SEA-GAMES Ubuntu

Zaki Akhmad

to id-u...@googlegroups.com
Salam

Ikutan lomba SEA-GAMES yuk! Becanda sedikit. Saya ingin tahu,
kecepatan masuk ke Ubuntu (setelah memilih sistem operasi di grub)
hingga masuk Display Manager di Ubuntu untuk login, makan waktu berapa
detik.

Sebutkan prosesor dan memori komputer ya? Atau ada parameter lain yang
juga penting?
Saya:
Prosesor: 1.73 GHz
Memori: 1.2 GB
Ubuntu: Feisty
Waktu Boot: 4 menit, 52 detik :(( (lama banget ya, bisa buat indomie dulu nih)

Lamanya pas di:
hardware abstraction layer

Sebenarnya saya penasaran, kok diupgrade ke Feisty lama. Ke Gutsy
lebih lama lagi. Sebelumnya memang sengaja saya tahan di Edgy. Nah
nanti dari sini, bisa kita diskusiin bagaimana caranya membuat Ubuntu
bisa lebih cepat!

--
Zaki Akhmad

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 12:47 PM, Zaki Akhmad <zakia...@gmail.com> wrote:

> Sebutkan prosesor dan memori komputer ya? Atau ada parameter lain yang
> juga penting?

services yang dinyalain saat boot

> [...]
> Ubuntu: Feisty
> Waktu Boot: 4 menit, 52 detik :(( (lama banget ya, bisa buat indomie dulu nih)

pake apa nyatetnya?

~tar ah cobain..

--
Iang-
http://fajran.web.id y!m: fajran

Zaki Akhmad

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 6:49 PM, Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com> wrote:

> pake apa nyatetnya?

Pakai stopwatch yang ada di HP, Iang. OK, ditunggu ya. Sekalian cara
tune-up-nya biar wes-ewes-ewes!

--
Zaki Akhmad

Mohammad DAMT

to id-u...@googlegroups.com

Pada hari Minggu, tanggal 16/12/2007 pukul 18:47 +0700, Zaki Akhmad
menulis:

> Waktu Boot: 4 menit, 52 detik :(( (lama banget ya, bisa buat indomie dulu nih)

http://bootchart.org/

Silakan pakai ini untuk lebih akurat dan lebih detil penelitiannya.

Zaki Akhmad

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 7:32 PM, Mohammad DAMT <mohamm...@gmail.com> wrote:

> http://bootchart.org/
> Silakan pakai ini untuk lebih akurat dan lebih detil penelitiannya.

Terimakasih MDAMT! Ya, yang saya lakukan memang baru berdasar naluri
kecepatan waktu saja. Nanti dicoba deh.

--
Zaki Akhmad

Andy Apdhani

to id-u...@googlegroups.com
Mohammad DAMT wrote:
> [...]

Wah parah tuk ki lamanya pasti ada yg gak bener

> http://bootchart.org/

Klo saya kata bootchart [1] butuhnya sekitar 28 detik saja :-)

Yuk ah mari & salam!

[1] http://today.skyisgrey.org/tmp/gutsy-20071216-1.png

--

[ Andy Apdhani ]
-

Tukang Nasi Uduk Spesial

to id-u...@googlegroups.com

> http://bootchart.org/
>
> Silakan pakai ini untuk lebih akurat dan lebih detil penelitiannya.

Terimakasih infonya.

Ternyata instal bootchartnya gampang, tinggal centang di sinaptik
(Feisty). Dan hasil rendernya pun sudah PNG di /var/log/bootchart, jadi
ndak perlu rendering pakai webform.

Lumayan euy, minggu siang, iseng ikutan SEA-Games :) Terimakasih Bung
Mdamt.

Ini hasilnya
OS: Ubuntu Feisty Fawn 7.10
Kernel: Linux 2.6.22-14 Generic
CPU: IntelPentium(R) D CPU 2,66 Ghz
DDRam: PC 3200 - 1 Gb
Services : Standard Shipment (?) all enabled, which is including usplash
+ vmware
Total booting time: 36 second

Oh iya, sekedar berbagi. Untuk teman-teman yang tidak puas dengan waktu
menunggu loading ke desktop, mungkin info tweaking ubuntu ini dapat
berguna:

1. Install Powertweak (*gampang, tinggal cari di synaptic*)

2. Instal Ubuntu-Tweak.
http://www.ubuntugeek.com/howto-tweak-ubuntu.html

Semoga berguna

TNUS (*tukang nasi yang sedang nyari lapak dagang*)

Majalah.Linux

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 9:21 PM, Andy Apdhani <imth...@gmail.com> wrote:

> Wah parah tuk ki lamanya pasti ada yg gak bener

> Klo saya kata bootchart [1] butuhnya sekitar 28 detik saja :-)
>
> Yuk ah mari & salam!
>
> [1] http://today.skyisgrey.org/tmp/gutsy-20071216-1.png

imo dari pengalaman, bootchart hanya menghitung waktu dari boot sampe
sebelum masuk xwin saja alias hanya sebatas tahapan di console. jadi
lama loading di x tidak dihitung. padahal lama loading di x menyumbang
waktu loading yang tidak sedikit. kalau mau perhitungan real
sehari-hari sampai tahap login di x ya memang pakai stopwatch :)
kecuali ngitungnya mo sampe login di console (CLI) saja :)

dari pengalaman juga, penambahan memori diatas 256 mb pada sistem
linux terinstall seperti ubuntu, slackware, fedora dengan pc base on
komputer pentium > 1.5 GHz tidak terlalu berpengaruh besar pada waktu
booting.

bahkan untuk booting dengan jumlah service yang sama (seperti service
hal, log, dsb) pada komputer yg sama dengan memori 128 mb dan memori 6
kali lipatnya sama. kalaupun beda hanya terpaut 1-2 detik saja
(perhitungan dengan bootchart dan stopwatch). jadi untuk waktu
booting, kecepatan prosesor memberi sumbangsih yang besar. namun untuk
kinerja saat menjalankan aplikasi dll di desktop, memori tetap nomor
satu :D

btw untuk tuning di ubuntu mungkin artikel ini bisa membantu :)

Tutorial: Mempercepat Waktu Bootup Ubuntu Hingga 3x Lipat
http://majalah-linux.baliwae.com/2007/07/14/trik-mempercepat-waktu-bootup-ubuntu-hingga-3x-lipat/

Trik: Mengoptimalkan Ubuntu "Feisty" 7.04 Biar Wuussh.wusshh.wushh
http://majalah-linux.baliwae.com/2007/04/28/tutorial-mengoptimalkan-ubuntu-feisty-704/

Tips: Mempercepat Startup dan Performa OpenOffice hingga 10 Kali Lipat
http://majalah-linux.baliwae.com/2007/11/12/tips-mempercepat-startup-dan-performa-openoffice-hingga-10-kali-lipat/

salam

budi

--
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Akses Toko.Baliwae dari Handphone?

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 3:05 PM, Tukang Nasi Uduk Spesial

<nasiudu...@gmail.com> wrote:

> Terimakasih infonya.
>
> Ternyata instal bootchartnya gampang, tinggal centang di sinaptik
> (Feisty). Dan hasil rendernya pun sudah PNG di /var/log/bootchart, jadi
> ndak perlu rendering pakai webform.

iya.. kirain musti ngapa2in lagi kalo musti bikin yg beginian..
ternyata tinggal instal dan restart. hehehe..

kalo kata bootchart, lama saya nyalain os itu 52 detik.
pake feisty di core duo 1.83 GHz, ram 1.25 GB,
keliatan lama gara2 I/O.. yaa wajar berhubung nginstal ubuntu nya di
hdd external

http://arsip.fajran.web.id/img/feisty-20071216-1.png

Aldiantoro

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 7:32 PM, Mohammad DAMT <mohamm...@gmail.com> wrote:

> http://bootchart.org/

ikutan ^^

desktop: http://kriwil.com/images/desktop-gutsy-20071216-1.png
laptop: http://kriwil.com/images/laptop-gutsy-20071216-1.png

ternyata bedanya lumayan ya di teknologi processor.

--
kriwil.com

Andy Apdhani

to id-u...@googlegroups.com
Aldiantoro wrote:

> ternyata bedanya lumayan ya di teknologi processor.

Untuk para kontestan silakan juga tulis laporannya di wiki [1] biar gampang
nanti milih yang jadi juaranya hahahhaha

Yuk ah mari & salam!

[1] http://wiki.ubuntu-id.org/SeaGamesUbuntu

--

[ Andy Apdhani ]
-

Andi Darmawan

to id-u...@googlegroups.com
Aldiantoro wrote:
> [...]
ikutan juga ah...

26 detik [0].

[0] http://today.belutz.net/gutsy-20071216-1.png

--
Andi "Belutz" Darmawan
http://www.belutz.net

signature.asc

Zaki Akhmad

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 16, 2007 10:29 PM, Andy Apdhani <imth...@gmail.com> wrote:

> [1] http://wiki.ubuntu-id.org/SeaGamesUbuntu

Wahaha..... jadi istilah nih. Padahal awalnya aku cuma iseng-iseng
aja. Terimakasih Andy!

--
Zaki Akhmad

cahsukun

to id-ubuntu
On Dec 16, 9:18 pm, Majalah.Linux <majalah.li...@gmail.com> wrote:
> Tutorial: Mempercepat Waktu Bootup Ubuntu Hingga 3x Lipathttp://majalah-linux.baliwae.com/2007/07/14/trik-mempercepat-waktu-bo...

> [...]

Ketiga link ini setelah saya buka kok seperti iklan ya :

cukup sudah saling menyalahkan
sukup sudah kita berpangku tangan
kita songsong penuh keyakinan
masa depan penuh harapan

mari kerja keras bersama sama
bahu membahu demi masa depan
bersama bersama kita bisa
rakyat aman adil sejahtera
bersama bersama kita bisa
membangun kembali indonesia
bersama kita bisa

bersama kita bisa..

Begitu isinya bukan tutorial
Bingung aku.
Nuwun
TJS

Majalah.Linux

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 17, 2007 11:16 AM, cahsukun <cahs...@gmail.com> wrote:

> [...]

dicoba lagi mas.. :)
habis bermain main dengan mod rewrite :) jadi tampilnya seperti itu

salam..

budi