Google Grup tidak lagi mendukung postingan atau langganan Usenet baru. Konten lama masih dapat dilihat.

K SETELAH TERCERAHKAN (03): (1922) Surat-surat kepada Leadbeater, Ny. Besant & Lady Emiiy

0 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

Hudoyo Hupudio

belum dibaca,
24 Apr 2007, 09.14.4424/04/07
kepada
K SETELAH TERCERAHKAN (02):=20
(1922) Surat-surat kepada Leadbeater, Ny. Besant & Lady Emiiy

Mr. Warrington juga menulis sebuah risalah tentang peristiwa itu. Ia bilang=
bahwa ia telah membaca risalah K dan risalah Nitya, dan ia dapat mendukung=
kebenarannya. Ia cuma menambahkan satu informasi: bahwa tempat tidur yang=
ditempati K bersih, karena dialah yang mengganti spreinya pada malam itu.

Pada 2 September, K menulis surat kepada Ny. Besant, Leadbeater dan=
Lady Emiiy. Kepada Leadbeater ia menulis:

"Beberapa waktu lalu saya mengirim kawat kepada Anda, minta konfirmasi=
tentang perasaan saya bahwa Lady Emiliy diterima [secara okult dalam=
Persaudaraan Putih Agung] pada malam 12 Agustus. Karena saya tidak=
memperoleh jawaban, saya anggap ia belum diterima. Maafkan saya. Saya=
kirimkan kepada Anda foto-foto Helen Knothe dan Rosalind Williams. Kita=
bicara tentang Helen ketika saya ada di Australia, dan saya yakin ia akan=
bekerja untuk para Master, dan selain itu Anda pernah bilang ia adalah Piet=
Meuleman(1). Mohon menulis tentang dia, karena saya tertarik kepadanya.=
(Saya hampir saja jatuh cinta kepadanya sewaktu bertemu dengan dia di=
Holland!!!!)

Miss Williams berusia 19 tahun, seorang gadis Amerika, sangat baik, dan=
pada malam 21 Agustus saya merasa dia memperoleh tingkat Percobaan [dalam=
Persaudaraan Putih Agung]. Mohon katakan apakah memang demikian.

Nitya telah menulis secara terperinci tentang pengalaman luar biasa=
pada malam 21 Agustus, dan bagaimana dua hari sebelumnya telah mengantar=
pada malam itu. Saya mengirimkan kepada Anda, Ny. Besant dan Raja=
[Jinarajadasa] satu kopi dari tulisan itu. Seperti Anda ketahui, saya tidak=
berada dalam apa yang disebut 'kebahagiaan' selama bertahun-tahun; segala=
sesuatu yang kusentuh menghasilkan ketidakpuasan; kondisi batin saya,=
seperti Anda ketahui, Saudaraku terkasih, sangat buruk. Saya tidak tahu apa=
yang ingin saya lakukan, saya juga tidak peduli sebanyak apa yang saya=
lakukan; segala sesuatu membosankan saya dengan cepat, dan sesungguhnya=
saya tidak menemukan diri saya. Dari apa yang ditulis Nitya, dan dari apa=
yang saya tambahkan, Anda akan melihat bahwa saya telah berubah banyak=
dibandingkan ketika saya berada di Australia. Wajarlah bila saya=
merenungkan dengan jernih dan dengan penuh perhatian pesan Master Kuthumi=
yang diberikan kepada saya ketika saya berada di Australia. Saya mulai=
bermeditasi dengan teratur setiap pagi selama sekitar setengah jam. Setelah=
beberapa hari bermeditasi, saya mulai melihat jelas di mana kegagalan saya=
di masa lampau dan di masa sekarang, dan sebagaimana Anda kenal saya dari=
dulu, saya mulai dengan sadar dan penuh perhatian menghancurkan=
timbunan-timbunan kesalahan dari tahun-tahun yang lampau, sejak saya=
meninggalkan Anda, yang patut disayangkan. Di sini izinkan saya mengakui=
dengan rasa malu, bahwa perasaan saya terhadap Anda tidaklah sebagaimana=
mestinya. Sekarang semua itu sangat berbeda, saya rasa saya mencintai dan=
menghormati Anda sebagaimana dilakukan oleh sedikit sekali orang. Cinta=
saya kepada Anda ketika kita pertama kali bertemu di Adyar muncul kembali=
dan membawa serta cinta dari masa lampau. Mohon jangan berpikir bahwa saya=
menulis kata-kata yang usang hanya untuk menyenangkan hati. Bukan begitu,=
dan Anda, Saudaraku terkasih, tahu saya sesungguhnya lebih baik daripada=
saya sendiri. Saya berharap, dengan sepenuh hati saya, bahwa saya bisa=
bertemu dengan Anda sekarang.

Setelah 20 Agustus, saya tahu apa yang ingin saya lakukan dan apa yang=
terletak di hadapan saya--tiada lain adalah melayani para Master dan Lord=
[Maitreya].(2) Sejak tanggal itu saya menjadi jauh lebih peka dan sedikit=
waskita (clairvoyant), sebagaimana saya melihat Anda bersama Ketua Umum=
[Ny. Besant] malam lalu ketika saya tengah duduk di bawah sinar rembulan.=
Hal seperti itu tidak pernah terjadi pada saya selama lebih dari tujuh=
tahun. Sesungguhnya, selama tujuh tahun terakhir, secara spiritual saya=
buta, saya berada di dalam ruang bawah tanah tanpa cahaya, tanpa udara=
segar. Sekarang saya merasa saya berada di bawah sinar matahari, dengan=
energi banyak, bukan energi fisikal melainkan energi mental dan emosional.=
Sekali lagi saya merasa berhubungan dengan Lord Maitreya dan Sang Master,=
dan tidak ada lagi yang harus saya lakukan selain melayani Mereka(3).=
Seluruh kehidupan saya sekarang berada secara sadar di tingkatan fisikal,=
mengabdi pada tugas ini, dan rasanya saya tidak akan berubah.

Mohon katakan kepada saya, tanpa ragu-ragu sedikit pun, apa pendapat=
Anda tentang semua yang saya tulis dan rasakan."

-----------------
(1) Ny. Petronella Catharina Meuleman-van Ginkel (1841 - 1902), Pendiri=
Perhimpunan Teosofi di Belanda pada tahun 1891. Helen lahir tahun 1904.
(2)(3) Di sini K masih menggunakan ungkapan-ungkapan Teosofi, bahkan sesudah=
pencerahannya. Ia masih bicara tentang "melayani para Master dan Lord=
Maitreya."
-----------------

Suratnya kepada Ny. Besant kurang lebih merupakan pengulangan dari yang di=
atas. Kepada Lady Emily ia mengungkapkan perasaannya dengan lebih intim:

"Saya tidak menulis surat yang panjang kepada Anda selama lebih dari dua=
minggu; maafkan saya, tapi saya tidak bisa berbuat lain, seperti Anda akan=
lihat sendiri dari apa yang akan saya jelaskan. Saya sakit, dan dari apa=
yang saya kirimkan kepada Miss Dodge, saya sebetulnya tidak sakit. Saya=
justru amat beruntung untuk kembali, saya rasa, ke dalam kesadaran Sang=
Master & sentuhan lama saya dengan Lord Maitreya. Saya telah mengirimkan=
pernyataan tertulis saya kepada Miss Dodge, pertama-tama karena kami tidak=
bisa memperoleh banyak kopi di sini, & juga saya ingin mengirimkannya=
kepadanya oleh karena ia tidak begitu sehat & mungkin itu bisa menyenangkan=
hatinya dan menolongnya. Saya tahu Anda tidak akan berkeberatan saya=
mengirimkan surat itu kepadanya, & saya harap begitu! Saya akan menulis=
kepadanya agar akhirnya menyerahkan naskah itu kepada Anda. Saya rasa ada=
baiknya salah satu dari Anda membacanya keras-keras ketika Anda berkumpul=
bersama, & saya akan menulis ke Miss Dodge untuk itu. Dengan itu Anda akan=
melihat bahwa saya telah 'berubah' & bahwa saya berbahagia mengatasi=
kebahagiaan manusiawi. Saya merasa & hidup di dalam kebahagiaan besar;=
bukan kebahagiaan dari kebanggaan. Nitya dan Mr. Warrington juga menulis &=
saya menulis risalah saya tanpa dibantu. Khususnya bagian belakang saya=
tulis dua hari setelah peristiwa itu & dan selagi saya masih berada dalam=
suasana kebahagiaan besar & pemujaan. Saya masih merasakan itu kalau saya=
memikirkannya. Semua yang saya tulis benar-benar asli & mendalam. Saya=
tidak mungkin kembali seperti dulu. Saya tidak akan berhenti mencintai=
Anda, Ibu sayang, tetapi sikap saya terhadap kehidupan ini telah berubah;=
bagi saya tidak ada apa-apa lagi kecuali tugas ini. Saya jelas mempunyai=
energi mental & emosional, tapi masih belum energi fisikal & itu akan=
datang. Saya merasa seolah-olah saya duduk di puncak gunung dalam pemujaan=
& Lord Maitreya berada dekat dengan saya. Saya merasa, saya berjalan di=
udara yang lembut & harum. Cakrawala hidup saya jernih & garis di cakrawala=
itu indah & teliti.

Jadi, Ibu, Anda lihat bahwa saya telah berubah & dengan perubahan itu=
di dalam saya itu, saya akan mengubah kehidupan teman-teman saya. Saya=
ingin mereka mendaki gunung yang sama & dan menatap kemegahan=
Makhluk-Makhluk Megah dari sana. ... Saya ingin Anda berada di sana bersama=
saya. ... Saya akan menolong seluruh dunia untuk mendaki beberapa kaki=
lebih tinggi daripada di mana mereka sekarang & Ibu, Anda harus menolong=
saya & untuk bisa membantu Anda harus sudah mendaki [lebih dulu] dan=
mengarahkan orang-orang di sepanjang jalan ini. Anda harus berubah &=
berubah dengan sengaja & dengan niat yang mantap ... Saya harap Anda tidak=
merasa bahwa saya tengah berkhotbah kepada Anda, tetapi oleh karena saya=
telah berubah & sekarang saya telah merasa bahwa saya telah menemukan diri=
saya, saya ingin membantu Anda merealisasikan diri Anda sendiri & menajdi=
besar. Anda harus begitu, oleh karena tidak ada apa-apa lagi di dunia=
selain menapaki Jalan yang megah dan suci ini & Ibu sayang, saya akan=
membantu Anda. Tidak ada apa-apa lagi untuk dikerjakan selain menjadi=
seperti Mereka di dalam segala hal & mengikuti & melayani Mereka dengan=
melayani dunia. Anda tidak tahu betapa saya telah berubah, seluruh batin=
saya hidup penuh energi & pikiran & saya yakin ego saya pasti telah runtuh.=
Saya sedikit waskita.

Maukah Anda, bila Anda telah memperoleh naskah dari pengalaman saya,=
apa yang ditulis oleh Nitya, Mr. Warrington, dan saya, membuat 4 kopi? ...=
Saya tidak mau itu dipergunjingkan & lagipula sangat sedikit orang yang=
perlu tahu tentang itu. Behati-hatilah tentang siapa yang mengetiknya.=
Bisakah Anda memikirkan seseorang yang dapat dipercaya sepenuhnya? Saya=
ingin Anda mengirimkannya, semua ditandai "Sangat pribadi. Jangan=
diperlihatkan kepada orang lain," kepada: Cordes, Ruspilo, Madame Blech,=
Miss Dijkgraaf. Saya harap Anda tidak berkeberatan, tapi pilihlah orang=
yang benar-benar dapat dipercaya, harap berhati-hati, saya percayakan=
kepada pertimbangan Anda."

Dalam sebuah surat belakangan, K mengatakan kepada Lady Emily bahwa ia=
tidak mengirimkan naskah itu kepada Helen, karena ia merasa Helen tidak=
akan bisa memahaminya, dan oleh karena Helen akan pergi ke Holland, Miss=
Dijkgraaf bisa membacakan untuknya.

Lady Emily minta Rajagopal mengetik naskah itu. Ketika mengirimkan=
sebuah kopi untuk Ruspoli, ia menulis:

"Saya harap dengan membaca ini, Anda akan merasakan bahagia seperti saya=
rasakan. Dengan mengenal K beserta kejujurannya yang mutlak, naskah ini=
lebih mencolok lagi. ... Bagi Anda dan saya yang tahu betapa K tidak=
berbahagia selama ini--tidakkah indah merasakan bahwa ia sekarang bahagia=
dan damai--setelah menemukan dirinya sendiri? Ini jelas telah mengubah=
seluruh aliran kehidupan bagi saya, dan saya harap bagi Anda juga."

Nitya juga merasa bahwa hidupnya telah berubah. Seperti ditulisnya=
kepada Leadbeater pada 1 September:

"Saya khawatir tidak dapat banyak membantu Krishna seperti yang seharusnya=
saya lakukan, mungkin saya menjadi penghalang, tapi saya akan membantunya=
sedapat mungkin mulai sekarang. ... Jika Anda mau mengatakan dengan cara=
bagaimana saya bisa membantu Krishna, ingatlah bahwa saya akan berterima=
kasih."

Dan kepada Ny. Besant, Nitya menulis:

"Segenap dunia ini telah berubah bagi saya sejak kejadian-kejadian ini, saya=
merasa seperti gelembung yang tiba-tiba menjadi pejal, dan hidup ini=
menjadi sederhana, syukurlah. Saya merasa seolah-olah saya belum pernah=
hidup sebelum ini, dan sekarang saya tidak bisa hidup kecuali saya melayani=
Lord."

Leadbeater tidak ragu-ragu bahwa yang dialami Krishna adalah Inisiasi=
Ketiga, tetapi ia bingung, seperti tercermin dalam suratnya kepada Ny.=
Besant pada 21 Oktober;

"Sekarang tentu Anda telah menerima kopi risalah yang ditulis oleh Krishna=
dan Nitya tentang pengalaman indah yang dialami oleh yang tersebut pertama.=
Memang mengagumkan dan indah, sekalipun saya berharap bahwa itu tidak=
disertai begitu banyak kesakitan dan penderitaan jasmani. Saya ingin=
mendengar komentar Anda mengenai hal ini. Kita berdua telah melewati=
pengalaman yang amat mirip, sekalipun, sekurang-kurangnya dalam hal saya,=
tidak ada gejala-gejala fisik yang menakutkan itu, di mana tubuh ini=
biasanya berisitirahat dalam kondisi trance, atau sebaliknya, sepenuhnya=
sadar dan berpartisipasi dalam apa yang terjadi, tapi tanpa rasa nyeri atau=
sakit."

Anehnya, baru sebulan kemudian Leadbeater menulis mengenai hal ini=
kepada K sendiri. Apakah ia menunggu jawaban Ny. Besant sebelum menulis?=
Pada 14 November ia menulis kepada K:

"Dear, Krishna. Saya mengucapkan selamat dengan sepenuh hati saya. Langkah=
yang telah Anda ambil adalah sangat penting, dan memberi keyakinan=
(sepanjang manusia bisa yakin) bahwa Anda akan mengambil langkah berikutnya=
dalam waktu beberapa tahun. Saya memahami seluruh kebahagiaan yang Anda=
rasakan, kepastian, peningkatan cinta & energi yang indah. Oleh karena ia=
[Ny Besant] dan saya telah menempuh semua ini--sekalipun saya tidak=
mengalami penderitaan fisik sebanyak apa yang tampaknya Anda alami. Saya=
rasa ia pun menderita, tetapi ia tidak berkata banyak tentang itu.=
Dibandingkan dengan kemajuan yang dialami kebanyakan siswa, berbagai hal=
telah berkembang dengan cepat sejak waktu itu, sekitar empat belas tahun=
lalu, ketika kita bertemu untuk pertama kali dalam inkarnasi ini di Adyar.=
Dan saya sangat, sangat berterima kasih bahwa kami telah sampai pada taraf=
sekarang tanpa masalah, oleh karena pernah saya mempunyai sedikit=
kecemasan, sekalipun saya tahu bahwa semuanya akan beres pada akhirnya.=
Anda perlu kokoh dan tak tergoyahkan sekarang; namun seluruh tradisi okult=
mengingatkan kita bahwa tetap ada bahaya dan godaan sepanjang jalan sampai=
pada ambang Keilahian itu sendiri. Semoga Lord Maitreya menganugerahkan=
kita untuk tetap setia kepada-Nya--untuk melupakan diri kita sepenuhnya di=
dalam cinta kita kepada-Nya!

Rosalind Williams mendapat kesempatan yang indah tiada taranya untuk=
menyertai Anda dan membantu Anda pada kesempatan yang amat penting itu, dan=
kita tidak perlu heran bahwa dengan segera ia diangkat ke tingkat=
Percobaan. Semoga ia maju berkat awal yang indah dan tinggi ini! Anda benar=
ketika merasa bahwa Lady Emily diterima [dalam Persaudaraan Putih Agung].=
Helen Knothe masih bayi kecil ketika saya melihatnya; saya tidak tahu=
banyak tentang dia sekarang, sekalipun saya sangat mengaguminya sebagai=
Piet Meuleman. ...

Apakah langkah Anda yang berikut? Apakah Anda berpikir akan datang=
kemari [ke Australia] lagi? Kami akan sangat bersenang hati melihat Anda=
lagi, dan tentu saja Anda dapat berbuat banyak kebaikan ... tetapi tentu=
saja itu sama benarnya dengan di negara mana pun di dunia! Dengan cinta=
yang melimpah untuk Nitya dan Anda sendiri, dan hormat saya kepada Mr.=
Warrington.

I am, yours ever most affectionately, C.W. Leadbeater."

Sekitar sebulan sebelum K menerima surat ini, ia telah mendengar dari=
Ny Besant, bahwa ia telah menjalani Inisiasi Ketiga. Tetapi pada waktu itu=
ia mulai mengalami suatu proses yang aneh dan menyakitkan yang=
timbul-lenyap selama bertahun-tahun.

<bersambung>

SI JOHN

belum dibaca,