Akhirnya Wireless Tether Bisa Jalan di FE8b9 (FE8 Final) + Turbo Kernel V10

Indra Gunawan

to id-sa...@googlegroups.com
Salam,

Dear all, saya coba analisa setiap file yang berubah dari Frozen Eclair
(FE) 7 sampai dengan FE 9, kemudian sebagai langkah awal saya coba
membuat satu paket terlebih dahulu yang paling dasar berbasis FE7 dengan
memastikan seluruh fitur Spica (Bluetooth, GPS, Wireless Tether)
berfungsi dengan baik.

Setelah itu saya coba update library pada paket tersebut secara parsial
dari paket FE7 kemudian FE8b4, dan terakhir FE8b9 (FE8 Final). Saya
tidak lanjut ke FE9, karena Antibyte mulai mengimplementasikan fitur
lain dari Froyo pada release tersebut. Saya sengaja mengeluarkan dulu
FE9 untuk mengurangi kemungkinan terjadinya permasalahan lain dengan
experimen saya.

Setelah membaca arsip-arsip milis dan KasKus, saya menemukan bahwa Turbo
Kernel #664 (V9) merupakan pre-release paket kernel FE8b4 yang sudah
memiliki fix untuk Camera Function, dan ternyata dengan kernel tersebut
Wireless Tether masih bisa digunakan. Tapi, kernel ini masih belum
memiliki dukungan EXT2/EXT4 :p

Ada hal menarik, masih ingat dengan kasus library libsec-ril.so ?
Walaupun pada dasarnya fix ini dilakukan oleh rekan-rekan yang
menggunakan operator IM3/IM2 untuk melakukan koneksi internet, ternyata
library ini juga berpengaruh dengan operator Telkomsel + Turbo Kernel
V9-V10.

Tanpa library tersebut, kita harus memasukan manual alamat proxy di
client agar Client Wireless Tether bisa terhubung ke internet.

Satu hal yang perlu diperhatikan, dalam melakukan incremental update
terhadap library paket FE tersebut, saya tidak pernah menimpa segala
library dan firmware yang berhubungan dengan Bluetooth dan Wireless
Tether. Alhasil, sekarang saya memiliki konfigurasi FE8b9 + Turbo Kernel
V10 (UV/SF+UV) tanpa memiliki masalah dengan Bluetooth, GPS, Camera dan
Wireless Tether.

Semoga informasi ini membantu rekan-rekan yang ingin melakukan
modifikasi sendiri. Untuk paket update yang sudah saya test sendiri dan
saya gunakan pribadi, dalam waktu dekat link download akan saya
tampilkan di blog.

Kembali saya memohon maaf karena koneksi internet di Kalimantan Timur
terbatas, jadi saya hosting file tersebut di server kantor saya :p
dengan harapan jika ada rekan-rekan yang memiliki bandwidth lebih, mohon
sekiranya bersedia untuk membantu upload ke situs file sharing untuk
siapapun yang membutuhkan.

--
Indra Gunawan | Feedsbrain
http://www.indragunawan.com

signature.asc

Indra Gunawan

to id-sa...@googlegroups.com
Salam,

Link download untuk posting saya sebelumnya dapat diperoleh disini:

http://www.indragunawan.com/2010/11/imv-samdroid-pack-release-unofficial.html

Mohon bantuan rekan-rekan untuk upload ke situs file sharing.

signature.asc