[WTShare] Desire DATA2SD, unlimited internal storage and moro I/O

Ocu Mudo

to id-Android

Desire DATA2SD, unlimited internal storage and moro I/O

http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=10692249&postcount=1299

ada 2 cara untuk menerapkan DATA2SD, yakni:

  1. Metode manual via terminal  http://goo.gl/Fxz1d
  2. Metode Flashable zip (cara termudah)

Kali ini kita membahas cara yg paling mudah yakni;

Metode sibere DATA2SD Flashable zip by droidzone v5

Flashable zip untuk mengkonversi ROM ke Data2SD

flashable zip ini merupakan metode yg mudah (flashable) dari sibere DATA2SD yg harus dilakukan secara manual via terminal

Yang harus diperhatikan :

Syarat dan ketentuan

*Desire sdh root

*clockworkmod recovery

*Fast µSD card (the faster the better - Class 6 recommended)

*memiliki 2 partisi yakni partisi pertama FAT32 dan partisi kedua EXT4 (rekomendasi 1gb)

  Jika sdh menggunakan a2sd+ tdk perlu dipartisi lagi, hanya pastikan sdh EXT4
* busybox 1.17.2
* Kernel with EXT4 support.

* Rom with init.d script support (I have this one)

fitur versi ini (v5):
Sudah mendukung cyanogen
Sudah mendukung Clockworkmod3.0 + (edify)

dlm paket zip Ada file berikut:

Installer dan Reinstaller file untuk ROM Sense

    * Data2SDInstallerV5_Sense.zip
    * Data2sd-reinstall-V5_Sense.zip

Installer dan Reinstaller file untuk AOSP ROM (tidak termasuk cyanogen dan MIUI)

    * Data2SDInstallerV5_aosp.zip
    * Data2sd- reinstall -V5_aosp.zip

Installer dan Reinstaller file untuk cyanogen dan MIUI

    * Data2SDInstallerV5_cyanogen.zip
    * Data2sd- reinstall -V5_cyanogen.zip

A2SD Script Remover (untuk SENSE dan AOSP ROM yg sdh built in A2SD)

    * A2SDKillerV5.zip

catatan: perlu diperhatikan, pilih yang sesuai dg ROM yg akan anda flash(AOSP,SENSE,Cyanogen)

Cara Instal Data2SD Sibere's menggunakan flashable zip:

1. Data2SD Installer (Installation script)

Skenario: Instalasi Data2SD untuk pertama kalinya

Petunjuk:

   1. Wipe all ; data,cache,sd-ext
   2. install Rom melalui recovery (ROM harus memiliki syarat di atas)
   3. Setelah penginstalan ROM selesai, tanpa meninggalkan Recovery, segera flash A2SD Killer.zip

       (jika anda menggunakan ROM tanpa a2sd, lewati langkah ini)

   4. Sekarang reboot sekali ke Android. (Jika gagal boot pada tahap ini , itu berarti bahwa ROM anda tdk suppot/a2sd ROM  tdk dapat dibunuh. JANGAN diteruskan.).

   5. jika boot ke android berhasil, sekarang reboot ke recovery

6. Sekarang flash zip Data2SD Installer. Setelah selesai menginstal, boot ke Android dan nikmatilah Data2SD

2. Data2SD Re-Installer (Installation script)

Hal ini dilakukan jika Anda telah menjalankan prosedur instalasi Data2SD dan tidak menghapus / diformat sistem anda setelah itu.

Cara ini dilakukan apabila anda ingin mengupdate versi dari ROM yg anda gunakan.

Ingat, Hanya untuk update versi dari ROM yg sama

Petunjuk:
   1. Jangan melakukan wipe
   2. Instal Rom melalui recovery.
   3. Setelah penginstalan ROM selesai, tanpa meninggalkan Recovery, segera flash A2SD Killer.zip

       (jika anda menggunakan ROM tanpa a2sd, lewati langkah ini)

3.     tanpa meninggalkan Recovery (Tanpa reboot), flash zip Data2SD Re-Installer. Setelah selesai menginstal, boot ke Android dan nikmatilah Data2SD

DOWNLOAD:

http://www.easy-share.com/1913641359/Everthing%20Data2SD.zip

http://hotfile.com/dl/99303997/4cdd343/Everthing20Data2SD.zip.html

http://www.filefactory.com/file/b51h3e6/n/Everthing_Data2SD.zip

ROM yang telah ditemukan memiliki masalah dengan instalasi Data2SD:

    * ReflexTsense HD Rom

ROM yang telah diuji
dan support data2sd:

    * Starburst
    * Aurax T Sense
    * Leedroid-baik versi a2sd maupun no a2sd
    * Oxygen GB dan Froyo
    * cyanogen-diatas 7
    * DeFrost
    * Stock HTC Rom seperti versi teppic74 Dengan  kernel yang mendukung ext4
    * Baadnews HD
    * Coolexe HD dan Z

attach pict : internal storage cyanogen dan auraxtsense

CM7_Storage.png
AURAT_storage.png

Yoshwar S

kernel yg support ext4 yg direkomen apa nih oom? richardtrip ato leedroid?
backup kernel tanpa harus backup lewat nandroid gimana caranya ya?

Salam,
-Yoshwar

Ocu Mudo

Kernel Leedroid, richardtrip dan auraxtsense sdh support ext4

Kalau mau safe, flash aja ROM yg sdh di uji (saya jg sdh test)
- auraxtsense
- leedroid
- starburst
- cyanogen 7 nigthtly
- oxygen

Kalo flash ROM yg include a2sd+
Langkahnya:
Flash ROM>flash a2sd killer>boot to android>reboot in to recovery>flash data2sd installer>reboot to android

Kalo flash ROM no a2sd+
Langkahnya:
Flash ROM>boot to android>reboot in to recovery>flash data2sd installer>reboot to android

Muhammad Ridwan (Iwan Koster)

nice share gan....

2011/1/30 Ocu Mudo <ocu....@gmail.com>

--
Kumpulan Tutorial dan Info Seputar Android : http://www.robotijo.org

Japri & kenalan:
iw...@robotijo.org

in a world of doesn't, i don't care. droid does.

Ocu Mudo

Tengkyu mr.robotijo #eh

Yoshwar S

pengen juga flash pake rom yg lain, tp masalahnya stock rom yg saya pake skr ini support arabic language (saya butuh bhs arab karena sering dapet sms penting dlm bhs arab (lokasi saya di kuwait).

karena itu saya berusaha apply modifikasi2 spt a2sd+/data2sd ini di stock rom bawaan.
lagi mau coba restore nandroid backup sebelum saya apply a2sd+, install kernel, trus apply data2sd patch bikinannya droidzone.

oom Ocu skr pake kernel apa?

Salam,
-Yoshwar

hendra....@gmail.com

Thanks Om, tutorialnya

"Muhammad Ridwan (Iwan Koster)" <brothe...@gmail.com> wrote:

--
Sent from my Android phone with K-9 Mail. Please excuse my brevity.

Saftari

om ...

kalo archos 101it bisa dipakein rom apa ya?..
pernah coba kah?

safitry ozawa

Ocu Mudo

Belum coba boss saft
Kirim sini archosnya biar gw oprek..he..he...

Ocu Mudo

Pake rom apa boss yoshwar skrg?
Itu stock rom rooted
Atau stock rom yg ada modif dikit2

Yoshwar S

halo om Saft....

archos 101 itu sama dgn archos gen8 gak ya?
kalo sama, bisa liat kemari utk oprekannya (http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=875)

monggo ditengok..

Salam,
-Yoshwar

Yoshwar S

saat ini masih pake stock rom rooted dan udah modif2 dikit.
karena saya belinya di kuwait jd dapet romnya yg versi arab bukan yg WWE (froyo versi 2.32.415.3). saya terpaksa mempertahankan rom ini karena setau saya ini satu2nya rom yg built in arabic language. walaupun saya gak pake bhs arabnya, tp kadang perlu juga karena suka dapet sms2 penting dgn bhs arab.

so far rom ini udah di root, s-off, tambah init.d dan busybox. kemarin dah pake a2sd+ tp kuatir juga ngeliat internal memori yg terus berkurang.

akhirnya kemarin coba pake data2sdnya sibere. untungnya saya punya backup nandroid sebelum apply a2sd+, jadi restore kesitu, wipe all, dan install data2sd installernya droidzone. kernel saya pake coutts 2.6.32.28 (couttstech-2.6.32.28_OC1190_HAVS@875mV_BFS_VR_SLQB). coutts kernel ini sama gak sih dgn leedroid? pake kernel ini battery lifenya keliatan lebih irit dibanding stock kernel. ntar mo bandingin dgn richardtrip, kira2 bagusan mana ya? om Ocu pake kernel apa sekarang?

so far sih lancar jaya nih. internal memori sisa 600mb (dari 1GB). mantaappp!!

Salam,
-Yoshwar

salim.muhammad®

hu....romnya jalan nge-lag gak?
saya pake cm7 nightly bravo full 15...duh very laggy dah gitu fc nya banyak buanget
ada yg salah kah?

2011/1/30 Ocu Mudo <ocu....@gmail.com>

--
-sLm-

Ocu Mudo

Mantab....

Untung kernelnya dah diganti, sbb stock kernel tdk mendukung ext4

Saya pake kernelnya NeoPhyTe.x360

Mmg ada bbrp kernel yg rekomen yakni
- richardtrip
- leedroid
- coutts

Sebenarnya kalau mau irit selain kernel ya base ROM itu sendiri
Umumnya ROM AOSP itu irit :)

salim.muhammad®

Ocu Mudo

Untuk CM nightly, lag asalnya dari built ROM itu sendiri :)
Lha wong statusnya very expremental...
Jangankan pake sibere data2sd, saya pake cm7 legacy a2sd dan darktremor tetep ada lag.
Bahkan kita flash ROM nya aja tanpa add on, tetep ada lag...
Kalo statusnya Experimental ya tetep ada bug..ha..ha..

Coba pake ROM AOSP yg sdh stable build kayak oxygen dll

Kalo di ROM sense, makyuss...
Running very smoothly

salim.muhammad®

Pake oxygen ga bisa hu,skrg lg pake auraxtsense 8.3 bs tp tetep msh ada sedikit lag

Ocu Mudo

Lah saya skrg pake auraxtsense8.3...smooth and no fc

Udh ext4, udh wipe all sblm flash rom?

salim.muhammad®

Yap,sudah mengikuti sesuai tutorial suhu ocu diatas...
Sejauh initial tidak ada fc,tp msh sedikit agak laggy :)
Tp kayanya emang kl mau ga ada lag sama sekali ya pake memory internal bener2 ya hu :D

Ocu Mudo

Lag nya dimana nih?

Saya sendiri pake data2sd, so far fines and smooth..

Atau mungkin pengaruh class micro sd
Btw pake class brp?

Antara Nand storage atau ext storage (sd card) utk internal memory sebenarnya beda2 dikit.
Tergantung os nya sendiri

Symbian dan windows phone sdh baik dlm pengaturan ini.

Kalo android, wajarlah kan msh tahap pengembangan.

Yoshwar S

iya...karena mo coba data2sd yg musti pake kernel yg support ext4, jadi kemarin "terpaksa" flash pake coutts kernel.
tp kayaknya versi coutts yg 875mV terlalu kecil nih...sempet beberapa kali FC saat buka setting>manage application.
dan tadi pagi sempet reboot sendiri.

ntar mo coba yg 925mV mudah2an lebih stabil. ato coba neophyte ato richartrip juga kalo masih gak stabil juga.

pengen juga coba AOSP ROM ato CM yg Gingerbread, tp bahasa arabnya nih yg bikin stuck di stock rom ini...hiks..hiks.

Salam,
-Yoshwar

2011/1/31 Ocu Mudo <ocu....@gmail.com>

Mantab....

Ocu Mudo

Betul yg 875mV terlalu kecil utk load app berat dan abuse pemakaian
Apalagi rom sense yg di pakai..he...he...

@ocumudo

Yoshwar S

ok kalo gitu bener perkiraan ane. skr lagi coba yg 925mV stabil euy.
tengkyu suhu Ocu.

Salam,
-Yoshwar

Sigit PD

hu,
kalo mau flash batere percentage gimana ya caranya?
saya proses flash batere percentage setelah flash data2sd berhasil.. tapi akhirnya boot loop terus..
thanks

2011/1/30 Ocu Mudo <ocu....@gmail.com>

Ocu Mudo

Saya flash battere stlh data2sd

Coba cek, battere.zip dah bener gak?
Ngambil dr mana battere.zip nya?

@ocumudo

Sigit PD

Dari linknya si neo boss..

http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=7458689&postcount=3

Abis ples data2sd dah jalan.. trus recovery lagi dan ples lagi...
malah loop trus..

> [...]
> Indonesian Android Community [id-android] http://android.or.id
>
> HTC Android Phone with HTC Sense and HTCsense.com

Ocu Mudo

Ya iyalah...tuh batere.zip dah out of date...
Framework-res.apk nya jg jadul

Jd walaupun tanpa data2sd, kita flash batere.zip nya tetep bakal bootlop
Itu utk nextsense 7.61..ha..ha...

Ambil dari sini boss (online)
Bisa utk batere, theme, bootanimation dll
circle.glx.nl/

Up to date utk semua ROM terbaru, jd gak perlu upload framework-res.apk lagi

Tutonya baca disini
forum.xda-developers.com/showthread.php?t=775970

@ocumudo

Sigit PD

woaalaah.. hihi.. mau pakai yang 8.3 sih.. kirain link-nya bener.. abis diambil dari sono juga..
thankss suhu...

Ocu Mudo

Yup saya ambil dari sono

@ocumudo