Ubuntu Desktop atau Server?

4 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

Yudhieka

belum dibaca,
21 Des 2008, 14.12.2021/12/08
kepadaid-ubuntu
Mas mau nanya nih? Saya ada komputer 1 yg rencananya mau saya
fungsikan sebagai server (hanya untuk simpan dan akses data dari 250-
an user yg mana adalah teman2 saya) Lha apabila pake Windows Server yg
original kan Muaahaalll, pake bajakan NdesO. Rencananya komputer itu
dipake untuk simpan dan akses data para User2 itu, daripada yg mana
nantinya juga akan digunakan untuk mail server, membagi pake internet,
dsb yg fungsinya mirip banget kaya Server de pokoknya. Jadi sebaiknya
aku pakai Ubuntu Desktop atau Ubuntu Server ya? Kalo pake yg desktop
versi Defaultnya ditambahin apaan lagi? Kalo pake yg Server aku belum
lihai je :(. Apabila ada yg berkenan dan baik hati, bisa kirim Cara
instal + tambahan program apa aja yg bisa dipake server bila daku pake
yg versi Desktop? Pls, bisa langsung di Email ke emailku. Maturnuwun...

Cecep Mahbub

belum dibaca,
21 Des 2008, 15.41.3821/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
2008/12/22 Yudhieka <yudh...@gmail.com>:

> [...]
> aku pakai Ubuntu Desktop atau Ubuntu Server ya? Kalo pake yg desktop
> versi Defaultnya ditambahin apaan lagi? Kalo pake yg Server aku belum

sama saja. mo desktop atau server. bedanya kalau mau menggunakan
desktop, berarti akan ada resource komputer yang terpakai utk
keperluan desktop.

paket yang harus di instal, tergantung kebutuhan. jika memang masih
ndeso, banyak yang harus dibaca. mulai dari

* tentu saja yang pertama, pahami dulu perintah dasar di linux.
kalau mau bermain-main dengan linux, jangan tabu dengan konsole ya.
* samba untuk filesharing
* postfix atau zimbra utk mail servernya
* squid dan sedikit iptables mungkin
* belajar menggunakan google dengan baik.

jika semuanya dijelaskan disini, bisa jadi satu buku :D

> Apabila ada yg berkenan dan baik hati, bisa kirim Cara
> instal + tambahan program apa aja yg bisa dipake server bila daku pake
> yg versi Desktop? Pls, bisa langsung di Email ke emailku. Maturnuwun...

kadang saya aneh sama permintaan private spt ini. kalau dibalas via
milis kan sampe juga ke email Anda? :D

-cecep-

Ali Kusnadi

belum dibaca,
21 Des 2008, 16.34.5421/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
> kadang saya aneh sama permintaan private spt ini. kalau dibalas via
> milis kan sampe juga ke email Anda? :D

minta jatah preman ajah bos, supaya dikirimkan ke rekeningnya si bos :D

> -cecep-

OedhA

belum dibaca,
21 Des 2008, 21.55.4221/12/08
kepadaid-ubuntu
(. Apabila ada yg berkenan dan baik hati, bisa kirim Cara
> instal + tambahan program apa aja yg bisa dipake server bila daku pake
> yg versi Desktop? Pls, bisa langsung di Email ke emailku. Maturnuwun...

Saya dulu mulai dengan nginstall yg desktop Om....:))
( saya juga masih bingung ama console.....saat itu )

habis tu saya ngikutin yg ada disini :==>
http://www.howtoforge.org/perfect-server-ubuntu8.04-lts

setelah itu bisa check disini juga :
https://help.ubuntu.com/community/Servers

guide :==> https://help.ubuntu.com/8.04/serverguide/C/index.html

regards;
~E~

muhammad panji

belum dibaca,
21 Des 2008, 22.00.5621/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
2008/12/22 Yudhieka <yudh...@gmail.com>:
Kalau pengen simple pakai server yang sudah jadi seperti clarkconnect,
smoothwall, ipcop dkk akan memudahkan, manajemen nya juga ada yang
berbasis web
rgds,

--
Muhammad Panji
http://sumodirjo.wordpress.com

rizko

belum dibaca,
22 Des 2008, 01.48.2022/12/08
kepadaid-ubuntu

On Dec 22, 10:00 am, "muhammad panji" <sumodi...@gmail.com> wrote:
> [...]

Saran saya pake yang versi Server, n gak usah diinstallin desktopnya,
jadi text murni untuk nyettingnya sekalian belajar. Kalau untuk
sekedar sharing internet, sharing file, bikin server dhcp, atau mail
server, manualnya banyak kok, salah satunya http://help.ubuntu.com.

Jadi tunggu apa lagi, segera install Ubuntu Server di PC Anda, dan
rasakan kemudahannya, pengalaman pribadi sebagai pemula, cman butuh 5
menit tuk setting sharing internet doank.

Salam
rizko

nanung nur zula

belum dibaca,
27 Des 2008, 03.43.0427/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com

bobby mail

belum dibaca,
27 Des 2008, 03.51.3427/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
kalo menurut saya lebih baik pake desktop aja dulu... takutnya malah
males karena blum terbiasa text... saya pun dulu gitu.. server saya
install yang desktop yang penting jalan dulu baru deh dalemin linux
yang settingnya serba text base... karena GUI nya linux pun harus tau
dasar setting text kok...

2008/12/27 nanung nur zula <nur...@gmail.com>:

Gatot Aribowo

belum dibaca,
27 Des 2008, 06.54.0227/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
Btw,

Konsole itu yang mana ya? Maklumlah, newbie.

salam,

bobby mail

belum dibaca,
27 Des 2008, 07.40.2627/12/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
terminal

2008/12/27 Gatot Aribowo <inisiato...@gmail.com>:

Umar

belum dibaca,
28 Des 2008, 07.47.2328/12/08
kepadaid-ubuntu
On 22 Des, 05:41, "Cecep Mahbub" <ce...@ngadimin.org> wrote:
> 2008/12/22 Yudhieka <yudhi...@gmail.com>:
>
> sama saja. mo desktop atau server. bedanya kalau mau menggunakan
> desktop, berarti akan ada resource komputer yang terpakai utk
> keperluan desktop.

Sepertinya kurang tepat. Secara umum karakteristik server dan desktop
berbeda sehingga membutuhkan kernel yang berbeda. Bagi server, yang
dibutuhkan adalah kestabilan sehingga tidak bermasalah atau turun
performance untuk waktu yang lama. Sementara bagi desktop, yang
dibutuhkan adalah respon yang cepat (responsive). Lengkapnya silakan
baca di http://www.serverwatch.com/tutorials/article.php/3715071

Saran saya, kalau sekedar belajar konfigurasi dan gak ingin repot,
pakai saja kernel desktop dan pasang aplikasi server. Kalau sudah
paham dan ingin menggunakan server untuk keperluan sesungguhnya, ganti
kernelnya ke versi server.
Balas ke semua
Balas ke penulis
Teruskan