dokumentasi bianglala

書かし

to Bla...@googlegroups.com
Salam,

Adakah teman-teman yang mengetahui dokumentasi tentang biang lala ?

trims.

to bla...@googlegroups.com
dokumentasi tentang apa aja bro?? kebetulan saya punya bukunya nih, cuma memang gak terlalu detail tentang sejarah perkembangannya.

--
M. Olan Wardiansyah (olanuxer)
Linux User #468082, Ubuntu User  #23039

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 17:00:46 +0800
X <sangi...@gmail.com> wrote:

> dokumentasi tentang apa aja bro?? kebetulan saya punya bukunya nih,
> cuma memang gak terlalu detail tentang sejarah perkembangannya.

tanggal realease, fitur, basisnya apa, developernya siapa aja,
wallpaper/artwork, kenapa nama bianglala, artinya apa.

mungkin seperti itu

to bla...@googlegroups.com

2009/8/31 書かし <ahmadha...@gmail.com>

kalau tanggal rilis tidak tercantum di bukunya, tetapi karena membeli buku trus dapat bonus cd,mungkin bisa disamakan bulan rilisnya sama dengan penerbitan bukunya yaitu bulan Juli 2005.
Basisnya dari fedora core 3, developernya : Pak MDAMT, Pak Rus, Ahmad Sofyan, Erwien Samantha Yustitiawan, Firdaus Tjahyadi, Priyadi Iman Nurcahyo.
wallpapernya bergambar wayang kulit, apa perlu di buat tangkapan layarnya nih bro?? biar saya cari cd n install di VB.
untuk nama kode bianglala, mungkin pak Rus atau MDAMT bisa menjelaskan.

*menyerahkan mic pada beliau berdua*

Mohammad Anwari

to bla...@googlegroups.com
> untuk nama kode bianglala, mungkin pak Rus atau MDAMT bisa menjelaskan.
> *menyerahkan mic pada beliau berdua*

Silakan dibaca arsip milis NusaLinux yang menjadi cikal bakal BlankOn.

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 21:43:54 +0800
X <sangi...@gmail.com> wrote:

> wallpapernya bergambar wayang kulit, apa perlu di buat tangkapan
> layarnya nih bro?? biar saya cari cd n install di VB.

minta tulung layarnya ditangkep yak. :)

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 16:52:23 +0300
Mohammad Anwari <md...@mnots.eu> wrote:

> Silakan dibaca arsip milis NusaLinux yang menjadi cikal bakal BlankOn.

untuk melihat arsip, member only ya pak?

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 16:52:23 +0300
Mohammad Anwari <md...@mnots.eu> wrote:

> Silakan dibaca arsip milis NusaLinux yang menjadi cikal bakal BlankOn.

diantara 1005 arsip, nemu arsip yang ke 227 :

Okey. Resume dari bahasan Nama Distro "BlankOn"

Cara penulisan "BlankOn" atau "Blank0n" (yg ini pake 'nol' lebih catchy
yang ini sih :))
Cara pelafalan dalam bahasa indonesia "blangkon"

Arti dari BlankOn :
Blank0n Secara digital dapat diartikan Blank=0 dan On=1
Seperti cara penulisan Binary.

Blangkon merupakan topi traditional masyarakat jawa. Sebuah blankon yang
dibapakai oleh orang tertentu melambangkan bahwa orang tersebut
merupakan orang yang mempunyai kedudukan penting (atau berwibawa).
Pada zaman sekarang blangkon masih dipergunakan terutama dalam upacara
adat masyrakat jawa.

Distro BlankOn adalah sebuah distro turunan Fedora Core
bla-bla-bla.....mohon diteruskan :)

Akan saya buat logonya sesegera mungkin.

--
Zeus
http://zeus.qballcow.nl : about me

lagi nyari kode releasenya

Rusmanto

to bla...@googlegroups.com
Sebagian dokumen BlankOn 1 hingga 5 ada di komputer saya.
Jika membutuhkan tentang apa, silakan japri, siapa tahu ada.

Ini copy paste sebagian dari laporan ypli ke unesco:

At the middle of January 2005, we finished the second release
candidate of BlankOn Linux 1.0. We have burned (printed) 20.500
BlankOn Linux 1.0 RC2 CDs. Final release of BlankOn Linux 1.0 was be
uploaded to Internet by February 10, 2005. The information about final
release, installation manual, and mailing lists for users, can be
accessed from Internet www.blankonlinux.or.id.

Ini copy paste sebagian dari Catatan Rilis BlankOn Linux 1.0

BlankOn Linux 1.0 merupakan penyederhanaan Fedora Core 3, dari total 4
CD dikecilkan menjadi hanya 1 CD. Beberapa perubahan penting juga
dibuat untuk memudahkan pengguna awam di Indonesia, antara lain
kemudahan instalasi dengan membongkar Anaconda (program untuk
instalasi), dan memperbanyak penggunaan bahasa Indonesia dalam menu
dan sebagian dokumen lainnya.

Paket-paket yang ditambahkan

o Dukungan terhadap file-file audio MP3, video DVD, dan VCD.

o Lokalisasi menu dan manual berbahasa Indonesia, dan thema serta
icon dengan ciri khas BlankOn dan Indonesia.

o Berikut ini daftar paket yang ditambahkan:
- a52dec
- faac
- faad2
- ffmpeg
- frozen-bubble
- gst-ffmpeg
- gstreamer-plugins
- lame
- libdvdcss
- libdvdnav
- libdvdplay
- libdvdread
- libid3tag
- libmad
- libsndfile
- mpeg2dec
- rhythmbox-xine
- sodipodi
- totem-xine
- xine-libs
- xvidcore
- tvtime

Paket-paket yang dihapus:

o Sangat banyak paket yang dihapus, yaitu untuk meminimalkan
menjadi fokus ke desktop, dan cukup dalam bentuk 1 CD. Sedangkan
Fedora Core 3 berupa distro yang sangat lengkap dalam bentuk 4 CD.
Contoh paket besar yang dihapus adalah desktop KDE termasuk
Kdeedu, Kdemultimedia, Kdegames, dan Kdeedu.

o Dukungan bahasa lokal selain bahasa Indonesia juga dihapus.

Daftar nama pengembang BlankOn Linux 1.0:

- Koordinator: Mohammad DAMT
- Instalasi: Ahmad Sofyan
- Pemaketan: Priyadi Iman Nurcahyo
- Translasi: Mohammad DAMT, Erwien dan Dicky WP
- Desain grafis: Zeus
- Dokumentasi: Firdaus Tjahyadi
- Pengujian: Dicky WP, Firdaus Tjahyadi
- Dukungan teknis: Firdaus Tjahyadi, Yulian F. Hendriyana
- Kontributor: I Made Wiryana, RMS Ibrahim, Effendy Kho, Rusmanto,
M. Aulia Adnan, dan Riza Nugraha.

Mengapa pakai kode nama Bianglala?
Saya lupa, coba tanyakan ke pak ahmad sofyan. :)

Rus

Kita tidak pernah bertemu sebelumnya, bukan?

to bla...@googlegroups.com
On 8/31/09, X <sangi...@gmail.com> wrote:

> [...]
> Basisnya dari fedora core 3, developernya : Pak MDAMT, Pak Rus, Ahmad
> Sofyan, Erwien Samantha Yustitiawan, Firdaus Tjahyadi, Priyadi Iman

Itu nama yang bejibun jadi kastomer support itu ditulis dong ah itu
kan bagian dari depeloper, dan itu dewa zeus di tim artwork mana? >:P

--
_ _
( (____) )

to bla...@googlegroups.com

2009/9/1 Kita tidak pernah bertemu sebelumnya, bukan? <black...@gmail.com>

koordinator MDAMT
instalasi Ahmad Sofyan
Pemaketan Priyadi Iman Nurcahyo
Translasi MDAMT, Erwien dan Dicky WP
Desain grafis Zeus
Dokumentasi Firdaus Tjahyadi
Pengujian Dicky WP, Firdaus Tjahyadi
Dukungan Teknis, Firdaus Tjahyadi, Yulian F, Hendriyana
Kontributor I made Wiryana, RMS Ibrahim, Effendy kho, Rusmanto,  Riza Hugraha

tadi malam saya dah coba install di VB proses dah selesai, tapi setelah booting tidak mampu menampilan walpaper alias gelap saja, kenapa ya?? saat ini proses saya ulangi

to bla...@googlegroups.com
ini tangkapan layarnya untuk walpaper, btw untuk catatan rilisnya bisa di baca saat proses penginstalan (screenshoot-2)
Screenshot-2.png
default WP.png
Screenshot-7.png

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Tue, 1 Sep 2009 05:53:26 +0800
X <sangi...@gmail.com> wrote:

> ini tangkapan layarnya untuk walpaper, btw untuk catatan rilisnya
> bisa di baca saat proses penginstalan (screenshoot-2)

tenkyu pak atas screenshotnya.

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 23:52:19 +0700
Rusmanto <r...@infolinux.co.id> wrote:

Nanti saya akan japri pak ada yang ditanyaken lagi soalnya. :D

> [...]
> - Dukungan teknis: Firdaus Tjahyadi, Yulian F. Hendriyana
> - Kontributor: I Made Wiryana, RMS Ibrahim, Effendy Kho, Rusmanto,

Ini manusia abadinya cuman 2 orang yak ? :D

> Mengapa pakai kode nama Bianglala?
> Saya lupa, coba tanyakan ke pak ahmad sofyan. :)

saya obrak-abrik arsip nusalinux dulu pak, menarik diskusinya :)

On 9/1/09, 書かし <ahmadha...@gmail.com> wrote:

> Ini manusia abadinya cuman 2 orang yak ? :D

hehehehee! itu undangan gabung ke gogelgrups sampe sekarang belum
diasep-asep sama pemaketnya. X))

btw, coba cari di arsip sekalian, bagaimana barang-barang paketnya
dijahit dengan media CDrw, kalau ndak salah dulu ada, lupa-lupa inget
saya.

dan yang nganter ke tempatnya adalah pemaketnya. =))

KEREN!

to bla...@googlegroups.com
2009/9/1 Kita tidak pernah bertemu sebelumnya, bukan? <black...@gmail.com>

saya cuma gak menyangka setelah lama tidak memakai bianglala dan beralih ke mandrake, ternyata setelah di provokatori oleh blek untk pakai lagi blankon hasilnya memang luar biasa. cara kerja waktu zaman batu dahulu waktu membuat distro pasti berdarah-darah :D
mungkin kalau ada acara blankonf lagi perlu diundang tuh mbah-mbahnya blankon, suruh ceritain pengalaman mereka saat pertama kali membuat blankon.

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Tue, 1 Sep 2009 10:14:59 +0800

wrote:

> [...]
>
> btw, coba cari di arsip sekalian, bagaimana barang-barang paketnya
> dijahit dengan media CDrw, kalau ndak salah dulu ada, lupa-lupa inget

ini ngeri baca arsipnya, semaleman gak kelar-kelar. :D

> dan yang nganter ke tempatnya adalah pemaketnya. =))

wahaha... dulu keknya laku tuh ojek paketan

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Tue, 1 Sep 2009 10:27:13 +0800
X <sangi...@gmail.com> wrote:

> [...]
> mungkin kalau ada acara blankonf lagi perlu diundang tuh mbah-mbahnya
> blankon, suruh ceritain pengalaman mereka saat pertama kali membuat

itu si dewa zeus kemana ya? bisa disummon lagi kagak ya?

書かし

to bla...@googlegroups.com
On Mon, 31 Aug 2009 23:52:19 +0700
Rusmanto <r...@infolinux.co.id> wrote:

> Mengapa pakai kode nama Bianglala?
> Saya lupa, coba tanyakan ke pak ahmad sofyan. :)

membaca sampai di arsip nomor 1005 (arsip terakhir), saya tidak
menemukan kode nama Bianglala sebagai kode nama resmi blankon 1.

ada yang punya clue? atau saya salah baca ya?

Rusmanto Maryanto

to bla...@googlegroups.com
2009/9/1 書かし <ahmadha...@gmail.com>:

> membaca sampai di arsip nomor 1005 (arsip terakhir), saya tidak
> menemukan kode nama Bianglala sebagai kode nama resmi blankon 1.
>
> ada yang punya clue? atau saya salah baca ya?

Bianglala itu kata lain dari Pelangi atau Rainbow.
Yang menentukan nama Pak Ahmad Sofyan (yang tahu makna sebenarnya).

Saya mengartikan sbb.:
BlankOn 1.0 itu seperti pelangi, warna-warni dalam arti luas,
yaitu dikembangkan oleh banyak orang dg berbagai latar belakang
dan keahlian, juga punya tampilan dari berbagai adat dan budaya,
misal logo dari suku Jawa, ikon home dari Minang (rumah gadang),
sampah/trash dari .... (saya lupa), dan lain-lain. :)

Imho, beda dengan Nanggar yg difokuskan ke Batak,
Meuligoe yang ke Aceh, dan Lontara yang ke Bugis,
serta Konde yang lebih kental ke Jawa daripada Bianglala.

Rus

faiq aminuddin

to BlankOn, r...@infolinux.co.id
Adakah Catatan Rilis BlankOn 1.0 atau siaran pers atau sejenisnya?