Virtual Server di HostOS yang tidak punya GUI

A r y a S e t a

to id-u...@googlegroups.com
Dear All,

Ceritanya begini, saya punya server Ubuntu tanpa GUI yang dah running
production, nah saya pingin install OS dengan distro lain ke dalam
server tersebut (misal CentOS), jadi nantinya dalam satu mesin itu ada
dua server jalan bebarengan (Ubuntu sbg HostOS) dan (CentOS sbg GuestOS)
yang sama2 bisa diremote ssh.

Bisa nggak ya? kalo bisa menggunakan software apa?

klo di Solaris ada yg namanya "Solaris Container (Zone)", nah yang
seperti ini yang saya cari...

Klo VMWare bisa nggak ya dijalankan di HostOS yng tidak ada GUI nya?

Tadi sempet coba di VMWare Server Console, jalankan "vmrun start
nama_os_virt", hasilnya nongol di GUI

-inv-

jiprudy

to id-u...@googlegroups.com

Bisa banget pake Virtual Box Headless Server

tinggal jalanin di konsole server "VBoxHeadless -startvm delphi5 -p11111&"

entar kalo mau konek juga bisa pake terminal server client dengan
protokol rdpv5

Jip Rudy

Cecep Mahbub

to id-u...@googlegroups.com
2008/7/16 A r y a S e t a <arya...@gmail.com>:

kan vmware bisa diremote. tinggal install vmware console di desktop,
lalu remote si vmware servernya.

-cecep-

A r y a S e t a

to id-u...@googlegroups.com
Cecep Mahbub wrote:

> kan vmware bisa diremote. tinggal install vmware console di desktop,
> lalu remote si vmware servernya.

"tinggal install vmware console di desktop"

Ini desktopnya harus ada GUI apa nggak?

-inv-

Rotua Damanik

to id-u...@googlegroups.com
Pada 16 Juli 2008 15:35, A r y a S e t a <arya...@gmail.com> menulis:

> Ini desktopnya harus ada GUI apa nggak?

AFAIK, sepertinya harus, tapi yg dipasangi vmware console kan mesin
yg nantinya digunakan utk meremote itu vmware server, jadi gpp kan..

Bravo PENGUIN!!

Cecep Mahbub

to id-u...@googlegroups.com

ya iya, untuk menjalankan vmware-consolenya butuh gui. tapi vmware
servernya gak perlu menjalankan mode X-nya.

-cecep-

A r y a S e t a

to id-u...@googlegroups.com

Oh.. OK, hampir mendekati kebutuhan, kira2 ada bisa nggak klo tanpa
install vmware-console di komputer yang mau meremote?

Misal saya lagi di kereta, saya tinggal ssh aja via hp, dah bisa masuk
ke konsol :)

-inv-

A r y a S e t a

to id-u...@googlegroups.com

Yup... baru ngeh... :)

Kayaknya yg disarankan ma Sdr. JipRudy sesuai dengan keinginan saya, ada
tutornya disini :
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=833923 (lagi dicobain)

-inv-

slashdotfx

> [...]

> yang sama2 bisa diremote ssh.
>
> Bisa nggak ya? kalo bisa menggunakan software apa?

aplikasi virtualisasi yang anda sebutkan ada beberapa yang dapat
berjalan tanpa modus GUI,

1. XEN
2. OpenVZ
3. KVM
4. VMWare

nomor 1 dan 2 kerap digunakan di perusahaan hosting/ISP
nomor 3 ini secara resmi sudah didukung dan diprioritaskan oleh Ubuntu
yang nomor 4, untuk versi beta 2.0 RC1 sudah dapat dikendalikan
lewat antarmuka berbasis web, silahkan unduh, gratis.

informasi lebih lanjut, ada di wiki.ubuntu.com.

Agus Triwanto

to id-u...@googlegroups.com
2008/7/16 A r y a S e t a <arya...@gmail.com>:
sudah pernah cobak xen ? bisa di remote langsung dan berjalan berbarengan di waktu yang sama,.. tapi saya belum pernah nyoba sih kalau domU ( sebutan guest os di xen ) di kasih ip public, tapi yang jelas remote shell is 100% posible

--
Agus Triwanto
081377024477

rizal