ini
tapi tampaknya yang masih aktif hanya dinas lingkungan hidup

buat perusahaan pengolah limbah elektronik, yang dicari adalah kandungan mineral berharga di gawai
sementara bahan beracun lainnya harus diolah sebelum bisa dibuang dengan aman

kalo gak salah ada biaya pengolahan limbah elektronik. jadi mungkin dinas LH DKI mau menalangi biaya ini

https://youtu.be/OMsJLslFzEg

Felix G

Saat ini ada yg bikin movement baru recycling e-waste namanya ewasteRJ. Bisa kunjungi website nya di www.ewasterj.com atau bisa juga dilihat di IG nya: ewasterj
Lokasinya antara lain: Jakarta, Tangsel, Depok, Bogor, Bandung, Jogja, Salatiga, Semarang, dan Surabaya.

Regards,
Felix

On Fri, 20 Aug 2021 11:55:50 +0700
mave <maveric...@gmail.com> wrote:

> gadget dgn batere tanam bila masih berfungsi tp jarang di gunakan sebaiknya
> tetap di fungsi kan (contoh hp) tetap nyala standby dan di charge normal

Nah... ini yang agak sulit buat saya. Menjaga kurang dari lima ponsel
siaga dan tanpa kehabisan daya saja sudah bingung. :)

Kalau sekarang sih sudah tidak bingung karena ponsel milik saya pada
suatu waktu tinggal dua unit. Yang lain sudah "dilipat" karena lebih
perlu dana tunai. Sedangkan ponsel berstatus prototipe telah
"dipinjamkan" kepada orang-orang yang anaknya membutuhkan ponsel untuk
sekolah dari rumah, tetapi kebetulan belum bisa beli.

> bila kesulitan bongkar gadget nya bisa di bawa ke service center produk tsb
> pak, umumnya pelayanan demikian bebas biaya.

Nah... ini saya baru tahu. Saya pikir bakal terkena biaya karena
statusnya kan sudah eks-garansi.

> menyimpan gadget dalam kardus boleh saja pak hanya di sarankan agar tdk
> terlalu rapat isi kardus nya utk berikan ruang suklus udara yg baik tapi
> penyimpanan kardus nya pun jg harus dgn siklus udara juga pak

Tampaknya ini kesalahan saya. Kardus bawaan ponsel kan siklus udaranya
kurang bagus.

> penggunaan silika juga di nilai baik utk memperkecil kelembaban pada
> batere dan gadget.

Poin ini sudah rutin saya lakukan di ponsel yang disimpan di kardus
bawaan. Namun, baterai ternyata tetap hamil.

Saya juga pernah mengalaminya, baik pada powerbank abal-abal maupun
bermerek terkenal. Bedanya di waktu terjadinya. Yang powerbank abal-abal
sudah hamil besar setelah sekitar setahun disimpan di lemari, sedangkan
yang bermerek terkenal 2-3 kali lipat lebih lama. Itu pun hanya "hamil
muda".

On Fri, 20 Aug 2021 14:00:35 +0700
Fajar Edisya Putera <faj...@gmail.com> wrote:

> saya ada powerbank sudah lama nggak dipakai, itu melendung sendiri, jadi
> apatis sama brandnya ??

Iya, Pak. Kalau sudah hamil parah, biasanya akan mendesak bodi belakang
dan kadang-kadang sampai merusak layar.

Tahun lalu saya menghadapi kondisi itu di beberapa unit ponsel simpanan
dengan baterai tanam. Baterai yang hamil sebenarnya ingin saya buang di
tempat daur ulang. Namun, karena gagal menemukannya, terpaksa saya buang
di tempat sampah.

On Fri, 20 Aug 2021 06:21:42 +0200
Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> wrote:

> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAPuSbmCuVydVo2H5ALWM6e1%2B_s4SCG8NegVnfjUTciBBbX%3DT1Q%40mail.gmail.com.

On Fri, 20 Aug 2021 11:44:59 +0700
> [...]

> sebaiknya di lepas saja dari batere nya dan utk penyimpanan batere nya
> usahakan tidak pada ruangan tertutup melainkan dgn siklus udara baik.

Sepertinya kesalahan saya di sini. Saya menyimpannya di kardus bawaan
ponsel. Jadi, per kardus bawaan diisi ponsel dan paket penjualan standar.

Oh begitu. Terima kasih, Pak.