OOT: Adakah yang punya nomor call center Tokopedia Care?

budypraz

Dear rekan-rekan sekalian,

Saya sedang membutuhkan solusi atas pengembalian dana dari Tokopedia yang tidak kunjung masuk menambah limit kartu kredit setelah 14 hari kerja.

Kronologi:
1) Transaksi pembelian di Tokopedia tanggal 12 Mei 2020 menggunakan kartu kredit.
2) Tanggal 21 Mei 2020 barang diterima tapi tidak sesuai spesifikasi dan ada cacat. Saya ajukan retur dan pengembalian dana melalui menu komplain Tokopedia. Seller setuju.
3) Tanggal 22 Mei 2020 barang saya retur ke seller.
4) Tanggal 4 Juni 2020 seller konfirm barang diterima dan setuju dana dikembalikan ke saya. Pada tanggal yang sama saya mendapat email resmi dari Tokopedia yang menyatakan bahwa dana telah dikembalikan/akan menambah limit kartu kredit saya. Jika 14 hari kerja belum masuk saya diminta kontak call center kartu kredit.
5) Tanggal 26 Juni 2020 saya cek belum ada penambahan limit atas pengembalian dana dari Tokopedia. Saya hubungi call center kartu kredit. Dijawab oleh CS nya bahwa belum ada pembatalan transaksi masuk dari Tokopedia. Saya diminta hubungi CS Tokopedia.
6) Saya cek ke Tokopedia tidak ada call center yang bisa saya telpon. Hanya ada fitur Pusat Bantuan di Tokopedia Care.
7) Sudah berusaha ajukan resolusi ke Tokopedia Care ternyata transaksi yang bisa dikomplain dibatasi hanya 1 bulan ke belakang (sementara transaksi saya tanggal 12 Mei 2020).
8) Ajaib, tanggal 27 Juni 2020 ada tagihan dari Tokopedia dengan jumlah fantastis masuk ke billing kartu kredit saya atas TRANSAKSI YANG TIDAK PERNAH ADA di history pembelian saya di Tokopedia.

Sebegitu rumitkah komplain permasalahan saya ke Tokopedia?
Kemana lagi saya bisa hubungi pihak Tokopedia?

Jika ada rekan di milis ini yang pernah punya pengalaman yang sama atau ada nomor call center Tokopedia yang bisa dihubungi, saya sangat menghargai jika bisa di-sharing.

Terima kasih.

mave

tokoperdia care tdk lagi melalui call center ataupun live chat

tokopedia care melalui twitter @tokopediacare atau melalui menu pusat resolusi agar diskusi perselisihan di ketahui ketiga belah pihak (penjual, pembeli, tokopedia)

cmiiw

Mailtrack Sender notified by
Mailtrack 06/27/20, 01:01:40 PM

budypraz

Ini problemnya Om.
Tokopedia Care hanya membatasi transaksi 1 bulan terakhir yang muncul dan bisa diajukan komplain.
Tentunya ini sangat tidak fair bagi yang membutuhkan solusi atas transaksi yang tanggal transaksinya di atas 1 bulan.

mave

kalau ane liat om problem nya dgn pihak tokopedia nya, kalau lokasi nya msh di jakarta bisa visit ke kantor tokopedia langsung.

cmiiw
Mailtrack Sender notified by
Mailtrack 06/27/20, 01:45:56 PM

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/ae6e568c-5ed1-4aa0-9298-ebe6bb301ddco%40googlegroups.com.

budypraz

Iya Om, problemnya ada di Tokopedia.
Dan saya tidak berada di Jakarta. Kalau di Jakarta saya sudah datangi kantor Tokopedia langsung Om.
Oleh karena itu saya coba cari info ada tidak kontak langsung kantor Tokopedia.

Hendry Aripin

perlu di edukasi dgn isi2 kebon binatang..

btw ada simpen history transaksi gak?

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/ae6e568c-5ed1-4aa0-9298-ebe6bb301ddco%40googlegroups.com.

budypraz

Saya simpan rapi hystory nya Om.
Setelah masalah ini selesai saya akan boikot Tokopedia. #CoretTokopedia

budypraz

Entah kenapa jurus dari Om Hendry manjur. Saya bukan tipe orang yang suka edukasi model ini, tapi kemarin coba dan dana dikembalikan dalam 2 hari.

SOPnya lebih mudah dapat solusi kalo pake kebon binatang hahah

Pak Budy,

Jadi, saat chat dengan petugas Tokopedia, apakah langsung misuh dan
memaki-maki gitu?

Kalau iya, seandainya mereka malahan mengadukan kita dengan tuduhan melakukan
perbuatan tidak menyenangkan, bisa berabe tuh.

On Mon, 29 Jun 2020 21:44:05 -0700 (PDT)
budypraz <budy...@gmail.com> wrote:

> [...]
> edukasi model ini, tapi kemarin coba dan dana dikembalikan dalam 2 hari.

Jalur konsultasi: blog Ponselmu.com dan Twitter @herrysw

Hendry Aripin

agak susah coret gitu2 kadang kita masih perlu...

yah be wise aja harus di dokumentasikan

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/5739f339-388f-4da2-9063-6c19ff6fc7c7o%40googlegroups.com.

Budy prastowo

Tidak serta merta Om HSW. Saya ijin dulu. Apakah perlu edukasi dgn metode dimaksud? Jika tidak perlu, maka kembalikan dana saya dengan segera sesuai janji.
Response nya tetap mutar-muter ganti nama CS saja. Asumsi mereka memilih edukasi dimaksud daripada jalur santun.
Ya sudah saya ikuti mau mereka.

Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan topik di grup "[id-android] Indonesian Android Community" Google Groups.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/20200630141410.AE66.E4008AD3%40hsw9900.com.

--
Budy Prastowo
Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat

Budy prastowo

Saya sampaikan usulan juga ke mereka. Buatlah 1 line Call Center sebagaimana e-commerce dan perusahaan publik pada umumnya.
Karena komunikasi lisan sampai dengan saat ini adalah metode komunikasi terbaik dibandingkan dengan model tertulis seperti chat.
Semoga Tokopedia menerima usulan dimaksud.
Saya sudah bulat untuk uninstall app Tokopedia dan berat hati tidak bertransaksi lagi via Tokopedia.
Mungkin saya akan berubah pikiran jika sudah ada Call Center Tokopedia.

Hendry Aripin

kalau saya sampai 3 kali gak selesai baru kluar isi kebon binatang.. tp kita jg harus pintar... setiap komplainan kita kita dokumentasikan...

setiap pembicaraan telpon kita rekam.. tentunya dgn kata2 sakti... dr kalian ada merekam, saya juga akan merekam pembicaraan ini untuk dijadikan bukti apabila suatu saat ada masalah...

hajar dr segala sisi... contact cs, twitter, telpon.... mereka juga susah berkutik... mereka ajukan perbuatan tidak menyenangkan kita udh megang semua bukti...

kejadian saya paling anyar itu sama lazada...
jd saya bayar tag halo, dana gak sampai ke telkomsel... saya tahunya krn saya ditagih lagi... 2-3 kali awal mereka selalu mengatakan kalau sdg dlm investigasi.. ampir stgh bulan saya tantang mereka saya akan hampiri mereka ke kantornya... awalnya mereka tdk mau... saya bilang terserah mau gmn caranya... per telepon dan email mereka bersikukuh kalau dana sdh disampaikan... saya ajakin yuk ke grapari biar org mereka tanya ampe puas... gak brani...

akhirnya saya lsg ke kantor mereka tentunya ttp saya rekam pembicaraan yg ada...

akhirnya balik walaupun agak lama ..

saya jujur juga gak ingin kluarin isi kebon binatang.. tp ngeliat behavior mereka spt itu gak ada salahnya... cs terkadang hanya dijadikan bemper... harus bikin mereka sakit ati ngambek ngajuin ke atasan..

intinya kalau emg mau kluarjn isi kebon binatang... rekam, catet, simpan history... jd biar tau awal pangkal masalahnya drmn yg sehingga bikin org habis kesabaran...

Hendry Aripin

Budy prastowo

Idem Om. Saya ajukan ijin metode tadi setelah hampir dijawab oleh sekitar 6 CS beda nama. Jawaban kurang lebih serupa.
Dan saya simpan semua history dari mulai pembelian sd history billing.
Saya sempat ditelpon balik setelah diminta untuk meninggalkan nomor telepon, namun jawabannya sama seperti chat. Normatif tanpa bisa beri jawaban kapan akan direfund.
Yang saya agak kecewa adalah mereka menggunakan kata "TELAH" mengembalikan dana di email mereka sebulan yang lalu. Padahal saat saya konfirmasi ke pihak bank, belum ada sama sekali pengajuan dr pihak Tokopedia. Dari poin ini saja sudah merupakan ketidakjujuran.
Ketidakjujuran berikutnya saat saya post di medsos mereka, dijawab silakan cek DM kami sudah kirim pesan. Saya cek inbox medsos saya sama sekali tidak ada message dari mereka.

Sempat kepikiran untuk adukan ke YLKI, namun saya tahan dulu.

Anda menerima pesan ini karena berlangganan topik dalam grup "[id-android] Indonesian Android Community" di Google Grup.

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAPpH2Gv4596fDa_iZnT3OdtAsa0suywjx%3DUVrw7-L0y-9VG9vA%40mail.gmail.com.

Budy prastowo

Iya Om, saya sudah menduga mereka menggunakan bot. Template jawaban mirip-mirip hanya berganti nama CS.
Yang mengherankan mereka dengan bangga memajang Award dari salah satu lembaga sebagai salah satu e-commerce dengan layanan konsumen terbaik.
Ironis.

Anda menerima pesan ini karena berlangganan topik dalam grup "[id-android] Indonesian Android Community" di Google Grup.

mave

kalau dulu kejadian temen saya sebagai buyer domisili di semarang transaksi HP dgn berakhir unit di retur dan dana di kembalikan ke buyer, sejauh itu urusan antara buyer dan seller berjalan lancar tp kendala justru ada di pihak laz*d* krn dana di tahan sama mereka

saat buyer minta dana kembali ke pihak laz*d* di informasikan tunggu 1x24jam dan di tunggu2 belum juga ada dana masuk kemudian di complain lagi di minta tunggu lagi..hingga akhirnya genap 2minggu

akhirnya saya di minta tolong utk bantu proses nya krn sy domisili di jakarta dan kantor laz*d* nya saat itu masih di gedung bidakara.
saya temui bagian resolusi nya masuk ke dalam ruangan kaca bertemu dgn staff nya dan sy langsung hubungi temen melalui tlp utk bicara lsg dgn staff nya tsb jelaskan perkara nya.

di janjikan lagi tunggu 1x24jam kalau belum masuk dana nya bisa datang kembali ke laz*d*

seketika itu jg sy terbalikan meja bundar di ruangan tsb dan sy angkat kursi nya sy blg "selesaikan sekarang juga! tdk ada besok tdk ada 1x24jam..sekarang juga!"
mata seluruh org2 yg ada di ruang tunggu yg juga berfungsi sbg lobby tertuju ke dalam ruangan kecil tsb.

tdk sampai 15menit proses pengembalian dana sudah di konfirmasi kembali oleh temen sy dan sy ucapkan terima kasih ke staff itu lalu plg.

Mailtrack Sender notified by
Mailtrack 06/30/20, 04:46:38 PM

Oh begitu tho ceritanya. Terima kasih, Pak Budy.

> *Budy Prastowo*
> Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat
> [...]

Terima kasih atas sharing-nya, Pak Hendry.

> Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/CAPpH2Gv4596fDa_iZnT3OdtAsa0suywjx%3DUVrw7-L0y-9VG9vA%40mail.gmail.com.

Wuiks... sampai membalikkan meja ya, Pak Mave?

mave

iya om, bis drpd debat gk karuan, bagi mrk gampang krn mrk sehari2 krja di situ bulak balik gk jd masalah tp kita yg luangkan wkt krn masalah sepele tp hrs korbankan krjaan dan kegiatan lainnya cukup besar pengorbanan nya jd mending singkat aja tunjukin perlakuan mrk bikin kita juga gak suka di ombang ambing janji gak tepat.

kasian aja masyarakat yg pasti pny kendala lebih rumit lg tapi gak punya power utk lakukan pembelaan dan di indonesia pny YLKI dan BPKN gak berpihak sama masyarakat nya malah kerjaannya nguras uang negara dan cari pendapatan dari korporasi2 besar utk menang.

cmiiw

Mailtrack Sender notified by
Mailtrack 06/30/20, 07:09:34 PM

Ayo Subscribe >>  Channel YouTube

IG   https://www.instagram.com/agushamonangan

Iya sih.

Dulu masalah saya yang berbelit-belit dengan Lazada tuntas setelah saya
ngomong begini: "Tolong sebutkan alamat lengkap kantor Lazada. Daripada
tidak jelas begini, besok pengacara saya akan mengantarkan langsung
somasi untuk Lazada."

Padahal, jangankan pengacara, cara membuat somasi pun saya tak paham.

On Tue, 30 Jun 2020 19:25:50 +0700
mave <maveric...@gmail.com> wrote:

> [...]
> sama masyarakat nya malah kerjaannya nguras uang negara dan cari pendapatan

mave

🤣🤣🤣 krn udah saking kesel nya ya om jadi apapun di ucapkan supaya cepet selesai dan solved problem nya

cara lain bisa langsung tempuh jalur hukum ke pengadilan niaga, spy cepet lsg kirim 3x warning dalam sehari atau per hari jd saat pengadilan tny apa yg sudah dilakukan kita bisa bilang udah 3x warning tanpa respon atau tidak tuntas.

Mailtrack Sender notified by
Mailtrack 06/30/20, 07:49:48 PM

He he iya, Pak. SOL.

On Tue, 30 Jun 2020 19:53:29 +0700
> [...]

> yg sudah dilakukan kita bisa bilang udah 3x warning tanpa respon atau tidak

Budy prastowo

Noted om HSW, bisa jadi metode lain saat diperlukan.
Thanks Om.

Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/id-android/20200630193613.0854.E4008AD3%40hsw9900.com.