Install Hardy dari USB Flash Disk

iNdRa

to id-u...@googlegroups.com
Salam...

Mumpung lagi hangat-hangatnya launching hardy, tips berikut mungkin bisa jadi alternatif bagi yang mau install HH Live CD lewat media USB Flash disk.

WARNING :
1. Pastikan anda mengetahui maksud dari perintah2 yang akan anda ketikkan. Kesalahan diluar tanggung jawab penulis ;-)
2. Kemungkinan kesalahan dapat menyebabkan usb flash disk menjadi tidak dapat terdeteksi, atau bahkan ubuntu anda tidak dapat dipakai lagi karena salah memilih lokasi format

Persiapan:
1. Siapkan USB FLash disk minimal 1GB (kosong lebih bagus). Saya memakai KINGSTON 1G Data traveler seharga 59 ribu :-)
2. Persiapan saya lakukan di Laptop dengan Gutsy, USB Flash disk akan saya gunakan sebagai pengganti Live CD Hardy untuk diinstall di dekstop
3. Pastikan desktop / laptop dapat boot dari USB Flashdisk. Caranya mengetahuinya: matikan komputer > tancapkan Flashdisk > hidupkan komputer > tekan F8. Jika muncul pilihan boot dari Flash disk, selamat.....anda layak dapat bintang..!!

Ok, here we go....
1. Download file "isostick.sh: berikut, satukan lokasinya dengan file iso hardy :
wget http://www.startx.ro/sugar/isotostick.sh

2. Ubah permissionnya:
chmod u+x isotostick.sh

3. Buat USB Flash disk supaya bootable:
sudo parted /dev/sdb set 1 boot on

(WARNING...WARNING... "/dev/sdb" adalah lokasi dari Flash disk di laptop saya. PASTIKAN anda mengetahui lokasi dari flash disk di komputer anda..!!, jika tidak...siap-siap saja nangis...!!)

4. Langkah terakhir eksekusi script :
sudo ./isotostick.sh ubuntu-8.04-desktop-i386.iso /dev/sdb1

(Pastikan file isostick.sh dan file iso dari ubuntu berada dalam satu lokasi)

5. Tunggu beberapa saat dan violla....Flash disk siap untuk digunakan menginstal hardy..
Installing boot loader
USB stick set up as live image!

6. Umount  flash disk > matikan komputer > tancapkan flash disk > hidupkan komputer > boot dari flash disk

Selesai..!!

Saya sudah coba langkah-langkah diatas untuk Gutsy (sudah sukses diinstall) dan Hardy (baru test drive).

Semoga bermanfaat..
Indrawan Tanjung

Dedy Hariyadi

to id-u...@googlegroups.com
iNdRa wrote:
> Salam...
>
> Mumpung lagi hangat-hangatnya launching hardy, tips berikut mungkin
> bisa jadi alternatif bagi yang mau install HH Live CD lewat media USB
> Flash disk.

trims banget infonya...
aku lagi butuh banget info ini.
kebetulan skr lg progress ngerjain yg serupa [0]
tp kayanya aku mo pake yg anda infokan :)

[0]http://www.debuntu.org/how-to-install-ubuntu-linux-on-usb-bar

iNdRa

to id-u...@googlegroups.com

Wahh...keren euy, tp kayaknya panjang bgt...hehe :-)

Oiya..masih inget saya kan mas..dulu mas pernah mampir ke rumah di jogja. Saya adiknya MHT... ;-)

Salam

Dedy Hariyadi

to id-u...@googlegroups.com
iNdRa wrote:

> Wahh...keren euy, tp kayaknya panjang bgt...hehe :-)

Oya kalo di BIOS milih nya USB HD, USB CDROM, atau apa ya...

> Oiya..masih inget saya kan mas..dulu mas pernah mampir ke rumah di
> jogja. Saya adiknya MHT... ;-)

sikk aku rada lupa..
bisa kasih clue lain?

iNdRa

to id-u...@googlegroups.com

2008/4/26 Dedy Hariyadi <mili...@gmail.com>:

Oya kalo di BIOS milih nya USB HD, USB CDROM, atau apa ya...

Nggak masuk BIOS mas... Dari komputer mati > pasang flash disk > hidupkan komputer > tekan F8.

Kalau di komputer saya, tekan F8 muncul menu:

Please select boot device :
1sr FLOPPY DRIVE
PM-ST3802110A
Kingston DataTraveler

Nah terus pilih Kingston DataTraveler, biar langsung masuk ke menunya Hardy..

sikk aku rada lupa..
bisa kasih clue lain?

Ini Mas Dedy yang waktu ILC 2007 di kaliurang brangkat dari Jakartanya naik kereta bareng Hansen kan ya..??

*maap klo salah*

Dedy Hariyadi

to id-u...@googlegroups.com
iNdRa wrote:

> Ini Mas Dedy yang waktu ILC 2007 di kaliurang brangkat dari Jakartanya
> naik kereta bareng Hansen kan ya..??
OOT :
yup :D
sekarang saya baru ingat.
maaf saya pelupa orang nya.

Pus Meong

to id-u...@googlegroups.com

suwe2 malah dadi tempat chating =)) :-O :D
mbok ya gini2 ini dilakukan di tempat pak japri aja to..

ikutan OOT juga: (wes mangkel pol soale).
pak hanziip cuti ke mana ya :-?

*clingakclinguk

Fuad Muftie

to id-ubuntu

On Apr 26, 4:16 pm, Dedy Hariyadi <milis...@gmail.com> wrote:

> kebetulan skr lg progress ngerjain yg serupa [0]
> tp kayanya aku mo pake yg anda infokan :)
>
> [0]http://www.debuntu.org/how-to-install-ubuntu-linux-on-usb-bar

Maaf ngungkit thread lama...

Saya sudah nyobain tips ini pada HD Eksternal, shg HDE bisa berfungsi
sbg Live CD Hardy.
Permasalahannya waktu saya praktekkan buat BlankOn (= Alternate bukan
Live CD?), HDE sudah bisa dipakai buat booting sampai muncul pilihan
instalasi.

Setelah dipilih untuk instalasi, muncul pesan sbb:

"CD ROM installasi Anda tidak dapat dikaitkan. mungkin CD ROM-nya
belum dimasukkan ke penggerak CD. Bila belum silahkan dimasukkan dan
ulangi lagi"

Lalu instalasi tidak dapat dilanjutkan dan terus meminta CD, padahal
kan file2nya sudah ada di HDE.

Adakah yg bisa memberi sedikit pencerahan, bagaimana caranya Iso
BlankOn Alternate bisa dimuat ke HDE shg HDE bisa berfungsi sbg
installer blankOn tanpa harus burning Iso ke CDROM, dan permintaan
untuk memasukkan CD installer tidak muncul lagi?

Terimakasih atas bantuannya

Wassalam
Fuad Muftie

iNdRa

to id-u...@googlegroups.com
[...]

Pak, klo tidak salah script isotostick.sh hanya bisa untuk live CD, sehingga tidak bisa digunakan untuk alternate...

BlankOn nya pakai yang versi apa ya ?. Kalo Lontara kan hanya ada Live CD, mungkin bisa dicoba nginstall Lontara dengan langkah2 diatas. Saya juga belum pernah nyoba nginstall BlankOn lewat flashdisk...

Salam...

Fuad Muftie

to id-ubuntu

On May 16, 11:18 am, iNdRa <indrawan.tanj...@gmail.com> wrote:

> [...]
> mungkin bisa dicoba nginstall Lontara dengan langkah2 diatas. Saya juga
> belum pernah nyoba nginstall BlankOn lewat flashdisk...

Kebetulan saya dapatnya Iso Blankon Lontara yang Alternate. Untuk yang
versi live CD sudah saya coba pakai Hardy live CD ke HardDisk
Eksternal dan berhasil jadi 'Live HDE'. Tapi waktu installasi, sangat
lambat dan komputer hang karena memorinya minim 256MB doang.

Sangat menarik kalau ISO Lontara Alternate bisa di"burn" di HD
Eksternal atau Flashdisk sehingga bisa menghemat berkeping2 CD yg
hanya dipakai untuk sekali instalasi.

Mungkin ada petunjuk lainnya???

Wassalam
Fuad Muftie

Muhidin S

to id-u...@googlegroups.com

2008/5/16 Fuad Muftie <muf...@gmail.com>:

[...]

Sekedar info iso BlankOn3.0-Lontara belum ada yang alternate (live-cd only),  mungkin yang dimaksud BlankOn2.0-Konde itu yang alternate (alternate only)
Link download BlankOn 3.01 dibawah ini, yg dibawahnya yg sudah rilis bedanya dengan BlankOn 3.0 pada repositorynya.
http://cdimage.blankonlinux.or.id/livecd-harian/20080430/
http://cdimage.blankonlinux.or.id/rilis/

--
Muhidin
http://muhidin.co.cc

Fuad Muftie

to id-ubuntu

On May 17, 10:26 am, "Muhidin S" <muhid...@gmail.com> wrote:

> [...]
> only)
> Link download BlankOn 3.01 dibawah ini, yg dibawahnya yg sudah rilis bedanya

Maaf, betul ternyata yg saya dpt iso blankon2.0 shg masih versi
alternate. Saking semangatnya jadi nggak teliti.

Dan masalah sudah terpecahkan:
1) Untuk menjalankan iso-iso alternate dari HD Eksternal bisa
mengikuti petunjuk di websitenya bigwisu [1]. Saya coba untuk
blankon2.0 (alternate) dan Hardy(alternate), dua2nya bisa buat install
lewat HDE, tanpa perlu burning ke CD dulu.

2) Untuk menjalankan iso-iso liveCD dari HD Eksternal, bisa mengikuti
cara-cara yg ditulis sebelumnya. Dan saya sudah coba buat Hardy Live
CD dan Opengeu 7.10 semuanya lancarrrrr...

Terimakasih atas bantuan rekan2

Wassalam
Fuad Muftie

[1] http://www.bigwisu.com/2007/08/12/flash-disk-ubuntu-installer