kepada
Dari: Hasbi Maulana <has...@yahoo.com>

Salam,
Pak Hudoyo dan rekan-rekan peserta milis yang saya hormati.
Setelah mencoba memupuk keberanian cukup lama, akhirnya saya nekat melempar sebuah pertanyaan ke forum ini:

-Apa yang terjadi setelah seseorang mati? (Maksud saya mati adalah dalam arti umum: fisik berhenti beroperasi).

Tentu saja yang saya ketahui dengan pasti: tubuh fisik seseorang yang mati akan dirawat oleh orang yang masih hidup lalu diperlakukan sesuai adat istiadat, agama, kepercayaan, atau sesuai situasi dan kondisi tertentu. Nah, yang saya ingin ketahui adalah : adakah proses setelah itu? Kalau ada seperti apa?

Satu lagi, andaikata kematian ibarat peluncuran roket pembawa robot ke bulan, yang ingin saya ketahui bukan kondisi bulan itu seperti apa. Saya hanya ingin mengetahui urutan peristiwa setelah hitungan mundur peluncuran mencapai angka nol.

Mohon maaf dan terimakasih sebelumnya bagi siapa saja yang tertarik menjawab pertanyaan saya berdasarkan referensi iman atas agama, ajaran, atau kepercayaan tertentu; tapi untuk saat ini bukan jawaban seperti itu yang saya inginkan.

Saya pernah menanyakan pertanyaan itu ke seorang teman, dan dia menjawabnya sambil bercanda bahwa selama ini hanya ada satu "orang" yang pernah mati lalu hidup kembali. Kepada dialah saya seharusnya bertanya...he...he...he. Tentu saja saya tak menganggapnya sebagai petunjuk serius.

Terimakasih sebelumnya kepada siapa saja yang akan mereply pertanyaan ini dengan guyonan: "Coba saja untuk mengalaminya sendiri ha...ha..ha."

PS: Sebelum menimbulkan salah persepsi; ini bukan teka-teki, cangkriman, test, tantangan, atau ajakan berdebat. Tapi benar-benar sebuah pertanyaan sederhana yang membutuhkan jawaban (kalau ada). Terimakasih.

Tabik,
Hasbi M.

izMy

belum dibaca,
23 Apr 2007, 03.47.1423/04/07
kepada
bergantung immaaannnnn énte , misik pada krasan disono.

darion

belum dibaca,
23 Apr 2007, 14.09.3323/04/07
kepada
On 23 apr, 07:04, Hasbi Maulana by way of <Use-Author-Supplied-Address-
Header@[127.1]> wrote:

> -Apa yang terjadi setelah seseorang mati? (Maksud saya mati adalah dalam arti umum: fisik berhenti beroperasi).

kasadaran-é ilang.
Kalu nggak ilang dianyah jadi mayat idup. Iku blon prenah sayanyah
liat loh.

> [...]
> situasi dan kondisi tertentu. Nah, yang saya ingin ketahui adalah : adakah proses setelah itu?

ada.

> Kalau ada seperti apa?

proses-é kayak nyang dikataken para guru donia.
dan prosès-é iku sanget jelas diterangken Tuhan dalem ajaran-È.
Tinggal plajarin ajah.
Nggak sussa loh.

> [...]
> mengetahui urutan peristiwa setelah hitungan mundur peluncuran mencapai angka nol.

Asep ngebul, rokèt-é mlejit.

> [...]
> menjawab pertanyaan saya berdasarkan referensi iman atas agama,
> ajaran, atau kepercayaan tertentu; tapi untuk saat ini bukan jawaban

Laaah ... jadinyah maonyah miturut kaprarcayaan umum baè ?
Iku dah sayanyah kamukaken loh.
Atawa mau-é èlmiyah ?
Èlmiah cuman ngurusin hal pisik ajah. Scara pisik tubuh digrogotin
blatung kalu nggak dikubur atawa diobong. Kalu dah tinggal tulang,
tulang-é bisa-bisa dibawa kabur anjing baè.

0 pesan baru