OOT: Podcasting di Indonesia, mohon tanggapan dan pengalamannya...

3 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

Adinda Praditya

belum dibaca,
16 Mei 2007, 03.37.5116/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com
Hai list,...

Saya lagi wondering (apa ya, kata Indonesia yang cocok? 'penasaran' ya?) tentang podcasting di Indonesia. Saya googling hasilnya masih sedikit banget. Saya tanya ke temen-temen, rata-rata mereka nggak tahu apa itu podcast. Apa hal ini disebabkan karena koneksi yang belum bagus di Indonesia? Tapi sebagian warga jakarta yang 'ngantor' dan ada akses internet yang cukup baikpun saya kira belum mengenalnya (koreksi kalo saya salah). Lalu apa kira-kira penyebabnya? Mengapa media ini masih belum banyak dilirik orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang mahal. Share dong..

Saya sudah buat online survey di questionform.com (salah satu startup 2.0) mengenai hal ini untuk mendapatkan gambaran (syukur2) jawabannya. Mohon tanggapan tentang pertanyaan-pertanyaan di survey itu (mungkin saja ada cara nanya yang lebih optimal). Versi gratisnya hanya dibatasi dengan 5 pertanyaan. Tapi masih mending dari pada pembatasan responden. Atau ada penyedia online survey gratis yang lebih bagus?

Thanks,

Adinda P
http://apraditya.mahyuddin.web.id

Adinda Praditya

belum dibaca,
16 Mei 2007, 03.39.1916/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com

Made Wiryana

belum dibaca,
16 Mei 2007, 04.56.3516/05/07
On 5/16/07, Adinda Praditya <apra...@gmail.com> wrote:
> [...]
> orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang

Kami pernah coba utk memberikan layanan podcast
http://www.presidenri.go.id/index.php/layanan/rss/podcast.xml

boy avianto

belum dibaca,
17 Mei 2007, 03.21.4817/05/07
> [...]

> orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang

Pertanyaan yang sering ditanya orang ke saya:
"Kapan update apasajapodcast? - http://apasajapodcast.blogspot.com/ "

Jawaban saya:
"Episode udah banyak, masalahnya uploadnya susah - lambat banget dan
downloadnya juga susah - lambat banget".

Kalau pengalaman pribadi saya ya seperti itu: Masalah bandwidth. Kalau
masalah orang-orang lain yang 'ngantor' saya terus terang tidak tahu,
tapi mungkin kendala "teknologi" bisa jadi jawabannya, karena untuk
podcast baik membuat maupun menikmati, dibutuhkan pemahaman teknologi
yang lebih tinggi dibanding sekedar beremail, baca blog ataupun
instant messenger.

Sekarang pertanyaan dasar deh: untuk baca blog, berapa banyak sih
orang 'kantor' tadi yang menggunakan fasilitas RSS*? Kalau jawabannya
'sedikit', itu saja sudah jadi indikator bahwa pemahaman teknologinya
masih belum terlalu tinggi.

* Podcast baru terasa beda dengan sekedar mendengarkan MP3/audio via
internet bila memahami teknologi RSS. Setuju atau tidak?

--
<avianto /> - http://avianto.com/

boy avianto

belum dibaca,
17 Mei 2007, 03.26.1217/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com
Maaf, sedikit update dan konfirmasi:

> Jawaban saya:
> "Episode udah banyak, masalahnya uploadnya susah - lambat banget dan
> downloadnya juga susah - lambat banget".

Episode-episode awal apasajapodcast dibuat dan diupload/didownload
waktu saya tinggal di tanah seberang =).

Episode-episode yang tidak terupload adalah yang dibuat waktu tinggal
di Indonesia.

Made Wiryana

belum dibaca,
17 Mei 2007, 04.30.1117/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com

Pengalamam menyediakan podcast di situs Presiden, masih sedikit yg
memanfaatkan alasan

- Bingung dengan istilah podcast rata-rata, banyak yg merasa harus
menggunakan iPod :-). Ini terlihat dari lebih banyakyang mengakses
"streaming" daripada podcast. Walau contentnya sama.

- Faktor bandwidth.

Berbeda dengan rss yang lumayan banyak digunakan. Oh ya waktu
penguruman reshuffle, akses bisa sampai 2 kali lipat :-).

IMW

It's silentwind™

belum dibaca,
17 Mei 2007, 05.00.2217/05/07
On 5/17/07, Made Wiryana <mwir...@gmail.com> wrote:

On 5/17/07, boy avianto <avi...@gmail.com> wrote:

> [...]

menggunakan iPod :-). Ini terlihat dari lebih banyakyang mengakses
"streaming" daripada podcast.  Walau contentnya sama.

Nah, saya ingin menanggapi masalah ini. Yang disitus presiden kenapa tidak ada link untuk download? atau memang hanya tersedia berupa streaming? Karena kalau harus mendengan ketika bekerja (koneksi hanya ada saat kerja :D) saya pribadi merasa tidak sreg.

[...]

17 Mei 2007, 15.59.1117/05/07
On 5/17/07, It's silentwind™ <arie...@gmail.com> wrote:

> [...]
> kalau harus mendengan ketika bekerja (koneksi hanya ada saat kerja :D) saya

Ini salah satu kebingungan orang-orang dg istilah Podcast. Yang
sebetulnya "cuma" download file multimedia dan bisa dinikmati ketika
tidak online.

Jadi walau sudah disediakan fasilitas itu orang tetap tidak tahu .
Contoh, pertanyaan di atas

IMW

boy avianto

belum dibaca,
17 Mei 2007, 15.59.5317/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com
Nah, ini kasus/pertanyaan klasik yang berhubungan dengan RSS+Audio = Podcast.

> [...]

> kalau harus mendengan ketika bekerja (koneksi hanya ada saat kerja :D) saya

Karena 'podcast' itu sebenarnya diunduh melalui berlangganan RSS-nya.
Jadi bukan diunduh langsung dari situsnya =).

Jadi yang utama sebenarnya adalah 'langganan' RSS sebuah podcast
tertentu dan nanti setiap ada episode/file audio baru maka akan secara
terotomatis terunduh ke aplikasi yang digunakan untuk berlangganan
RSS.

Ini yang saya maksud dengan 'pemahaman teknologi' tadi - karena
sebenarnya inti dari podcast BUKAN mengunduh file dari website tetapi
update otomatis melalui RSS. Nah kembali lagi ke pertanyaan saya
sebelumnya "Berapa banyak sih yang memanfaatkan RSS dengan tepat dan
benar?"

asetiaji

belum dibaca,
17 Mei 2007, 16.26.0717/05/07
[...]

Mungkin masalahnya ada interprestasi yang kurang tepat, yang meng-analogikan podcast denga IPOD, dan karena banyak ngga  punya ipod cuman mp3 jadi  agak ragu2 untuk ikut ber-podcast ria,

Saat ini memang selain Itunes dari Apple banyak sekali software podcast yang lain, terus terang layanan ini sangat menarik, saya sendiri berlanganan podcast baik yang free ataupun yang berbayar, karena sangat menguntungkan, jadi bisa dengerin di metro, bus. Yang jadi persoalan di Indonesia mungkin karena sudah salah persepsi terlebih dahulu dan internet bandwith yang availabe dari senin sampai jumat free of charge, alias  officer hours only , karena "internet nya baru mau dateng besok, hehehehe" .

Selain itu kebanyakan dari kita masih sibuk menghabiskan waktu untuk browsing dari satu site ke site lain  di banding menggunaka software atau plugin RSS spt "SAGE". Padahal browsing itu ngabisin bandwith banyak, ambil contoh situs detik ampuunn  deh iklannya lebih banyak daripada beritanya. sedangkan dengan RSS plugin kita bisa liat header nya dari sebuah berita, kalau tertarik baru di download, habis gimana yaa mungkin bangsa kita ngga terbiasa efesiensi, jadi perilaku spt ini terbawa juga di internet.

Salam

Adjie

Adinda Praditya

belum dibaca,
17 Mei 2007, 21.39.5217/05/07

On 5/18/07, Made Wiryana <mwir...@gmail.com> wrote:

[...]

Benar sekali, inti podcast sebenarnya hanya itu saja, tidak harus kenal RSS. Karena ketidaktahuan tentang itu pun seharusnya bukan menjadi penghalang untuk menyediakan podcast. Mungkin belum sosialisasi dan menyadari kegunaan podcast ini.

Dulu (sebelum software alternatif untuk download podcast ada --yg saya tau tntunya) saya download manual dari website penyedia podcast, pindahin sendiri ke komputer, trus dengerin secara offline. Jadi intinya memang seperti pak IMW katakan. Apakah berarti hanya sebatas sosialisasi dan bandwidth nih..?

Thanks alot guys,

Adinda P
http://apraditya.mahyuddin.web.id

boy avianto

belum dibaca,
19 Mei 2007, 14.01.1719/05/07
kepadatekno...@googlegroups.com
Ehm, ada sedikit ketidaktepatan persepsi disini...

On 5/18/07, Adinda Praditya <apra...@gmail.com> wrote:

> [...]
> untuk menyediakan podcast. Mungkin belum sosialisasi dan menyadari kegunaan

Podcast justru sangat tergantung oleh RSS dan bukan 'hanya itu saja'.

Inti podcast justru adalah 'update otomatis' tanpa harus mengecek ke
situs penyedia podcast tiap hari. Seperti yang disebutkan Adjie, akan
sangat tidak efektif:

> [...]

> sendiri ke komputer, trus dengerin secara offline. Jadi intinya memang
> seperti pak IMW katakan. Apakah berarti hanya sebatas sosialisasi dan

Tidak efektif dan kalau mengikuti lebih dari 3 podcast akan sangat
repot mengunduh manual satu-persatu. Sosialisasi dan bandwidth memang
sangat berpengaruh, tetapi kemudahan yang justru ditawarkan oleh RSS
jadi nihil karena 'pemahaman teknologi' yang kurang dan akhirnya malas
kalau harus mengunduh satu persatu.

Padahal kalau memanfaatkan RSS bisa diilustrasikan sebagai begini:

"Pagi hari bung Adinda datang ke kantor. Buka iTunes (atau aplikasi
lainnya utk update RSS podcast) dan otomatis mengunduh file-file
podcast terbaru di latar belakang. Sore harinya iPod (atau alat
pendengar mp3 lainnya) di'sync' dengan iTunes. Pulang kantor sambil
mendengarkan podcast-podcast hasil unduhan seharian..."

Tidak repot, otomatis dan efisien.

Adinda Praditya

belum dibaca,
19 Mei 2007, 18.53.3019/05/07
On 5/20/07, boy avianto <avi...@gmail.com> wrote:

[...]

Teknologi RSS memang sangat erat dengan efektifitas, namun bukan berarti suatu keharusan untuk langganan podcast. Saya berfikirnya begini:

Podcast itu sama seperti sajian yang disediakan di internet, hanya saja formatnya yang berbeda, audio. Jadi untuk menikmati suatu content di internet, seperti teks (berita dll) ya tinggal kunjungi saja situsnya. Masalah orang mau pake RSS atau tidak itu hanya masalah efektifitas, bukan masalah yang menyebabkan terhalangnya orang untuk menikmati suatu layanan.

Podcast saya kira pun demikian. Makanya saya kasih contoh keadaan saya. Sewaktu kakak saya nyaranin untuk dengerin podcast IT dengan segala keuntungan podcast, saya sangat tertarik untuk menikmati layanan dengan format itu. Nah dari ketertarikan manfaat yang akan saya dapat ini, saya download manual dari website penyedia podcast, pindahin sendiri ke komputer, trus dengerin secara offline.

There, i'm using a podcast. Walaupun dengan cara yang sangat tidak efektif, tanpa RSS. Justru cara ini yang (terpaksa) saya lakukan karena koneksi inet saya. Jadi, kalo saja orang itu mengerti keuntungan dari podcast, (saya yakin) dia akan menggunakannya.

Atau jangan-jangan, karena opini "kalo mau menikmati podcast, harus pake itunes (dan/atau) harus dengan RSS" sehingga (justru kesalahpahaman inilah yang) menyebabkan orang indonesia menjadi 'pesimis' untuk menggunakannya.

Sekali lagi, saya setuju dengan definisinya IMW tentang podcast:

Ini salah satu kebingungan orang-orang dg istilah Podcast. Yang
sebetulnya "cuma" download file multimedia dan bisa dinikmati ketika
tidak online.

Thanks for sharing,

Adinda P
http://apraditya.mahyuddin.web.id/

asetiaji

belum dibaca,
19 Mei 2007, 19.32.4219/05/07
On 5/20/07, Adinda Praditya <apra...@gmail.com> wrote:

Teknologi RSS memang sangat erat dengan efektifitas, namun bukan berarti suatu keharusan untuk langganan podcast. Saya berfikirnya begini:

Setuju, Akan tetapi sayang sekali teknologi yang sudah ada dan sangat indah ini tidak di manfaatkan secara maksimal, padahal  ini sangat efektif dan efesien, in-term cost and time.

[...]

Is your choice, cara orang mendapat layanan content ini bisa berbagai macam cara, karena kalau cuma berlangganan satu podcast saja, cara mendownload mungkin lebih mudah. Tapi kalau lebih dari satu podcast mungkin akan sedikit repot, kecuali  end user nya banyak waktu  yang tersedia.

[...]

Itukan opini saja, mungkin karena ketidak tahuan saja , jadi orang hanya menggunakan Itunes khusus untuk podcast, atau mungkin orang beropini kalau podcast itu cuma buat ipod saja. Jadi itu opini, kalau yang saya tangkap dari pendapat boy, adalah  dengan RSS kita bisa mengunduh secara  background process, tanpa harus one by one, (karena kesibukan kadang  saya suka terlewat satu seri podcast) di tambah lagi banyak beberapa website podcast yang mengupdate tidak reguler, nah dengan RSS ini akan sangat memudahkan process dan akan menjadi sangat efektif, tapi kemabali lagi kalau end user punya banyak waktu, download satu persatu juga ndak ada yang melarang:-D.

Saya sich ngga pesimis sebagai orang Indonesia, menurut saya ini cuma soal waktu saja layanan ini akan menjadi salah satu alternatif multimedia content, Karena  kalau di lihat jumlah penyedia layanan podcast berbahasa indonesia juga masih kurang, dan kontent yang ada masih belum menarik minat orang untuk download podcasting (kecuali tukul podcasting online),ada beberapa alasan lain:

1.Internet masih barang mewah, jadi waste time and money untuk download podcasting,
2.MP3 / Ipod masih sebatas sarana untuk mendengarkan music yang memang kebanyakan di transfers secara offline ( tingkat pembajakan masih tinggi ).
3. Tidak sebanding jumlah orang yang memiliki MP3/Ipod dan "personal" computer.

salam

Adjie

The_Eye_In_The_Sky

belum dibaca,
19 Mei 2007, 20.59.3219/05/07
Adinda Praditya wrote:
> [...]
> orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang

1. IMHO kebanyakan reader blog dan podcast adalah reader/listener
online. Jadi tidak lumrah untuk melakukan download kemudian baca baca
secara offline. Blogwalking yg saya lakukan adalah untuk menikmati
"curiosity of mind diversity" dari para penulis blog, yg sangatlah
heterogeneous sehingga menarik. Dan cilakanya, banyak blog yg ternyata
mereferensikan sesuatu dari web page atau blog lain, sehingga tidak
tertangkap ketika diambil melalui RSS. Kadang juga yg menarik dari blog
adalah comment sectionnya yg bisa jadi ajang debat menarik. Lain dengan
web site news seperti CNN, BBC dll, mereka menyediakan suatu "snapshot"
akan dunia atau negara pada suatu saat, sehingga menarik untuk
didownload dan dibaca/didengarkan secara online ketika naik bus atau
kereta api. Isinya pun benar benar ringkas, sekian lines, sekian detik,
that's it.

2. Bandwidth di Indonesia hanya bisa didapat di kantor. Tapi apakah anda
"berani" open suatu home page yang ada bunyinya? Saya yakin kebanyakan
pekerja kantor komputernya tidak ber-speaker, atau kalau laptop
berspeaker, selalu dipasang pada kondisi mute. Karena ada stigma, web
browser yang bunyi, berarti sedang browsing site "nakal" yg tidak ada
hubungannya dengan produktifitas kantor. Selain itu pemakaian headphone
selalu tidak dianjurkan, karena mengisolasi dari kondisi lingkungan dan
phone or boss call.

3. Mencolokkan MP3 player ke komputer kantor? Wah, kebanyakan IT company
yg punya rahasia besar, biasanya menyatakan MP3 player dan segala macam
flash disk tidak diperkenankan untuk dibawa bekerja. Juga headphone
ber-kamera. Financial industry, IT R&D company, Semiconductur industry,
etc. Itu juga kenapa saya selalu bawa headphone tak berkamera dan
labelling my USB+MP3 player, karena kudu surrender barang tersebut
ketika masuk kantor type begituan.

4. Saya memang jarang download podcast, tapi saya sering download
webinar dan macam macam audio presentation dalam bentuk MP3. Yg sering
saya sesalkan adalah tidak jelasnya filename dan ID3 tag dari materinya.
Misalkan 0001.MP3. Kudu didengarkan dulu untuk tahu ini file isinya apa.
Dan juga MP3 player yg flash based itu biasanya cuman punya 1 liner
screen, gak enak untuk scrolling and searching file name. Dan juga
paling banget 2 level directory structures. Itu juga kenapa saya pakai
iPod classic yg 40-60GB, karena layarnya besar dan bisa search dengan
cepat. Selain itu kalo audio materialnya besar, misalkan paling tidak 30
menit, saya rela mengedit ID3 tag-nya supaya jadi informatif ketika di
search di iPod.

Ikhlasul Amal

belum dibaca,
19 Jun 2007, 11.08.0319/06/07
> [...]
> orang di Indo? Padahal mp3 player dengan kapasitas besar bukan lagi barang

Karena tampaknya bertujuan mengumpulkan seluas mungkin jawaban, saya ikut deh:

1. karena bagi saya suara itu untuk musik atau bercakap-cakap. Saya
tidak terlalu suka berpidato atau mendengar pidato (dibanding menulis
atau membaca teks). Termasuk mendengar radio yang isinya percakapan
dengan nara sumber dan laporan kemacetan lalu-lintas -- mending mereka
putar musik non-stop.

2. navigasi lebih sulit. Mencari bagian yang penting di sebuah rekaman
audio bisa menyita waktu lebih banyak dibanding teks.

3. kurang interaktif, sehingga seperti (1) seolah-olah menikmati media
satu arah. Mau pasang komentar, lacakbalik ("trackback"), dan hal-hal
lain yang bersifat interaksi gagasan lebih sulit. Di alat bantu
berbasis teks yang seperti ini sudah otomatis.

Suara baru terasa penting pada saat mengobrol "online" ("chat"),
soalnya capek juga harus mengetik banyak dan bersifat respon seketika.

--
amal

Balas ke semua
Balas ke penulis