Google Grup tidak lagi mendukung postingan atau langganan Usenet baru. Konten lama masih dapat dilihat.

Buwat kang Poly dan ... kang Dapid.

0 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

darion

belum dibaca,
24 Apr 2007, 07.33.4624/04/07
kepada
Buat nulungin kang Poly dan kang Dapid:

Theocracy: negara dibawah kakuwasaan pandito. contoh-é: Vatican. Inih
nggak disoka-in Islam, Yesus dan Musa. Tapi disoka-in banyak orang
Katulik.

Theocratic democracy: demokrasi berdasarken ajaran obyektip
(musyawarah). Nggak usah dipimpin pandito atawa pamuka igama. Inih
disoka-in dan dicita-citaken Islam, Yesus dan Musa !

Sekuler: pamisa-an hal-hal kanagara-an dari hal-hal ka-igama-an.
Biarpun sanget banget kurang disuka-in (lamtaran orang jadi
schizophrenic) tapi diboléhken atawa bisa ditrima oléh Islam, Yesus
dan Musa. Ini posisi-é kayak perceraian dalem Islam. Tuhan nggak soka
adanyah perceraian, tapi bisa menerima (lamtaran dalem situasi
tertemtu iku hal nyang paling kurang jelèk). Lamtaran iku Tuhan
ngijinken. Perceraian adalah satu-satu-é hal nyang nggak disokain
Tuhan, tapi diijinken.

Repiblik: Negara nyang nggak dipimpinan Raja, atawa orang nyang cuman
ada hak lamtaran katurunan ajah.

Kraja-an: nyang pimpin adalah Raja atawa Ratu.

Negara kapulisian: Nyang kowasa adalah Angkatan Bersenjata (Pulisi
atawa temtara).

Negara totaliter : Panguawasa-é berkowasa motlak, sa-uééé'nak jidat-é.
Pangmimpin-é bisa bilang: "L'état c'est moi !"

Suwatu negara dalem praktek bisah brupa kombinasi dari nyang
disebutkan iku loh.

Kalu pendapet sayanyah inih kurang sampurna bolé tamba-in atawa
korèksi. Asal bener dan paké akal lempeng loh !

TabraQue TabriQue

belum dibaca,
24 Apr 2007, 08.48.1324/04/07
kepada
darion <hyd...@hotmail.com> wrote in news:1177414426.599056.318830
@b40g2000prd.googlegroups.com :

> [...]

> Kalu pendapet sayanyah inih kurang sampurna bolé tamba-in atawa

> korčksi. Asal bener dan paké akal lempeng loh !

lho bijihmanah ceritanya orang sakeet koQ yakin bin pEdE mao nulungin nyang sehat walaafiat

weleh bodoG nya si mbiLL !! temptu saja orang sakeeet akan berpikiran demikian

kalok sehat temptu ucapan dan pikirannya gak akan begitu, bwOhOhOhO

--
Q3:54 ...and Allah is the best of the deceivers.

Q3:54 ... dan Auwlloh adalah 'khairu al mukareena' (penyesat terulung) !!!

subbanouwlloooh getoo loh !

si_poly

belum dibaca,
25 Apr 2007, 04.10.1825/04/07
kepada
Pengertian saya tentang negara theocracy itu kalo dasar dan hukum negara itu didasarkan pada agama atau hukum Tuhan/Allah;
bentuk pemerintahannya bisa berupa republik atau kerajaan atau lainnya;
sedangkan negara sekuler itu negara yang tidak menyinggung/tidak mendasarkan/tidak memakai agama sebagai dasar hukum negara;
bentuk pemerintahannya bisa macam-macam.
Jadi contohnya, Iran itu negara Islam Republik, Arab Saudia negara Kerajaan Islam, sedangkan Belanda adalah Kerajaan yang sekuler.

Jadi kalo saya menyinggung tentang 'negara sekuler', pengertiannya itu adalah negara yang tidak memakai agama/hukum agama sebagai hukum di negara itu; bentuk negaranya bisa republik atau kerajaan atau bahkan totaliter atau kepulisian.

darion

belum dibaca,
25 Apr 2007, 04.49.3425/04/07
kepada
On 24 apr, 14:48, TabraQue TabriQue <medi...@bio.com> wrote:
> [...]

> kalok sehat temptu ucapan dan pikirannya gak akan begitu, bwOhOhOhO

laaah ... si mBill kok jadi memrosotken diri jadi setarap IzMy nih ?

> --
> Q3:54 ...and Allah is the best of the deceivers.
>
> Q3:54 ... dan Auwlloh adalah 'khairu al mukareena' (penyesat terulung) !!!
>

> subbanouwlloooh getoo loh !- Tekst uit oorspronkelijk bericht niet weergeven -
>
> - Tekst uit oorspronkelijk bericht weergeven -

Duren

belum dibaca,
25 Apr 2007, 07.55.0225/04/07
kepada
darion <hyd...@hotmail.com> wrote in news:1177490973.953466.72300
@r30g2000prh.googlegroups.com :

> laaah ... si mBill kok jadi memrosotken diri jadi setarap IzMy nih ?

bwahahahahaha, gak apah2. tokh ente misik 20 tengkat lagi di bawah sono , hue hue hue
hue hue hueeeekk .....

David G.

belum dibaca,
25 Apr 2007, 13.00.2425/04/07
kepada
si_poly wrote:
> [...]
> adalah negara yang tidak memakai agama/hukum agama sebagai hukum di
> negara itu; bentuk negaranya bisa republik atau kerajaan atau bahkan

Ada 2 (dua) macam penjelasan yang beredar:

1. government by immediate divine guidance, or
2. subject to religious institutions and priests (or a state ruled in
this way).

Yang mana yang betul? Ya, tergantung kepercayaan orang.
Bagi yang percaya pada agama ybs, yang betul ya nomor (1). Bagi yang
tidak percaya kebenaran agama, yang betul ya no(2).

(For people who do not believe in a theocracy's religion or feel that
its religious institutions do not represent the religion well, a
theocracy is a form of oligarchy or even tyranny that purports to
fulfill a divine intention but instead simply fulfills the goals of the
ruling priests.)

Sebagai penganjur negara sekuler, saya tidak percaya dua-duanya. Dan
saya percaya bahwa negara teokrasi sedang dalam proses menghilang dari
muka bumi.

--
salam,
dg

gatho

belum dibaca,
26 Apr 2007, 02.41.2226/04/07
kepada

:)

si_poly

belum dibaca,
26 Apr 2007, 03.00.1226/04/07
kepada

"David G." <dav...@dvdg.juwono.net> schreef in bericht

> Ada 2 (dua) macam penjelasan yang beredar:
>
> 1. government by immediate divine guidance, or
> 2. subject to religious institutions and priests (or a state ruled in this
> way).

Wah, pengertian saya tentang theocracy ternyata ndak betul;
mungkin hanya mendekati pengertian kedua.

Kalo begitu, apakah Iran bisa dibilang negara semi-theocracy?

darion

belum dibaca,
26 Apr 2007, 07.44.0926/04/07
kepada
On 25 apr, 10:10, "si_poly" <r...@jbr.id> wrote:
> Pengertian saya tentang negara theocracy itu kalo dasar dan hukum negara itu didasarkan pada agama atau hukum Tuhan/Allah;
> bentuk pemerintahannya bisa berupa republik atau kerajaan atau lainnya;

Hah ? Lamtas iku Vatican bentuk-é apah ? Repiblik atawa kraja-an ?

> [...]
> Jadi contohnya, Iran itu negara Islam Republik, Arab Saudia negara Kerajaan Islam, sedangkan Belanda adalah Kerajaan yang sekuler.

Dalem pangertian generic dari sudut pandang orang Muslim, samowa
negara nyang mangutamaken Kabenaran, Kabaèkan dan Ka-adilan adalah
negara Islam. Ada negara nyang terang-terangan maké iku, adah jugah
nyang nggak paké. Arab Saudi nggak pernah memproklamirken atawa
nganggap diri-é negara Kerajaan Islam. Nggak pernah dan nggak adah.
Iku anggepan orang baè. Samowa anggepan adalah subyektip.

> Jadi kalo saya menyinggung tentang 'negara sekuler', pengertiannya itu adalah negara yang tidak memakai agama/hukum agama sebagai hukum di negara itu; bentuk negaranya bisa republik atau kerajaan atau bahkan totaliter atau kepulisian.

Laaah .... kang Poly inih memang nggak ngarti apa nyang sayanyah
tolis, atawa pura-pura ngarti ? Cuba dibaca skali lagih tulisan
sayanyah temtang theocracy.

> "darion" <hyda...@hotmail.com> schreef in berichtnews:1177414426.5...@b40g2000prd.googlegroups.com...

darion

belum dibaca,
26 Apr 2007, 08.10.4926/04/07
kepada
On 25 apr, 19:00, "David G." <davi...@dvdg.juwono.net> wrote:

> [...]
> Bagi yang percaya pada agama ybs, yang betul ya nomor (1). Bagi yang
> tidak percaya kebenaran agama, yang betul ya no(2).

bagi nyang pracaya pada realita gimanah ?
Vatican iku apa bisa dimpimpin orang nyang bokan pamuka igama ?

> [...]
> theocracy is a form of oligarchy or even tyranny that purports to
> fulfill a divine intention but instead simply fulfills the goals of the

Then let's see what do people with (good) reasons say !

> Sebagai penganjur negara sekuler, saya tidak percaya dua-duanya.

Kalu kang Dapid nggak pracaya pada kaduwa pendapet iku mangenai
theocracy, apa dong depinisi theocracy miturut pendapet kang Dapid ?

> Dan
> saya percaya bahwa negara teokrasi sedang dalam proses menghilang dari
> muka bumi.

Jadi Vatican iku sedang dalem proses menghilang dari muka bumi ?

Miturut pendapet sayanyah jugah theocracy nggak bakalan laku lagih.
Nyagn punya potensi buwat berkembang adalah sistim theocratic
democracy (demokrasi nyang dilandasin nilaè-nilaè obyektip). Ini
sasuéi dèngen du'a Yesus Alaihisalaam saperti dicatet Matius dalem
Prajanjian Baru:
"After this manner therefore pray ye: OUR FATHER WHICH ART IN HEAVEN,
Hallowed be THY name. THY kingdom come, THY will be done in earth, as
it is in heaven." Matthew 6:9 -10

Tuhan adalah Kabenaran, Kabaèkan dan Ka-adilan obyektip. Demokracy
nyang dilandasin Kabenaran, Kabaèkan dan Ka-adilan obyektip adalah
Theocratic Democracy !

Sayanyah sanget nyokong inih loh !
Situnyah apa nggak ?

> --
> salam,
> dghttp://dvdg.juwono.net

Sjahrazad Alamsjah

belum dibaca,
26 Apr 2007, 09.03.3726/04/07
kepada
darion wrote:

> [...]

> nganggap diri-é negara Kerajaan Islam. Nggak pernah dan nggak adah.

> Iku anggepan orang bač. Samowa anggepan adalah subyektip.

Arab Saudi bentuk pemerintahan adalah kerajaan, dasar hukum yang
dipergunakan adalah hukum islam. Hukum islam disini berlaku untuk semua
orang yang tinggal disana.

Malaysia bentuk pemerintahan adalah kerajaan, juga mempergunakan hukum
islam. Tetapi hukum islam hanya berlaku untuk orang malaysia yang
beragama islam.

nuwun,
si Doel

David G.

belum dibaca,
26 Apr 2007, 09.05.1926/04/07
kepada
si_poly wrote:
> Kalo begitu, apakah Iran bisa dibilang negara semi-theocracy?

Menurut Tokoh utama "pendiri" Iran (Ayatullah Khomeini), Iran adalah
full-theocracy (meskipun belio tidak menggunakan istilah tersebut). Blio
menyatakan bahwa Hukum-Tuhan di atas hukum buatan manusia. Oleh karena
itu Iran harus berada di bawah hukum Tuhan.

David G.

belum dibaca,
26 Apr 2007, 09.42.4026/04/07
kepada
Sjahrazad Alamsjah wrote:
> [...]
>
> Malaysia bentuk pemerintahan adalah kerajaan, juga mempergunakan hukum
> islam. Tetapi hukum islam hanya berlaku untuk orang malaysia yang

Jadi Arab adalah negara islam, sedangkan Malaysia bukan?

qw

belum dibaca,
26 Apr 2007, 12.20.4626/04/07
kepada
David G. menuliskan:

:-)

wah...baru tau ni.. iran negara full-theokrasi..

kalo sayanyah mah lebih sependapat dengan pengertian bang doel.. yg
mengatakan :
----------------

[...]

--------------

wasalam
qw

darion

belum dibaca,
26 Apr 2007, 14.33.1826/04/07
kepada
On 26 apr, 15:05, "David G." <davi...@dvdg.juwono.net> wrote:

> Menurut Tokoh utama "pendiri" Iran (Ayatullah Khomeini), Iran adalah
> full-theocracy (meskipun belio tidak menggunakan istilah tersebut).

Kalu bener apa nyang dikataken kang Dapid iku (ertiné bukan sekedar
isepan jempol baè), brarti Ayatullah Khomeini nggak ngarti ajaran
Islam. Atawa dianyah cuman liat kamus kang Dapid ajah: Theos = Tuhan,
Kratein = Kakoasa-an, tanpa ngarti apah nyang dimeksudken dèngen
sistim kanagara-an theocracy. Ajaran Islam nggak nyuka-in sistim
theocracy. Sama skali nggak soka. Iku dah pesti. Pesti banget. Banget-
banget. Harga matèk, nggak bisah ditawar. Kalu memang bener apa nyang
kang Dapid kataken, maka brarti Khomeiny iku Ayatullah pelsu ajah.
Dianyah nggak ngarti Islam. Atawa dianyah bikin-bikin Islam kendiri
ajah, kayak si mBill.

> Blio
> menyatakan bahwa Hukum-Tuhan di atas hukum buatan manusia.

Kang Dapid nggak stuju iku ?

> Oleh karena
> itu Iran harus berada di bawah hukum Tuhan.

Bukan cuman Iran baè. Miturut sayanyah Ngèndonesah jugah harus (dan
sudah) brada di bawah hukum Tuhan. Bgitu jugah Amrika Sarèkat, Nagri
Londo, Sierra Léoné, Vanuatu, Lichtenstein, Luxembrourg, Uruguay dll.
Pokok-é samowa negara brada dibawah hukum Tuihan. Nggak adah
kacuwali.Saluruh alam adah di bawah hukum Tuhan. Nggak adah nyang
nggak di bawah hukum Tuhan loh. Iku nyang dimwekesud dèngen kata-kata:
Tuhan Mahakuasa.
Apa kang Dapid brada di luar hukum Tuhan ?

> --
> salam,
> dghttp://dvdg.juwono.net

Duren

belum dibaca,
26 Apr 2007, 14.37.3126/04/07
kepada
darion <hyd...@hotmail.com> wrote in news:1177612398.294254.92360
@c18g2000prb.googlegroups.com :

> Atawa dianyah bikin-bikin Islam kendiri
> ajah, kayak si mBill.

loh pan saya nyah cumak ekotan situ nyah : bikin2 Kresten kendiri .. ...

gak bole yach di ekotin ?

David G.

belum dibaca,
26 Apr 2007, 15.16.3826/04/07
kepada
On Apr 26, 12:20 pm, qw <qwi...@yahoo.com.sg> wrote:
> David G. menuliskan:

> :-)
>
> wah...baru tau ni.. iran negara full-theokrasi..

Kalok iran dewasa ini, saya ndak tahu. Saya cuma memberi ilustrasi
iran yang "seharusnya" menurut Bung Khomeini.

darion

belum dibaca,
27 Apr 2007, 02.17.5827/04/07
kepada

Sayanyah orang Islam dan buanyak orang islam nyang mikir lempeng dan
sadar brita (news conscious) nggak prenah dènger Khomeini bilang
begitu, lamtaran Khomeiny nggak prenah punyah jabatan resmi di
pamarèntahan. Apa kitanyah pada ketelingsut kali ? Di jaman Khomeiny
ajat Pimpinan negara Iran teteb bokan dari kalngan ulama loh. Sasudah
mbah Khomeiny iku matèk, di Iran memang adah persiden nyang dari
kalangan pandito (ulama) tapi iku malalui pamili-an umum. Dalem nagoro
theocracy (nyang dikowasa-in pandito) nggak adah pamili-an umum.
Pigimanah inih kang Dapid inih ?

darion

belum dibaca,
27 Apr 2007, 02.22.3527/04/07
kepada
On 26 apr, 18:20, qw <qwi...@yahoo.com.sg> wrote:
> [...]
> Arab Saudi bentuk pemerintahan adalah kerajaan, dasar hukum yang
> dipergunakan adalah hukum islam. Hukum islam disini berlaku untuk

Pemberlakuan hukum igama nggak brarti nagoro iku adalh theokracy. Di
Aprika jugah ada negara nyang dasar undang-undang-é paké hukum igama,
tapiné bokan negara theocracy. Kalu nggak salah Kenya atawa Nigeria
(sayanyah dah lopa nyang mana, tapi ènget 'kan ? Iku prampuwan nyang
bezinah nyang dulu katanya mau dibalang ampèk matèk tapi nggak
jadih ?)

> Malaysia bentuk pemerintahan adalah kerajaan, juga mempergunakan
> hukum
> islam. Tetapi hukum islam hanya berlaku untuk orang malaysia yang
> beragama islam.

Dan Malaysia jugah bokan negara theocracy. Iku negara kasultanan
parlementèr.
Negara theocracy di donia saat inih cuman atu ajah: VATICAN.
> --------------
>
> wasalam
> qw

Qli-won™

belum dibaca,
27 Apr 2007, 02.55.4827/04/07
kepada
èslam mémang ruar biasaaaa........................... meskipon pada
waktu ayatollah khomeini sakbagé imam dalam pemerintahan tuhan di
iran , blionya tidak mao disebut presiden , kawatir memerosotkan diri
sekelas presiden taksi.
ayatollah khomeini mémang béda dèngen khomeini nyang èslam banget-
banget.

darion

belum dibaca,
27 Apr 2007, 03.12.0727/04/07
kepada
On 26 apr, 21:16, "David G." <dvdg...@gmail.com> wrote:

Lalu kalu adah orang bilang "seharusnya" brarti iku dah theocracy ?

qw

belum dibaca,
27 Apr 2007, 04.09.2327/04/07
kepada
darion menuliskan:

kalo saya lihatnya ini kesimpulan dari bung tjip saja..
sebab belio katakan :
---------

Menurut Tokoh utama "pendiri" Iran (Ayatullah Khomeini), Iran adalah
full-theocracy (meskipun belio tidak menggunakan istilah tersebut)

-------
nah.. kalo Khomaini tidak menggunakan istilah tsb, siapa yg
menggunakan atau mengambil kesimpulan dgn istilah tsb ??

apa karena bung tjip mendengar perkataan : "karena Hukum Tuhan diatas
hukm manusia "... sehingga ini diambil kesimpulan sebagai
theokrasi..??

bagi saya itu perkataan agama.. atau orang beragama.. berbeda dengan
pengertian theokrasi iku sendiri..
semua orang indonesia dan malaysia bahkan negara2 yg mayoritas
muslimpun dpat mengatakan hal tsb, bukan berarti negaranya berbentuk
theokrasi..

demikian
wasalam
qw

David G.

belum dibaca,
27 Apr 2007, 04.54.1127/04/07
kepada

Sak-jane saya kurang ngerti apa yang mau dipersoalkan? Kalau anda mau
berpendapat bahwa Iran bukan theokrasi, lha silahkan. Wong saya juga
ndak mempersoalkan apakah Iran itu theokrasi atau bukan. Saya ndak
tertarik dengan "debat istilah".

Bagi saya, sebuah istilah hanya sekedar alat saja untuk
mengkomunikasikan ide. Saya menggunakan istilah "theokrasi" untuk
mengkomunikasikan situasi dimana pemerintahan suatu negara memerintah
berdasarkan hukum agama tertentu. Lha, kalok orang malah meributkan
istilah, ya diganti saja dengan istilah lain. Yang penting apa ide
yang mau dibahas.

Ide yang ada di kepala saya sederhana saja: kalau warga suatu negara X
melanggar hukum lantas dihukum berdasarkan hukum agama, maka saya
menyebut negara itu "theokrasi", yaitu negara yang segalanya diatur
oleh Tuhan melalui aturan agama. Nah, kalok anda nggak setuju dengan
ISTILAHNYA, ya ndak apa-apa, diganti saja dengan istilah lain! Yang
penting ide-nya kan sama, yaitu negara diatur dengan hukum agama, yang
artinya diatur langsung "oleh Tuhan".

Sebagai ilustrasi, saya barusan nonton (di youtube.com) ceramah
seorang tokoh agama di indonesia, yang mengatakan bahwa demokrasi itu
nggak cocok dengan ajaran agama. Menurut blio, demokrasi menempatkan
keinginan rakyat di atas kehendak Tuhan. Seharusnya kehedak Tuhan-lah
yang menentukan segalanya, bukan kehendak manusia (rakyat). Nah
bukankah belio memperlawankan theos-kratein ("Tuhan memerintah")
dengan demos-kratein ("Rakyat memerintah")?

salam
dg

Sjahrazad Alamsjah

belum dibaca,
27 Apr 2007, 06.07.5627/04/07
kepada
darion wrote:

> Dan Malaysia jugah bokan negara theocracy. Iku negara kasultanan
> parlementèr.
> Negara theocracy di donia saat inih cuman atu ajah: VATICAN.

didunia manusia ini ndak ada negara theocracy, karena negara theocracy
itu presidennya kudu tuhan dan warganya juga kudu masyarakat tuhan :)

nuwun,
si Doel

qw

belum dibaca,
27 Apr 2007, 06.12.3427/04/07
kepada
David G. menuliskan:

iku nama'e bukan debat istilah bung..
iku nama'e beda pemahaman.. dan beda pemahaman ini yg diperdebatkan
dan didiskusikan.. wajar lah..
bukankah selama ini yg dibicarakan di ng adalah perbedaan..
kalo sudah sama yah tutup saja ng ini dari diskusi dan perdebatan..
atau mungkin sudah bosen, dadi penonton wae kayak tomat..

mungkin kang hangtuah yg selama ini saya lihat tidak tertarik dengan
yg namanya diskusi dan perdebatan.. dadi belio posting tanpa tanya
jawab.. :-)

darion

belum dibaca,
27 Apr 2007, 18.58.0927/04/07
kepada
On 27 apr, 12:07, Sjahrazad Alamsjah <sjahra...@bataviamall.com>
wrote:

> didunia manusia ini ndak ada negara theocracy,

laaah ... emang-é di donia hewan atawa tumbuh-tumbuhan adah ?

> karena negara theocracy
> itu presidennya kudu tuhan dan warganya juga kudu masyarakat tuhan :)

klèruuuuuu...........
di negara theocracy pangmimpin-é kudu pandito atawa pamuka igama.

> nuwun,
> si Doel

Qli-won™

belum dibaca,
27 Apr 2007, 19.13.2927/04/07
kepada
On Apr 28, 5:58 am, darion <hyda...@hotmail.com> wrote:

klèruuuuuu...........
di negara theocracy pangmimpin-é kudu pandito atawa pamuka igama.

contoné , iran waktu pangmimpin-é ayatollah.

darion

belum dibaca,
28 Apr 2007, 04.50.3328/04/07
kepada
On 28 apr, 01:13, Qli-won™ <oQo...@gmail.com> wrote:
> On Apr 28, 5:58 am, darion <hyda...@hotmail.com> wrote:
>
>  klèruuuuuu...........
> di negara theocracy pangmimpin-é kudu pandito atawa pamuka igama.

stujuuuuu..........

> contoné , iran waktu pangmimpin-é ayatollah.

kleruuuu..........
ayatollah bokan pangmimpin negara.
dianyah nggak prenah punyah jabatan resmi kanagara-an loh.
dianyah pangmimpin spiritual atawa rohani. Nama-é jugah Ayatullah.
Imam godèk.

qw

belum dibaca,
28 Apr 2007, 04.58.2528/04/07
kepada
darion menuliskan:

mas darion.. emang si boss MekoQ ini pernyataannya sering gak
reasonable.. :-)
(maklum setengah2.. setengahnya lagi dipegang ane..) dadi ane kudu
jelasin..

bentar lagi dianyah bilang :
waktu ngendonesia dipimping oleh gus dur.. ini negara ngendonesia dadi
theokrasi..
sebab gusdur iku pemuka agama juga..

nah maksud'e si boss ini cumak bercanda doank.. siapah tau teokrasi
iku bisa dioblok2... :-)

dös-Q

belum dibaca,
28 Apr 2007, 05.12.1528/04/07
kepada

siwalan énté wé , udah tahu dongoQ malah diinjek.
soalé di biograpiné khomeini , blionya mbillang pamingpin pemerintahan
tuhan jéé .................

qw

belum dibaca,
28 Apr 2007, 05.50.5428/04/07
kepada
dös-Q menuliskan:

yo wis.. dadi sayanyah atawa situnya yg keleru ??
kalo saya yg keleru.. situnya mentak mangap..
kalo situnya yg keleru.. sanyah mentak mangap..

darion

belum dibaca,
28 Apr 2007, 07.25.5228/04/07
kepada

Kalu su'al pangaruh Ayatollah iku godé di negara Iran, iku bener
banget. Sama ajah sama Kardinal Sin di Pilipina tempo ari. Pangaruhi
jugah sanget banget godèk. Jugah pangaruh pastur di Timor Timur (lupa
nama-é) sanget godèk di Timor Timur. Di banyak negara Amrika Latin dan
Aprika jugah, banyak pastur dan pamingpin igama nyang pangaruh-é
sanget banget godèk dalem jalan-é roda kaidupan nagri. Iku biasa.
Nyang nganggep hal begituan dah jaminan sebagei negara theokrasi
adalah orang bodo bin gebleg al dongok nyang pangatahuan-é sanget
cupet. Sama sama orang nyang nganggep theokrasi adalah pamarèntahan
Tuhan atawa kakowasaan Tuhan. Theocrasy adalah pamarèntahan para
pandito atawa pamingpin igama. Rahayat biasa nggak bolé jadi pangoasa
negara. Skarang satu-satu-é negara theocracy di donie cuma Vatican.
Nggak adah negara laèn!

Nasi Padang

belum dibaca,
28 Apr 2007, 07.41.4428/04/07
kepada
darion <hyda...@hotmail.com> wrote in news:1177759551.150664.178750
@y5g2000hsa.googlegroups.com :

> pandito atawa pamingpin igama. Rahayat biasa nggak bol‚ jadi pangoasa
> negara. Skarang satu-satu-‚ negara theocracy di donie cuma Vatican.
> Nggak adah negara laŠn!

boong goadekk

sakmua negara2 eslam nyang UUD nya meng-adopt Syaria Eslam iku jelas-jelas undoubtedly theo-crazy

bahkan Nangroe Aceh Darussalam adalah negara theo-crazy, dalam artian nyang lebih sempit, yakni
bentok negara di dalam negara

iku Ngarab Saudi nyang hukum2 nya berdasarkan qoran dimana mata ganti mata, perzinahan dihukum
dengan lempar batu sampek koit .... sakmua iku hukum eslam, paham !

darion

belum dibaca,
28 Apr 2007, 08.30.3228/04/07
kepada
On 28 apr, 13:41, Nasi Padang <n...@padang.com> wrote:
> [...]

> bahkan Nangroe Aceh Darussalam adalah negara theo-crazy, dalam artian nyang lebih sempit, yakni

Sejak kapan adah Negara Aceh Darussalam ?

> iku Ngarab Saudi nyang hukum2 nya berdasarkan qoran dimana mata ganti mata, perzinahan dihukum
> dengan lempar batu sampek koit .... sakmua iku hukum eslam, paham !

buat apa sik mamèr-mamerin kabodohan begini mBill ? Atas bawah naygn
si mBill tolis dan cantumken jelas cuman asil pamikiran bodo baè.

biar saya ulangin:
teokrasi adalah negara dimana panguasa pamarèntahan ada di tangan
pemuka igama. Nyang bukan pamuka igama nggak bisa jadi pangoasa
negara. Skarng ini satu-satu-é negara begituan cuman Vatican. Dalem
tulisan sayanyah temtang teokrasi sudah saya jelasken bahwa suatu
negara bisa saja menganut aspek sistim kanagaraan kombinasi.

Misal-é:

Inggris biarpun negara kerajaan parlementer, tapi adah aspect teokrasi-
é lamtaran raja adalah "Pangowasa Tertinggi dari igama Kristen Church
of England" nyang adalah pelindung igama naygn mrupaken igama resmi
realm Inggris, miskipun raja nggak punyah kakowasaan nyang sebener-é
dan kadudukannyah sebagei Kepala Negara dan sebagai Kepala Gerèja
Inggris cuman bersifat kaupacaraan baè (ceremonial).

Arab Saudi jugah adalah negara kerajaan biasa dèngen aspek teokracy
jugah, lamtaran disitu berlaku syariah Islam atawa ukum Islam.

Negara Andora jugah lamtaran Uskup Katulik Urgell adalah jugah beran
serta dalem pamarèntahan miskipun dalem praktek nggak banyak campur
tangan.

Israel jugah adalah negara dèngen aspek teokrasi lamtaran hukumé
campuran dari hukum igama (rabbinical law nyang disebuh Halakha dan
hukum sipil. Jugah pamarentahan Israel mempekerjaken pamimpin igama
(rabbi) nyang jugah mengemban tugas-tugas keagamaan dan sipil. Hukum
Pulang Kombali (Law of Return) memberiken hak pada orang-orang Yehudi
buat berimmigrasi ke apa nyang dianggap negara Israel sebagei tanah
air nenek moyang. Orang Yehui nyang nggak berigama Yehui (inih jumlah-
é buaaanyak banget didonia) keilangan hak kawargaan negara-é miturut
Hukum Kombali Pulang (Law of Return) inih nyang mrupaken Hukum Dasar
Negara Israel.

Dan banyak negara lain lagih kayak misal-é Iran dan Norwegia dan
beberapa laèn-é (beberapa diantara-é adah di Aprika).
Si mBill pesti nggak tau ini, nggak mampu ngarti dan sanget besar
kamongkinan jugah .... nggak mao ngarti.

Tapi samowa iku bukan negara teocrasi. Iku cuman-negara-negara dèngen
beberapa aspek teokrasi. Buwat orang nyang nggak ngarti, negara-negara
begituan dicap teokrasi baek. Parah dèh bangsa sayanyah nyang misi
banyak pada bodo korang pangetahuan !
Sayanyah tunggu si mBill ngatawa-in sayanyah lagih saperti biasanyah
orang bodo ................
.

Nih baca dan ènget-ènget signature si mBill sabagei conto kabodo-an
(bolé sambil nari makarena):

qw

belum dibaca,
28 Apr 2007, 09.44.4128/04/07
kepada
darion menuliskan:

lha.. si mbill keok dah..
sambil ganti kulit dadi samson.. eehh salah adw palsu.. biar ngilangin
jejak ke-dongoannya...

mbilll... balik sini...
jam keluar maen-nya udah selesai ni..sekarang belajar lagi..
hayoooo... duduk yg manis yah mbill..

si_poly

belum dibaca,
3 Mei 2007, 04.48.1503/05/07