Ubuntu Ternyata Butuh High Resource

1 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

hendra

belum dibaca,
10 Okt 2008, 22.01.2710/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
Dear Ubuntero,
Kemarin mudik nyobain Pentium III 733Mhz dengan 128MB RAM, pakai Windows XP, bisa menjalankan MS-Office 2003, PhotoShop 7, CorelDraw 11. Bahkan game Warzone aja juga jalan walau gambar agak kotak-kotak. Trus jadi mikir Ubuntu 8.04 aja malah butuh 384MB minimal untuk Live dan 256MB minimal langsung diinstall. Lihat-lihat yang Ubuntu 7.xx juga masih segitu2 juga, belum bisa 128MB.
Kenapa bisa demikian ya, padahal OS MS Saya baca-baca butuh resource tinggi dsb, ternyata Windows XP cukup hebat sampai Vista keluar aja masih banyak yang pengen downgrade ke XP kalau sudah pre-installed Vista.

Adakah cara memasang Linux di Pentium III tersebut dengan kemampuan setara XP? Biar pada mau mulai belajar Linux.

Anthony M. Rasat

belum dibaca,
10 Okt 2008, 22.09.4410/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
>Adakah cara memasang Linux di >Pentium III tersebut dengan >kemampuan setara XP? Biar pada >mau mulai belajar Linux.

Dengan RAM 128MB? Xubuntu saja lelet apalagi Hardy.

Kalau mau distro lain yang jalan kencang di RAM segitu, cobain Slackware. Rasanya minimum requirement nya berubah dari 32MB menjadi 64MB.

Dan bicara non linux, dengan RAM segitu FreeBSD juga bisa. Kalau ndak salah cuman DesktopBSD yang minta minimal 128MB.

Anthony M. Rasat
Manager - Technical, Network and Support Division
PT. Jawa Pos National Network
Graha Pena Jawa Pos Group Building, 5th floor
Jln. Raya Kebayoran Lama 12, Jakarta Barat 12210
Indonesia.-
Phone 02132185562
Phone 081574217035
Fax 02153651465
Web http://www.jpnn.com

hendra

belum dibaca,
10 Okt 2008, 22.18.1810/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com

Waduh, susah juga ya Pak kalau begitu?
Orang pakai Ubuntu di laptop ini saja trus di logout pindah ke Vista :((
Adagak sekiranya pakai slackware tapi desktopnya Gnome dengan OO 2.4.
Caranya gitu.

Anthony M. Rasat

belum dibaca,
10 Okt 2008, 22.25.2710/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
>Adagak sekiranya pakai >slackware tapi desktopnya >Gnome dengan OO 2.4.
>Caranya gitu.

Patrick Volkerding sudah tidak mengikutsertakan GNOME sejak ... lama deh. Tapi ada unofficial GNOME buat slackware. Saya sih lupa nama dan URL nya.

mytrb2008

belum dibaca,
10 Okt 2008, 22.28.2410/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
Coba pakai linux mint, teman saya memakai laptop jadul P3 bisa lancar
bermain-main dengan linux ini.

ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/linuxmint/5/

--
Tjetjep RB
+6281380149441

Nana Satriyana

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.25.2310/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
tetap aja kendala di RAM 128... saya coba memang bisa.. tapi untuk aplikasi OO nya jadi lambat, saran saya buat bung Hendra coba linuxmiint tapi word prosesornya pakai abiword aja.

Tapi kedeepan kan harga2 sparepart pc main murah, ya gak juga jadi patokan kalo gara2 hal tsb jadi susah, gerah dan ogah pakai Linux, trutama Ubuntu.

hendra

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.32.0810/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
tetap aja kendala di RAM 128... saya coba memang bisa.. tapi untuk aplikasi OO nya jadi lambat, saran saya buat bung Hendra coba linuxmiint tapi word prosesornya pakai abiword aja.

Abi Word dibanding mereka pakai MS-Office ya masak pada mau ganti?

Tapi kedeepan kan harga2 sparepart pc main murah, ya gak juga jadi patokan kalo gara2 hal tsb jadi susah, gerah dan ogah pakai Linux, trutama Ubuntu.

Masalahnya ini bukan Saya pribadi Pak, dan mereka juga punyanya Pentium III itu.

ahmad haris | احمدحريص‎

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.33.5410/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
On Sat, 11 Oct 2008 10:25:23 +0700
"Nana Satriyana" <sa3...@gmail.com> wrote:

> [...]
>
> Tapi kedeepan kan harga2 sparepart pc main murah, ya gak juga jadi
> patokan kalo gara2 hal tsb jadi susah, gerah dan ogah pakai Linux,

kalo membandingkan dengan windows xp ma aplikasinya memang ubuntu
terasa berat. coba pake blankon minimalis ato ubuntu dapper trus
dikustom sendiri.
btw, kalo harga software di win trus uangnya dibelikan hardware baru
kayaknya cukup deh.

hendra

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.40.0710/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
> btw, kalo harga software di win trus uangnya dibelikan hardware baru
> kayaknya cukup deh.

Masalahnya kan windows sama office-nya gak bisa dijual.

ahmad haris | احمدحريص‎

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.41.4010/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com

ooo yang dengan fiturnya sekarang memang sangat berat. coba office 2007
diinstal di spek pc tersebut. :)

ahmad haris | احمدحريص‎

belum dibaca,
10 Okt 2008, 23.44.3510/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
On Sat, 11 Oct 2008 10:40:07 +0700
"hendra" <mailto...@gmail.com> wrote:

> Masalahnya kan windows sama office-nya gak bisa dijual.

ow... iya lupa aku. kalo ndak bisa dijual lagi. :)

Lutfi

belum dibaca,
11 Okt 2008, 00.41.3211/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
2008/10/11 hendra <mailto...@gmail.com>:

HUAHAHAHAA
Kok cara bandinginnya aneh yah
Windows XP itu release taon brp???
And Ubuntu 8.04 itu jg taon brp?
Ms produk basi di bandingkan Ubuntu 8.04 yg msh fresh? :-D

Wake up pren

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
11 Okt 2008, 00.45.2211/10/08
hendra wrote:

> Adakah cara memasang Linux di Pentium III tersebut dengan kemampuan
> setara XP? Biar pada mau mulai belajar Linux.

silahkan cobak BlankOn minimlis, dan bila tetep lelet bisa coba debian.
saya juga ada komputer 3 dengan debian di dalamnya. Alhamdulillah lancar
dan maknyus
--
Mahyuddin Susanto
Blog: http://udienz.immteknik.org

signature.asc

mytrb2008

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.24.5911/10/08
On Sat, 2008-10-11 at 10:25 +0700, Nana Satriyana wrote:

> [...]
>
> Tapi kedeepan kan harga2 sparepart pc main murah, ya gak juga jadi
> patokan kalo gara2 hal tsb jadi susah, gerah dan ogah pakai Linux,

Pakai Laptop Centrino Duo dengan RAM 1GB juga akan terasa berat, itu
saya buktikan sendiri untuk OOo.
Tetapi setelah mencoba sedikit trik ini
http://foss.ictcenter-krw.net/?cat=3 lumayan ada akselerasi dalam
menjalankan OOo

TIP menghilangkan stress: "Jangan pernah membandingkan dengan OS lain,
tetapi cari solusi untuk optimasi aplikasi".

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.40.3411/10/08
> [...]
> Windows XP itu release taon brp???
> And Ubuntu 8.04 itu jg taon brp?
> Ms produk basi di bandingkan Ubuntu 8.04 yg msh fresh? :-D

Lha gimana ya Mas, lha wong Ubuntu yang dulu2 juga belum sebanding dengan XP
buat menarik mereka menggunakan Linux. Tolong donk ke substansinya.

NB: Saya udah wakeup sejak adzan subuh tadi ^_^

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.44.0011/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
> ooo yang dengan fiturnya sekarang memang sangat berat. coba office 2007
> diinstal di spek pc tersebut. :)

waduh mas, pakai ms-office 1997 aja mereka bilang masih lebih mending
daripada OpenOffice 2.4 di laptopku ini, so buat apa install yang 2007? Mana
harus keluar uang lagi ^_^ Begitu lho problemnya.

ahmad haris | احمدحريص‎

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.50.2411/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
On Sat, 11 Oct 2008 12:44:00 +0700
> [...]

> daripada OpenOffice 2.4 di laptopku ini, so buat apa install yang
> 2007? Mana harus keluar uang lagi ^_^ Begitu lho problemnya.

kalo gitu permasalahan bisa selesai. ndak perlu dilanjutin lagi di
milis. kalo tetep mau pake software tersebut sampe dijelasin kayak
gimanapun percuma. tetep sux.

orang bodoh mana bilang ms-office 97 lebih mending dari ooo 2.4, ntar
aku tampar ma laptop.

*panasmodeon*

Muhidin S

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.53.2911/10/08
> [...]

waduh mas, pakai ms-office 1997 aja mereka bilang masih lebih mending
daripada OpenOffice 2.4 di laptopku ini,

mas hendra OpenOffice 2.4 sampai dengan saat ini membutuhkan resource yang tinggi (kalau gak salah dibuat dengan java) jadi pakai distro apapun kalau tetap ingin dengan OOo masih terasa berat. NIATnya aja yg harus kuat. mas tahu kasih lihat linux aja dan ajarkan mereka kalau jawaban merek spt diatas yah saya idem deh mas haris.

*tossamamasharisahhh*

roland qwez

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.53.2911/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
wah ngegampar pake laptop? abis digampar trus rebut tu laptop bawa pulang . . . . hahahahahahahahahahahahah . . . ..*kabur.................* ;)

--
ro qwez

blog: http://rowrowstory.blogspot.com

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.52.5711/10/08
> [...]
> gimanapun percuma. tetep sux.
>
> orang bodoh mana bilang ms-office 97 lebih mending dari ooo 2.4, ntar

Hehehehe... Ya coba saja dilihat fiturnya ^_^ Atau belum pernah pakai
MS-Office 1997?

ahmad haris | احمدحريص‎

belum dibaca,
11 Okt 2008, 01.59.4611/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
On Sat, 11 Oct 2008 12:52:57 +0700
"hendra" <mailto...@gmail.com> wrote:

> Hehehehe... Ya coba saja dilihat fiturnya ^_^ Atau belum pernah pakai
> MS-Office 1997?

udah ndra ndak perlu diterusin lagi. bosan. kayak kamu pegang windows
sejak tk aja.

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.10.5511/10/08
[...]

^_^ iya lumayan, dollar naik lho (OOT)

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.11.3911/10/08
[...]

^_^ Yups...

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.13.2411/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com
> udah ndra ndak perlu diterusin lagi. bosan. kayak kamu pegang windows
> sejak tk aja.

Aku TK Windows lum masuk Indonesia deh kayaknya, mungkin Windows 1.0 yang
merupakan produk gagal (wah jadi teringat majalah Komputer Computer World
beberapa tahun lalu ^_^). Thanks Bro membuatku bernostalgia.

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.14.1311/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com

calm down.... santai saja, ndak papa kok bernostalgia..
setiap orang boleh berekspresi kok disini, yang penting tidak menlanggar
etika milis

jadi bagaimana om hendra? mau pake apa? jikalau tidak salah Info Linux
pernah menyertakan Distro linux enteng... tapi saya lupa edisi berapa :D

--
Mahyuddin Susanto
Blog: http://udienz.immteknik.org YM: udi...@ymail.com

signature.asc

Muhidin S

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.35.0811/10/08
2008/10/11 Mahyuddin Susanto <udi...@gmail.com>

jadi bagaimana om hendra? mau pake apa? jikalau tidak salah Info Linux
pernah menyertakan Distro linux enteng... tapi saya lupa edisi berapa :D

hendra

belum dibaca,
11 Okt 2008, 02.39.0411/10/08
kepadaid-u...@googlegroups.com