partisi raib

azhar

to Bogor Indonesian Linux Users Group
Cuma sedikit curhat..

Dua hari yang lalu, sy coba mempartisi ulang hardisk menggunakan
partition magic 7.0. Sy menambahkan satu partisi dan merisize 2
partisi lainnya (NTFS dan FAT32).
Utk dpat menyelesaikan tugasnya, PM minta reboot.
Nah..di sinilah awal mula dari kesedihan itu..
Pas lagi enak2nya formating partisi, tiba2 muncul pesan 'failed'.
Sayang, sy ga baca detail pesan yang disampaikan PM tersebut. Semua
partisi yang ada di hardisk itu menjadi unallocated alias hilang (@
20GB FAT32 n NTFS). Kecuali partisi redmond (wind**s *P).

Sekarang bkn saatnya menyesal, tapi yg penting adalah mengembalikan
partisi tersebut lengkap dengan isinya. maklum, di dalamnya ada file2
penelitian yg belum rampung.

Dengan bantuan oM Google, ditemukan beberapa software untuk me-
recovery partisi : testdisk, active partition recovery, get data back,
dll.
Ada saran bwt software recovery yang bagus ?
terserah mo jln di Win atau Linux.

Sy coba testdisk, tapi bingung caranya. Ada yg punya tutorial dlm bhs
Indonesia??
mas ARif?? (yg dulu nyaranin pake testdisk)

Trims atas bantuannya.
Semoga Allah yang membalas dg yg lebih baik.

Suprie

to kpli-...@googlegroups.com
Saya juga pernah ada pengalaman buruk mengenai resize partition magic 7.0,
padahal katanya compatible sama xp *sigh* berarti bener itu bug nya... Klo
buat recovery dah coba pake liveCD lom ?

Yanmarshus

to kpli-...@googlegroups.com
Suprie wrote:
> Saya juga pernah ada pengalaman buruk mengenai resize partition magic 7.0,
> padahal katanya compatible sama xp *sigh* berarti bener itu bug nya... Klo
> buat recovery dah coba pake liveCD lom ?

Coba pakai testdisk
http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk

atau, lihat link ini,
http://www.thefreecountry.com/utilities/partitioneditors.shtml

Ada teman dulu juga punya pengalaman begini.
Melakukan resize partisi dengan PM, dan hasilnya
adalah bencana :(
Data hilang, dan sayang beribu sayang, sebelum melakukan
resize partisi tidak membuat backup data terlebih dahulu.
Ini adalah kesalahan berat. Kalau akan melakukan sesuatu
aksi yang "berbahaya" terhadap harddisk adalah bijak kalau
mem-backup terlebih dahulu isi harddisk.
Apalagi kalau data tersebut cukup penting.

Demikian.

azhar udin

[...]

Belum.
Mank, kalo pake liveCD, gimana?

--
<pyoe@design root>al Ma'un Digital Library

gibran syah

to kpli-...@googlegroups.com
Betul ..., BACKUP DAN BACKUP data kita sebelum melakukan sesuatu yg sifatnya high-risk. saya juga nggak mau mengulang kesalahan saya kehilangan data 20GB lagi. Data yg hilang adalah data2 saya dari  SMU  kelas 1 sampai Kuliah tingkat 2....
Saya Shock berat 1 minggu waktu itu.., so berhati-hatilah kawan....

--
Jenius adalah 99% kerja keras dan 1% bakat
(Thomas Alfa Edison)