[balita-anda] Ask : madu dicampur susu bolehkah?

Delya Budhi Mayasari

to balit...@balita-anda.com
Dear all,
Mau tanya dunk...anakku susah sekali minum madu. Kalau madunya dicampur ke
susu boleh gak? Ada yg bilang katanya nanti kandungan susunya rusak. Benar
gak ya?
Skalian mohon infonya klo madu yg baik seperti apa? Tks...

-delya-

Besta Arlita

to balit...@balita-anda.com
anaknya berapa tahun umurnya mbak ?
kenapa harus rutin minum madu ?

2010/5/25 Delya Budhi Mayasari <dely...@gmail.com>
--
rgds,
Lita

miko nasution

to balit...@balita-anda.com
buat apa minum madu mba?

anak umur berapa?

Tri Puji Rahayu

to balit...@balita-anda.com
Kalo anak susah minum madu, coba aja dicampur kalo bikin teh/ air putih
hangat/ dulu aku sih sempet dicampur ke susu tapi g tau rusak apa enggak
kandungannya.

Thanks & Regard

Tri Puji Rahayu
PT. MNC Sky Vision
Wisma Indovision Lt. 10
Jl. Raya Panjang Z/III
Jakarta 11520
telp : 5828000 ext.9224
www.lidiyazhafira.blogspot
to balit...@balita-anda.com
bukan mau rutin ngasih madu, cuma mengingat madu banyak manfaatnya, gak ada
salahnya kan anak minum madu...anakku umur 3th -1bln, bb10kg, makannya
susyaaah bgt
maaf ya, cuma nanya kok...

miko nasution

to balit...@balita-anda.com
hehehe.... jgn tersinggung ya mba.. kita cuma nanya doang koq.. :))

anak saya yang pertama juga susah makannya mba.. diemut! capek deh.... tapi
saya tetap kasih makan nasi misalkan 5 sendok... abis itu saya tawari lagi
mo makan apa...

tapi kalo ga salah nih... anak susah makan makan or anak kurus juga bisa
jadi turunan.. cmiiw

anak dikasih madu bisa kena bulisma... tapi itu anak dibawah umur 2 thn.. ga
tau kalo dah 3 tahun ya...

ini saya copas dr postingan ibu2x milis ini dulu.. semoga bermanfaat...

Botulisme *DEFINISI
*

*Botulism* adalah jarang terjadi, racun yang mengancam nyawa disebabkan oleh
racun-racun yang dihasilkan oleh bakteri *clostridium botulinum*.

- Racun botulism, biasanya dikonsumsi dalam makanan, bisa melemahkan atau
melumpuhkan otot.
- Botulism bisa mulai dengan mulut kering, penglihatan ganda, dan
ketidakmampuan untuk fokus pada mata atau dengan gangguan lambung.
- Dokter meneliti contoh darah, kotoran, atau jaringan luka, dan *
electromyography* kemungkinan dilakukan.
- Penyiapan dan penyimpanan makanan dengan hati-hati membantu mencegah *
botulism*.
- Antitoksin digunakan untuk mencegah atau memperlambat efek racun.

*Botulism* biasanya merupakan jenis makanan beracun.

Racun yang menyebabkan *botulism*, yang sangat berpotensi racun, bisa sangat
merusak fungsi syaraf. Karena racun ini merusak syaraf, mereka disebut *
neurotoxin*. Racun *botulism* melumpuhkan otot dengan menghambat pelepasan
pada *neurotransmitter acetycholine* dari syaraf. Pada dosis yang sangat
kecil, racun bisa digunakan untuk menghilangkan kejang otot dan untuk
mengurangi kerutan.

*PENYEBAB
*

Bakteri clostridium botulinum membentuk sel reproduksi yang disebut spora.
Seperti biji, spora bisa hidup di bagian yang tidak aktif untuk beberapa
tahun, dan mereka sangat bersifat melawan terhadap kerusakan. Ketika
kelembaban dan bahan bergizi ada dan oksigen tidak ada (seperti pada usus
atau botol atau kaleng bersegel), spora tersebut mulai bertumbuh dan
menghasilkan racun. Beberapa racun dihasilkan oleh *clostridium
botulinum*tidak dihancurkan oleh enzim pelindung usus.

*Clostridium botulinum* adalah banyak di lingkungan sekitar, dan spora bisa
ditransportasikan oleh udara. Kebanyakan kasus pada *botulism* dihasilkan
dari pencernaan atau penghisapan pada kotoran dan debu dalam jumlah kecil.
Spora bisa juga memasuki tubuh melalui mata atau luka di kulit.

Terdapat beberapa bentuk berbeda pada botulism.

Tahukah anda
Racun tersebut yang menyebabkan <i>botulism</i> digunakan untuk mengobati
kejang otot yang tidak terkendali dan untuk mengurangi kerutan

Suntikan obat-obatan illicit meningkatkan resiko *botulism*

*Foodborne botulism* terjadi ketika makanan terkontaminasi dengan racun
dimakan. Sumber yang paling umum pada *foodborne botulism* adalah makanan
kaleng rumahan, terutama makanan berisi asam rendah, seperti asparagus,
kacang hijau, bit, dan jagung. Sumber lainnya termasuk irisan bawang putih
dalam minyak, lada cabe rawit, tomat, kentang bakar dibungkus kertas perak
yang tengah dibiarkan pada suhu ruangan terlalu lama, ikan kaleng rumahan
dan fermentasi. Meskipun begitu, sekitar 10% penguraian terjadi dari makan
makanan cepat saji, sangat sering terjadi, sayuran, ikan, buah-buahan, dan
rempah-rempah (seperti salsa). Jarang terjadi, daging, produk susu, daging
babi, unggas, dan makanan lain yang menyebabkan *botulism*.

*Luka botulism* terjadi ketika *clostridium botulinum* mengkontaminasi luka
atau masuk ke dalam jaringan lain. Di dalam luka, bakteri menghasilkan racun
yang diserap ke dalam aliran darah. Obat-obatan suntik dengan jarum yang
tidak disterilisasi bisa menyebabkan *botulism* jenis ini, sebagaimana bisa
disuntikkan mengandung heroin ke dalam otot atau di bawah kulit (kulit
melepuh).

*Botulism bayi* terjadi pada bayi yang makan makanan mengandung spora pada
bakteri dibanding racun. Spora tersebut kemudian berkembang di dalam usus
bayi, dimana mereka menghasilkan racun, penyebab pada kebanyakan kasus tidak
diketahui, tetapi beberapa kasus telah dihubungkan dengan pencernaan pada
madu. Botulism bayi terjadi paling umum diantara bayi yang lebih muda dari
usia 6 bulan.

*GEJALA
*

Gejala-gejala pada *foodborne botulism* terjadi tiba-tiba, biasanya 18
sampai 36 jam setelah racun memasuki tubuh, meskipun gejala-gejala bisa
mulai lebih cepat selama 4 jam atau selambat-lambatnya 8 hari setelah
mencerna racun. Racun yang lebih banyak diserap, lebih cepat orang menjadi
sakit. Biasanya, orang menjadi sakit dalam waktu 24 jam makan makanan
terkontaminasi adalah yang sangat parah terkena.

Gejala-gejala pertama pada *foodborne* atau luka *botulism* biasanya
termasuk mulut kering, penglihatan ganda, kelopak mata layu, dan
ketidakmampuan untuk fokus pada benda di sekitarnya. Pupil pada mata tidak
mengkerut dengan normal ketika terkena sinar selama pemeriksaan mata.
Bagaimanapun, pada *foodborne botulism*, gejala-gejala pertama seringkali
mual, muntah, kram perut, dan diare. Orang yang memiliki luka
*botulism*tidak mengalami gejala-gejala pencernaan apapun.

Kerusakan syaraf oleh racun mempengaruhi kekuatan otot tetapi bukan indra
perasa. Nada otot pada wajah kemungkinan hilang. Berbicara dan menelan
menjadi sulit. Karena menelan adalah sulit, makanan atau ludah seringkali
terhisap (*asoirated*) ke dalam paru-paru, menyebabkan cekikan atau sumbatan
dan meningkatkan resiko pneumonia. Beberapa orang menjadi sembelit. Otot
pada lengan dan kaki dan otot yang berhubungan dalam pernafasan menjadi
lemah secara progresif sebagaimana gejala-gejala secara bertahap menurunkan
tubuh. Masalah pernafasan kemungkinan mengancam nyawa. Pikiran biasanya
tetap jernih.

Pada sekitar 90% bayi dengan *infant botulism*, sembelit adalah gejala awal.
Kemudian otot menjadi lumpuh, dimulai dari wajah dan kepala dan segera
menuju lengan, kaki dan otot yang berhubungan dengan pernafasan. Kelopak
mata layu, menangis lemah, bayi tidak bisa menghisap, dan wajah mereka
kehilangan ekspresi. Kisaran masalah dari menjadi lemah dan lambat makan
sampai kehilangan nada otot dalam jumlah besar dan mengalami kesulitan
bernafas. Ketika bayi kehilangan nada otot, mereka bisa merasa timpang yang
abnormal.

*DIAGNOSA
*

Dokter menduga *botulism* berdasarkan pada gejala-gejala. Meskipun begitu,
gangguan lain bisa menyebabkan gejala serupa, sehingga informasi tambahan
diperlukan.

*Electromyography* (merangsang otot dan merekam kegiatan listrik mereka)
kemungkinan sangat berguna. Pada kebanyakan kasus pada *botulism*, yang
menunjukkan reaksi otot setelah rangsangan listrik.

Untuk *foodborne botulism*, kemungkinan sumber makanan menyediakan petunjuk,
ketika *botulism* terjadi pada dua atau lebih orang yang makan makanan yang
sama pada tempat yang sama, diagnosa lebih jelas. Diagnosa dipastikan ketika
racun terdeteksi di dalam darah atau ketika bakteri dideteksi pada kultur
kotoran. Racun bisa juga diidentifikasi di dalam makanan yang dimakan orang
tersebut.

Untuk luka *botulism*, dokter menanyakan apakah seseorang telah mengalami
luka yang merusak kulit. Dokter bisa memeriksa tanda tusukan diduga
menggunakan obat illicit. Diagnosa tersebut dipastikan ketika racun
dideteksi di dalam darah atau ketika bakteri terdeteksi dalam kultur
jaringan yang berasal dari luka.

Mendeteksi bakteri atau racun pada contoh kotoran bayi memastikan diagnosa
pada *botulism* bayi.

Kadangkala memastikan apakah *botulism* terbentuk dari luka atau makanan
adalah tidak mungkin.

*PENGOBATAN
*

Orang yang mengalami *botulism* harus pergi ke rumah sakit segera. Tes
laboratorium untuk memastikan diagnosa dilakukan, tetapi pengobatan
seringkali tidak dapat ditunda sampai hasilnya diketahui. Untuk membantu
menghilangkan berbagai racun yang tidak dapat diserap, dokter bisa memberi
arang aktif melalui mulut atau melalui pipa yang dimasukkan ke dalam perut.

Tanda vital (detak, tingkat pernafasan, tekanan darah, dan suhu) diukur
dengan sering. Jika masalah pernafasan terjadi, orang dipindahkan ke ruang
perawatan intensif dan kemungkinan secara sementara diletakkan pada
ventilator. Beberapa pengobatan telah mengurangi presentase kematian
disebabkan *botulism* dari sekitar 70% pada awal 1900 sampai kurang dari
10%.

Zat yang menyumbat aksi racun (antitoxin) diberikan segera mungkin setelah *
botulism* telah didiagnosa. Hal ini lebih mungkin untuk membantu jika
diberikan dalam 72 jam ketika gejala-gejala terjadi. Antitoxin bisa
memperlambat atau menghentikan kemunduran fisik lebih lanjut, sehingga tubuh
bisa sembuh dengan sendirinya lebih dari jangka waktu sebulan. Meskipun
begitu, antitoxin tidak dapat membatalkan kerusakan siap dilakukan. Juga,
beberapa orang mengalami reaksi alergi serius (*anaphylactic*)terhadap
antitoxin, yang diperoleh dari serum kuda, atau terbentuk serum penyakit.
Antitoxin tidak dianjurkan untuk *botulism* bayi, tetapi digunakan
pada *botulism
immune globulin* (diperoleh dari darah pada orang yang diimunisasi melawan *
botulism*) pada bayi akan dipelajari. Orang bisa memerlukan untuk diberi
makan melalui pipa pembuluh darah. Bayi bisa memerlukan untuk diberi makan
melalui pipa palstik makanan tipis (pipa *nasogastric*)dilewati melalui
hidung dan turun ke tenggorokan.

Beberapa orang yang sembuh dari *botulism* merasa lelah dan nafas pendek
untuk setahun ke depan. Mereka bisa memerlukan terapi fisik jangka panjang.

*PENCEGAHAN
*

Spora dari *clostridium botulinum* sangat resisten terhadap panas dan bisa
bertahan pada rebusan untuk beberapa jam. Meskipun begitu, racun dengan
cepat dihancurkan oleh panas. Makanan yang disimpan dalam kaleng bisa
menyebabkan *botulism* jika mereka tidak cukup dimasak sebelum mereka
disimpan. Bakteri bisa menghasilkan beberapa racun pada suhu serendah 37.4�F
(3�C), biasanya suhu pendingin, sehingga membekukan makanan tidak otomatis
membuatnya aman.

Cara-cara berikut bisa membantu mencegah *foodborne botulism* :

- Memasak makanan pada suhu 176� F (79.9�C) selama 30 menit, hampir
selalu menghancurkan racun.
- Merebus makanan kaleng rumahan selama 10 menit, menghancurkan racun.
- Membuang kaleng makanan yang berubah warna atau baunya busuk.
- Membuang kaleng yang menggembung atau bocor.
- Membekukan minyak yang terkena bawang putih atau rempah-rempah.
- Menjaga kentang yang telah dipanggang dalam kertas aluminium tetap
panas sampai dihidangkan.
- Tidak memberi makan madu anak yang berusia di bawah 2 tahun, yang bisa
mengandung *clostridium botulinum spora*.

Jika orang tidak pasti kaleng harus dibuang, mereka bisa memeriksa ketika
mereka mulai untuk membuka. Sebelum membuat tusukan pertama, mereka bisa
meletakkan beberapa tetes air di dalam daerah tersebut untuk ditusuk. Jika
air terusir dibandingkan terhisap ke dalam kaleng ketika kaleng ditusuk,
kaleng terkontaminasi dan harus dibuang.

Berbagai makanan kemungkinan terkontaminasi harus diletakkan dengan
hati-hati. Bahkan racun dalam jumlah sedikit yang tercerna, terhisap, atau
terserap melalui mata atau luka di kulit bisa menyebabkan penyakit serius.
Sentuhan kulit harus dihindari sebanyak mungkin, dan tangan harus segera
dicuci setelah memegang makanan.

Jika luka menjadi terinfeksi, dengan segera mencari perawatan medis bisa
mengurangi resiko luka *botulism*.

Peneliti dan orang lain yang bekerja dengan bakteri atau racun diimunisasi.

2010/4/12 <mr3...@yahoo.com>

> Botulisma itu apa yaa?
> Sent from my BlackBerry�
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Delya Budhi Mayasari

to balit...@balita-anda.com
gak kok...cuma merasa terhakimi, hehehe, gak denk... ;)
anakku mmg susah makan, krn ada kelainan sejak lahir, sdh bbrp kali operasi
mengingat asupannya sangat kurang, cemas jg dg kecukupan gizinya, skrg sdg
mencoba konsul k klinik tumbuh kembang
wah kok jd melebar...cuma nanya madu lgsg diskak, hehehe, maaf klo tdk
berkenan
eniwey thank infonya ya...

2010/5/25 miko nasution <mi...@bukopin.co.id>
> 37.4ºF
> (3ºC), biasanya suhu pendingin, sehingga membekukan makanan tidak otomatis
> membuatnya aman.
>
> Cara-cara berikut bisa membantu mencegah *foodborne botulism* :
>
> - Memasak makanan pada suhu 176º F (79.9ºC) selama 30 menit, hampir
> ----- Original Message ----- From: "Delya Budhi Mayasari" <delya.bm@

najikh

to balit...@balita-anda.com
Kalo menurut aku pribadi kok sepertinya gpp ya. Aku berpikirnya khan ada
susu yang rasa madu juga berarti proses pengolahan susu tersebut pake madu
juga khan.
Kalo pengen madu yang bagus aku biasanya beli madu pramuka di Cibubur, di
sana ada berbagai macam madu, nanti ama penjaganya sekalian diarahkan
kebutuhan beli madu buat apa dan siapa yang akan minum. Apalagi kemarin di
salah satu stasiun televisi swasta menayangkan peredaran madu palsu.
Semoga membantu.

Najikh Fitri
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
KCU Rawamangun
Jln. Pemuda 708-709
Jakarta Timur
to balit...@balita-anda.com
owww gitu tohhh... :))

gitu dunk mba cerita... kan kita ga tau, makanya kita nanya sama mba.. :))

kalo saya pribadi seh keknya lebih aman kalo kasih madu kalo anaknya dah
umur 5 tahunan ke atas gitu... mungkin sugesti kali ya... :)) krn madu skrng
kan byk yg ga asli/aman.. tapi duulluuu bgt saya pernah disaranin minum madu
jolly bee kids di milis ini tuk anak2x saya... saya kasih seh pas anak2x
lagi sakit.. abis itu ga lagi..

tapi lebih baik mba konsultasi aja sama dokter.. supaya lebih aman n
tenang..

btw... jgn kapok bertuker pikiran yaa mba disini... kita semua ramah2x koq
disini n semua bertujuan membantu n sharing....
to balit...@balita-anda.com
Tadi aku coba browsing lagi, dapat tulisan ini . Mungkin ini perkembangan
ilmu pengetahuan /penelitian :

20. APAKAH MADU AMAN BAGI ANAK-ANAK DAN BAYI?
Ada pendapat dari sebagian pihak bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak
dibawah usia 1 tahun dengan alasan madu tersebut dikhawatirkan bisa
menyebabkan sakit yang disebut Botulism(di sebabkan oleh clostridium
Botulinum).Namun hal ini telah dibuktikan ketidakbenarannya oleh "team
dokter dari rumah sakit Al Kafji National Hospital-Saudi Arabia",yang
meneliti lebih dari 220 contoh madu dari berbagai negara dan interview
dengan keluarga dari 1500 bayi lebih yang di beri madu sejak lahir.Dari
penelitian ini membuktikan "TIDAK ADA SATUPUN" madu yang tercemar
clostridium Botilinum dan tidak ada satupun bayi yang menderita Botulism
karena madu.Jadi peluang adanya Clostridium Botilium pada madu,sama dengan
peluang keberadaannya pada bahan makanan lain yang berasal dari alam seperti
susu dan lain-lain. Jadi madu aman di konsumsi segala usia bahkan bayi
dibawah usia 1 tahun.

Khasiat madu salah satunya ditentukan dari jenis nektar bunga yang
dihisap oleh lebah, akan tetapi masih ada beberapa faktor yang harus
diperhatikan dalam memilih kualitas madu karena hal ini sgt menentukan
khasiatnya, antara lain:
1.Kandungan Zat2 penting yg terkandung dalam madu seperti sdh diuraikan
pd tulisan diatas, unt membuktikan kandungan dlm madu hanya bs dilakukan
dilaboratorium (kl di indonesia pakai standar SNI) sebagaimana pengujian
yang pernah kami lakukan.
2.kadar air/kekentalan, hal ini penting krn semakin tinggi kadar air
akan mempercepat proses fermentasi (jk madu telah mengalami fermentasi
alih-alih berkhasiat menyembuhkan penyakit,malah menimbulkan penyakit baru).
sebagai catatan kekentalan air ini skrg bisa dimanipulasi dg alat, makanya
kami tdk menyarankan mengkonsumsi madu yg melalui proses pengentalan dg
alat.
3.madu hutan jarang sekali mempunyai kadar air di bawah 23%, sehingga
mudah mengalami fermentasi jika disimpan dalam waktu lama.

Tulisan dari hasil thesis mahasiswa pascasarjana Univ. Airlangga Sby
Sumber: http://alkhautsar.multiply.com
dengan sedikit pengeditan tanpa mengurangi maknanya
Posted by ummuhanin at 12:13 PM
Labels: SEHAT AlaMi

fithri Purwanti Devi

to balit...@balita-anda.com
mba', apakah madu pramuka ada di swalayan atau mungkin ada cabang2
terdekat.

najikh

to balit...@balita-anda.com
Setahuku belum pernah lihat madu Pramuka di jual di swalayan2 jadi kalo beli
memang harus ke Cibubur langsung, tapi saat ini sepertinya udah banyak
outlet2 yang menjual madu Pramuka, tapi kalo yang di outlet selain di
Cibubur untuk konsultasi masalah madu pada kurang paham.
Satu lagi aku bukan mbak lho tapi Mas/Bapak he... he... he...
---

[...]

nyonya hidayat

to balit...@balita-anda.com
di koperasi gedung kwarnas sebrang gambir ada yg jual ko'..

Imam.P...@aetra.co.id

to balit...@balita-anda.com
K'lo Mba ada di daerah Jakarta Pusat coba aja ke Gedung Pramuka yang di
sebrangnya Stasiun Gambir ..
saya pernah beli madu pramuka di situ ...

Terima kasih
Salam
Imam

"fithri Purwanti Devi" <fith...@lemigas.esdm.go.id>
25/05/2010 10:38
Please respond to
balit...@balita-anda.com

<balit...@balita-anda.com>
cc

Subject
RE: [balita-anda] Ask : madu dicampur susu bolehkah?

mba', apakah madu pramuka ada di swalayan atau mungkin ada cabang2
terdekat.

to balit...@balita-anda.com
duhh... ma'af pak, mungkin sdh biasa ya pa' salah sebut he..he..he
ada nomer tlp yg di cibuburnya ndak?

thanks,

najikh

to balit...@balita-anda.com
Nggak ada mbak aku

Najikh Fitri
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
KCU Rawamangun
Jln. Pemuda 708-709
Jakarta Timur

bunda khadijah

to balit...@balita-anda.com
Ikutan ah :-)

Kalo nggak salah yang mengenai botulism itu dibahas batas umurnya adalah 2
tahun ya.. Kalau di atas 2 tahun sudah aman..

Apa lagi kalo berdasarkan hasil browsingan Mbak Puji, ternyata ada
penelitian yang menyatakan untuk bayi pun nggak apa2..

Kesimpulannya, untuk anak Mbak Delya yang umur 3 tahun mah boleh..

Mengenai dicampur dengan susu.. Kalo menurutku sih boleh-boleh aja yaa..
Tapi mungkin susunya jangan yang panas / hangat.. Lebih baik yang dingin /
suhu ruangan normal.. Justru supaya madunya yang nggak rusak karena kena
suhu panas / hangat..

Demikian dari aku, mudah2an membantu.. Dan semoga anaknya semakin banyak
makan ya Mbak Delya..

Meutia

> [...]

> btw... jgn kapok bertuker pikiran yaa mba disini... kita semua ramah2x koq
> disini n semua bertujuan membantu n sharing....

desain...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com, balit...@balita-anda.com, dely...@gmail.com
 salam kenal mbak..sya fikir madu bagus..aplagi di ajaran saya..madu adl  slah satu pengobatan trbaik..sya fikir jamur ato spora yg brkembang karna cara penyimpananya yg kurang rapat ^^.Maka dr tu selain cara mnyimpanya..diusahakan madu hbis dhbiiskan tdk lbih dr satu bulan..n disendirikan.Memang susu pana dg madu jangan dicampur...suhu panasnya itu yg merusak khasiatnya.Klo airnya adem gak msalah.Tpi rata2 bocah suka yyg anget2 yak?...hehehehe.
Cara lain mungkin bsa dpertimbangkan..misal madu tsb jadi selai..untuk roti.N jangan lupa...pilih madu alami.Madu yang bagus..madu yang kandungan airnya sdikit..jdi jika disimpan tdak membeku..^^selmat mencoba bunda..Mo belajar lebih banyak???
www.jual-madu.tk

cutbaet...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com, balit...@balita-anda.com, dely...@gmail.com

cutbaet...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com, balit...@balita-anda.com, dely...@gmail.com, cutbaet...@gmail.com

cutbaet...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com, balit...@balita-anda.com, dely...@gmail.com, cutbaet...@gmail.com

aasal...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com
Apa hubunganny dgn madu... , madu itu kaya akan manfaat., sudah Alloh kabarkan dlm al quran.. , madu itu bukan menbuat sakit atau penyakit tapi mengobati berbagai penyakit.. , tapi ingat .. , madunya yg asli

aasal...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com

mimibi...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com
madu syamil bgus tu utk anak krn kandungannya byk bgus utk menambah nafsu makan jg utk daya tahan tubuh si kecil..

mimibi...@gmail.com

to milis-ba...@googlegroups.com

matrap...@gmail.com

to milis-balita-anda
Maaf mau tanya boleh kah madu di campor dg air teh yg udah kasis gula untuk anak usia 2 tahun