Ubuntu Gutsy belum stabil ??

Muhidin S

to id-ubuntu, kpli-...@googlegroups.com
Dari beberapa kali menginstall ubuntu dan variannya (edubuntu 7.10 dan LinuxMint 4.0) sy menemukan bug di laptop yg sy pakai.  Setelah selesai install terkadang akan muncul suara awal masuk yg terus berbunyi tanpa henti (tapi tidak hang). Jika masuk ke tty1-tty6 biasaya font yg muncul terlalu besar bahkan blank (gelap, tp tetap dapat ditulisi). Kecurigaan pertama errornya dari ACPI (terlihat pertama loading).
Kedua WLAN yang belum terdetek sempurna.
hasil lspci:
00:00.0 Host bridge: ATI Technologies Inc Unknown device 5a31 (rev 01)
00:01.0 PCI bridge: ATI Technologies Inc RS480 PCI Bridge
00:06.0 PCI bridge: ATI Technologies Inc RS480 PCI Bridge
00:12.0 IDE interface: ATI Technologies Inc 4379 Serial ATA Controller (rev 80)
00:13.0 USB Controller: ATI Technologies Inc IXP SB400 USB Host Controller (rev 80)
00:13.1 USB Controller: ATI Technologies Inc IXP SB400 USB Host Controller (rev 80)
00:13.2 USB Controller: ATI Technologies Inc IXP SB400 USB2 Host Controller (rev 80)
00:14.0 SMBus: ATI Technologies Inc IXP SB400 SMBus Controller (rev 82)
00:14.1 IDE interface: ATI Technologies Inc Standard Dual Channel PCI IDE Controller (rev 80)
00:14.2 Audio device: ATI Technologies Inc SB450 HDA Audio (rev 01)
00:14.3 ISA bridge: ATI Technologies Inc IXP SB400 PCI-ISA Bridge (rev 80)
00:14.4 PCI bridge: ATI Technologies Inc IXP SB400 PCI-PCI Bridge (rev 80)
01:05.0 VGA compatible controller: ATI Technologies Inc RC410 [Radeon Xpress 200M]
04:03.0 Ethernet controller: Realtek Semiconductor Co., Ltd. RTL-8139/8139C/8139C+ (rev 10)
04:04.0 CardBus bridge: O2 Micro, Inc. OZ711MP1/MS1 MemoryCardBus Controller (rev 21)
04:04.2 Generic system peripheral [0805]: O2 Micro, Inc. Integrated MMC/SD Controller (rev 01)
04:04.3 Bridge: O2 Micro, Inc. Integrated MS/xD Controller (rev 01)
04:04.4 FireWire (IEEE 1394): O2 Micro, Inc. Firewire (IEEE 1394) (rev 02)
04:09.0 Network controller: RaLink RT2500 802.11g Cardbus/mini-PCI (rev 01)

pernah dibiarkan dan tetap dipakai tapi ketika dipakai malam (tanpa strum) hingga mati sendiri karena ketiduran, esoknya dihidupkan error gak mau masuk login.

Ada yang dapat memberi pejelasan ??

Sir BATS

to id-ubuntu
coba menjelaskan yang bisa ya :=))

konsol tty1 - tty6 blank : ini bugs pada sistem initramfs-nya gutsy
obatnya : edit file : /etc/initramfs-tools/modules trus tambahkan
module fbcon (frame-buffer console) save/exit. tentang huruf konsol
yang "besar" saya juga tak tau bagaimana memodifikasinya, berbagai
cara sudah saya coba termasuk # dpkg-reconfigure plow console-setup
hasilnya tidak memadai. dugaan sementara kernel standar gutsy tidak
meangakomodir "console" frame buffer: keyakinan saya dengan
mengkompail ulang kernel dan dan meng-enable console framebuffer
tulisan di konsol akan lebih indah (tajam/kecil) - tapi saya belum
mencobanya - :=))

acpi : tergantung merk pc anda, ibm, toshiba, dell, asus merupakan 4
merk yang didukung gutsy dan memiliki kekhasan acpi masing2. bila anda
pakai ibm/lenovo maka kernel harus di patch dengan ibm-acpi yang
sekarang bernama ThinkPad_acpi (google akan sangat mudah menuntun anda
menemukannya).

suara tanpa henti, itu masalah modul alsa; tapi harusnya gutsy
memiliki keistimewaan dalam hal ini. bila anda sudah masuk gui dan
punya alsamixer (bila belum install dengan #aptitude install alsamixer-
gui atau alsamixer saja) matikan mic boost (tokh anda tidak tiap kali
pakai mic, tanpa boost pun mic masih berfungsi standar).

wlan = wifie adaptor anda bercipset apa, kalo intel ipw3945 atau 4965
(chipset yang sama) gunakan iwlwifi (btw, gutsy sudah memiliki kernel
modul ini secara default) kalo belum donlot di intellinux, kembali
boleh bergugel ria dengan key word intellinux :=))

maaf baru baca lebih detil wifi anda RT2500 ini sudah ada di kernel,
bahkan sudah didukung sejak edgy-eft.

xdm/gdm/kdm tidak bisa start maksudnya ya, tidak bisa login GUI atau
sama sekali tidak bisa login (?) kalo masalahnya GUI # dpkg-
reconfigure xserver-xorg biasanya menyelesaikan masalah, mengingat vga
anda ati ... gunakan restricted manager untuk install drivernya. kalo
anda mengharamkan propertiary driver gunakan vesa-ng atau uvesa (yang
lebih baru dan cespleng).

./sts

Bayu Widyasanyata

to id-u...@googlegroups.com
On Dec 28, 2007 3:34 PM, Sir BATS <SIR...@gmail.com> wrote:

> konsol tty1 - tty6 blank : ini bugs pada sistem initramfs-nya gutsy
> obatnya : edit file : /etc/initramfs-tools/modules trus tambahkan
> module fbcon (frame-buffer console) save/exit. tentang huruf konsol
---8<---

Kalau di PC saya (bukan notebook), waktu pertama startup X-nya koq blank ya?
Layar seperti tak terima data, jadinya led di layar blinking.
Lalu saya pancing tekan <ENTER> di keyboard, dan barulah gambarnya
keluar (window authentication), dan led tidak blinking lagi.

kalau ini bug juga kah?
saya pakai 7.10 juga.

nuhun.

--
wassalam,
[bayu]

Rotua Damanik

to id-u...@googlegroups.com
Pada tanggal 27/12/07, Bayu Widyasanyata <bwidya...@gmail.com> menulis:

> [...]
> Lalu saya pancing tekan <ENTER> di keyboard, dan barulah gambarnya
> keluar (window authentication), dan led tidak blinking lagi.

Kalau di PC saya, usplash ga mau keluar, kalau usplash-nya diaktifkan
monitor saya
mati, nanti sampai di GDM baru hidup lagi. Akhirnya saya putuskan
untuk me-nonaktifkan
splash-nya dari menu.lst, setelah itu monitor saya hidup terus, tapi
saya jadi ga bisa
lihat usplash yang indah itu.

Bravo PENGUIN!!
--------------------------------
rotyyu.wordpress.com

Sir BATS

to id-ubuntu
On Dec 29, 8:33 am, "Rotua Damanik" <rubuntu7...@gmail.com> wrote:
> Pada tanggal 27/12/07, Bayu Widyasanyata <bwidyasany...@gmail.com> menulis:
usplash : coba edit file /etc/usplash.conf ganti xres= dan yres=
sesuai resolusi kartu grafis anda misal xres:1024 yres=768 dst

./sts

handaru pratomo

to id-u...@googlegroups.com

mau nanya sekalian, klo dari varian Xubuntu pernah ada keluhan yang
sama nggak ya ?? klo dilihat dari awal kan cuma yang versi
ubuntu(gnome) saja.....

gimana dengan pengguna Kubuntu dan Xubuntu yang lain ??
saya masih make feisty tapi ragu juga mau upgrade ke gutsy

Muhidin S

to id-u...@googlegroups.com
[...]

boost mic da mic sudah dimatikan, yg hidup hanya PCM dan FRONT. tapi masih sering muncul suara tanpa henti tadi dan gambar tidak muncul sama sekali. yg dapat dilakukan hanya masuk ke tty lalu boot ulang (biasanya jadi bagus). Oh ya di tty1 ada pesan
"

Muhidin S

to id-u...@googlegroups.com
    "[30.706396]... MP-BIOS bug: 8254 timer not connected to IO-APIC loading, please wait ................... "

Bagaimana yah solusinya ??
Maaf yg diatas gak segaja terkirim.

Rotua Damanik

to id-u...@googlegroups.com
Pada tanggal 28/12/07, Sir BATS <SIR...@gmail.com> menulis:

> usplash : coba edit file /etc/usplash.conf ganti xres= dan yres=
> sesuai resolusi kartu grafis anda misal xres:1024 yres=768 dst

Sama aja Oom, tetap aja layar monitorQ ga mau hidup kalau splash
diaktifkan, settingnya tak ganti jadi xres=1024 yres=768.

Bravo PENGUIN!!