ok, jadi gini...

1 view

Priyadi Iman Nurcahyo

to id-...@googlegroups.com
Saya cerita dikit tentang blogpedia. waktu pertemuan di detikcom kemarin
teman2 (terutama rekan2 dari indosiar dan blogfam) cerita kalau mereka
kesulitan menjelaskan apa itu blog. setelah mengerti apa itu blog, berikutnya
ada 'tugas' untuk menjelaskan bagaimana caranya menulis di blog. dan
sebagainya. kemudian disepakati untuk membuat situs yang isinya informasi A
sampai Z tentang blog. hasilnya adalah blogpedia.web.id, walaupun
terlambat :)

waktu pertemuan itu detikcom juga berjanji akan memromosikan situs ini (kalau
isinya sudah cukup lengkap) di bagian 'news from blog'. jadi setiap ada
posting blog yang di'copy-paste' ke sana, link ke blogpedia akan disertakan.

langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mengisi situs ini. karena ini
adalah wiki, siapapun boleh edit. topik-topik yang terpikir oleh saya:

- definisi blog
- daftar komunitas blog dan penjelasannya
- bagaimana caranya memiliki blog
- tips menggunakan RSS
- tips menulis blog
- etc

ada ide lain? mungkin sebagian artikel bisa dicomot dari tulisan di blog yang
sudah ada, tapi itu membutuhkan izin dari yang punya artikel.

selain melengkapi informasi yang ada di situs ini, hal lain yang bisa kita
lakukan dalam waktu dekat mungkin adalah:

- pembuatan standar disclaimer blog
- penerjemahan lisensi creative commons ke dalam bahasa hukum indonesia

lain-lain:

- saya masih nunggu teman2 yang ikut ke detikcom untuk subscribe
- dibutuhkan moderator tambahan untuk mengurus milis ini
- dibutuhkan tenaga sysop untuk blogpedia.web.id
- domain blogpedia.web.id disumbangkan oleh udhien

--
http://priyadi.net

Rendy Maulana

to id-...@googlegroups.com

On 3/3/06, Priyadi Iman Nurcahyo <pri...@priyadi.net> wrote:

--
Rendy Maulana

http://www.RendyMaulana.com/

Bi[G]™

to id-...@googlegroups.com
saya nyumbang ini aja deh.. terserah mo jadiin apaan..
http://blogger.web.id

On 3/3/06, Priyadi Iman Nurcahyo < pri...@priyadi.net> wrote:

--
Bi[G]
http://www.blogger.web.id/
http://www.motherchoices.com
Y!:g3mb3lk3r3n

Bang Seno

to id-...@googlegroups.com
saya ga bisa nyumbang domain apapun, soalnya KTP dan SIM sudah ngga ada yang bisa dipakai ndaftar di kominfo.....hiks
Btw, ada yang bisa share pengalaman menggunakan 1 ID untuk daftarkan 2 domain sekaligus di kominfo??
--
Visit Seno Year 2006
http://seno.or.id

Rendy Maulana

to id-...@googlegroups.com
ya, saya ?

bisa kok

Priyadi Iman Nurcahyo

to id-...@googlegroups.com
On Friday 03 March 2006 14:51, Bang Seno wrote:
> saya ga bisa nyumbang domain apapun, soalnya KTP dan SIM sudah ngga ada
> yang bisa dipakai ndaftar di kominfo.....hiks

kita gak perlu domain lagi, domain sudah ada dan disumbangkan oleh udhien.
banyak hal-hal lain yang bisa disumbangkan, misalnya menulis artikel di
wiki :)

--
http://priyadi.net

udhien .net

to id-...@googlegroups.com
On 3/3/06, Priyadi Iman Nurcahyo <pri...@priyadi.net> wrote:

Saya mbantu bagian moderator dan/atau admin ajah om pri.
Maap cuman baru bisa mbantu ngejaga ajah, soalle rada butuh pikiran kalo nulis euy :">

Insya Allah kalo kerjaan rada longgar dikit, yaa bantu2 kontribusi artikel begituh

--
regards,

udhien
w : http://www.udhien.net - TECHVOLUTION
@: udh...@udhien.net

meerjung...@googlemail.com

to ID-Blog
Mas Pri, selama ini kebetulan aku suka nulis banyak tutorial buat blog,
terutama buat para pemula, cuma.. kalo itu sudah kita terbitkan di blog
kita dan sudah juga terbit di majalah online, apa boleh?

Kalau diperbolehkan, dengan senang hati akan aku sharing buat teman2
lain..

udhien .net

to id-...@googlegroups.com
gue rasa sih boleh-boleh ajah.
monggo ajah dimasukin ke blogpedia... all about blog ensiklopedia :)

Priyadi Iman Nurcahyo

to id-...@googlegroups.com

wah, kalau begitu kasusnya, justru blogpedia yang harus minta izin dari
penulisnya. kalau diperbolehkan bagus sekali. bisa minta URL dari artikel2
tersebut?

--
http://priyadi.net

meerjung...@googlemail.com

to ID-Blog
Ok, jika diijinkan oleh majalah onlinenya, materinya akan aku kirim ke
mas Pri.. sipp deh

Ronny Haryanto

to id-...@googlegroups.com
On Fri, Mar 03, 2006 at 02:40:43PM +0700, Priyadi Iman Nurcahyo wrote:
> [...]
>
> ada ide lain? mungkin sebagian artikel bisa dicomot dari tulisan di blog yang
> sudah ada, tapi itu membutuhkan izin dari yang punya artikel.

Testimonials dari para blogger, mungkin? Bisa self-testimonial atau
pake interview-style (series gitu). Tujuannya untuk promote blogging
dan memberi inspirasi buat yg baru atau akan mulai.

Saya pribadi sering mengalami "writer's block", alias gak ada ide, dan
juga susah mengorganisir pemikiran dan ide2 kecil2 yg berhubungan
menjadi satu tulisan yang koheren. Akan menarik sekali, minimal buat
saya, untuk mengetahui tips dan trik yg dipakai oleh blogger lain yg
tulisannya bagus atau banyak digemari. Dan apa yang membedakan dg
menulis di blog dan di media lainnya. (Saya tau banyak jurnalis dan
penulis media "tradisional" yang ngeblog juga.)

Ronny

signature.asc

meerjung...@googlemail.com

to ID-Blog
Setuju ama usulnya mas Ronny.. hanya ada tambahan lagi aja dari aku
buat pelengkap:

Berbagai Jenis Layanan Blog:
a. Gratisan
b. Bayar

Yang gratisan diperinci lagi satu persatu, misal:
a.1.Blogger.com
a.2 Blogsome
a.3 Wordpress dst

Yang Bayarpun diperinci lagi satu persatu:
b.1 Movable Type
b.2 Wordpress dst

Nah dari perincian itu, diterangkan lagi satu persatu secara detail
tentang cara membuatnya, bedah isi instruksi2 di dalamnya, (misal: arti
setting itu apa, template itu apa dllnya), lalu pengembangannya (misal,
cara ganti templatenya bagaimana, dll). Biar yang baca langsung bisa
bikin hanya berdasar tutorial yang ada.

Tambahan yang terakhir:
Berbagai pernak pernik blog, misalnya:
a. Shoutbox
b. Stats
c. Plugin2
d. Emoticons
e. dll

Jadi benar2 lengkap surengkap..

richoz

to id-...@googlegroups.com
kenapa gak langsung aja ditulis di blogpedia?
jadi bisa langsung dilengkapi oleh yang lain

Labibah Zain

to id-...@googlegroups.com
Hallo Pri dan temens,
Saya belum bisa memberi masukan banyak dan mungkin belum begitu teliti mengamati blogpedia ini karena saya masih sibuk dengan my new baby.
 Tetapi sekilas saya ingin mengusulkan ada

Bahasan tentang Riset/Survey Blog Indonesia.

1. Survey Blog Indonesia oleh Nita
2. Survey Blog Indonesia oleh Kenz
3. Survey Blog Indonesia oleh Blogfam

Terus ada gak ya selama ini teman2 blogger yg mengumpulkan "tulisan2 tentang blog di Media?"  misalnya kayak di Media Indonesia, Kompas, Komputer aktif dll (klo gak ada versi online nya bisa pasang versi scannya) karena menurut saya, sangat penting bagi sejarah perkembangan Blog di Indonesia.

Klo yang seputar Blogfam sih, blogfam punya scan2annya di http://www.blogfam.com/forum/album_cat.php?cat_id=9

juga ada artikel saya seputar survey kecil2an buat ibu2 blogfam dan tanggapan sofia kartika di Kompas mungkin bisa gak kalau dimasukkan?

segituh duluh nanti klo ingat sayah tambah lagih.maksih ya

Salam
maknyak