TODO list 7.0RC1

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com
Para pengembang, kontributor, dan pemerhati pengembangan Kuliax,

Berikut TODO list 7.0RC1 yang berhasil didapatkan pada Rapet 2009.03.05
termasuk waktu dan pengembang yang bertanggung jawab:

0. melakukan investigasi d-i untuk sistem live berbasis live-initramfs dan
memastikan bisa digunakan di sistem live Kuliax
Waktu: 1 minggu, dilaporkan pada Kuliax MicroConf 2009
Pengembang: stwn

1. mempelajari live-initramfs & live-helper serta menduplikasi sistem build
Kuliax yang menggunakan framework tersebut
Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
Pengembang: stwn dan andri

2. mempelajari (kembali) proses dan cara pembangunan paket debian standar
serta didokumentasikan di wiki Kuliax (http://kuliax.org/doc/pkg_build)
Waktu: 2 minggu, status terkini dilaporkan pada Kuliax MicroConf 2009
Pengembang: nugrahadi

3. membuat karyaseni untuk 7.0 dan membangun paket standar debiannya sesuai
dengan dokumentasi pada poin 2
Waktu: 3 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
Pengembang: KOSONG

4. mengoptimasi dan membangun kernel 2.6.28 dan membangun paket standar
debiannya sesuai dengan dokumentasi pada poin 2
Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
Pengembang: stwn

5. membangun dan mengintegrasikan paket-paket sesuai package-selection 7.0,
paket kernel, karya seni, dan jika mungkin d-i. Ini bisa dilakukan secara
otomatis atau secara simultan/paralel di mesin-mesin pengembang
Waktu: 1-2 minggu saat/setelah Kuliax MicroConf 2009 dan menjelang rilis
Pengembang: nugrahadi dan stwn (semua pengembang, jika mungkin) ;)
Infrastruktur: nugrahadi

6. LRC dan hal-hal lain seperti pemeliharaan infrastruktur wiki, log, dst.
Waktu: menjelang rilis dan sepanjang Kuliax Project masih ada ;)
Pengembang: fathirhamdi dan ryan_oke

Sila jika ada yang ingin berkontribusi atau memberikan masukan.

--
I actually use the trees I release and I want to keep my machines working

- Alan Cox recommending his -ac trees on linux-kernel

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com
On Monday 09 March 2009 17:05:54 Iwan Setiawan wrote:

> [...]
> memastikan bisa digunakan di sistem live Kuliax
> Waktu: 1 minggu, dilaporkan pada Kuliax MicroConf 2009

Kemarin saat Kuliax MicroConf 2009 kita sempat kurang gembira dengan laporan
investigasi d-i untuk sistem live berbasis live-initramfs tidak bisa
dilakukan.

Kita sempat ngoprek ubiquity dan juga sidux-installer (kembali) sebagai
alternatifnya. Ini menyita waktu cukup banyak, karena harus bangun ini itu,
mempelajari sistem build, ujicoba, dst.

Belakangan saya juga ngoprek lagi kuliax-installer oprekan adzymaniac. Saya
minta arsipnya langsung, karena di SVN kuliax di code.google ternyata tidak
lengkap (adzymaniac lupa melakukan commit).

Saya pikir kuliax-installer lebih sederhana daripada harus mempelajari
sidux-installer dan ubiquity, selain itu fitur dari kedua installer bisa
diintegrasikan di kuliax-installer dengan cara kita sendiri dan juga saya
lihat kodenya cukup sebagai dasar walau perlu banyak dioprek. Yang penting
sih jalan, straightforward, dan mirip d-i.

Saya unggah arsip kuliax-installer dan kuliax-rescue di
http://bitbucket.org/stwn/kuliax/ karena kita akan mencoba menggunakan
mercurial aka hg, sudah dibahas di presentasi di
http://repo.ugm.ac.id/~stwn/unduh/kuliax-microconf-09.odp.

Ini tidak berarti kita akan "terus" menggunakan hg, kita lihat saja bagaimana
penggunaannya. Sebenarnya ingin pake git, tapi setelah dicoba keduanya, lebih
simpel si hg.

Kembali, setelah ngoprek keempat installer sekaligus mencari-cari informasi
sesuai dengan apa yang dihadapi. Muncullah kejelasan, alhamdulillah.

Kita bisa menggunakan d-i untuk installer di sistem live berbasis
live-initramfs! sudah dibuktikan, paling tidak oleh saya sendiri.

> 1. mempelajari live-initramfs & live-helper serta menduplikasi sistem build
> Kuliax yang menggunakan framework tersebut
> Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
> Pengembang: stwn dan andri

- Sistem build manual sudah dilakukan di mesin devel remote dan lokal

- Sistem autobuild sudah dipelajari, tinggal mulai saja, ups sepertinya server
devel akan disiksa nih ;-)

- Sistem autotesting sudah dipelajari. Ujicoba otomatis dapat dilakukan dengan
qemu dan vncserver +bisa direkam menjadi video atau screen capture. Jadi
kita tinggal lihat lewat peramban jejaring aka browser saja hasil
ujicobanya :)

- Sistem build lewat peramban jejaring atau browser nantinya bisa jadi cara
oke untuk pengguna melakukan kustomisasi Kuliax ke depan. Infrastruktur
sudah tersedia, tinggal diimplementasi pada waktunya.

> [...]

> dengan dokumentasi pada poin 2
> Waktu: 3 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009

Ide saya mengirimkan permintaan sukarelawan ke milis seperti jogja-linux untuk
mendapatkan desainer grafis. Jika yang berminat dipersilakan untuk
mengirimkan contoh desain untuk latar belakang Kuliax dengan dasar karya seni
Rezal aka exavolt.

> 4. mengoptimasi dan membangun kernel 2.6.28 dan membangun paket standar
> debiannya sesuai dengan dokumentasi pada poin 2
> Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
> Pengembang: stwn

Sudah ada versi awal yang masih berantakan di
http://repo.ugm.ac.id/~stwn/unduh/. Di laporan MicroConf 2009 juga telah
dilaporkan.

> [...]
> Waktu: 1-2 minggu saat/setelah Kuliax MicroConf 2009 dan menjelang rilis
> Pengembang: nugrahadi dan stwn (semua pengembang, jika mungkin) ;)

Integrasi yang dilakukan sekarang adalah package-selection 7.0 dan installer
saja. Ini dilakukan di server virtualisasi remote dengan spek yang cukup ;-)

Integrasi paket kernel dan karya seni belum dilakukan.

> 6. LRC dan hal-hal lain seperti pemeliharaan infrastruktur wiki, log, dst.
> Waktu: menjelang rilis dan sepanjang Kuliax Project masih ada ;)
> Pengembang: fathirhamdi dan ryan_oke

Halo?

Ok, that's it for today :)
Sila jika ada yang akan memberikan masukan. Thanks!

--
#ifdef is *the* tool to make obfuscated code.

- Pavel Machek on linux-kernel

Aji Kisworo Mukti

to kuliax...@googlegroups.com

2009/3/20 Iwan Setiawan <st...@kuliax.org>

> [...]

lihat kodenya cukup sebagai dasar walau perlu banyak dioprek. Yang penting
sih jalan, straightforward, dan mirip d-i.

Betul...saya nulis kodenya masih berantakan :D
Mungkin klo ada Ide lagi akan saya tambahkan langusng ke target ;)

[...]

Saya udah signup, trus klo mau ngedit2 kode gmn yah?

--
Aji Kisworo Mukti
http://adzymaniac.wordpress.com

Yuda Nugrahadi

to kuliax...@googlegroups.com
Pada 20 Maret 2009 10:49, Iwan Setiawan <st...@kuliax.org> menulis:

> On Monday 09 March 2009 17:05:54 Iwan Setiawan wrote:
> - Sistem autobuild sudah dipelajari, tinggal mulai saja, ups sepertinya server
>  devel akan disiksa nih ;-)

siksa aja, daripada mangkrak ga kepake, kalau memang butuh tambahan
ram bisa aja tinggal dijadwalkan downtimenya

> nugrahadi?

he.. he.. saya malah lagi ngoprek usplash yang sangat "tricky"

> [...]
> mendapatkan desainer grafis. Jika yang berminat dipersilakan untuk
> mengirimkan contoh desain untuk latar belakang Kuliax dengan dasar karya seni

perlukah semacam sign-ing sesuatu agar berasa commit ??

> Sudah ada versi awal yang masih berantakan di
> http://repo.ugm.ac.id/~stwn/unduh/. Di laporan MicroConf 2009 juga telah
> dilaporkan.

bisa diakses di kuliax.ugm.ac.id/~stwn/unduh/

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com

Clone dulu repo-nya. Udah aku tambahkan kok username-mu di kuliax @bitbucket.

--
Numbers talk, bullshit walks.

- Dave Miller on linux-kernel

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com
On Friday 20 March 2009 20:18:11 Yuda Nugrahadi wrote:

> he.. he.. saya malah lagi ngoprek usplash yang sangat "tricky"

andri bisa bantu yud, dia udah oprek2 usplash & suka daring juga di #kuliax.

> perlukah semacam sign-ing sesuatu agar berasa commit ??

aku kira untuk komitmen, dll bisa dilihat dari apa yang sudah dan akan
dilakukan secara nyata. kalo misal suruh tanda tangan tapi ternyata memang
tidak bisa, susah juga. membebani kedua belah pihak.

> bisa diakses di kuliax.ugm.ac.id/~stwn/unduh/

ok, thanks yud.

--
I just wish I could spell.

- Andre Hedrick on linux-kernel

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com
On Sunday 22 March 2009 12:57:08 Iwan Setiawan wrote:

> Clone dulu repo-nya. Udah aku tambahkan kok username-mu di kuliax
> @bitbucket.

Ini ada sedikit dokumentasi perintah-perintah mercurial yang sering
dijalankan: http://kuliax.org/doc/devel/hg

--
Do one thing and do it well.

- Andrew Grover, ACPI maintainer on Linux-power.

stwn

to Kuliax Development
On Mar 9, 5:05 pm, Iwan Setiawan <s...@kuliax.org> wrote:

> 1. mempelajari live-initramfs & live-helper serta menduplikasi sistem build
>    Kuliax yang menggunakan framework tersebut
>    Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
>    Pengembang: stwn dan andri

Saat ini proses build dilakukan di server build remote, dan
konfigurasi disinkronisasi ke repo hg di bitbucket, kemudian
diduplikasi ke server build x20 (stwn).

server build remote --push--> repo hg --pull--> server build x20

Karena belum ada autotesting, agak susah untuk mengujicoba hasil build
di server remote. nugrahadi pernah melakukan ujicoba 1x ketika hasil
build sudah jadi dinotifikasi oleh stwn langsung :D

Sepertinya setelah build ada notifikasi ke tester, agar segera bisa
diujicoba.

Oiya, LiveUSB di 7.0RC1 kita nyatakan mendapat prioritas rendah.

> [...]
>    serta didokumentasikan di wiki Kuliax (http://kuliax.org/doc/pkg_build)
>    Waktu: 2 minggu, status terkini dilaporkan pada Kuliax MicroConf 2009

Autobuild paket dengan pbuilder, paket-paket yang perlu dibangun ada
di http://kuliax.org/roadmap/7.0/pkgs

Butuh setup infrastruktur.

http://kuliax.org/roadmap/kuliax-7.0#artwork

> 4. mengoptimasi dan membangun kernel 2.6.28 dan membangun paket standar
>    debiannya sesuai dengan dokumentasi pada poin 2
>    Waktu: 2 minggu setelah Kuliax MicroConf 2009
>    Pengembang: stwn

Versi 2.6.28.9.

> [...]
>    Waktu: 1-2 minggu saat/setelah Kuliax MicroConf 2009 dan menjelang rilis
>    Pengembang: nugrahadi dan stwn (semua pengembang, jika mungkin) ;)

Lihat nomor 1.

--
stwn

stwn

to Kuliax Development
On Mar 30, 10:19 am, stwn <estew...@gmail.com> wrote:

> Versi 2.6.28.9.

kuliax-devel,

Ayo diujicoba paket kernel Linux berikut:
linux-image-2.6.28.9-kuliax-686_2.6.28.9-1_i386.deb
linux-headers-2.6.28.9-kuliax-686_2.6.28.9-1_i386.deb

Lokasi ada di: http://kuliax.ugm.ac.id/~stwn/kuliax/

Instal dan pakai minimal sehari semalam :D
Sila melaporkan apa-apa yang terjadi ketika mengujicoba.

Thanks.

--
stwn

tyo wahyu

to kuliax...@googlegroups.com
hasil uji coba kernel permasalahan :
1. dvd repo tidak dapat digunakan ketika memakai apt dan kde package manager (padahal dvd telah terdeteksi) dan jika menggunakan lenny dengan kernel bawaan dapat berjalan dengan baik
2. driver wireless broadcom belum terdeteksi ya mas :)

atau kah salah konfigurasi di mesin ku ya?

Yuda Nugrahadi

to kuliax...@googlegroups.com
Pada 1 April 2009 17:27, tyo wahyu <tyo....@gmail.com> menulis:
> hasil uji coba kernel permasalahan :
> 2. driver wireless broadcom belum terdeteksi ya mas :)

Kalau pakai kernel bawaan lenny langsung terdeteksi kah ??

stwn

to Kuliax Development
On Apr 1, 5:27 pm, tyo wahyu <tyo.wa...@gmail.com> wrote:
> [...]
> (padahal dvd telah terdeteksi) dan jika menggunakan lenny dengan kernel

dvd repo? ada hubungannya dengan kernel? berhubungan dengan perangkat
dukungan DVD drive? bisa tolong dicari "hubungan" dari permasalahan
dan versi kernel?

> 2. driver wireless broadcom belum terdeteksi ya mas :)

seri berapa? ada pesan kesalahan?

> atau kah salah konfigurasi di mesin ku ya?

tidak tahu.

Thanks, yo.

--
stwn

Yuda Nugrahadi

to kuliax...@googlegroups.com
Pada 30 Maret 2009 10:19, stwn <este...@gmail.com> menulis:

> Sepertinya setelah build ada notifikasi ke tester, agar segera bisa
> diujicoba.

notifikasi dikirim ke kuliax-devel ?? :p

> Autobuild paket dengan pbuilder, paket-paket yang perlu dibangun ada
> di http://kuliax.org/roadmap/7.0/pkgs
>
> Butuh setup infrastruktur.

untuk pembuatan reponya bagaimana kalau menggunakan reprepro ??

Iwan Setiawan

to kuliax...@googlegroups.com
On Thursday 02 April 2009 10:14:57 Yuda Nugrahadi wrote:

> notifikasi dikirim ke kuliax-devel ?? :p

Bisa saja, tapi si mesin build dipasangin mail-server, minimal untuk kirim aja
dan juga username@mesin ditambahkan ke list kuliax-devel

> untuk pembuatan reponya bagaimana kalau menggunakan reprepro ??

Bisa. Udah pernah coba kan?

O iya soal buka port 80 di mesin build udah, yud?

--
/* strangest things ever said, #6, to alan cox: "...and remember, alan
* - no monkeybusiness. remember, i sleep nude and we dont want to

- comment in the Crack 5 source, file src/util/kickdict.c

Yuda Nugrahadi

to kuliax...@googlegroups.com
Pada 2 April 2009 11:41, Iwan Setiawan <st...@kuliax.org> menulis:

> Bisa. Udah pernah coba kan?

belum :D makanya mau dicoba :D

> O iya soal buka port 80 di mesin build udah, yud?

belum, harus metani firewallnya lagi :D

tyo wahyu

to kuliax...@googlegroups.com

2009/4/2 stwn <este...@gmail.com>

> [...]

dvd repo? ada hubungannya dengan kernel? berhubungan dengan perangkat
dukungan DVD drive? bisa tolong dicari "hubungan" dari permasalahan

pada proses instalasi muncul masalah dengan keterangan dvd tidak terdeteksi, padahal dvd telah terdeteksi dengan baik

> 2. driver wireless broadcom belum terdeteksi ya mas :)

seri berapa? ada pesan kesalahan?

 bcm 4312 tidak terdapat pesan kesalahan

tyo wahyu

to kuliax...@googlegroups.com
kalau pakai kernel bawaan dapat terdeteksi dengan baik dan dapat terinstall dengan baik

stwn

to Kuliax Development
On Apr 2, 12:58 pm, tyo wahyu <tyo.wa...@gmail.com> wrote:

> pada proses instalasi muncul masalah dengan keterangan dvd tidak terdeteksi,
> padahal dvd telah terdeteksi dengan baik

lha iya apa ada hubungannya antara dvd tidak terdeteksi dengan
instalasi kernel?

kok instalasi paket minta DVD? apa ada sesuatu di sources.list yang
mengarah ke DVD repo?

>  bcm 4312 tidak terdapat pesan kesalahan

bagaimana tahu tidak ada pesan kesalahan? :-)

coba `lspci` ada tertulis wireless controller-nya tidak, yo? dan juga
`lsmod|grep b43` keluarannya gimana?

berdasarkan http://linuxwireless.org/en/users/Drivers/b43, driver
untuk bcm4312 menggunakan b43.ko dan ini disertakan di linux-
image-2.6.28.9-kuliax-686

Thanks.

--
stwn

tyo wahyu

to kuliax...@googlegroups.com
On 4/2/09, stwn <este...@gmail.com> wrote:

> lha iya apa ada hubungannya antara dvd tidak terdeteksi dengan
> instalasi kernel?

nah sebenarnya itu masalah nya mas kalo pake kernel bawaan dapat
berjalan dengan baik (tanya kenapa)

> kok instalasi paket minta DVD? apa ada sesuatu di sources.list yang
> mengarah ke DVD repo?

source.list saya arahkan ke dvd repo kalo pake mirror males nunggunya
bandwith lemot :D

> coba `lspci` ada tertulis wireless controller-nya tidak, yo? dan juga
> `lsmod|grep b43` keluarannya gimana?

network wireless terdeteksi tapi belum dapat digunakan :)
lsmod|grep b43 >> gak ada outputnya

stwn

to Kuliax Development
On Apr 2, 5:32 pm, tyo wahyu <tyo.wa...@gmail.com> wrote:

> [...]
> bandwith lemot :D
>
> network wireless terdeteksi tapi belum dapat digunakan :)

/sbin/modprobe b43; /sbin/iwconfig

aku nggak bisa nge-trace penyebabnya kalau dirimu nggak menyertaakan
informasi teknis dan alur ketika menemukan kejanggalan dalam ujicoba
+informasi lainnya :-)

--
stwn

stwn

to Kuliax Development
On Apr 2, 5:55 pm, stwn <estew...@gmail.com> wrote:

> aku nggak bisa nge-trace penyebabnya kalau dirimu nggak menyertaakan
> informasi teknis dan alur ketika menemukan kejanggalan dalam ujicoba
> +informasi lainnya :-)

..dengan lebih baik. informasinya masih kurang.

--
stwn