Perbedaan Ubuntu server dengan Ubuntu Desktop.

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
Temen semua saya mau tanya,,

perbedaan antara ubuntu yang versi server dengan versi desktop apa seh??
saya saat ini menggunakan versi desktop, tap saya jadikan sebagai router NAT, proxy server dan juga dhcp server.

apakah ada perbedaan dari sisi kestabilan atau apa diantara 2 versi tersebut jika ingin digunakan sebagai server.
terus terang, saya kurang familiar dan juga mungkin kurang menarik kalau menggunakan ubuntu server yang gak ada GUI nya. makanya saya memakai ubuntu desktop, tapi saya gunakan sebagai server seperti yang saya sebutkan diatas.
mohon penjelasannya dari para master semua.

terimakasih

Bambang.

冴羽獠 (Ryo Saeba)

to id-u...@googlegroups.com
2011/10/4 Bambang Putro <putroj...@gmail.com>

> perbedaan antara ubuntu yang versi server dengan versi desktop apa seh??

seingat saya, bedanya di kernel, tepatnya di scheduler-nya. kalo
desktop prioritas foreground task, yang berinteraksi langsung dengan
user, sementara server itu semua task dianggap sama rata.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid

Dwi Sasongko Supriyadi

to id-u...@googlegroups.com
2011/10/4 Bambang Putro <putroj...@gmail.com>

> Temen semua saya mau tanya,,
> perbedaan antara ubuntu yang versi server dengan versi desktop apa seh??

https://help.ubuntu.com/community/ServerFaq#What.27s_the_difference_between_desktop_and_server.3F

- The first difference is in the CD contents. The "Server" CD avoids
including what Ubuntu considers desktop packages (packages like X,
Gnome or KDE), but does include server related packages (Apache2,
Bind9 and so on). Using a Desktop CD with a minimal installation and
installing, for example, apache2 from the network, one can obtain the
exact same result that can be obtained by inserting the Server CD and
installing apache2 from the CD-ROM.
- The Ubuntu Server Edition installation process is slightly different
from the Desktop Edition. Since by default Ubuntu Server doesn't have
a GUI, the process is menu driven, very similar to the Alternate CD
installation process.
- Ubuntu server installs a server-optimized kernel by default.
- Ubuntu Desktop will receive 3 years of support, while Ubuntu Server
will be supported for 5 years.

--
Dwi Sasongko S

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
jadi sama aja ya?? gak ada perbedaan tertentu dari sisi kestabilan ataupun kualitas jika kita memakai ubuntu desktop untuk dijadikan server???
masalahnya hanya ada pada paket2 untuk server seperti apache,bind dll yang untuk paket server tidak langsung terinstal jika kita memakai ubuntu desktop?

2011/10/4 Dwi Sasongko Supriyadi <ruc...@gmail.com>

Info Milis: http://wiki.ubuntu-id.org/Milis
Etika Milis: http://wiki.ubuntu-id.org/EtikaMilis
Daftar Hitam Anggota Milis: http://wiki.ubuntu-id.org/Milis/HallOfShame
Milis: http://groups.google.com/group/id-ubuntu

冴羽獠 (Ryo Saeba)

to id-u...@googlegroups.com
On Tue, Oct 4, 2011 at 2:20 PM, Bambang Putro <putroj...@gmail.com> wrote:
> [...]
> masalahnya hanya ada pada paket2 untuk server seperti apache,bind dll yang
> untuk paket server tidak langsung terinstal jika kita memakai ubuntu

kernelnya beda, seperti di mail saya sebelumnya.

Dwi Sasongko Supriyadi

> [...]
> desktop?

Ubuntu server installs a server-optimized kernel by default.

Artinya: Ubuntu server memasang kernel yang dioptimisasi untuk server.
Selaras dengan yang disampaikan oleh Pak Ryo

--
Dwi Sasongko S

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
ok beda kernel,, itu pengaruh gak ya ma kualitas??
kalau ubuntu desktop dijadikan server,, kira2 akan ada masalah enggak dibelakang hari.?

terimakasih.

Masim "Vavai" Sugianto

> [...]
> masalahnya hanya ada pada paket2 untuk server seperti apache,bind dll yang untuk paket server tidak langsung terinstal jika kita memakai ubuntu desktop?

Sekedar tambahan, kernel untuk Ubuntu Server sudah dioptimalisasi
untuk keperluan server, lebih menekankan pada fungsi bukan usabilitas
dan kenyamanan.

Sebagai contoh, daripada menghabiskan sekian ratus MB memory hanya
untuk GUI, tampilan dan aksesoris lainnya, Ubuntu server hanya
menyediakan paket basic yang memang diperuntukkan sesuai fungsinya.
Tidak perlu mengorbankan sekian MB memory untuk tampilan, sekian MB
memory untuk aplikasi Office, music dan lain-lain.

Jika pertanyaannya, "Apakah boleh/bisa pakai Ubuntu Desktop untuk
keperluan server karena belum familiar dengan text mode" jawabannya
tentu boleh-boleh saja, kan kita sendiri yang jadi Admin jadi
jawabannya ya tergantung kita. Jika pertanyaannya, "Apakah bagus jika
menggunakan Ubuntu Desktop untuk keperluan server" ya jawabannya
adalah kurang bagus. Mengapa ? Karena beda peruntukkan. Bisa
dipaksakan namun jadi kurang optimal.

Analoginya mirip dengan memilih komputer untuk grafis dengan untuk
server. Komputer untuk grafis mungkin-mungkin saja dijadikan server
jika spesifikasinya mencukupi namun akan sayang sekali karena salah
fungsi dan jadi kurang optimal.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto - Talk is Cheap, Show Me the Code !
PT. Excellent Infotama Kreasindo-Authorized VMWare & Zimbra Partner
Implementasi, Audit, Konsultasi, Maintenance Support, Workshop & Training
Web : http://www.kreasindo.net Email : in...@kreasindo.net Telp : 021-881 6671

Zeo

> [...]

> ok beda kernel,, itu pengaruh gak ya ma kualitas??
> kalau ubuntu desktop dijadikan server,, kira2 akan ada masalah enggak

Dari pengalaman, masalah itu ada. Terutama dari sisi Hardware.
PC yang memang didesain untuk server sanggup bertahan 24/7 dan
disetting sedemikian rupa pada environment tertentu seperti daya tahan
kondisi listrik, suhu, dll. Kalo PC desktop kalo dipaksa 24/7 jadi
cepat rusak. Itu juga sebabnya kernel nya juga dibuat berbeda antar
versi desktop dan versi server.

Dwi Sasongko Supriyadi

to id-u...@googlegroups.com
2011/10/4 Masim "Vavai" Sugianto <va...@vavai.net>:

> [...]
> server. Komputer untuk grafis mungkin-mungkin saja dijadikan server
> jika spesifikasinya mencukupi namun akan sayang sekali karena salah

Setuju.

Seperti yang ditulis di artikel ini:
http://www.serverwatch.com/tutorials/article.php/3715071/Ubuntu-Server--Kernel-Configuration-Considerations.htm

--
Dwi Sasongko S

HibiscusHT Astomo

to id-u...@googlegroups.com
secara spek hardware pun sesungguhnya berbeda antara server dengan
desktop, sebab server membutuhkan pemrosesan yang cepat dengan RAM
yang besar karena harus menangani thread yang jauh lebih banyak
daripada desktop. memasang server pada Ubuntu yang aslinya adalah
desktop pada dasarnya sama saja dengan Ubuntu yang aslinya adalah
server, namun akan memberatkan kerja komputer yang aslinya untuk
desktop. so akan lebih fair jika memasang Ubuntu server pada komputer
yang aslinya untuk server, dan memasang Ubuntu desktop pada komputer
yang aslinya untuk desktop

Andy Utomo

> [...]

> ok beda kernel,, itu pengaruh gak ya ma kualitas??
> kalau ubuntu desktop dijadikan server,, kira2 akan ada masalah enggak

Tergantung load server dan fungsinya pak, akan digunakan sebagai
server apa? Lebih baik di pakai jangan untuk live production... di
tempat saya ada beberapa server pakai PC desktop, tapi kerjanya paling
hanya untuk rsync, printer server (cups), ngoprek dan internal
development sebelum di release ke production.....

Jadi saran saya kalau mau menggunakan PC desktop sebagai server ya
gunakan di lingkungan yang "Kalo mati tidak ada yg compain dan sedih ,
kalo hidup ya syukur buat tambahan" hehehehe

Salam,

Andy Utomo

冴羽獠 (Ryo Saeba)

> [...]

> ok beda kernel,, itu pengaruh gak ya ma kualitas??
> kalau ubuntu desktop dijadikan server,, kira2 akan ada masalah enggak

saya sendiri ragu mengerti apa maksud pertanyaan anda. :)

"kualitas" ini menurut anda apa?

"masalah" ini maksudnya bagaimana? jelas yang namanya server itu
jarang dipakai sebagai "desktop", makanya kondisi default-nya tidak
ada GUI, dan ini saja sudah menghemat sekian puluh megabytes memori
yang bisa diperuntukkan untuk proses di server.

adi

to id-u...@googlegroups.com

sepertinya yang dimaksud itu kernelnya. kalau di kepala saya,
saat ingin menyiapkan kernel untuk server, maka saya akan disable
preemption, pilih block scheduler yang sesuai dst..dst..

saya belum membandingkan /boot/config* antara kernel server dan
kernel desktop, tapi saya berasumsi ubuntu melakukan hal yang
sama :-)

coba diperiksa sendiri saja apa beda /boot/config* untuk kernel
destop (generic) dan kernel server. downloadnya gratis kok :D

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
hehehe,, ini pc yang saya pakai spek pc Desktop. hanya saja ada lebih RAM yaitu 4 Gb. peruntukan servernya sendiri seh hanya sebatas NAT,DHCP dan proxy saja.

ya kalau untuk masalah ketahanan hardware ok lah saya tahu memang PC desktop gak bisa dibandingkan dengan spek yang untuk server.

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
yang saya maksud kurang lebih service nya bagaimana, stabil enggak ubuntu desktop itu jika diposisikan sebagai server dibandingkan dengan ubuntu server sendiri.

Bambang Putro

to id-u...@googlegroups.com
Terimakasih atas informasinya pak,, saya sedikit lebih paham sekarang mengenai hal ini.

Best Regards,
Bambang

TW Nugroho

to id-u...@googlegroups.com

On 2011/9/4 15:47 Dwi Sasongko Supriyadi <ruc...@gmail.com> wrote:

>Ubuntu server installs a server-optimized kernel by default.
>
>Artinya: Ubuntu server memasang kernel yang dioptimisasi untuk server.
>Selaras dengan yang disampaikan oleh Pak Ryo

Pernyataan "By default", berarti Ubuntu Desktop bisa juga dipasanging kernel server dengan menggunakan apt-get/Synaptic dong?

Rgds,
Triyan

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Belanja batik? http://juraganbatik.net

Mahyuddin Susanto

to id-u...@googlegroups.com
Pada 05/10/11 16:31, TW Nugroho menulis:

> Pernyataan "By default", berarti Ubuntu Desktop bisa juga dipasanging kernel server dengan menggunakan apt-get/Synaptic dong?
>

> Rgds,
> Triyan

Bisa, tapi buat apa? coba cek dengan
$ sudo apt-get install ubuntu-server

Kelebihan nya adalah sebagai berikut: (copas dari tulisan lama)

- Kernel server menggunakan penjadwalan Deadline I/O (Input/Ouput)
sedangkan untuk kernel desktop menggunakan penjadwalan CFQ
- Di kernel server dimatikanya fitur preemption
- Interrupt untuk kernel server adalah 100 HZ sedangkan kernel
Desktop adalah 250 Hz
- Kernel server dioptimalisasi hanya untuk prosesor i686 sedangkan
kernel Desktop untuk prosesor i686 dan i586
- Multirouting yang lebih baik untuk protokol Ipv6
- Jikalau anda menggunakan sistem 32 bit anda dapat menggunakan memori
sampai 64GB, namun jika anda menggunakan kernel Desktop maka anda hanya
diperbolehkan menggunakan memori hingga 4 GB

--
Mahyuddin Susanto

signature.asc

tedy mutakin

to id-u...@googlegroups.com
saya punya komputer server merk HP Proliant ... emang diperuntukan untuk server intranet ... tapi karena saya belum mengerti ubuntu server ... akhirnya saya pakai ubuntu desktop 10.10 :D:D:D

menurut bapak2 kurang optimal yah yang saya pake sekarang :)

thx

Mahyuddin Susanto

to id-u...@googlegroups.com
Pada 05/10/11 17:59, tedy mutakin menulis:

> [...]
> akhirnya saya pakai ubuntu desktop 10.10 :D:D:D
>
> menurut bapak2 kurang optimal yah yang saya pake sekarang :)

menurut saya jika ditambah dengan aplikasi dekstop kinerja server
menjadi bertambah, sehingga resource juga bertambah

--
Mahyuddin Susanto

signature.asc

冴羽獠 (Ryo Saeba)

to id-u...@googlegroups.com
2011/10/5 Bambang Putro <putroj...@gmail.com>

> yang saya maksud kurang lebih service nya bagaimana, stabil enggak ubuntu desktop itu jika diposisikan sebagai server dibandingkan dengan ubuntu server sendiri.

jika anda harus sampai bertanya, kemungkinan besar memang anda belum
butuh kernel server.

Wisu Suntoyo

to id-u...@googlegroups.com
> [...]

>RAM
>yaitu 4 Gb. peruntukan servernya sendiri seh hanya sebatas NAT,DHCP dan

Layanan dedicated server yang saya pakai di datacenter menggunakan hardware desktop PC C2D RAM 4Gb... Alhamdulillah sejak 2008 sampe sekarang mencukupi kebutuhan...

Kalo NAT, DHCP malah masih ada yang Pentium 3 RAM 512... Lagi planning upgrade... Tapi bukan lataran performance melainkan umur hardware...

Nah yang di Kantor untuk applikasi2 bisnis emang pake hardware server... Concurrent user banyak dan query2 njelimet bikin jadi rakus resource

semua pake kernel Server...

--
Wisu
on Android with K-9 Mail.

Bambang Putro

to id-ubuntu

> [...]
>
> Nah yang di Kantor untuk applikasi2 bisnis emang pake hardware server... Concurrent user banyak dan query2 njelimet bikin jadi rakus resource

OK terimakasih buat rekan-rekan semua. saya sedikit lebih mengerti
sekarang.

Walid Umar

to id-u...@googlegroups.com
tidak ada masalah....

jonathan...@gmail.com

to id-u...@googlegroups.com
[...]

Ga masalah..

Kecepatan di pengaruhi spek pc, network, kabel, switch..

BeHappy!